Liquid cooler AIO 240 terbaik untuk mendinginkan prosesor

Ini dia rekomendasi liquid cooler AIO 240 terbaik untuk mendinginkan prosesor desktop PC kesayangan anda. Jika aio water cooling 360 terlalu besar untuk casing PC maka bisa beralih menggunakan aio 240.

Suhu prosesor yang tinggi pastinya membutuhkan cooler premium agar bisa beroperasi terus secara normal. Terlebih jika power limit pada motherboard sudah tidak dibatasi lagi maka panas pada prosesor juga akan tinggi.

Berbeda dengan liquid cooler aio 360mm yang cukup memakan tempat casing PC, pada liquid cooler aio 240 akan lebih compatible dengan banyak varian casing PC.

Beruntung saat ini sudah banyak pilihan liquid cooler AIO 240 terbaik yang bisa anda pilih salah satunya. Buat anda yang sedang mencari water cooling aio 240 maka bisa simak pembahasan menarik berikut ini.

Rekomendasi Liquid cooler AIO 240 terbaik

1. Asus ROG Strix LC 240

Liquid cooler AIO 240 terbaik untuk mendinginkan prosesor

Rekomendasi pertama ada Asus ROG Strix LC 240 yang merupakan water cooling aio dengan RGB pada bagian head pump. Sedangkan pada bagian 2 fan radiator 240mm nya hanya menggunakan warna gelap dan tidak memiliki RGB.

Meskipun demikian tampilan desain dari Asus ROG Strix LC 240 ini cukup terlihat elegan yang cocok anda jadikan sebagai PC gaming.

Dengan mengandalkan brand ternama dari “Asus ROG” tentunya kita semua tahu bahwa urusan kualitas sudah tidak perlu kita ragukan lagi.

Asus mengklaim bahwa liquid cooler ini memiliki desain pompa yang telah dilengkapi banyak fitur pendukung. Pada bagian head pump terdapat fan yang sudah menggunakan 4 pin pwm.

Jadi putaran kipasnya bisa menyesuaikan secara otomatis yang bisa membuat kinerja cooler ini lebih efisien. Ini juga berlaku pada dua kipas radiator yang juga sudah menggunakan 4 pin pwm.

Baca Juga:  Penjelasan Salah Satu Tipe Jaringan Komputer yang Umum Dijumpai

Hal ini tentu berbeda dengan liquid cooler aio 240 merk lain yang masih menggunakan fan statis (3 pin).

Sebagai produk andalan yang termasuk kelas ROG, liquid cooler ini sudah dilengkapi dengan berbagai mounting kit prosesor Intel dan AMD.

Tiap unit Asus ROG STRIX LC 240 dibanderol dikisaran harga 2 jutaan rupiah. Dan setiap pembelian tentunya juga memiliki garansi resmi hingga 5 tahun.

2. ID-Cooling Auraflow x 240

Liquid cooler AIO 240 terbaik

Tidak kalah menariknya, ID-Cooling Auraflow x 240 juga bisa menjadi referensi yang bagus untuk mendinginkan CPU PC desktop anda.

Cooler yang satu ini memiliki harga jual yang jauh lebih terjangkau dari produk Asus ROG. Jika pada cooler ROG STRIX LC 240 dijual dengan harga 2 jutaan rupiah, maka produk Auraflow x 240 hanya sekitar 800 ribu rupiah saja.

ID-Cooling Auraflow x 240 bisa menjadi liquid cooler AIO 240 terbaik untuk anda yang punya budget pas-pasan.

Meskipun harganya murah, namun kualitasnya tidaklah murahan. Produk cooler dari ID-Cooling ini memiliki tampilan desain yang super keren.

Pada bagian fan radiator dan head pump nya terdapat RGB yang bisa menghiasi tampilan casing PC secara keseluruhan.

Desain fan RGB radiator dan RGB head pump tentu saja bisa anda atur menyesuaikan selera warna kesukaan masing-masing pengguna.

Sesuai dengan namanya yaitu “Auraflow” yang memang saat semua RGB menyala dapat membuat aura yang khas pada PC gaming anda.

Soal mounting kit tentu saja sudah tersedia untuk prosesor Intel dan AMD. Sehingga kinerja prosesor bisa terjaga suhunya dengan baik meskipun melakukan load all core dalam waktu yang cukup lama.

Adapun sedikit kekurangan yaitu konektor 4 pin hanya tersedia untuk kedua fan radiator. Sedangkan untuk bagian pump hanya tersedia 3 pin yang berarti memiliki kinerja statis.

Baca Juga:  3 Cara Koneksikan Headphone Bluetooth di Windows 11

Namun tentunya tidak masalah mengingat harga yang cukup terjangkau untuk sekelas liquid cooler aio 240 premium.

3. Deepcool Castle 240EX

Powerful and quiet, setidaknya itulah gambaran ketika kita membicarakan produk liquid cooler dari deepcool yang satu ini.

Ya, benar sekali, selain varian deepcool castle aio 360 mm juga terdapat varian Deepcool Castle 240EX. Varian yang lebih kecil ini tentunya menjadi solusi terbaik apabila casing PC anda memang hanya muat untuk radiator aio 240mm saja.

Terdapat dua kipas berwarna hitam yang memberi kesan gelap namun elegan. Sangat cocok untuk menjadi bagian hardware PC gaming anda jika memang sedang mencari aio 240 warna gelap.

Hampir semua bagian cooler aio 240 ini menggunakan warna hitam kecuali bagian head pump nya yang memiliki RGB.

Desain head pump yang berbentuk lingkaran ini tentunya mempermudah perakitan PC. Sebab jika sampai logonya terbalik, cukup putar saja hingga logo berada diposisi yang benar.

Adapun RGB pada head pump deepcool ini bisa anda atur melalui software atau bisa juga langsung dari tombol kontrol bawaan cooler.

Yang pasti, tampilan RGB ini bisa anda atur menyesuaikan fan casing dan RAM rgb, sehingga tampilan PC gaming anda menjadi lebih menarik lagi.

4. NZXT Kraken X63

Berikutnya ada Kraken X63 dari NZXT yang juga bisa anda jadikan referensi terbaik. Dengan warna dominan hitam, NZXT Kraken X63 hadir dengan dua fan silent serta head pump yang sudah RGB.

Buat anda yang tidak suka dengan cooler RGB maka jangan khawatir karena RGB pada head pump Kraken X63 ini sama sekali tidak mencolok dan bisa anda atur melalui software.

Baca Juga:  Menarik, Ternyata Begini Cara Tahu Siapa Yang Sering Menghubungi WhatsApp

Coooler liquid AIO dari NZXT ini cocok untuk menggantikan heatsink tower yang bisa memakan tempat slot RAM.

Terlebih jika anda menggunakan keping RAM yang tinggi maka memang sudah harus menggunakan liquid cooler ketimbang HSF. Sebab hanya dengan liquid cooler pemasangan RAM menjadi lebih mudah.

Performa cooler tetap setara bahkan lebih dari performa hsf yang biasanya sangat memakan tempat casing PC hingga menutupi slot RAM.

Setiap pembelian NZXT Kraken X63 sudah pasti akan mendapatkan mounting kit yang lengkap. Anda tidak perlu lagi membeli secara terpisah karena cooler ini sudah menyediakan mounting CPU terbaru yang menggunakan LGA 1700 dan AM5.

5. NZXT Kraken Z63

Selain Kraken X63 rupanya NZXT juga masih mempunyai varian cooler aio seri flagship nya yang bernama Kraken Z63.

Seri Z ini hampir mirip dengan yang seri X, namun perbedaan utama dapat anda lihat dari bagian head pump-nya.

Pada yang seri kraken Z63 sudah menggunakan LCD display panel. Sedangkan pada NZXT kraken x63 tidak menggunakan LCD pada bagian head pump nya, melainkan hanya RGB dengan logo NZXT saja.

Dan karena perbedaan ini juga maka harga jual dari kedua liquid cooler NZXT juga terpaut jauh. NZXT Kraken Z63 dibanderol dengan harga 4 jutaan rupiah.

Sedangkan NZXT X63 yang tanpa LCD dibanderol dengan harga 2 jutaan rupiah saja atau setengah harga dari yang seri X.

Untuk soal performa juga tidak jauh berbeda, namun jika anda memilih yang seri Z pastinya bisa memanfaatkan LCD untuk tampilan yang sesuai selera. Hal ini tentu berbeda jika anda hanya memilih yang seri X63 maka tidak dapat menampilkan animasi favorit.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai liquid cooler aio 240 terbaik yang bisa anda beli untuk mendinginkan CPU PC desktop.

Leave a Comment