Spreadsheet Adalah: Definisi, Fungsi, Bedanya dengan Excel

Sudah sejak beberapa tahun belakangan ini, spreadsheet menjadi pilihan banyak orang ketika harus membuat data-data tertentu. Spreadsheet adalah sebuah software yang terdapat pada perangkat komputer dengan berbasis pada pengolahan angka.

Spreadsheet mendukung formula yang dapat dipergunakan untuk membuat fungsi-fungsi tertentu dalam pengolahan data maupun kalkulasi string dan angka. Kegunaan spreadsheet tidak jauh berbeda dengan Microsoft Excel, karena Excel sebenarnya termasuk spreadsheet.

Zaman sekarang kebutuhan akan sebuah aplikasi, software ataupun program kalkulasi data sangat diperlukan untuk mendukung pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan akuntansi. Selain Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan spreadsheet lainnya untuk menyelesaikan pekerjaan.

Apa Itu Spreadsheet?

Apa Itu Spreadsheet?

Pengertian spreadsheet secara umum adalah sebuah aplikasi atau suatu program komputer yang gunanya untuk menampilkan data-data dalam bentuk lajur, yaitu kolom dan baris. Jadi, saat membuka spreadsheet maka akan dilihat data-data yang diatur dalam baris dan kolom.

Baris dalam spreadsheet umumnya menggunakan angka-angka, seperti 1,2,3,4 dan seterusnya. Sementara label pada kolom spreadsheet memakai huruf, yaitu A, B, C, D dan selanjutnya. Jumlah kolom dan baris tidak terbatas, pengguna bisa memakainya sesuai keperluan.

Semua data-data yang telah diolah menggunakan lembar spreasheet akan disimpan dalam sel, yang dinamakan sesuai dengan kebutuhan pemakainya atau administrator. Sedangkan pengertian sel pada spreadsheet sendiri adalah titik pertemuan antara kolom dan baris.

Perlu diketahui bahwa spreadsheet adalah sebuah lembar kerja berisi kolom dan baris untuk pengolahan data, dimana setiap sel didalamnya saling terkait. Ketika pengguna melakukan perubahan pada salah satu sel, maka sel-sel yang lain juga ikut mengalami perubahan.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Deak dan Cara Melakukannya di Telegram

Dari segi bahasa, spreadsheet memang berarti pengolahan angka, sesuai dengan apa yang menjadi fungsinya. Isi lembar spreadsheet bisa data-data numerik, alfanumerik rumus dan juga teks.

Fungsi Software Spreadsheet Adalah

Fungsi Software Spreadsheet Adalah

Mungkin Anda termasuk orang yang bertanya-tanya, apa sebenarnya fungsi spreadsheet tersebut? Fungsi utama spreadsheet yaitu pengolahan data-data dalam bentuk angka. Sayangnya, definisi spreadsheet seperti itu dinilai terlalu sempit dari manfaat yang sebenarnya.

Pada kenyataannya, pengguna spreadsheet bisa menggunakannya dan memfungsikan lembar tersebut tidak hanya sebatas untuk mengolah data yang berupa angka saja. Kegunaan spreadsheet lebih luas dari sekedar software untuk olah data yang terdiri dari angka-angka.

Spreadsheet memiliki fungsi dan kegunaan yang lebih luas, yaitu sebuah lembar yang dipakai untuk mengolah data yang bentuknya grafik, tabel dan juga statistik dari data-data tersebut. Pengolahan data dengan spreadsheet akan menjadi lebih mudah jika ada rumus-rumusnya.

Rumus-rumus yang digunakan pada lembar spreadsheet bermacam-macam, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan keperluan pengguna atau administrator. Rumus yang digunakan akan otomatis merubah data pada sel jika pengguna melakukan perubahan data.

Beberapa fungsi yang dapat dilakukan dengan menggunakan spreadsheet diantaranya yaitu :

  • Analisis komparatif
  • Perhitungan angka yang tidak bisa dilakukan dengan cara konvensional
  • Laporan keuangan
  • Pembuatan jadwal
  • Analisis kuantitatif dan sebagainya.

Contoh Program Spreadsheet

Dulu, mungkin orang hanya mengenal Excel sebagai program untuk mengolah data-data numerik, kini makin beragam jenis spreadsheet yang dapat digunakan. Semua itu berkat kemajuan teknologi komputer yang memungkinkan orang membuat program ataupun software baru.

Dari dulu hingga sekarang, spreadsheet adalah program yang dirasa mampu membantu siapa saja untuk menyelesaikan pekerjaan yang terkait dengan pengolahan angka. Program spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengolah angka-angka, makin banyak jenisnya, diantaranya yaitu :

Baca Juga:  Pengiriman Kargo Shopee Aman atau Tidak? Berikut Penjelasannya¬†

1. Microsoft Excel

Microsoft Excel

Siapa yang tidak kenal program Microsoft Excel yang telah sejak lama digunakan untuk mengolah data-data akuntansi dan keuangan. Excel adalah suatu aplikasi yang fungsinya untuk memroses nomor yang dikembangkan oleh Microsoft. Excel berjalan pada OS Windows dan Mac milik Apple.

Fitur pada spreadsheet Excel memungkinkan pengguna untuk melakukan integrasi pengolahan data dengan Microsoft Office dan dapat dipakai membuat grafik. Fungsi Microsoft Excel adalah untuk melakukan memprosesan data numerik dan bisa ditampilkan dalam bentuk grafik.

Sebagai program spreadsheet yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia, Excel dilengkapi dengan fasilitas untuk mengolah data, membuat basis data, membuat rumus, tabel dan sebagainya.

2. Lotus 123

Lotus 123

Software spreadsheet lainnya adalah Lotus 123, yang merupakan aplikasi milik IBM. Spreadsheet Lotus 123 ini diluncurkan bersamaan dengan aplikasi lainnya yang bernama Lotus SmartSuite. Spreadsheet Lotus 123 menggunakan OS DOS dan kini juga berjalan pada Windows.

Perlu diingat bahwa spreadsheet adalah program yang difungsikan untuk mengolah data dalam baris dan kolom, begitu juga dengan Lotus 123. Program milik IBM ini memiliki kelebihan yaitu fungsinya kompatibel dengan Microsoft Excel.

Didalam program spreadsheet tersebut, pengguna dapat memakai fitur SmartLabel yang fungsinya untuk memudahkan pemakain rumus dengan jumlah baris mencapai 65.536 lajur.

3. Google Spreadsheet

Google Spreadsheet

Aplikasi speadsheet yang satu ini tengah banyak digunakan orang dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sebagaimana namanya, spreadsheet yang satu ini dikembangkan oleh raksasa Google, dan masuk dalam kelompok Google Document.

Google spreadsheet mempunyai kelebihan, diantaranya pengolahan data dilakukan secara online. Data yang dituliskan pada spreadsheet akan disimpan dalam sistem Google, sehingga bisa dibuka dan dirubah kapanpun dibutuhkan dan darimanapun.

Baca Juga:  Apa itu Microsoft 365 Copilot?

Syarat agar bisa menggunakan Google spreadsheet hanyalah pengguna harus memiliki jaringan internet yang stabil. Setiap saat, pengguna bisa melakukan editing data langsung dari lembar spreadsheet dan perubahan tersebut akan langsung disimpan oleh sistem Google.

Sepertinya Google memahami bahwa arti dari spreadsheet adalah aplikasi untuk mengolah data, sehingga menyediakan cara yang mudah bagi setiap penggunanya untuk memproses data darimanapun dan kapanpun, selama ada sambungan internet.

4. Open Office Calc

Open Office Calc

Berikutnya ada Open Office Calc, spreadsheet yang menggunakan sistem open source, sehingga dapat dibuka menggunakan OS apapun. Spreadsheet ini dapat dipakai untuk mengolah data dan memakai rumus kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik.

Cara kerja Open Office Calc tidak jauh berbeda dengan Microsoft Excel, dimana terdapat banyak sheet didalamnya. Pengguna dapat memakai sheet sesuai kebutuhan, meskipun pada awalnya akan ditampilkan 3 sheet saja.

Perbedaan Spreadsheet dengan Microsoft Excel

Perbedaan Spreadsheet dengan Microsoft Excel

Apa bedanya spreadsheet dengan Excel? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, harus kembali dulu pada pengertian spreadsheet. Definisi spreadsheet adalah software berbasis angka yang digunakan untuk mengolah data.

Pada prinisipnya tidak ada perbedaan antara spreadsheet dan Excel, karena Excel adalah bagian dan contoh spreadsheet yang populer digunakan. Perbedaan mungkin terdapat pada fungsi dan jenis dari masing-masing spreadsheet itu sendiri.

Contohnya, beda Excel dan Google spreadsheet yaitu pada penggunaannya, dimana Excel adalah aplikasi atau software offline sedangkan Google spreadsheet dipakai secara online. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal pengolahan data.

Excel lebih aman digunakan untuk mengolah data saat internet tidak stabil ataupun jaringannya hilang. Sedangkan Google spreadsheet adalah program dengan sistem online jadi lebih praktis digunakan untuk mengubah data-data dan hasil perubahan akan langsung disimpan dalam sistem.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment