Tips Merawat iPhone Awet dan Tahan Lama

Pengguna ponsel iPhone sudah seharusnya mengetahui tips merawat iphone dengan baik dan benar. Agar ponsel bisa bertahan lama, tidak mudah rusak dan mampu menyimpan data penting dengan baik. iPhone sendiri merupakan salah satu merk hp yang paling banyak menarik perhatian dunia.

Karena mampu menyuguhkan kualitas teknologi premium. Untuk harganya sendiri, tidak bisa dikatakan murah untuk pasar Indonesia. Hanya orang-orang dengan kelas menengah ke atas yang bisa menikmatinya. Kualitas premium, menjadikan ponsel ini juga lebih tahan lama dibandingkan merk lainnya.

Meski begitu, semuanya tetap dengan bagaimana cara pengguna merawatnya. Pastikam untuk merawatnya dengan baik dan benar, agar ponsel bisa awet. Untuk itu, kami akan berbagai informasi bagaimana tips merawat iphone yang paling tepat.

Baca juga: ram laptop penuh 

Tips Merawat iPhone dengan Baik dan Benar

Cara perawatan ini bisa Anda aplikasikan pada jenis iPhone apapun. Pasalnya setiap ponsel memerlukan perawatan tepat demi menjaganya tetap bertahan lama. Tanpa membuang waktu, silakan simak tipsnya berikut ini.

tips merawat iphone

1. Gunakan Case juga Pelindung Layar

Tips yang pertama ini, bisa juga Anda aplikasikan sebagai cara merawat hp iPhone XR dan tentunya merek iPhone lainnya. Memasang case membantu melindungi bagian bodi hp tetap terawat dan terhindar dari berbagai kerusakan secara fisik.

Misalnya tergores, benturan keras, terjatuh, dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memasang tempred glass atau antigores pada layar. Memiliki tujuan yang sama, yakni melindungi bagian fisik ponsel. Agar bisa terlindungi secara keseluruhan, gunakan opsi protective case tebal dan rapat membungkus.

Baca Juga:  Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang ampuh

Untuk menghindari berbagai masalah tersebut pengguna juga harus berhati-hati ketika menaruhnya.

2. Gunakan Charger Asli

Tips merawat iphone selanjutnya, gunakan charger aslinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korsleting serta menjaga agar ponsel baterai tetap awet. Karena pengisi daya abal-abal biasanya, tidak memiliki perhitungan daya sesuai dengan ponsel yang digunakan.

Perlu diperhatikan pula, hindari pengisian daya menggunakan sumber daya yang rendah. Seperti menggunakan powerbank atau menggunakan port USB. Hindari hal-hal tersebut, agar ponsel tetap awet. Ini juga menjadi salah satu cara menjaga baterai health iPhone.

3. Hindari Memakai Hp Saat di Charge

Tips yang perlu Anda perhatikan selanjutnya, jangan menggunakan ponsel ketik sedang di charger. Hal ini, karena menggunakannya ketika dicharger membuat ponsel lebih rentan mengakibatkan korsleting. Kemudian menggunakannya ketika di charger dan bermain game, membuat ponsel lebih membebani kinerja ponsel.

Kinerja berlebihan bisa membuat baterai ponsel mudah cepat panas. Sehingga mampu membuta kualitas komponen ponsel menjadi turun. Dampak berkepanjangan membuat baterai ponsel rusak akibat turun daya. Maka dari itu, lebih baik mematikan ponsel ketika pengisian daya berlangsung.

4. Isi Baterai Saat Mencapai 20%

Charger baterai saat 20%

Tips merawat iphone berikutnya, pastikan untuk mengisi daya baterai ketika mencapai 20%. Mengisi daya dengan kondisi baterai cukup kritis, dapat menurunkan kualitas baterainya. Anda juga disarankan untuk mencharge ponsel sampai 80% saja.

Jangan sampai mengisi daya hingga 100%. Jangan lupa pula, untuk melepaskan pelindung bodi, supaya bisa mengurangi panas terjadi pada ponsel. Kemudian pasang kembali ketika proses pengisian daya telah selesai. Cara ini perlu diperhatikan agar tetap awet dan tahan lama.

Baca Juga:  Cara Update Android 13 di Handphone Vivo. Intip Disini

5. Pakai Mode Daya Rendah dan Kecerahan Otomatis

Menggunakan mode daya rendah serta menerapkan kecerahan otomatis, menjadi salah satu tips merawat iphone yang perlu Anda terapkan. Ini bertujuan untuk menghemat baterai, karena pengaturan kecerahan otomatis membuat layar dapat menyesuaikan kecerahan berdasarkan cahaya dilingkungan sekitar.

Ketika berada di dalam ruangan gelap atau saat malam hari, biasanya ponsel memberikan cahaya lebih agar tampilan gambar serta teks bisa terlihat dengan jelas. Menggunakan mode daya rendah juga membuat baterai ponsel bisa bertahan lebih lama.

6. Update iOS

Vendor iPhone seringkali melakukan update pada IOS. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki keamanan, yang rentan memiliki celah saat mengoptimalkan kinerja handset iPhone. Sehingga sangat disarankan untuk selalu update sistem iOS ke versi terbarunya.

Update IOS

Agar ponsel yang digunakan lebih memaksimalkan kinerjanya. Dan tentunya ponsel menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak. Pastikan juga, Anda mengupdate-nya melalui AppStore resmi milik iPhone. Ada banyak bahaya yang mengintai, jika Anda tida melakukannya melalui versi resmi.

7. Hindari Suhu Tinggi dan Terlalu Dingin

Tips merawat iphone selanjutnya, pastikan ponsel terhindar dari suhu yang terlalu panas atau dingin. iPhone sendiri, merupakan ponsel cukup sensitif terhadap suhu yang terlalu panas. Suhu tinggi menjadi salah satu penyebab mengapa baterai iPhone, menjadi cepat menurun.

Bahkan parahnya, bisa membuat ponsel mati secara tiba-tiba. Pastikan agar Anda menghindari sinar matahari secara langsung dalam waktu cukup lama. Jangan coba-coba menggunakan ponsel di dalam sauna atau menaruhnya di dashboard mobil.  

8. Hindari Air

Selain terik matahari yang perlu Anda hindari, hindarkan ponsel dari air. Meskipun ponsel iPhone dilengkapi dengan teknologi anti air, akan lebih baik jika Anda menghindarkannya dari air untuk menghindari berbagai kerusakan.

Baca Juga:  Cara Ampuh Mengatasi HP Lenovo Lemot/Hang

Hal ini, karena ponsel iPhone tidak memiliki garanasi yang menjamin perbaikan ponsel rusak akibat air. Perlu Anda ketahui pula, ponsel iPhone semakin lama ketahanan terhadap air semakin berkurang. Jika hal itu terjadi, akan lebih baik Anda meng-upgrade ke versi ponsel terbaru.

9. Rutin Membersihkan Ponsel

Tips merawat iphone lainnya, pastikan Anda juga secara rutin membersihkan ponsel. Agar ponsel tida mudah rusak atau tahan lama digunakan. Lakukan pembersihan ini satu Minggu sekali, bersihkan bagian bodi juga bagian software ponsel.

Yakni dengan memberishkan file-file seperti chace ponsel, atau sampah file tidak berguna lainnya. Lakukan juga penyegaran layar setiap harinya, agar ponsel tetap lancar. Membersihkan ponsel pun dapat membuat performa lebih baik dan cepat.

Mungkin Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberishkan bagian port charger atau bagian speaker. Dengan menggunakan kuas halus, hingga kualitas pengisian daya dan suara ponsel terdengar tetap jernih.

10. Matikan Fitur Download Otomatis

Beberapa perangkat ponsel iPhone memiliki download otomatis. Sehingga membuat ponsel mengunduh aplikasi atau data yang tidak diinginkan. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, matikan fitur tersebut di pengatura ponsel. Tidak hanya itu, download otomatis juga membuat daya ponsel lebih cepat berkurang.

Charger baterai dengan benar

Pastikan untuk memerhatikan performa ponsel Anda dengan baik. Lakukan perawatan serta jauhkan dari hal-hal yang bisa membahayakan kualitas iPhone. Seperti, menghindari penggunaan di bawah sinar matahari terlalu lama, menggunakan ponsel sambil di charge, gunakan Case, dan jauhkan dari air.

Jika merasa ponsel sudah terlalu lemot, akan lebih baik jika Anda membeli ponsel iPhone dengan versi terbaru. Kemudian jangan lupa untuk menerapkan tips merawat iphone yang sudah kami bahas secara lengkap di atas.

Leave a Comment