Tips dan Cara Edit Foto Aesthetic

Siapa bilang foto aesthetic hanya dapat diambil dengan kamera canggih semacam DSLR atau HP canggih? Untuk menghasilkan foto aesthetic, Anda juga dapat lhoo menggunakan HP biasa dengan menerapkan cara edit foto aesthetic yang sangat mudah dan begitu praktis.

Pernah lihat foto-foto aesthetic di Instagram? Pastinya, Anda akan berpikir untuk menghasilkan foto yang super keren, tentu memerlukan kamera atau berbagai alat canggih lainnya.

Baca juga: cara edit pdf

Anda tidak selalu memerlukan alat-alat canggih untuk menghasilkan foto aesthetic demi membuat feeds IG jadi kece. Anda hanya perlu skill edit foto untuk membuat hasil jepretanmu tidak kalah aesthetic.

Cara Edit Foto Aestetic

Pada artikel ini bakal kasih tahu cara yang dapat bikin hasil foto Anda terlihat aesthetic dan kece parah. Yuk, langsung simak selengkapnya di bawah ini!

cara edit foto aesthetic

Gunakan Pencahayaan yang Alami

Pencahayaan merupakan hal yang paling penting saat mengambil foto, Oleh sebabnya itu, Anda perlu memperhatikan pencahayaan yang ada di sekitar sebelum mengambil foto!

Sebab pencahayaan yang bagus dan alami tersebutlah yang dapat membuat foto Anda terlihat lebih jelas dan aesthetic. Hasil foto juga akan terlihat jadi makin cerah dan menampilkan kesan warna yang cemerlang sehingga dalam proses cara edit foto aestetic harus diperhatikan sebaik mungkin.

Perkiraan waktu yang pas untuk mengambil foto dengan pencahayaan alami yang bagus adalah di pagi hari, sekitar jam 9. Tenang tak hanya pagi saja, Anda juga dapat bikin foto aesthetic di sore hari juga. Tepatnya  sebelum matahari terbenam. Waktu-waktu ini sering disebut dengan golden hour.

Baca Juga:  8 Cara Download Post Instagram di HP via App & Online

Temukan Angle yang Tepat

Untuk menghasilkan foto yang aestheticangle yang tepat juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda ambil foto dari sudut yang asal-asalan atau random.

Angle yang pas saat mengambil foto dapat memberikan hasil foto dengan perspektif yang berbeda. Contohnya saja, jika Anda dapat membuat sebuah objek terlihat lebih jauh, besar, kecil, dekat atau sebagainya.

Perhatikan Komposisi Warna

Sebelum Anda mencoba mengambil foto yang aesthetic, sebaiknya Anda pikirkan dulu warna apa yang baiknya Anda sorot. Apakah warna yang cerah yang mampu memberi kita energi, atau warna netral akan memberi kesan minimalis selain dengan cara edit foto aestetic.

Komposisi warna pada foto sangatlah penting dan perlu diperhatikan, sebab dengan warna yang tepat, bahkan foto sebuah bangunan saja dapat terlihat behitu aesthetic! Warna yang tepat dapat lebih meng-enhance objek yang Anda potret.

Bermain dengan Kontras

Selain memperhatikan pencahayaan dan komposisi warna yang ada pada gambar, Anda juga harus dapat memainkan kontras dengan baik. Mengikutsertakan elemen kontras ke foto aesthetic Anda dapat menghadirkan sentuhan yang menarik ke foto Anda, lhoo. Foto dengan warna yang cukup kontras akan menciptakan kesan visual yang membuat foto Anda begitu kuat!

Sebagai contoh saja, Anda dapat mengambil foto dengan warna terang dan gelap, untuk objek yang bersih dan kotor, perhatikan emosi, gaya, dan objek yang kontras untuk menghadirkan kehidupan ke foto Anda.

Perhatikan Detail Foto

Detail foto sangatlah mempengaruhi hasil foto yang aesthetic, mulai dari cara berpakaian, objek yang mendapat spotligh, bahkan lokasi foto. Detail tersebut sangatlah penting, apalagi jika Anda ingin foto orang terlihat aesthetic tanpa cara edit foto aestetic.

cara edit foto aesthetic

Apabila Anda ingin membuat potret yang lebih aesthetic lagi, maka Anda harus memperhatikan perilaku, gaya, lingkungan sekitar hinggadetail kecil lainnya agar Anda dapat menyampaikan pesan yang sesuai dari foto aesthetic yang Anda buat.

Baca Juga:  Deretan Cara Mengatasi Koneksi Internet Tidak Stabil

Cara Edit Foto Aesthetic dengan Aplikasi 

Cara Edit Foto Aesthetic dengan VSCO

Untuk hasil foto yang aesthetic dan lebih maksimal, Anda dapat menggunakan aplikasi VSCO untuk mempercantik hasil akhir foto Anda, guys. Cara edit foto aesthetic di VSCO juga mudah banget sebagai cara edit foto aestetic.

  • Langkah 1 – Download Aplikasi VSCO

Pertama Anda wajib download aplikasi VSCO. Anda dapat download aplikasi tersebut melalui playstore. Apabila sudah selesai download dan install VSCO, Anda dapat lanjut ke langkah berikutnya. 

  • Langkah 2 – Pilih Filter.

Ada berbagai macam filter bawaan yang dapat Anda gunakan pada aplikasi VSCO ini, Pertama pilih foto yang ingin Anda edit, lalu untuk pilih filternya, Anda cukup klik tanda + di aplikasi VSCO.

Walaupun VSCO banyak menyediakan filter yang begitu menarik, namun Anda harus bayar atau upgrade akun menjadi premium terlebih dahulu untuk menggunakan filter-filter tersebut

  • Langkah 3 – Lakukan Pengeditan Exposure Serta Contrast Foto.

Apabila Anda ingin foto Anda terlihat lebih menonjol dan lebih menarik lagi, Anda perlu bereksperimen dengan exposure dan kontras pada foto. Sebab, foto yang didapat dengan pencahayaan yang baik akan mampu menarik perhatian dengan lebih mudah.

Apabila hasil foto Anda lebih low light, Anda tidak usah khawatir sebab Anda dapat memainkan exposure nya agar hasil foto jadi lebih terang atau sebaliknya. 

  • Langkah 4 – Crop dan Straighten Foto Anda.

Objek, suasana, pencahayaan, serta feel foto aesthetic Anda sudah pas, tapi ternyata foto yang Anda hasilkan agak miring? Atau Anda merasa ada objek di pinggiran foto yang menggagnggu estetika foto Anda? Jangan khawatir, Anda dapat memakai fitur Straighten agar foto Anda lurus.

  • Langkah 5 – Buat Filter Sendiri.

Apabila filter-filter yang ada di aplikasi VSCO kurang pas dengan foto aesthetic Anda, coba Anda buat filter sendiri yang sesuai dengan keinginan Anda. Sebab Anda juga dapat bereksperimen sendiri dan menentukan preset-preset yang pas dengan selera Anda. Apabila sudah, Anda tinggal save saja agar filter tersebut dapat langsung digunakan untuk foto lainnya.

Baca Juga:  Cara mengatasi hp disadap, bisa anda lakukan sendiri loh

Cara Edit Foto Aesthetic di Lightroom

Selain VSCO, Lightroom juga merupakan aplikasi yang populer sebagai cara edit foto aestetic agar foto Anda dapat lebih aesthetic. Cara selanjutnya dengan memanfaatkan aplikasi Lightroom juga sangat begitu gampang, Anda dapat ikuti langkah-langkah dibawah ini.

cara edit photo di Lightroom

  • Langkah 1 – Download Aplikasi Lightroom.

Pertama-tama Anda wajib download aplikasi Lightroom. Anda dapat download aplikasi tersebut melalui playstore. Apabila sudah selesai download dan install aplikasi Lightroom, Anda dapat lanjut ke langkah berikutnya.

  • Langkah 2 – Buat Akun.

Sebelum Anda dapat mengakses aplikasi Lightroom dan fitur-fitur di dalamnya, Anda wajib buat akun Adobe. Apabila Anda tidak mau repot, dapat juga langsung login menggunakan akun Facebook maupun Google yang Anda punya.

  • Langkah 3 – Masukkan Foto yang hendak diedit, lalu tekan tools Presets.

Setelah memilih yang ada foto di gallery Anda yang ingin diedit, Anda dapat langsung tekan pada Presets yang berada di paling kanan untuk mengakses filter-filter yang ada di aplikasi Lightroom tersebut.

  • Langkah 4 – Pilih jenis filter

Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam filter dari yang berwarna, hitam putih, grain dan lain sebagainya. Anda tinggal pilih mana yang paling cocok dengan foto aesthetic yang Anda punya.

  • Langkah 5 – Buat Filter (Bonus).

Kurang puas dengan presets yang ada di aplikasi Lightroom? Tenang aja, Anda juga dapat ko buat filter sendiri. Caranya mudah banget, Anda tinggal menekan tab light, color, effects, dan yang lainnya yang berada di tab bawah, lalu kemudian jangan lupa save.

Demikianlah informasi mengenai cara edit foto aestetic yang dapat Anda praktekkan dengan dua aplikasi pengeditan yang sangat begitu mudah.

Leave a Comment