10 Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif, Dijamin Tak Lekang Waktu!

Persaingan dunia bisnis sekarang ini semakin ketat, banyak bisnis yang bertahan hanya beberapa saat saja dan kemudian sepi peminat. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi yaitu kurangnya inovasi ide bisnis kreatif yang ditawarkan.

Hal tersebut tentu membuat bisnis yang dijalankan berakhir dengan dengan kegagalan. Ide bisnis merupakan hal yang penting karena berperan dalam membangun konsep umum usaha yang nantinya akan dijalankan.

Kemudian ide tersebut diolah lebih detail menjadi sebuah informasi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan bisnis. Maka dari itu, untuk mempertahankan usaha agar bisa tetap berjalan dibutuhkan ide bisnis yang berbeda dari kompetitor bisnis Anda pada umumnya.

Rekomendasi Ide Bisnis Kreatif

Ada banyak ide bisnis usaha kreatif yang bisa dicoba dan memiliki banyak peminat, dengan demikian bisnis yang Anda jalankan bisa sukses. Berikut merupakan rekomendasi ide bisnis tersebut:

1. Jasa desain grafis

Jasa desain grafis

 

Bagi Anda yang memiliki keahlian desain dan tertarik untuk bekerja dengan banyak perusahaan, jasa desain grafis bisa menjadi pilihan yang tepat. tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan desain menjadi hal yang sangat penting dalam setiap perusahaan.

Kebutuhan perusahaan akan jasa desain diantaranya yaitu mulai dari pembuatan logo, postingan media sosial, banner dan lain sebagainya. Untuk itu, Anda bisa menawarkan jasa untuk melakukan tugas-tugas tersebut.

Namun sebelumnya pastikan untuk menyiapkan portofolio mengenai hasil karya yang telah dibuat semenarik mungkin. Disini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi jasa desain yang ditawarkan.

Apabila memiliki budget berlebih, maka bisa menggunakan iklan Facebook sebagai solusi dalam memperluas promosi mengenai bisnis jasa desain ini. Selain itu, untuk mendapatkan klien juga bisa dengan mengajukan ke dalam situs freelance.

Sekarang ini sudah banyak situs-situs untuk seorang freelancer sebagai sarana menawarkan jasa dan mencari klien yang sedang membutuhkan jasa tertentu, salah satunya yaitu desain grafis.

Sekarang ini jasa desain grafis merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba usaha yang satu ini.

2. Bisnis clothing line

Bisnis clothing line

Perkembangan dunia fashion terutama di kalangan anak mudah sekarang ini sudah semakin beragam variasinya, tidak hanya sebatas outfit yang meliputi baju dan celana, namun juga berbagai pilihan jenis aksesoris yang mempermanis tampilan seperti topi, gelang dan bandana.

Namun sebelum menjalankan ide bisnis kreatif ini, pastikan untuk memikirkan dengan matang mengenai konsep yang akan diusungnya, bahkan bila perlu lakukan riset pasar secara mendalam terlebih dahulu dengan tepat.

Selain itu, produk yang ditawarkan juga harus menonjol dan memiliki ciri khas tersendiri yang bisa menjadi pembeda dengan kompetitor lainnya di luaran sana.

3. Bisnis souvenir pernikahan custom

Bisnis souvenir pernikahan custom

Jika datang ke pesta pernikahan, biasanya hal yang cukup menyita perhatian yaitu mengenai souvenir yang diberikan. Namun seringkali ditemui desain souvenir yang cukup membosankan dan kurang kreatif.

Hal ini bisa menjadi sebuah inspirasi dalam membuka sebuah bisnis souvenir pernikahan yang beda dan unik. Berbagai pilihan jenis souvenir bisa didapatkan seperti bingkai foto, pouch untuk earphone. Selain itu, juga bisa dengan menerima pesanan berupa kustomisasi souvenir pernikahan.

Tentunya untuk kustomisasi souvenir ini dijual dengan kisaran harga yang dijual per produk serta adanya batas minimal pemesanan.

4. Bisnis jastip barang bermerek

Bisnis jastip barang bermerek

Ide bisnis kreatif yang cocok untuk anak mudah yaitu jastip barang bermerek. Banyak orang yang menginginkan barang atau produk yang bermerek, namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengakses toko offline dari merek produk tersebut.

Karena tidak semua mall terdapat toko offline produk-produk bermerek. Padahal salah satu keuntungan jika berbelanja di toko offline yaitu kerap memberikan diskon yang cukup menggiurkan.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka sebuah bisnis jastip barang bermerek.

5. Bisnis produk share in jar

Bisnis produk share in jar

Walaupun sudah banyak brand-brand skincare bagus bermunculan, namun masih banyak yang ragu untuk membelinya. Beberapa merasa takut jika skincare yang dibeli tidak cocok dikulit, sehingga produk tersebut menjadi sia-sia.

Karena pada dasarnya masing-masing orang memiliki tipe kulit yang berbeda-beda, apabila ada orang yang cocok menggunakan skincare A, maka belum tentu orang lain cocok menggunakan skincare tersebut.

Jadi terkadang testimoni dari orang-orang belum tentu bisa meyakinkan seseorang untuk menggunakannya. Selain itu, tidak semua produk skincare menyediakan ukuran travel size atau yang kecil.

Untuk itu, bisnis produk share in jar bisa menjadi peluang bisnis yang tepat sebagai solusi bagi calon pelanggan yang ingin membeli skincare. Tidak hanya skincare, Anda juga bisa menjual produk berupa parfum dalam bentuk share in jar.

Parfum termasuk ke dalam jenis produk yang cukup personal, sehingga banyak orang yang cukup selektif dalam memilih parfum dengan wangi yang tepat. Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk menjual produk parfum share in jar.

6. Bisnis dropshipper

Bisnis dropshipper

Dropshipper bisa menjadi ide bisnis kreatif online untuk dipilih, terutama bagi yang ingin membuka usaha dengan modal yang kecil. Dropshipper sendiri merupakan model bisnis yang dijalankan dengan menjual produk yang diperoleh dari supplier kepada pembeli.

Hal yang menarik dari bisnis ini yaitu Anda tidak perlu membuka toko online atau mengurus pengiriman barang, karena hal ini merupakan tugas dari seorang supplier. Jadi dropshipper hanya perlu mempromosikan produk kepada pelanggan saja.

Pada saat menjual produk, Anda bisa mematok harganya lebih tinggi daripada harga dari supplier, sehingga bisa meraih keuntungan.

7. Bisnis jastip merchandise artist

Bisnis jastip merchandise artist

Bisnis jastip merchandise artist juga bisa menjadi opsi yang tepat untuk memulai usaha. Para musisi terutama musisi internasional kerap mengeluarkan merchandise exclusive untuk para fansnya.

Namun untuk membelinya umumnya harus dilakukan dengan menggunakan metode pembayaran tertentu, karena tergolong ke dalam pembayaran internasional. Selain itu, pembelian ini juga seringkali menggunakan sistem pre-order.

Tentu tidak semua orang paham mengenai alur pembelian dan sistem pemesanan tersebut. Maka dari itu, ide bisnis yang satu ini memiliki peluang yang cukup bagus untuk dicoba.

8. Ide bisnis kreatif desain casing HP

Ide bisnis kreatif desain casing HP

Hampir semua pengguna HP menggunakan casing untuk mempercantik dan melindungi dari benturan. Jadi tidak heran jika permintaan akan casing HP ini terus meningkat.

Bagi Anda yang mempunyai kemampuan untuk melukis atau menggambar, maka ide bisnis untuk membuka jasa desain casing HP sesuai dengan keinginan bisa dicoba.

9. Bisnis hadiah wisuda

Bisnis hadiah wisuda

Wisuda merupakan salah satu momen penting dan membahagiakan. Karenanya banyak yang memberikan hadiah ketika seseorang sedang merayakan momen tersebut. Bagi yang mempunyai kemampuan dalam membuat kerajinan tentu hal ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus.

Anda bisa menawarkan hadiah berupa plakat dengan desain yang unik, gambar karikatur, serta hampers yang berisikan jajanan atau barang menarik lainnya.

10. Blogger

Blogger

Blogger merupakan pilihan yang tepat jika Anda memiliki hobi menulis. Anda bisa memperoleh pendapatan dengan membuat konten-konten yang menarik dalam sebuah blog. Hasil yang diperoleh dari bisnis ini juga cukup menggiurkan.

Kumpulan ide bisnis kreatif di atas bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin memulai membuka usaha. Namun sebelumnya pastikan bahwa bisnis yang akan dijalani sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki, agar Anda bisa menjalaninya dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment