Apa itu Twitter dan Twitter Blue?

Apa itu Twitter dan Twitter Blue? – Platform sosial media Twitter pasti banyak orang yang menggunakan sosial media yang satu ini. Seiring berjalannya waktu Twitter meluncurkan Twitter Blue, aplikasi yang diakuisisi oleh Elon Musk ditahun sebelumnya dengan harga yang yanf fantastis senilai $44 Miliar USD atau setara dengan Rp 683 Triliun.

Siapa yang tidak tahu akan Aplikasi Twitter, dengan layanan yang diberikan penggunanya bisa memberikan atau mengekspresikan dirinya dengan membuat status dengan nama yang kita kenal “Tweet”, Tweets yang bisa digunakannya pun beragam dimulai dari Teks, gambar hingga video. Orang-orang saat ini lebih memanfaatkan Twitter sebagai sarana informasi terlebih untuk mengetahui apa yang saat ini sedang viral.

Twitter muncul sejak 2006, hingga saat ini aplikasi sosial media yang satu ini mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi dan kini memiliki pengguna hingga jutaan setiap bulannya. Selain itu, Sosial media yang dimiliki oleh Elon Musk ini merilis Twitter Blue ditahun 2021. Akhir-akhir ini warganet diramaikan dengan kehadiran Twitter Blue yang resmi dirilis di Indonesia, meskipun terbilang lambat namun kini bagi kamu yang ingin menikmati berbagai fitur yang dapat dirasakan ketika berlangganan Twitter Blue berikut informasi yang akan kami sampaikan mengenai apa itu Twitter dan Twitter Blue, Perbedaan Twitter dan Twitter Blue, Fitur Twitter Blue serta Biaya berlangganan di Twitter Blue.

Apa itu Twitter dan Twitter Blue
Sumber Laman Blog Twitter

Apa itu Twitter dan Twitter Blue?

Twitter merupakan platform sosial media yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Penggunanya dapat memposting berupa teks, video dan gambar, postingan di Twitter sering disebut dengan “Tweets” dengan maksimal 280 karakter yang bisa kamu buat. Tidak hanya membuat Tweets pengguna pun dapat membagikan postingan oranglain untuk saling berbagi informasi yang sering disebut dengan “Retweets”. Kemudian kamu juga bisa bisa melakukan reply, likes Tweets oranglain untuk dapat berinteraksi secara online dengan pengguna lainnya.

Baca Juga:  Topologi Tree: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan

Platform sosial media ini sering digunakan oleh individu maupun organisasi, selain dari informasi yang terbilang cepat, para penggunanya dapat mengetahui apa yang sedang trending saat ini. Penggiat sosial media Twitter ini juga dimudahkan dengan adanya hashtag (#), kegunaan hashtag ini untuk dapat menemukan Tweets yang dengan topik yang sama.

Dilansir dari laman Twitter, Twitter Blue adalah layanan bulanan yang dapat memberikan orang-orang bisa menikmati akses Twitter dengan ekslusif dengan berbagai fitur-fitur premium yang dapat digunakan.

Twitter Blue merupakan layanan premium yang bisa dinikmati oleh pengguna twitter dengan berbagai fitur-fitur yang khusus, seperti halnya akun terverifikasi atau yang kita kenal dengan sebutan akun centang biru yang terletak disebelah username. Dengan adanya Twitter Blue ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan pengalaman para pengguna, menghemat waktu dan juga mempermudah proses pengelolaan tweets. Fitur yang dapat kamu nikmati dari akses ekslusif ini diantaranya Undo Tweets, Bookmark Folders, Reader Mode, Custom App Icons, NFT Profile Picture, Themes, Longer Video Upload, Longer Tweets dan lain sebagainya.

Perbedaan Twitter dan Twitter Blue

Perbedaan Twitter dan Twitter Blue

Setelah mengetahui pengertian dari Twitter dan Twitter Blue, bagi kamu yang belum mengetahui secara pasti tentu kebingungan apa perbedaannya. Berikut ini perbedaan yang perlu kamu ketahui mengenai Twitter dan Twitter Blue :

  1. Biaya

Aplikasi Twitter merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara gratis, namun pada saat ini pihak Twitter meluncurkan Twitter Blue yang bisa digunakan bagi para pengguna yang ada di Indonesia. Twitter Blue ini hanya dapat dinikmati ketika kita membayar sejumlah uang setiap bulannya untuk mendapatkan fitur-fitur yang tidak ada di Twitter versi gratis.

  1. Fitur

Twitter dengan versi gratis tentunya memiliki manfaat banyak yang bisa dinikmati, namun dibalik fitur tersebut jika kita menggunakan versi gratis tidak bisa menggunakan secara penuh. Contohnya jika kita membuat tweets versi gratis hanya diberikan maksimal 280 karakter dan video yang dapat diupload resolusinya pun tidak jernih.

Baca Juga:  Cara Mencairkan Komisi Shopee Affiliate Terbaru 2023

Berbeda halnya dengan Twitter Blue, pengguna yang membayar biaya setiap bulannya akan menikmati fitur-fitur tambahan seperti halnya membuat tweets dengan maksimal 4000 karakter, dapat mengupload video dengan resolusi 1080, Bookmark Folders, Undo Tweets, Themes dan lain sebagainya.

  1. Kemudahan Dalam Penggunaan

Twitter versi gratis tentu mendapatkan kemudahan dalam menggunakan aplikasi sosial media yang satu ini dengan fitur-fitur yang beragam. Namun perbedaan yang dapat dilihat jika kita berlangganan Twitter Blue kita dapat menghemat waktu dan juga mempermudah proses tweets dengan berbagai fitur ekslusif yang diberikan oleh pihak Twitter.

Dengan mengetahui perbedaan tersebut kamu dapat mengambil keputusan tentang apakah perlu menggunakan Twitter Blue atau tidak. Jika dirasa kamu seorang organisasi atau orang memanfaatkan aplikasi sosial media untuk berbagai hal maka dengan adanya Twitter Blue kamu akan cocok untuk menikmati dan meminimalisir waktu dalam menggunakan Twitter.

Fitur Twitter Blue

Fitur Twitter Blue

Bagi kamu yang ingin mengetahui tentang fitur apa saja yang disediakan oleh Twitter Blue untuk mempertimbangkan apakah diperlukan atau tidaknya menggunakan layanan premium tersebut. Berikut penjelasan mengenai fitur Twitter Blue :

  1. Longer Tweets

Jika kita menggunakan Twitter versi gratis tentunya ada maksimal karakter yang bisa gunakan sebanyak 260 karakter. Berbeda halnya jika kamu membeli layanan premium Twitter Blue kamu akan diberikan kebebasan memposting Tweets dengan jumlah 4.000 karakter. Tentu hal tersebut sangatlah berguna bagi kamu yang menggunakan aplikasi sosial media Twitter ini dengan berbagai kepentingan setiap harinya.

  1. Resolution of Videos

Bagi kamu yang sering mengunggah video di Twitter, kamu bisa menikmati fitur saat mengunggah video dengan resolusi yang sangat jernih yaitu 1080. Tidak hanya itu, bagi kamu yang berlangganan Twitter Blue durasi dari videonya pun akan Panjang, berbeda halnya jika kamu menggunakan Twitter versi gratis.

  1. Undo Tweets

Fitur selanjutnya yang dapat kamu nikmati ketika berlangganan di Twitter Blue ialah Undo Tweets dimana kamu dapat membatalkan tweets dalam jangka waktu tertentu ketika tweets sudah diposting. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini ketika ingin membatalkan tweets sebelum terlambat. Para penggunanya nanti dapat mengaktifkan juga pengatur waktu dan dapat disesuaikan hingga 30 detik untuk membatalkannya. Tidak hanya membatalkan tweets namun membalas cuitan orang dan juga pada saat membuat thread.

  1. Bookmark Folders
Baca Juga:  Tak Perlu Ribet, Begini Cara Beli Koin TikTok Pakai Pulsa

Fitur Bookmark Folder adalah dimana ketika kita menyimpan konten ataupun tweets kita dapat mengaturnya dengan membuat folder dan bookmark. Sehingga nantinya para pengguna layanan Twitter Blue dapat dengan mudah menyortir, mencari tweets yang sudah ia tandai dan mudah dalam mencari konten atau tweets yang sudah kita simpan sebelumnya.

  1. Reader Mode

Fitur selanjutnya yang tak kalah menarik ialah Reader Mode dimana setiap penggunanya dapat memudahkan dalam membaca dan memahami tweets dalam thread yang sedemikian rupa telah diatur oleh pihak Twitter untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna premium ini.

  1. NFT Profile Picture

Fitur lainnya yang dapat dinikmati oleh kamu pengguna Twitter Blue ialah dapat memamerkan NFT yang bisa kamu gunakan di Profil Twitter.

  1. Fitur lainnya

Fitur yang dapat kamu nikmati juga ialah bisa mengkostumisasi Tema dari Twitter, kemudian ketika kamu berlangganan Twitter Blue diakun kamu akan mendapatkan verifikasi tanda centang biru, centang emas dan juga centang abu-abu untuk akun pemerintah.

Biaya Twitter Blue

  • Twitter Blue perangkat iOS adalah Rp 165.000/Bulan
  • Twitter Blue perangkat Android adalah Rp 165.000 /Bulan
  • Twitter Blue Situs Web adalah Rp 120.000 /Bulan
  • Twitter Blue Situs Web adalah Rp 1.250.000 /Tahun

Dengan mengetahui penjelasan mengenai Pengertian, Perbedaan, Manfaat Serta Biaya Twitter Blue kamu dapat memutuskan apakah layanan tersebut perlu atau tidaknya kita gunakan. Mungkin bagi Sebagian orang yang giat atau pebisnis tentu hal tersebut sangat menguntungkan. Fitur yang diberikan saat berlangganan Twitter Blue akan membantu para pengguna dalam menghemat waktu dan mempermudah proses mereka dalam berkegiatan sosial media di Twitter. Semoga apa yang kita sampaikan pada artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment