Tips Komunikasi Pemasaran menurut Para Ahli

Anda bisa dengan mudah mendapatkan pembeli bagi produk anda bila anda mengaplikasikan komunikasi pemasaran menurut para ahli. Strategi pemasaran ini sudah jelas bisa menarik pelanggan untuk terus membeli produk anda karena memang sudah dilakukan oleh para ahli dari bidang pemasaran produk.

Jenis-jenis Komunikasi Pemasaran menurut Lovelock dan Wright

Tips Komunikasi Pemasaran menurut Para Ahli

Lovelock dan Wright memberikan tips komunikasi pemasaran menurut para ahli, karena mereka memang berpengalaman di bidang pemasaran. Jenis-jenis komunikasi yang mereka informasikan memang merupakan teknik komunikasi yang harus dilakukan agar proses promosi berhasil dengan baik tanpa kendala di setiap prosesnya.

Memberi Informasi kepada Pembeli

Hal terpenting yang harus anda lakukan untuk menarik minat pembeli adalah dengan memberikan informasi kepada calon pembeli.

Tidak hanya melakukan promosi secara persuasif untuk mendapatkan pembeli, anda juga perlu melakukan promosi dengan menjelaskan produk yang anda jual secara langsung tanpa ada embel embel promosi di dalamnya.

Membujuk Calon Pembeli

Setelah anda memberikan informasi dengan detail yang jelas kepada calon pembeli, anda bisa menggunakan kalimat persuasif untuk menarik perhatian calon pembeli.

Tidak perlu berlebihan, anda bisa menjelaskan kelebihan produk anda secara singkat kepada pembeli. Berikan promosi atau kesempatan terbatas untuk semakin menarik minat calon pembeli. 

Mengingatkan Para Pembeli

Anda bisa kembali mengingatkan pembeli tentang kelebihan produk anda dan keuntungan membeli produk anda. Hal ini sangatlah penting untuk membuat calon pembeli mengubah pikiran mereka mereka, apabila tadinya mereka memang tidak ada niatan untuk melakukan pembelian. 

Memiliki Hubungan yang baik dengan Pembeli

Hal terakhir yang perlu diingat adalah bagaimana pentingnya memiliki hubungan yang baik dengan pembeli. Dengan komunikasi yang baik, anda bisa membuat para pembeli percaya kepada anda dan kembali membeli produk anda. Promosi ini bisa membuat para pembeli kembali ke anda terus menerus.

Aplikasi dari Komunikasi Pemasaran menurut Kohler dan Smith

Tips Komunikasi Pemasaran menurut Para Ahli

Setelah mengerti jenis dari komunikasi pemasaran, anda harus mengetahui bagaimana menerapkan cara komunikasi pemasaran menurut para ahli. Kohler dan Smith menyingkat penemuan mereka ke berbagai cara mudah yang bisa anda gunakan untuk promosi produk yang anda miliki.  

Melalui Iklan

Metode promosi yang bisa anda lakukan yang paling utama yaitu melalui iklan. Tidak peduli iklan di media cetak atau media online, iklan merupakan wadah utama yang bisa membuat para calon pembeli mengerti mengenai produk yang anda jual. Hanya dengan sebuah iklan yang menarik pembeli bisa menjadi yakin untuk membeli produk anda.

Metode iklan melalui promosi secara online bisa anda lakukan dengan mudah. Promosi melalui sosial media bisa anda lakukan dengan melampirkan produk andalan dari perusahaan anda. Produk dengan tulisan iklan dan gambar yang menarik bisa membuat calon pembeli tertarik terhadap produk yang anda jual.

Selain itu, anda juga bisa memasang iklan secara tradisional. Brosur yang dibagikan kepada banyak orang, atau yang ditempel di papan pengumuman bisa membuat para pembeli tertarik untuk mencoba membeli produk sesuai klaim yang anda tuliskan di iklan tersebut.

Hubungan Masyarakat

Selanjutnya, anda bisa melakukan promosi dengan menekankan kepada hubungan masyarakat. Anda sebagai komunikator bisa menjelaskan pesan dari barang yang anda jual melalui metode ini. Komunikasi pemasaran menurut para ahli yang satu ini fokus kepada fungsi manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Dengan melakukan pendekatan sosial hubungan masyarakat, produk yang anda jual dan juga perusahaan yang anda miliki akan memiliki citra yang positif di masyarakat. Para pembeli akan memiliki rasa percaya yang tinggi kepada anda bila citra perusahaan yang anda miliki memang baik.

Program menarik yang dilakukan bisa berupa promosi produk itu sendiri atau dengan program lain. Program lain yang bisa dilakukan bisa merupakan penjelasan secara detail mengenai jenis produk yang dijual atau dengan pemberitaan mengenai hubungan dari perusahaan ke masyarakat.

Pengemasan

Pengemasan merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan oleh para penjual. Perusahaan harus bisa memperhatikan mengenai kemasan produk yang mereka jual. Pengemasan yang rapi dan memberikan kesan bersih bisa membuat pihak pembeli mengerti bahwa anda telah melakukan proses penjualan yang benar benar niat.

Tips Komunikasi Pemasaran menurut Para Ahli

Kualitas produk akan dilihat juga dari cara anda mengemas produk yang anda jual. Anda perlu memastikan bahwa kemasan yang anda berikan juga sebaik produk yang anda jual. Banyak pembeli yang merasa kecewa dengan pengemasan produk, memilih untuk tidak membeli produknya lagi, meskipun produk yang mereka beli datang dengan kondisi yang bagus.

Hal ini sangat penting bagi para pembeli, terlebih dengan adanya toko online yang memang harus mengirim produk mereka ke area yang sangat jauh dari toko tersebut.

Pengemasan menjadi hal yang penting karena produk harus melewati proses yang panjang sebelum bisa jatuh di tangan pembeli. Pastikan pengemasan tidak akan merusak barang yang akan dikirim. 

Merchandising

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah merchandising. Tidak hanya barang yang anda jual yang perlu berada di kondisi yang sempurna, pengemasan serta merchandising juga perlu diperhatikan. Setelah memastikan pengemasan produk berada di level yang sudah baik, anda perlu memperhatikan merchandising sebagai pelengkap.

Merchandising merupakan hal-hal yang berkaitan dengan display produk yang dijual. Tidak hanya display produk yang dijual, anda juga perlu memperhatikan display toko milik anda. Toko yang berada di tempat atau pun toko online sama pentingnya untuk memiliki display yang rapi dan menarik perhatian para pembeli

Poster dari barang yang anda jual harus memiliki display yang menarik, begitu juga spanduk iklan dari produk yang anda jual.

Display dari poster dan spanduk yang menarik akan membuat para pembeli berminat untuk mengunjungi toko milik anda. Terlebih, untuk toko online, para pembeli hanya akan melihat display yang ditampilkan sebelum memutuskan untuk membeli. 

Pemasaran dari mulut ke mulut

Metode terakhir yang selalu berhasil digunakan para penjual adalah dengan metode pemasaran dari mulut ke mulut. Melalui metode ini para penjual tidak perlu terus menerus melakukan pemasaran terhadap pelanggan. Banyak masyarakat pembeli produk yang akan melakukan promosi secara tidak langsung.

Promosi yang secara tidak langsung ini dapat berupa penyebaran informasi mengenai pengalaman membeli mereka di perusahaan anda.

Apabila perusahaan anda memiliki citra yang baik, proses pemasaran dari mulut ke mulut bisa membuat para pembeli langsung bisa menemukan toko anda tanpa harus mendapat promosi secara langsung dari perusahaan anda.

Satu orang pembeli yang melakukan rekomendasi perusahaan anda ke orang lain bisa berakhir dengan semakin banyak orang yang memberikan promosi perusahaan anda ke jumlah massa yang lebih banyak lagi.

Hal ini secara otomatis akan membantu proses pemasaran perusahaan anda untuk mendapat pelanggan setia yang lebih banyak lagi. Dan jika perusahaan Anda mampu menerapkan komunikasi pemasaran menurut para ahli dengan baik, setidaknya Anda bisa mendapat feedback yang sesui dengan keinginan Anda.

 

Leave a Comment

twenty + eight =