Review itel A60s HP Android termurah cuma 900 ribuan

Review itel A60s HP Android termurah cuma 900 ribuan rupiah saja. Siapa cepat dia dapat, HP android yang terjangkau ini memiliki spesifikasi terbaik dikelas harganya.

Siapa yang tidak tertarik dengan HP Android murah ? Kehadiran itel A60s kembali mengguncang pasar smartphone yang dapat membuat kompetitor mulai gigit jari.

Bagaimana tidak heboh jika strategi marketing dari itel ini berhasil menarik perhatian publik tanah air.

Harga murah namun tidak murahan, itulah slogan yang kini berhasil memikat banyak orang untuk membeli HP itel A60s keluaran terbaru tahun ini.

Penasaran seperti apa spesifikasi dan harganya ? Buat kamu yang ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan dari HP itel A60s bisa simak ulasan menarik berikut ini.

Review itel A60s HP Android termurah

Review itel A60s HP Android termurah

Desain

Mari kita mulai dari desain terlebih dahulu karena tampilan HP saat ini menjadi penting terutama untuk pengguna yang sensitif terhadap OOTD.

Meskipun harga cuma 900 ribu rupiah saja tetapi desain dari itel A60s ini sama sekali tidak terlihat murahan.

Pada sisi belakang HP ini memiliki desain dengan corak yang menyerupai berlian, sehingga tampak mengkilat jika terkena pantulan cahaya.

Tersedia varian warna shadow black dan glacier green yang sudah resmi masuk ke tanah air. Kedua warna tersebut tentunya mempunyai keunikan dan daya tarik sendiri, sehingga orang bebas memilihnya.

HP itel A60s memiliki berat masih dibawah 200 gram atau lebih tepatnya ada dikisaran 190 gram. Sebuah bobot yang terbilang wajar mengingat HP ini pakai kapasitas baterai jumbo 5000 mAh.

Pada bagian depan terdapat layar yang memang memiliki bezel namun dengan ketebalan yang normal. Sehingga sama sekali tidak mengganggu tampilan visual dari layar HP android itel ini.

Kamera depan menggunakan desain water drop yang sudah menjadi hal yang umum untuk HP android modern saat ini.

Ukuran layar 6,6 inch dengan menggunakan panel IPS LCD yang support refresh rate hingga 60 Hz. Karena tidak ada sensor cahaya maka kecerahan layar harus diatur secara manual.

Layar HP ini memiliki resolusi HD+ yang tentunya sangat umum untuk HP entry level. Namun tidak usah khawatir karena layar ini memiliki kualitas warna yang tajam dan detail.

Konektivitas

Kabar gembira untuk pendengar musik yang hingga saat ini masih suka pakai headset kabel karena HP ini masih menyediakan audio jack 3,5 mm.

Untuk koneksi charger dan transfer data memang masih menggunakan micro USB dan bukan USB type C. Sangat wajar mengingat HP ini untuk entry level yang juga harganya sangat murah yaitu 900 ribuan saja.

Sayangnya chipset atau SoC Unisoc SC9863A ini masih belum support 5G. Sehingga hanya bisa pakai sampai jaringan 4G saja yang tentunya untuk sekarang sama sekali bukan masalah.

Koneksi wireless HP ini sudah memiliki bluetooth 5 dan WiFi 4 single band. Memang bukan versi yang paling baru namun masih bisa terpakai dengan baik untuk penggunaan sehari-hari.

Spesifikasi

itel A60s mengandalkan SoC dari Unisoc yaitu SC9863A yang punya prosesor 8 cores berjenis cortex A55 fabrikasi 28mm.

Untuk urusan grafik ponsel itel ini mengandalkan GPU PowerVR Rogue GE8322. Memang bukan termasuk GPU yang powerfull dan tidak cocok untuk bermain game berat. Namun sangat wajar mengingat harganya juga murah.

Dari sisi storage sudah memiliki kapasitas 64GB yang bertipe eMMC. Jika dirasa masih kurang besar maka tidak usah khawatir karena masih ada tray khusus untuk microSD.

Dan bagusnya lagi sim tray ini non hybrid sehingga jika pasang dua simcard sekaligus tetap masih bisa memasang microSD secara bersamaan.

Kapasitas RAM 4GB + 4GB yang totalnya menjadi 8GB. Ini berarti 4GB adalah RAM real dan 4GB lagi adalah RAM virtual yang diambil dari storage.

Jika kamu tidak ingin menggunakan virtual RAM atau yang itel sebut dengan MemFusion maka bisa dimatikan melalui pengaturan dengan mudah.

Baterai

Ponsel itel A60s sudah dilengkapi baterai yang memiliki kapasitas 5000 mAh dengan dukungan charging 10 watt.

Baterai dengan kapasitas 5000 mAh tentunya sudah termasuk bagus performanya karena memiliki daya tahan yang lama hingga seharian penuh. Setidaknya untuk menonton video FullHD secara lokal.

Karena tidak ada fitur fast charging maka untuk mengisi baterai 5000 mAh dari 1% hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Berbeda lagi ceritanya jika sudah ada fitur fast charging yang biasanya selesai hanya dalam hitungan menit saja atau kurang dari 60 menit.

Meskipun demikian sangat wajar mengingat HP ini memang untuk entry level dengan harga yang sangat terjangkau sekali.

Solusi terbaik untuk mengatasi pengisian yang lama yaitu dengan memilih waktu yang tepat. Contohnya saat malam hari adalah waktu yang baik untuk mengecas HP ini karena sudah memiliki fitur keamanan yang ketat sehingga tidak apa untuk dibiarkan hingga pagi.

Keunggulan Smartphone itel A60s

Harganya yang sangat terjangkau yaitu benar-benar dibawah 1 jutaan rupiah sudah pasti menjadi keunggulan utama yang menjadi daya tarik banyak orang.

Meskipun murah bukan berarti memiliki performa jelek, sebab itel masih berbaik hati memberikan paket penjualan yang lengkap. Masih ada charger, kabel, dan bahkan screen protector serta soft case.

Dengan adanya aksesoris bawaan yang lengkap ini dapat membuat orang yang membeli itel A60s tidak perlu lagi mengeluarkan uang tambahan untuk beli aksesoris lainnya.

Hal ini tentu menjadi pukulan telak bagi produsen smartphone lain mengingat masih ada yang mencoba memangkas aksesoris pada HP entry level.

Fitur radio juga tersedia namun harus memasang kabel audio jack 3,5 mm terlebih dahulu sebagai antenanya.

Kekurangan Smartphone itel A60s

Sebagai HP android murah maka sangat wajar kalau itel A60s ini memiliki beberapa kekurangan yang bisa diterima oleh pengguna.

Kekurangan pertama ada pada bagian layarnya yang sama seperti seri itel S23 yaitu tidak memiliki sensor cahaya. Tidak ada light sensor berarti kecerahan layarnya masih manual.

Pengguna harus bolak-balik mengatur kecerahan layar HP secara manual apabila dirasa kurang terang atau kurang gelap.

HP android murah seharga 900 ribuan ini juga masih menggunakan port jadul yaitu micro USB dan tidak support fitur fast charging.

Jadi meskipun memiliki kapasitas batera besar 5000 mAh akan membutuhkan waktu pengisian yang cukup lama karena tidak ada fitur fast charging.

OS itel A60s masih menggunakan Android 12 dan tidak ada kejelasan resmi itel apakah akan mendapat update OS terbaru atau tidak.

Sudah menjadi hal yang umum sekarang kalau HP entry level diperlakukan seperti ini karena hanya HP kelas menengah atas saja yang diprioritaskan mendapat update OS terbaru.

OS bawaan itel ternyata memiliki iklan yang sewaktu-waktu dapat muncul kapan saja. Memang sangat mengganggu akan tetapi tidak perlu khawatir karena bisa dimatikan secara mudah.

Demikian review itel A60s HP Android termurah yang cocok untuk budget super minim, semoga dapat bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment