Komponen-komponen Penting dan Cara Kerja Air Conditioner Mobil

Air Conditioner (AC) menjadi salah satu komponen wajib pada mobil karena akan berpengaruh pada kenyamanan penumpang di dalamnya. Namun tak banyak yang tahu bagaimana cara kerja air conditioner mobil yang sebenarnya. Jika Anda masih bingung dengan cara kerja air conditioner mobil atau AC Mobil, berikut gambarannya untuk Anda.

Bagaimana Cara Kerja Air Conditioner Mobil?

Komponen-komponen Penting dan Cara Kerja Air Conditioner Mobil

Sebelum mengetahui cara kerja air conditioner mobil, terlebih dahulu Anda harus mengetahui komponen-komponen yang ada dalam sistem AC Mobil. 

1. Kompresor

Kompresor berfungsi untuk mengalirkan freon ke dalam AC mobil. Kompresor digerakan oleh mesin mobil dengan kopling magnet yang menghubungkan putaran ke mesin agar bisa dihidupkan dan juga dimatikan.

2. Kondensor

Kondensor merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah gas freon menjadi berbentuk cair. Hal tersebut bisa terjadi karena pelepasan panas ke udara luar melalui sisi kondensor.

3. atau dryer

Filter atau dryer berfungsi untuk menyaring partikel kotoran yang ada dalam sistem.

4. Katup ekspansi

Katup ekspansi berguna untuk mengubah freon cari bertekanan tinggi ke rendah dalam bentuk kabut.

5. Evaporator

Evaporator berguna untuk menyerap udara panas di luar yang dialirkan ke dalam ruangan. Udara panas tersebut sebelumnya diserap melalui sisi evaporator yang dingin kemudian dihembuskan kembali keluar sehingga udara dingin yang berasal dari AC akan terasa.

Setelah Anda mengetahui komponen-komponen utama dari AC Mobil, Anda bisa mulai mengetahui bagaimana cara kerja air conditioner mobil. Berikut rangkumannya:

  • Saat Anda menyalakan mobil, kompresor akan mulai memompa freon. Kekuatan pompa akan menentukan kecepatan AC untuk mendinginkan kabin dan dalam proses ini freon dalam berbentuk gas akan dipompa dengan tekanan tinggi hingga suhunya menyentuh 100 derajat celcius.
  • Ketika suhu maksimum, freon yang berbentuk cair akan diarahkan menuju kondensor. Lalu dalam komponen tersebut freon akan didinginkan hingga suhu mencapai 60 derajat celcius berkat bantuan cooling fan
  • Supaya udara AC menjadi bersih dan segar, maka freon cair tersebut akan disaring lewat filter dryer ketika suhunya sudah hangat.
  • Usai melalui proses penyaringan tadi, freon akan masuk ke dalam expansion valve dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, komponen tersebut akan mengubah freon cair tadi menjadi gas. Kemudian freon cair akan disemprotkan dalam bentuk uap dingin.
  • Freon cair selanjutnya akan masuk ke evaporator yang kemudian akan mendistribusikannya ke dalam kabin dengan bantuan blower. Terdapat dua jenis blower pada kendaraan yakni single blower dan double blower. 
  • Proses tersebut akan diulang dan kompresor akan kembali menghisap tekanan freon lalu dipompa menjadi panas kembali lalu diarahkan ke kondensor.

Pentingnya AC Mobil

Komponen-komponen Penting dan Cara Kerja Air Conditioner Mobil

Begitulah kurang lebih cara kerja air conditioner mobil. Jika suatu saat ac mobil Anda terasa kurang dingin, itu berarti ada beragam jawaban mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Bisa saja dikarenakan drive belt yang putus, kondensor atau radiator yang kotor, masalah cooling fan, oli kompresor yang kebanyakan, hingga saluran pembuangan kondensasi yang terhambat.

Jika AC mobil Anda mengalami hal tersebut, maka Anda harus membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa. Anda harus ingat kondisi AC juga akan mempengaruhi nilai jual dari mobil itu sendiri karena AC mobil menjadi kebutuhan penting saat berkendara. Jadi Anda harus memastikan AC Mobil Anda dalam keadaan prima.

Terutama jika Anda ingin menjual mobil tentu mobil dengan kondisi AC yang baik akan lebih banyak dilirik orang.

Leave a Comment

1 × one =