Contoh Resume Lamaran Kerja, Buku, Makalah dan Seminar

Istilah resume sering dikaitkan dengan ringkasan diri yang dibutuhkan saat seseorang hendak melamar kerja pada suatu perusahaan. Maka dari itu, tak sedikit orang yang ingin tahu bagaimana contoh resume lamaran kerja yang benar. Melalui artikel ini, kami akan membagikan beberapa contohnya.

Arti sebenarnya dari resume itu sendiri adalah suatu ringkasan yang mengambil bagian inti dari suatu tulisan yang bentuknya cukup panjang. Jadi, ringkasan ini tidak hanya berkaitan dengan dunia kerja saja, tapi juga sering kita temui dalam dunia perkuliahan serta jenjang pendidikan lainnya.

Contoh Resume Lamaran Kerja, Seminar, dan Lain-Lainnya

Resume dapat dibagi menjadi 3 jenis yang berbeda yakni resume abstrak, resume stricto sensu, dan resume ikhtisar. Jika resume abstrak biasanya terdapat dalam suatu karya ilmiah, untuk resume stricto sensu lebih sering digunakan untuk kebutuhan kuliah, tugas anak sekolah, dan lain sebagainya.

Hal ini berbeda dengan resume ikhtisar yang lebih memberikan kebebasan kepada penulisnya untuk mencantumkan jumlah informasi yang akan ditulis. Jika dibandingkan dengan resume lainnya, maka resume ikhtisar lebih jarang digunakan. Lalu, bagaimana contoh resume yang baik dan benar?

1. Resume Lamaran Kerja

Resume Lamaran Kerja

Karena resume lebih sering digunakan untuk kebutuhan mencari atau melamar kerja, jadi kami akan membagikan resume lamaran kerja terlebih dahulu, yaitu:

Bandung, 23 Desember 2019

Kepada Yth

HRD Manager PT Citra Bangunan Jakarta

Jl. Utan Kayu No. 78, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Sesuai informasi yang saya terima dari website PT Citra Bangunan Jakarta, terkait dengan lowongan kerja di perusahaan yang dipimpin Bapak/Ibu. Melalui surat lamaran ini saya berniat untuk mengajukan diri dalam menjabat posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Nama: Hani Utami

Tempat dan Tanggal Lahir: Jakarta, 24 Januari 1995

Jenis Kelamin: Perempuan

Alamat: Jl. Citra Raya No. 32, Tangerang Selatan, Banten

Telepon: 0814******

Email: [email protected]

Pendidikan terakhir: SMA Bakti Jaya Tangerang Selatan

Untuk melengkapi data yang telah saya berikan, saya juga melampirkan beberapa dokumen seperti yang ada di bawah ini:

  • Pas foto 3 x 4 (berwarna)
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
  • Fotokopi sertifikat prestasi
  • Daftar riwayat hidup (CV)

Demikian permohonan lamaran kerja yang dapat saya sampaikan, semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan kemampuan yang saya miliki. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah Bapak/Ibu berikan.

Hormat saya,

Hani Utami

2. Resume Makalah Keterampilan Membaca

Resume Makalah Keterampilan Membaca

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, resume tidak hanya bisa digunakan untuk melamar kerja saja, tapi juga bisa digunakan untuk meringkas isi dari makalah tertentu. Berikut adalah contoh resume makalah yang dapat Anda pelajari lebih lanjut:

Judul: Keterampilan Membaca Anak

Pendahuluan:

Membaca membutuhkan keterampilan yang baik, agar isi dari bacaan bisa dipahami secara lebih jelas. Mulai dari konsentrasi yang tinggi, intonasi dan lafal yang tepat, kecepatan membaca, hingga sikap ekspresif yang ditunjukkan oleh pembaca harus diperhatikan dengan baik.

Pembahasan:

Ada 2 teknik dasar yang dapat dilakukan saat membaca, yaitu membaca dengan suara dan membaca tanpa suara (membaca dalam hati). Jika membaca dengan suara dapat didengar oleh orang lain, untuk membaca tanpa suara hanya bisa dipahami oleh pembacanya itu sendiri.

Yang terpenting, saat membaca seseorang benar-benar memahami tentang isi dari bacaan tersebut. Sebab, selama membaca Anda juga akan melalui proses menganalisis, meresepsi, dan menginterpretasikan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Maka dari itu, orang-orang yang gemar membaca memiliki konsentrasi yang lebih tinggi dibanding orang-orang yang jarang membaca. Hal ini disebabkan oleh aktivitas membaca yang membutuhkan konsentrasi penuh.

Simpulan:

Tidak semua orang dapat membaca dan memahami isi dari bacaannya. Alasan terbesar mengapa seseorang tidak dapat memahami isi dari bacaannya adalah, karena mereka tidak mampu berkonsentrasi penuh saat membaca.

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk memahami isi dari sebuah bacaan adalah dengan membaca bersuara. Membaca dengan suara seperti ini dipercaya dapat memudahkan seseorang dalam menangkap informasi yang ada dalam bacaan tersebut.

3. Resume Seminar Kewirausahaan

Resume Seminar Kewirausahaan

Resume seminar berbeda dengan contoh-contoh sebelumnya. Jika resume lamaran kerja dapat dikatakan sebagai contoh resume ringkas, untuk resume yang satu ini akan lebih panjang. Berikut contoh yang dapat Anda pelajari lebih lanjut:

Tanggal: 11 Januari 2021

Tempat Seminar: Auditorium Kampus Universitas 17 Agustus Surabaya

Judul Seminar: Langkah Sukses Menjadi Wirausaha di Era Digital

Seminar akan dibuka oleh ketua panitia penyelenggara yakni Agus Setiawan yang merupakan pemimpin dari Forum Pengusaha Riba Surabaya. Selain itu, seminar ini juga menghadirkan 2 orang pembicara, yaitu Yudi Prakasa dan Ilham Nabawi.

Sesi I:

Narasumber: Yudi Prakasa

Topik: Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membangun Bisnis di Era Digital

Bapak Yudi memberikan sebuah kutipan yang sangat menarik untuk mengajak seluruh peserta, agar dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini. Adapun beberapa poin yang disampaikan oleh beliau adalah:

  • Kemauan untuk mempelajari tentang bisnis digital.
  • Selalu terhubung dengan komunitas pengusaha di era digital.
  • Selalu fokus dalam mempelajari tentang strategi pemasaran digital.
  • Melakukan efisiensi operasional dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang semakin canggih.

Sesi II:

Narasumber: Ilham Nabawi

Topik: Cara Mengatasi Segala Jenis Tantangan dalam Bisnis Digital

Setelah sesi pertama berakhir, Bapak Ilham Nabawi menyampaikan tentang cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi segala jenis tantangan dalam bisnis digital, dan di antaranya adalah:

  • Mengubah mindset untuk mau menggunakan teknologi yang dapat membuat bisnis lebih sukses.
  • Memperbanyak jumlah seminar yang diikutinya.
  • Tidak perlu takut untuk memulai bisnis dengan modal yang kecil.

4. Resume Buku

Resume Buku

Tidak sedikit dari beberapa pelajar yang diberi tugas oleh gurunya untuk membuat resume buku yang tepat. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana resume buku yang tepat, Anda bisa melihat salah satu contohnya berikut ini:

Judul dan Penulis Buku: The Art of Happiness oleh Dalai Lama

Buku ini menceritakan tentang proses pencapaian seseorang dalam meraih kebahagiaan dalam hidupnya. Kebahagiaan ini tidak hanya didapatkan dari praktik spiritual saja, tapi juga praktik filosofis. Melalui buku ini Dalai Lama menekankan bahwa hubungan yang baik dapat membuat Anda bahagia.

Makna hidup dapat lebih terlihat ketika seseorang merasa bahagia dengan hidupnya. Selain itu, di dalam buku ini juga dibahas tentang bagaimana cara mengatasi emosi negatif yang sering muncul pada beberapa kondisi tertentu.

Kemarahan dan kecemasan dapat membuat seseorang melupakan indahnya dunia, sehingga ini bisa berpengaruh terhadap energi yang ada dalam dirinya. Buku ini dianggap sebagai salah satu buku inspiratif yang patut dibaca oleh banyak orang.

Dapat dilihat pada beberapa contoh resume yang ada di atas, isi dari masing-masing resume tersebut sangatlah berbeda. Jadi, Anda harus tahu apa tema dari resume yang akan dibuat terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk menulisnya sendiri.

Bagikan Postingan: