Konsep Marketing Mix Sukses: Bauran Pemasaran 7P

Marketing mix menjadi salah satu penentu kesuksesan pemasaran di zaman ini. Salah satu jenis marketing mix yang paling populer saat ini ialah bauran pemasaran 7P atau konsep marketing 7P. Konsep ini sebetulnya cukup berbeda dengan konsep 4P. 

Kiranya konsep ini bisa jauh lebih memantapkan hasil marketing ketimbang konsep 4P. Tentunya bisa diterapkan pada bisnis yang Anda kelola dengan baik. Dengan demikian, maka tujuan berbisnis Anda akan semakin lebih bagus lagi. 

Pengertian Bauran Pemasaran Konsep 7P

Ketika suatu perusahaan hendak meluncurkan produk baru, maka tidak serta merta bisa langsung dilemparkan langsung ke pasaran. Perlu ada strategi khusus agar produk tersebut bisa diterima dan digemari oleh konsumen di pasaran. Salah satu strategi jitunya adalah marketing mix. 

Konsep Marketing Mix Sukses: Bauran Pemasaran 7P

Marketing mix atau yang dikenal dengan bauran pemasaran merupakan strategi kombinasi yang dikerjakan oleh perusahaan tertentu guna melakukan pemasaran produk maupun jasa secara optimal. Sementara itu, jenis marketing mix yang cukup mumpuni belakangan ini ialah konsep 7P.

Bauran pemasaran konsep 7P merupakan racikan khusus strategi pemasaran yang melibatkan 7 poin penting seperti products, price, promotions, place, people, process serta physical evidence. Tentunya konsep ini jauh lebih mendetail ketimbang versi 4P. 

Bauran Pemasaran 7P

Bauran pemasaran ini terdiri atas 7 macam poin penting. Mulai dari products, price, promotions, place, people, process serta physical evidence. Tentunya jika dibandingkan dengan versi konsep 4P akan terlihat lebih bagus karena di dalam konsep tersebut hanya berorientasi pada produk saja. 

1. Products 

Products atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ialah produk merupakan poin utama dari konsep 7P. Produk adalah seluruh jenis hasil usaha yang nantinya akan ditawarkan ke pasaran agar dapat dipakai dan digunakan oleh para konsumen. 

Nantinya diharapkan produk bisa menjawab kebutuhan serta keinginan masyarakat sekitar. Apabila Anda ingin menerapkan konsep pemasaran 7P ini, maka perlu menciptakan produk berkualitas dan cenderung unik. Dengan demikian, produk Anda akan bisa diterima di hati konsumen dan mampu terus bersaing. 

2. Price 

Price atau harga yang dimaksud dalam konsep 7P ini merupakan besaran sejumlah uang yang mesti dibayar oleh user maupun klien Anda demi mendapatkan produk yang telah ditawarkan. Jadi, seseorang akan bisa memakai jasa maupun membeli produk Anda apabila melakukan pembayaran tertentu.

Pada bagian konsep harga seperti ini, maka sebaiknya berfokus kepada bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan maupun calon konsumen potensial merasa bahwa produk apa yang Anda keluarkan sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan mereka. 

3. Place 

Konsep tempat dalam bauran pemasaran ini berfokus pada tempat maupun lokasi dimana perusahaan Anda berdiri. Jadi, jika lokasi tersebut semakin strategis maka akan semakin besar pula peluang Anda meraup kesuksesan dalam berbisnis. 

Adanya lokasi yang strategis memungkinkan konsumen maupun calon konsumen potensial bisa lebih gampang menemukan serta menjangkau bisnis Anda. dengan demikian, maka transaksi bisnis akan bisa lebih berjalan lancar. 

4. Promotions 

Strategi konsep bauran pemasaran ini mempunyai fokus yang tinggi kepada bagaimana cara untuk mempromosikan bisnis. Termasuk di dalamnya mengenai bagaimana cara memasarkan produk secara tepat hingga media seperti apa yang digunakan. 

Jika Anda ingin membangun kerajaan bisnis dengan cara terbaik, maka fokuslah kepada bagian promosi. Promosi dengan konsep bauran pemasaran konsep 7P ini mempunyai berbagai macam tujuan penting seperti berikut. 

  • Melakukan identifikasi serta menarik konsumen baru dengan sangat baik. 
  • Mengkomunikasikan produk baru dengan begitu baik dan gampang dipahami.
  • Meningkatkan besaran jumlah konsumen untuk produk yang sudah lama dikenal luas oleh publik.
  • Memberikan informasi penting terkait peningkatan kualitas produk kepada konsumen.
  • Mengajak konsumen dan calon konsumen potensial guna mendatangi tempat penjualan produk untuk melakukan transaksi. 
  • Memotivasi calon konsumen dan konsumen tetap untuk memilih suatu produk dan melakukan pembelian. 

5. People

Tidak dapat dipungkiri bahwa faktor sumber daya manusia menjadi hal penting yang dapat menentukan maju serta tidaknya suatu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Hal ini yang menyebabkan perusahaan saling berlomba-lomba dalam mencari kandidat kerja yang berkualitas.

Bahkan perusahaan yang loyal akan rela memberikan bayaran lebih kepada pekerja profesional mereka. Bukan hanya sekedar itu saja. Faktor penting lainnya ialah tentang attitude setiap karyawan. Ilmu tanpa attitude tentu tidak bagus. Attitude yang dimaksud bisa berupa tata krama body language dan sebagainya. 

6. Process 

Konsep bauran pemasaran dalam hal proses mengacu kepada bagaimana cara perusahaan dalam memberikan pelayanan terhadap setiap permintaan konsumen. Tidak ada yang namanya pilih-pilih konsumen. Seluruhnya harus dilayani dengan sangat baik. 

Bahkan jangan tanggung-tanggung untuk memberikan layanan yang jauh lebih baik dibanding perusahaan yang bergelut di bidang serupa. Contohnya, layanan open kitchen dalam suatu restoran masakan Jepang. Nantinya dengan layanan ini maka pengunjung bisa melihat setiap proses memasak yang dilakukan koki. 

7. Physical Evidence 

Terakhir dari konsep 7P ialah tampilan fisik atau physical evidence. Tampilan fisik ini akan menjelaskan bagaimana penataan struktur bangunan dari suatu perusahaan tertentu. Apakah perusahaan menerapkan interior gedung yang unik, penataan lampunya yang bagus hingga desain ruangan yang menarik perhatian. 

Penataan ruangan sangat penting demi memberikan pengaruh terhadap mood pengunjung dan pekerja. Desain interior yang nampak berantakan tentunya hanya akan membuat konsumen tidak bergairah. Dengan demikian, ketika Anda membangun perusahaan tentu perlu memikirkan desain terbaik. 

Perbedaan Bauran Pemasaran 4P dan 7P

Konsep Marketing Mix Sukses: Bauran Pemasaran 7P

Sejatinya tujuan marketing konsep 4P dan 7P adalah sama. Intinya ingin memajukan perusahaan dengan mempromosikan produknya agar sampai ke tangan konsumen dengan sangat baik. Keduanya sama-sama akan menjabarkan elemen-elemen yang erat kaitannya dengan pemasaran bisnis produk maupun jasa. 

Hanya saja, konsep 4P lebih berorientasi kepada produk saja. Bahkan formulanya hanya berupa product, place, price dan promotion saja. Berbeda dengan konsep 7P yang memperluas sayapnya dengan menambahkan 3 poin penting berikutnya seperti people, process dan physical evidence. 

Contoh Penerapan Bauran Pemasaran 7P

Agar lebih memberikan pemahaman kepada Anda mengenai bauran pemasaran dengan konsep 7P ini, maka sebaiknya cobalah simak contoh berikut. Contoh berikut merupakan sebuah perusahaan yang melakukan pemasaran dengan konsep 7P secara maksimal. 

  • Lalaland merupakan pengemban apartemen di Jakarta Utara. Agar lebih efektif dalam menjaring market, maka perusahaan ini memasang tv portable di setiap go car maupun grab car Jakarta dan sekitarnya. Nantinya, ketika penumpang menaiki kendaraan tersebut maka tv akan menampilkan iklan.  

Bauran pemasaran 7P memang sangat bagus diterapkan bagi seorang pebisnis maupun Anda yang sedang ingin merintis bisnis tertentu. Daripada tanggung hanya menerapkan konsep 4P, maka cobalah maksimalkan dengan pematangan konsep 7P. Kiranya bisnis yang Anda geluti bisa sukses di pasaran.

Leave a Comment

nineteen + 7 =