Peluang Bisnis Jualan Ayam Potong 

Kebutuhan ayam semakin harinya semakin meningkat. Harganya yang terjangkau jika dibandingkan dengan daging sapi, daging ayam juga dikenal sebagai sumber protein yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga kecil saja, daging ayam juga menjadi populer di kalangan produsen makanan olahan, baik dalam skala kecil ataupun skala besar.

Melihat kebutuhan daging ayam yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat, membuat peluang Bisnis Jualan Ayam Potong tak pernah mati, dan hingga kini bisnis ini masih sangat menguntungkan jika dijalankan dengan tepat dan baik. 

Bisnis ayam potong adalah bisnis sederhana yang bisa Anda lakukan. Untuk memulai bisnis ini, Modal yang Anda butuhkan tergantung dari harga per ayam.

Meskipun terkadang modal yang diperlukan dalam menjalankan bisnis ayam potong tidak stabil, Anda tidak perlu khawatir, sebab keuntungan yang Anda dapatkan akan sama saja meskipun harga ayam mengalami kenaikan. 

Jika harga pasaran ayam sedang murah, pebisnis ayam potong bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena daya beli masyarakat terhadap ayam akan naik.

Di lain sisi, di saat daging ayam mengalami kenaikan harga, masyarakat yang membutuhkan daging ayam pastinya akan tetap membelinya, sehingga kemungkinan Anda untuk merugi dalam bisnis ini tidaklah begitu besar.

dengan catatan Anda menjalaninya dengan penuh niat dan sungguh-sungguh serta selalu mengedepankan sikap yang selalu ingin belajar. Untuk menambah ilmu bisnis Anda, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ayam potong, yaitu: 

Tips Bisnis Jualan Ayam Potong: Pahami Pembagian Potongan Ayam yang Pas

  Peluang Bisnis Jualan Ayam Potong

Sebagai penjual ayam potong, tentunya Anda wajib mengetahui cara memotong ayam dengan benar.  Sebab, tidak semua orang dapat memotong ayam dengan pas sesuai bagian-bagian terkecilnya. Kemampuan ini dapat Anda jadikan sebagai bentuk layanan Anda terhadap pelanggan.

Ayam biasanya dibagi menjadi 4, 8, dan juga 18 bagian. Berikut adalah penjelasannya secara singkat tentang cara memotong ayam dengan tepat: 

4 Bagian Potongan Ayam

4 bagian potongan ayam ini terdiri dari: 2 bagian dada dan 2 bagian paha. Yakni, bagian paha terdiri dari paha atas dan paha bawah, serta bagian dada menyatu dengan bagian sayap. 

8 Bagian Potongan Ayam

potongan ini terdiri dari 4 bagian ayam yang dibagi lagi menjadi 2 bagian, yakni 2 potong dada, 2 potong sayap, 2 potong paha bawah, serta 2 potong paha atas. Ini merupakan potongan ayam yang cukup populer karena dianggap berukuran tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. 

18 Bagian Potongan Ayam

Cara memotong ayam menjadi 18 bagian adalah dengan memotong tiap bagian paha atas, paha bawah, dan sayap menjadi 2 bagian yang lebih kecil. Untuk potongan ayam bagian dada, potong menjadi 3 bagian. 

Tips Bisnis Jualan Ayam Potong: Buatlah kerjasama dengan pebisnis lain

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis ayam potong Adalah dengan menjalin kerjasama dengan pebisnis lain.

Mulailah dengan menawarkan produk Anda pada pengusaha-pengusaha kecil di sekitar lingkungan Anda, misalnya warung-warung makan, kafe-kafe kekinian yang juga menyajikan menu makanan, atau pedagang-pedagang sayuran keliling yang biasanya menjajakan dagangannya di kampung atau kompleks perumahan.

Dengan mengawali kerjasama dengan pengusaha kecil, selanjutnya Anda juga dapat memperluas kerjasama tersebut pada pengusaha-pengusaha skala besar seperti mini market atau supermarket di sekitar Anda. 

Bergabunglah dengan Komunitas Pengusaha Ayam Potong

Bergabung dengan komunitas pengusaha ayam potong adalah salah satu jalan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Dengan mengenal jaringan pengusaha ayam potong, Anda juga memiliki peluang yang lebih besar untuk menjalin kerjasama dengan pengusaha lain. 

Pilih jenis ayam yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat

  Peluang Bisnis Jualan Ayam Potong

Sebelum memulai bisnis ini, lakukanlah riset sederhana untuk mencari tahu jenis ayam apa yang paling sering dikonsumsi di daerah Anda. Mulailah posisikan diri Anda sebagai konsumen, dan tanyakan pada para pedagang mengenai jenis ayam apa yang paling laku terjual. 

Mencari penyuplai ayam

Anda dapat menyuplai ayam Anda sendiri dengan mebangun peternakan ayam Anda sendiri, atau dengan mencari peternak ayam dan membeli ayam hidup yang siap dipotong. Jika Anda ingin segera memulai bisnis ini, maka mengambil produk Anda dari peternak ayam adalah hal yang sebaiknya Anda lakukan.

Pilihlah peternak yang terpercaya dan menjaga kesehatan ayam-ayam ternaknya sesuai dengan prosedur kesehatan, sehingga menghasilkan ayam-ayam yang juga sehat untuk dikonsumsi. 

Jangan berhenti berinovasi

Sebagai pengusaha tentu Anda dituntut untuk terus berinovasi dan menciptakan hal baru. Dalam bisnis jualan ayam potong ini, Anda bisa saja membuat inovasi baru di dalam hal pelayanan. Misalnya, Anda memberikan layanan pengantaran gratis, atau menjual dan memasarkan produk Anda secara online.

Leave a Comment

seventeen + five =