Modal Usaha Es Buah Aquarium yang Harus Anda Siapkan

Seperti yang kita tahu, setiap tahun bahkan mungkin per enam bulan sekali, ada makanan dan/atau minuman yang lagi ‘ngehits’ sehingga banyak dicari-cari. Peluang usaha menjual makanan dan minuman yang lagi ngehits memang menggiurkan karena untungnya bisa dibilang banyak. Apalagi pas sedang terkenal-terkenalnya.

Nah, salah satu makan dan minuman yang sedang ngehits adalah es buah aquarium. Sebenarnya, minuman segar satu ini selalu terkenal dan ada saja pelanggannya setiap hari, terlepas dari ngehits tidaknya jajanan ini suatu waktu.

Bila Anda ingin mencoba usaha dagang es buah aquarium, mungkin bingung. Apa saja modal usaha es buah aquarium yang harus dipersiapkan? Mahal tidak ya? Sebanding dengan risiko dan keuntungan tidak ya?

Beli Paketan Modal Usaha Es Buah Aquarium, Lebih Untung!

Modal Usaha Es Buah Aquarium yang Harus Anda Siapkan

Tahukah Anda bahwa es buah aquarium bisa didapatkan bahannya dari berbagai marketplace yang ada di Indonesia? Apalagi, harganya dijual dengan sangat murah. Ada yang Rp 1.800.000,- per paket, ada yang Rp 1.300.000,- per paket, bahkan ada pula yang Rp 90.000,- per paket! Tidak percaya?

Tentu setiap paket memiliki fasilitasnya masing-masing. Misalnya untuk paket Rp 1.800.000- Anda bisa mendapatkan hingga booth untuk dipakai berjualan. Ada pula aquarium untuk menyimpan es buah. Pun dengan alat-alatnya seperti blender, pisau buah, gelas plastik, dan lain sebagainya.

Anda juga cenderung mendapat bahan-bahan pembuat es yang kualitasnya lebih terjamin sehingga aman untuk pelanggan-pelanggan Anda.

Bahkan untuk paket seharga Rp 1.800.000,-, Anda bisa mendapatkan flyer gratis atau berbagai macam kelengkapan yang bisa digunakan untuk memasarkan produk Anda. Seperti stiker untuk ditaruh di gelas plastik, misalnya.

Namun, perlu diketahui bahwa harga paket ini pastinya belum termasuk buah. Anda biasanya akan dibekali bahan-bahan seperti macam-macam perasa minuman, serbuk bubuk minuman instan, dan juga powder jelly untuk membuat minuman menjadi lebih enak, kenyal, dan nikmat.

Sedangkan untuk modal Rp 1.300.000,- tentunya memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Biasanya, dengan berlangganan paket modal Rp 1.300.000,- Anda bisa mendapatkan booth berjualan dengan ukuran lebih kecil atau bahkan gerobak Ya, tidak ada salahnya mencoba jualan di gerobak bukan?

Sebab lebih unik dan menarik bila Anda bisa menghias gerobak tersebut sedemikian rupa. Sama seperti sebelumnya, akan disediakan pula aquarium untuk menyimpan es buah  yang dijajakan.

Biasanya, di paket demikian, Anda juga bisa mendapatkan bubuk-bubuk minuman dan powder jelly untuk membuat minuman jadi lebih menarik. Namun tentunya Anda belum mendapatkan bahan-bahan serupa buah-buahan. Sedangkan untuk kebutuhan tambahan, Anda juga bisa mendapatkan beberapa renteng gelas plastik dan juga sedotan.

Selain kedua paket di atas, ada juga paket yang lebih murah yang banyak dijual orang-orang. Yakni paket sekitar Rp 90.000,-. Murah sekali bukan? Dengan modal Rp 90.000,- Anda sudah bisa mendapatkan berbagai macam bubuk perasa minuman yang segar dan manis. Selain itu, ada pula powder jelly untuk membuat minuman menjadi lebih enak.

Sayangnya, Anda tidak akan dibekali gerobak apalagi booth dengan paket yang murah. Biasanya, dengan paket harga RP 90.000,- Anda masih harus membeli rentengan gelas plastik dan sedotan, aquarium untuk es, dan buah-buahan. Bila ingin lebih hemat, mengganti gelas plastik dengan kantong plastik pun tak masalah.

Harga Aquarium Untuk Es Buah

Modal Usaha Es Buah Aquarium yang Harus Anda Siapkan

Yang namanya es buah aquarium, tentu saja Anda perlu menggunakan aquarium untuk menyimpan es yang sudah diracik. Harga aquarium pun beragam dan berbeda-beda tergantung dari besarnya ukuran dan lokasi tinggal Anda.

Misalnya, bila Anda di Jogja, Anda bisa mendapatkan satu aquarium es buah seukuran 15 Liter dengan harga Rp 55.000,- saja. Bila Anda ingin menjual lima rasa es buah sekaligus, maka Anda butuh kira-kira Rp 275.000,- untuk aquariumnya.

Sedangkan, bila Anda bertempat tinggal di Jakarta, pasti harganya akan jauh lebih mahal. Bisa saja untuk sebuah aquarium ukuran 15 Liter seperti sebelumnya, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 80.000,-. Sehingga untuk 5 rasa es buah, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 400.000,-. Wah, berbeda jauh dengan modal saat di Jakarta ya?

Lagipula, menurut orang-orang, aquarium sebesar 15 Liter saja tidak cukup untuk satu rasa es buah. Atau, Anda hanya bisa menjual sedikit gelas. Bila ingin lebih banyak yang ingin Anda jual, setidaknya Anda butuh 20-30 Liter aquarium yang tentunya harganya akan lebih mahal lagi.

Tapi tenang saja, bila tekun berjualan, tentunya akan segera mendapatkan pendapatan untuk balik modal dan juga keuntungan.

Harga dan Kualitas Buah untuk Modal Usaha Es Buah Aquarium

Modal Usaha Es Buah Aquarium yang Harus Anda Siapkan

 

Tentu Anda juga harus menyiapkan modal untuk membeli buah. Buah apa yang Anda inginkan? Misalnya, Anda punya serbuk bubblegum, dan ingin menambahkan buah stroberi dan buah alpukat. Anda harus memperhatikan dulu, apakah sedang musim stroberi dan alpukat?

Karena, bila sedang musimnya, harga buah-buahan akan cenderung lebih murah dan kualitasnya lebih baik. Sehingga selain modal Anda bisa ditekan, es buah Anda tentunya menjadi lebih enak dan segar. Berlainan bila Anda menjual es buah yang sedang bukan musimnya.

Memang akan langka dan orang-orang mungkin akan mencari es buah Anda, tapi, modalnya akan jauh lebih besar dan belum tentu mendapat kualitas yang lebih baik.

Anda juga harus melakukan survei kecil-kecilan harga buah yang dijual. Misalnya, di toko buah A, harga buah rambutan Rp 10.000,- untuk satu sisir. Sedangkan, di toko B, harga buah rambutan Rp 20.000,- untuk satu sisir dengan kualitas lebih baik dan lebih dekat dengan tempat jualan Anda. 

Tentunya, Anda bisa memilih toko yang kedua, bila ingin es buah Anda lebih dikenal karena rasanya yang jauh lebih segar. Sebab kualitas buahnya lebih bagus dan Anda tidak terlalu jauh mendorong es buah yang membuat buahnya menjadi terlalu jemek. Namun, semuanya kembali ke tangan Anda sebagai calon penjual.

Tambahan Penting untuk Berjualan

Tambahan bahan lainnya untuk berjualan bisa seperti es batu, gula, dan sirup. Sebaiknya, untuk ketiga bahan ini membeli kualitas yang sedang-sedang saja. Sebab sirup dan gula dengan kualitas bagus terlalu mahal, sedangkan rasanya tak jauh berbeda dengan kualitas sederhana.

Pun jangan membeli yang terlalu murah karena mungkin, bahan yang terlalu murah sudah mendekati waktu expired. Sedangkan es batu, Anda bisa membuat sendiri di rumah menggunakan air matang dan freezer.

Barang lainnya seperti box pendingin, toples, dan segala macam penunjang dagangan Anda lainnya pun jangan sampai Anda lupa pertimbangkan dalam modal usaha es buah aquarium Anda.

Leave a Comment

6 + 1 =