Apa Itu Feed Instagram? Begini Penjelasannya

Buat Anda yang gemar menggunakan media sosial terutama Instagram tentu sudah tidak asing dengan Instagram Feed. Namun, apa itu Feed Instagram yang sebenarnya dan kenapa itu menjadi penting? Bagi orang biasa feed Instagram mungkin hanya sekedar kumpulan foto-foto ataupun gambar di media sosial.

Tapi bagi seorang influencer di Instagram atau yang sekarang lebih keren disebut selebgram tentu feed Instagram sangat penting karena bisa menjadi gerbang untuk menarik lebih banyak pengikut. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang selebgram maka  sebaiknya perhatikan artikel ini baik-baik.

Apa itu feed Instagram dan kenapa itu menjadi penting

Apa Itu Feed Instagram? Begini Penjelasannya

Instagram feed atau feed Instagram sebenarnya adalah fitur klasik yang dimiliki oleh Instagram untuk para penggunanya. Fitur ini sudah ada bahkan sejak situs tersebut didirikan sehingga wajar jika fitur ini menjadi sangat populer dan banyak digunakan. Feed Instagram sendiri sebenarnya cukup sederhana yaitu berupa semua foto atau gambar yang Anda posting di akun Instagram Anda.

Pagi sebagian besar pengguna Instagram, feed Instagram menjadi sangat penting karena hal tersebut bisa dilihat oleh orang lain. Oleh sebab itu, banyak pengguna yang ingin tampilan feed Instagram mereka tampak menarik dan rapi. Akan tetapi, selain karena bisa dilihat banyak orang apa yang membuat pengguna bisa sangat terobsesi dengan feed Instagram mereka?

 Feed Instagram tidak hanya berisi sekumpulan foto-foto saja. Feed Instagram lebih dari itu karena bisa dijadikan alat untuk personal branding diri Anda. Kenapa bisa? Kumpulan foto yang Anda posting bisa sangat mempengaruhi pandangan orang lain. Jika foto-foto atau gambar yang Anda posting di akun Instagram Anda terbilang bagus, unik dan menarik maka hal tersebut bisa membuat akun Anda memiliki reputasi yang bagus.

Jika akun Anda memiliki reputasi yang bagus maka bukan tidak mungkin hal tersebut akan menambah jumlah pengikut di akun Instagram kalian.

Dengan bertambahnya pengikut maka kemungkinan besar trafik akun Instagram Anda akan naik sehingga membuat Anda berpotensi menawarkan atau justru ditawari untuk kerjasama dan sponsorship. Jika hal itu terjadi maka selamat, Anda sudah resmi menjadi seorang influencer atau selebgram.

Selain akun pribadi, feed Instagram juga sering kali menjadi salah satu cara branding suatu produk kepada masyarakat. Konsenya hampir sama dengan influencer yaitu membuat berbagai konten dan feed Instagram semenarik dan sebagus mungkin agar banyak pengguna Instagram lain yang mengikuti akun produk tersebut.

Jika sudah memiliki pengikut cukup banyak maka produk tersebut berarti sudah sukses memperkenalkan dirinya ke masyarakat umum terutama yang aktif di dunia maya.

Karena intinya sama-sama menggunakan feed Instagram sebagai kunci. Sebenarnya bagaimana cara agar membuat tampilan feed Instagram terlihat unik dan menarik? Jika Anda tertarik membuat akun Anda semakin terlihat bagus dan “kekinian”, simak beberapa tips di bawah ini.

  •   Pilih tema yang keren

Dengan menggunakan tema Anda akan lebih mudah dalam memutuskan foto mana yang akan diunggah. Karena setiap foto memiliki tema sendiri maka Anda harus mengunggah yang sesuai dengan tema tersebut. Selain itu, sebaiknya Anda membuat tema yang menarik agar foto-foto Anda terlihat lebih keren. Beberapa tema yang populer adalah kuliner, traveling, seni, fotografi, fashion dan hal-hal yang berbagi lifestyle.

  •   Filter

Agar foto terlihat semakin menarik dan enak dipandang, Anda perlu menambahkan filter yang bisa mempercantik foto atau gambar. Jika Anda mengunggah gambar atau foto dengan filter maka sebaiknya Anda menambahkannya dengan berbagai teknik editing dan pencahayaan yang baik. Semua itu dijamin akan menghasilkan foto yang lebih menarik dan terlihat profesional.

  •   Ukuran foto

Selain tema dan foto yang cantik, Anda juga harus memperhatikan ukuran foto yang akan diunggah.  Sebelum mengunggah foto, sebaiknya Anda harus memastikan jika ukurannya tidak melebihi ketentuan. Untuk foto pribadi, sebaiknya resolusi gambarnya harus tinggi.

Bahkan, jika memunkinkan Anda bisa mengunkan kamera yang canggih agar gambar terlihat jernih. Pastikan juga foto Anda setidaknya memiliki ukuran 110×110 pixel dan jangan sampai blur.

  •   Kualitas foto atau gambar

Jika ingin mengunggah foto, ada baiknya jika Anda menggunakan foto yang memiliki resolusi tinggi agar terlihat lebih jernih. Namun, jangan sampai Anda melupakan aturan ukuran minimal foto yang diunduh. Pihak Instagram menyarankan agar foto memiliki ukuran minimal sebesar 640 pixel x 640 pixel.

Apa itu feed Instagram dan bagaimana mengatasi kecanduan media sosial

Apa Itu Feed Instagram? Begini Penjelasannya

Jika ada yang bertanya kepada Anda tentang apa yang dimaksud dengan feed Instagram, bagaimana Anda akan menjawab pertanyaan tersebut? Jika yang bertanya  adalah seorang anak kecil atau orang orang tua mungkin Anda akan senang hati menjelaskannya. Tapi, bagaimana jika yang bertanya justru masih muda? Apakah Anda akan tertawa?

Anda mungkin saja akan tertawa. Hal ini sangat wajar mengingat saat ini Instagram merupakan media sosial yang sangat digemari. Bahkan mungkin sebagian dari Anda yang sering menggunakan media sosial tersebut sulit untuk tidak mengecek akun sedikit saja saat ada waktu luang.

Dengan jumlah pengguna Instagram di tanah air yang mencapai 69,2 juta pengikut rasanya sangat aneh jika ada yang bertanya tentang feed Instagram.

Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia sangat terobsesi dengan media sosial. Sejak dimulainya era Facebook, banyak orang terutama anak muda yang ramai-ramai mendaftar sebagai pengguna. Lalu sebenarnya ada apakah dengan fenomena ini? kenapa masyarakat kita seakan terobsesi dan kecanduan media sosial?

Menurut beberapa sumber, kecanduan media sosial seperti Instagram dapat diartikan sebagai suatu keinginan atau kewajiban untuk terus aktif dalam kegiatan bersosial lewat perangkat media sosial secara berlebihan dan terus-menerus.

Meskipun kecanduan media sosial sangat berbahaya cukup sulit untuk menilai apakah kecanduan tersebut sudah dalam tahap yang parah atau tidak. Hal ini dikarenakan media sosial juga sering menyertakan berbagai informasi terkini secara real time sehingga banyak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengecek berita di media sosial.

Meskipun cukup sulit, tapi menurut beberapa ahli jika Anda sudah mengalami berbagai gejala gangguan psikologis seperti depresi atau gangguan kecemasan maka saat itulah Anda sebaiknya mulai berpikir untuk melakukan diet media sosial.

Yang dimaksud dengan diet media sosial sebenarnya adalah mengurangi waktu yang dihabiskan untuk membuka media sosial. Anda selanjutnya disarankan untuk lebih banyak melakukan kegiatan bersama-sama anggota keluarga untuk memperbanyak sosialisasi di dunia nyata.

Selain itu, dengan memperbanyak kegiatan dan bersosialisasi Anda diharapkan bisa lebih fokus pada orang lain dibandingkan pada diri sendiri. Hal itu diharapkan akan membantu stress akibat tuntutan di media sosial. Selanjutnya dan yang paling penting adalah sebaiknya Anda membatasi dan mematikan notifikasi media sosial Anda agar tidak terlalu fokus pada hal tersebut.

Dari serangkaian penjelasan diatas, semoga pertanyaan apa itu feed Instagram bisa terjawab dengan mudah. Perlu digaris bawahi jika penggunaan feed Instagram tidak selalu buruk. Namun, jika Anda sudah mulai merasa lelah akibat media sosial maka tidak ada salahnya untuk menerapkan diet media sosial seperti di atas.

Leave a Comment

nine − 4 =