Sukses Jualan Kue Rumahan
Ide Bisnis

Tips Sukses Jualan Kue Rumahan Yang Menjanjikan Untung Besar

Setiap orang yang minat terjun ke dunia bisnis, pasti ingin menjalankan bisnis yang menguntungkan dan hanya perlu mengeluarkan modal kecil. Salah satu jenis bisnis yang memenuhi kriteria itu adalah jualan kue rumahan. Selain tak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar, bisnis ini sangat menjanjikan lho, apalagi jika kamu memang hobi dan berbakat bikin kue.

Alasan Jualan Kue Rumahan Menjanjikan Untung Besar

Bisnis kuliner jika dijalankan dengan serius memang sangat berpotensi menghasilkan untung besar, termasuk bisnis jualan kue rumahan. Apalagi, seperti kita ketahui bersama, hampir di setiap pesta, perayaan bahkan arisan pasti selalu ada kue yang tersaji.

Selain itu, jika sudah menjelang hari raya, misalnya seperti Idul Fitri, Natal dan Imlek pesanan kue juga akan semakin banyak khususnya jika kamu juga jago bikin kue kering.

Sukses Jualan Kue Rumahan
Sukses Jualan Kue Rumahan

Tips Jualan Kue Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Menentukan target konsumen

Sebelum kamu mulai menjalankan bisnis jualan kue rumahan sebaiknya cari dulu target konsumen yang cocok untuk produk yang akan kamu jual, sebab kurang tepat rasanya jika kamu memilih semua orang untuk jadi target produk yang akan kamu jual.

Mencari target konsumen itu, bisa dimulai dari lingkungan sekitar rumahmu, misalnya saja, jika rumahmu itu dekat dengan pasar, maka kamu bisa mulai mencoba untuk membuat kue rumahan dalam bentuk kue-kue basah khususnya jajanan pasar dan kemudian kamu bisa menitipkannya di pedagang pasar atau pedagang sayuran keliling.

Baca Juga:   Profit Menggiurkan Usaha Berjualan Minuman Dingin

Selain itu, kamu juga bisa mencoba memasarkan kue-kue buatanmu itu secara online, khususnya di sosial media, seperti facebook, instagram atau twitter. Namun, perlu diingat, jika kamu ingin memasarkan produk kue rumahan di sosial media, kamu harus pastikan foto dari kue yang kamu jual itu terlihat jelas dan menarik.

Temukan juga 25 ide bisnis dengan modal 1 jutaan.

Menentukan jenis kue yang akan dijual

Langkah selanjutnya setelah menentukan target konsumen adalah menentukan jenis kue apa saja yang akan kamu jual. Dalam bisnis kuliner, kunci sukses yang paling utama adalah rasa dari produk yang kamu jual itu, jadi pastikan bahwa kamu memang benar-benar mampu membuat jenis kue yang akan kamu jual itu.

Jika kue yang kamu jual itu tidak enak rasanya, maka konsumen pun tidak akan kembali membeli kue yang kamu jual, namun tentunya sebaliknya jika rasa kue yang kamu jual itu sangat enak, maka akan semakin banyak konsumen yang berlangganan membeli dan memesan kue.

Menentukan waktu yang tepat yang sesuai dengan target konsumen

Selain jualan kue rumahan secara rutin setiap hari dengan cara menitipkan ke pedagang di pasar, kamu juga bisa memanfaatkan waktu yang tepat untuk menjual jenis kue yang sesuai dengan target konsumen. Maksudnya adalah, misalnya jika menjelang hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru, kamu bisa mulai menjual kue-kue kering, biasanya jenis kue kering yang paling banyak peminatnya itu seperti kastengels, nastar, kue semprit, putri salju, lidah kucing dan lain sebagainya.

Tentukan cara menjual kue ke calon konsumen

Ya, pastinya jika kamu tidak menawarkan produk yang kamu jual itu tentunya tidak ada orang yang tahu kalau kamu sedang jualan kue rumahan. Maka dari itu aktiflah menawarkan produk kue bikinanmu itu, bukan hanya di sosial media namun juga di lingkungan sekitar tempat tinggalmu, bila perlu siapkan beberapa jenis kue untuk contoh agar calon konsumen bisa mencicipinya dan kemudian tertarik memesan kue yang kamu buat.

Baca Juga:   7 Tips Sukses Bisnis Kerajinan Tangan