Laptop bisnis terbaik MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID

Ini dia laptop bisnis terbaik MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID, sebuah laptop terbaru dari MSI yang cocok untuk produktivitas tinggi.

Buat kamu yang sedang mencari laptop dengan performa luar biasa, portabilitas tinggi, dan desain ringkas, maka MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID bisa menjadi pilihan yang tepat.

Seri Prestige dari MSI memang dirancang untuk memenuhi semua harapan pengguna akan laptop bisnis dan produktivitas yang sempurna.

Prestige 14 Evo dapat membantu anda agar lebih produktif karena laptop ini sudah pakai prosesor kencang dari Intel gen 13.

Siapa sangka kalau seri H pada prosesor Intel sudah ada di laptop yang tipis seperti MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID ini.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas laptop bisnis terbaik MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID beserta kelebihan dan kekurangannya.

Laptop bisnis terbaik MSI Prestige 14 EVO

Laptop bisnis terbaik MSI Prestige

Desain

MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID menggunakan desain bodi dengan form factor clamshell. Sebuah desain laptop klasik yang masih digemari banyak orang saat ini karena sudah menjadi ciri khas dari laptop itu sendiri.

Untuk material bodi laptop menggunakan logam aluminium yang dapat memberikan kesan premium bagi para pengguna laptop ini.

Dengan menggunakan warna silver yang khas menjadikan laptop MSI Prestige 14 EVO tampil dengan sangat elegan dan menarik.

Desain yang universal pada Laptop yang satu ini menjadikan kompatibel dengan pengguna dari berbagai kalangan.

Jika melihat dari MSI Prestige generasi pendahulunya tentu masih mirip-mirip yang menjadikan pengguna setia MSI tidak asing lagi dengan tampilan seperti ini.

Pada bagian engsel yang menggunakan model clamshell ini juga sangat khas dari MSI. Ketika dibuka maka bagian bodi akan sedikit terangkat yang dapat membuat sirkulasi udara menjadi lancar.

Pengguna tidak perlu khawatir akan bagian engsel ini karena pada bagian bawahnya telah dilapisi karet pengganjal agar tidak mudah lecet.

Terdapat logo khas bertuliskan MSI pada bagian belakang bodi layar laptop. Adapun bobot laptop ini hanya 1,5 kg saja yang menjadikan laptop ini mudah dibawa kemana saja karena memang benar ringan.

Layar

Ukuran layar 14 inci yang merupakan ukuran standar untuk perangkat laptop masa kini dan sangat cocok untuk keperluan bisnis profesional.

Teknologi layarnya sudah menggunakan panel IPS level panel yang tentunya punya kualitas gambar dan warna yang detail.

Resolusi layarnya menggunakan ukuran 1920 x 1200 px yang berarti memakai aspek rasio 16:10. Dan karena sejak awal laptop ini memang hadir bukan sebagai laptop gaming maka refresh rate hanya support sampai 60Hz saja.

Untuk tingkat kecerahan sudah support sampai 400 nits dan sudah 100 persen sRGB. Pengguna bisa memanfaatkan layar laptop MSI ini untuk berbagai kebutuhan seperti conten creation, nonton film dan lainnya.

Spesifikasi

Seperti yang sudah disebutkan di awal kalau laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel generasi ke-13 yaitu Intel Core i7 13700H.

Sebuah prosesor yang menggunakan huruf H ini memiliki arti high performance sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik.

Prosesor yang menggunakan code name Raptor lake ini menggunakan fabrikasi intel 7 dengan base power 45 watt saja. Total nya ada 14 cores 20 threads, yang terdiri dari 6 performance core dan 8 efficient core.

Clock speed terkencang prosesor Core i7 13700H bisa mencapai 5 GHz dan mempunyai Intel smart cache yang besar yaitu 24MB.

Prosesor Core i7 13700H juga memiliki integrated graphics yang bernama Intel Iris Xe graphics dengan 96 execution units.

iGPU bawaan dari prosesor intel seri H ini juga sudah mendukung fitur seperti codec AV1 dan akselerasi QSV.

Kapasitas RAM 16 GB LPDDR5 4800 MHz yang secara bawaan sudah dual channel. Dan karena tipe RAM-nya menggunakan LPDDR5 alias onboard maka pengguna tidak bisa menambah kapasitas memorinya.

Untuk kapasitas storage menggunakan 1 TB SSD dengan form factor m.2 nvme PCIe Gen 4. Hanya ada satu SSD m.2 nvme saja, jadi pengguna juga tidak bisa menambah kapasitas storage laptop ini.

Setiap pembelian laptop MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID juga sudah terinstall OS Windows 11 Home yang siap pakai.

Konektivitas

Untuk dukungan wireless konektivitas menggunakan Intel Killer Wi-Fi 6E AX1675. Adapter ini sudah support WiFi 6E/AX dan bluetooth v5.3 yang merupakan versi terbaru saat ini.

Menariknya untuk konektor yang butuh kabel pada laptop MSI ini sudah memiliki 2 slot thunderbolt 4 yang bisa diakses dengan mudah pada bagian samping laptop.

Adapun kegunaan thunderbolt 4 yang ada pada laptop MSI Prestige 14 bisa untuk eksternal GPU, storage eksternal, port charging, dan display output.

Tidak lupa juga masih tersedia port audio jack 3,5 mm yang bisa kamu manfaatkan untuk pasang headset atau headphone.

Kamera dan Mic

Laptop MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID sudah dilengkapi kamera dan mic bawaan yang bisa kamu gunakan kapanpun sesuai kebutuhan.

Terdapat satu kamera yang menghadap ke pengguna, lokasi tepatnya ada di bagian atas layar laptop. Kamera ini sudah memiliki kemampuan mode perekaman resolusi FullHD 30 FPS.

Penggunaan resolusi FullHD atau 1080p pada kamera laptop ini tentunya sebuah peningkatan yang signifikan mengingat Prestige 14 gen sebelumnya masih pakai resolusi 720p saja.

Untuk kualitas mic juga sudah dilengkapi beberapa fitur penting seperti noise cancelling. Fitur noise cancelling pada mic bawaan laptop MSI ini dapat membantu pengguna agar bisa menghasilkan suara terbaiknya.

Melalui software bawaan MSI center pro, pengguna dapat melalui MSI AI engine agar bisa lebih leluasa mengatur pemakaian mic bawaan laptop.

Baterai

Kapasitas baterai laptop MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID ada di 72 Wh. Untuk daya tahan baterai laptop ini sanggup bertahan setidaknya 12 jam jika hanya dipakai memutar video playback resolusi FullHD.

Untuk pengisian daya baterai laptop ini membutuhkan waktu setidaknya 30 menit dari nol hingga 50 persen.

Sedangkan untuk mengisi baterai dari nol sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam lamanya.

Kelebihan MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID

Pada bagian keyboard menggunakan tipe chiclet yang berarti jarak antar tuts-nya hampir menyatu. Keyboard laptop ini sudah tersedia backlit yang khas dari MSI Prestige dengan dukungan 3 tingkat kecerahan.

Laptop high end untuk kelas bisnis ini sudah memiliki sistem keamanan seperti kamera infrared dan webcam shutter untuk menjaga privasi seaman mungkin.

Kekurangan MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID

Meskipun MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID sudah menggunakan desain yang bagus. Akan tetapi pengguna sama sekali tidak bisa upgrade kapasitas RAM karena tipenya onboard.

Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membeli MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID, apakah kapasitas RAM 16 GB sudah cukup untuk anda atau tidak ?

Kekurangan pada laptop MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID juga terlihat pada suhu prosesor yang tinggi terutama saat sedang load secara terus menerus.

Jika dilihat dari desain laptop yang tipis maka sangat wajar karena prosesor Intel seri H pada umumnya menggunakan desain yang lebih tebal.

Demikian pembahasan mengenai Laptop bisnis terbaik MSI Prestige 14 EVO B13M-470ID beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment