Sebuah Iklan Baris Tentang Lowongan Pekerjaan
Ide Bisnis

Buatlah Sebuah Iklan Baris Tentang Lowongan Pekerjaan

Iklan baris adalah suatu cara untuk mempromosikan barang dan jasa yang dapat Anda temukan di Koran. Iklan baris adalah pengembangan dari promosi iklan yang menggunakan daya tarik gambar menjadi tulisan yang berisi informasi yang lebih lengkap dan rinci dalam bentuk teks.

Iklan baris umumnya hanya memuat informasi inti yang diperlukan oleh peminat dan terdiri dari beberapa baris saja. Pada umumnya, koran mensyaratkan minimal dua sampai tiga baris iklan yang sudah dilengkapi dengan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Sama seperti iklan pada umumnya yang kita ketahui, iklan baris dapat dibuat dalam berbagai bentuk dan media baik menggunakan media offline seperti koran, selebaran maupun media online seperti web atau berada pada tumpukan laman/blog yang biasanya berbentuk suara, gambar, teknologi yang dapat bergerak. 

Iklan baris pada media seperti koran karena tidak memuat gambar maka dapat dikelompokkan berdasarkan isi yang dimuat pada iklan tersebut. Diantaranya adalah kelompok  barang yang nantinya akan dipasang berbeda dengan iklan lowongan pekerjaan.

Untuk produk penawaran, nantinya juga akan diklasifikasi lebih jauh seperti rumah, tanah, motor dan produk lainnya. Iklan baris pencarian yang berisi tentang mencari jasa atau barang tertentu misalnya guru les privat. Terakhir jenis iklan baris berupa lowongan pekerjaan.

Mirip dengan iklan baris pencarian, iklan baris lowongan pekerjaan ini juga memuat informasi yang berisi tentang pencarian pekerja atau karyawan. 

Daftar isi

Ciri khas iklan baris

  • Tampilan iklan baris berwarna hitam putih
  • Umumnya berada pada media cetak seperti koran dan linnya namun tidak menutup kemungkinan berada pada media online mengingat zaman yang semakin canggih, maka media pemasaran produk juga harus mengikuti perkembangan zaman
  • Iklan baris mempunyai ukuran 3 x 5 cm. Maka pengiklan harus memaksimalkan ukuran ini untuk mempromosikan produknya dengan fokus ke iklan tanpa basa-basi
  • Karena ukuran yang terbatas sedangkan banyak informasi yang ingin disampaikan, maka tidak jarang iklan baris banyak menggunakan singkatan untuk menjelaskan informasi.
  • Iklan baris biasanya terdiri dari tiga hingga lima baris informasi produk atau layanan yang ditawarkan dengan informasi lebih lanjut yang wajib untuk dimasukkan adalah nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi oleh pihak konsumen. 
  • Untuk iklan baris yang beredar di media online, sekarang di tumpukkan pada laman atau blog yang menggunakan lama internet gratis seperti blogspot.com atau wordpress.

Contoh Iklan Baris Media Cetak

Lowongan

Dbthkan tenaga penjahit

Umur 19-35 thn, llsn SMK

Tata busana / pernah kursus, lokasi srbya, 

Berminat hub. 081111112

Penawaran

Motor dijual

Honda Beat ESP Hitam, thn 2017.

Spt motor baru, KM. 075, hrg 8jt

Plat D, Nego, hub. 082111111113

Contoh Iklan Baris Media Online

Untuk media online sendir sebenarnya mirip dengan media cetak, namun iklan baris di media online lebih berwarna dan dapat dapat menggunakan tulisan yang hilang kemudian muncul untuk menarik atensi dan minat orang untuk membaca. Berikut contoh iklan baris media online:

Kursus Seo Advance, Mau?

50+ telah kami ranking

Di top 10 Google selama 1

Bulan terakhir. Berminat coba

Read more…

Tips Agar Iklan Baris Dilihat Banyak Orang

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini sudah banyak yang melakukan dan memanfaatkan pemasaran secara online. Salah satunya adalah membuat iklan baris secara online. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar iklan  yang Anda buat bisa dilihat oleh ribuan bahkan ratusan ribu orang. 

Buat hitungan judul

Judul adalah bagian paling penting dan menonjol dari sebuah iklan, jadi pastikan judul yang Anda buat memiliki pesan yang tersampaikan kepada para pembaca tanpa memiliki makna ganda. Anda memiliki 7 karakter untuk judul dan 25 karakter untuk pernyataan.

Untuk iklan yang memiliki kata kunci tertentu, pertimbangkan dengan menggunakan judul yang deskriptif dan menjelaskan produk atau layanan Anda secara jelas dan rinci. Jika iklan yang Anda promosikan memiliki target pencarian pada merek, Anda harus memastikan untuk menyertakan nama perusahaan Anda juga.

Buat kata Kunci

Trik lainnya dalam pemasaran yang sering dilakukan adalah menggunakan salinan kata kunci. Dengan memasukkan salinan kata kunci akan memperkuat relevansi iklan untuk mencari dan membantu para konsumen menemukan nilai yang Anda tawarkan.

Mesin pencari online akan memuat kata kunci atau kata sejenisnya paa iklan yang ditulis dengan huruf tebal. Hal ini tentunya akan membuat iklan Anda nantinya ditampilkan oleh mesin pencari online. 

Buat beberapa iklan kemudian uji coba

Untuk menentukan iklan seperti apa  yang dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan jasa Anda, Anda perlu membuat beberapa variasi iklan. Contoh, buat duplikat iklan baris pertama kemudian ubah judul. Anda dapat juga membuat sebuah iklan dengan menonjolkan bagian tertentu.

Untuk menarik hati konsumen, iklan baris Anda nantinya pasti akan bersaing dengan iklan baris dari perusahaan lain, Anda harus mencoba sesuatu yang berbeda namun berkesan. Dari beberapa variasi tersebut, biarkan konsumen yang memilih iklan yang seperti apa yang dapat meningkatkan hasil penjualan Anda.

dari hasil uji coba tersebut nantinya Anda akan tahu iklan mana yang menarik hati pelanggan sehingga Anda bisa memasukkannya ke dalam strategi promosi dan penjualan produk Anda.

Kualifikasi Pelanggan Anda

Pastikan iklan baris yang Anda buat mampu membuat konsumen yang potensial dan mencegah orang yang akan meninggalkan situs tanpa melakukan penawaran yang tepat sasaran. Anda juga harus membuat sesuatu yang berbeda dari perusahaan pesaing Anda.

misalnya, jika perusahaan pesaing Anda menawarkan harga dibawah harga yang Anda tetapkan, gunakan trik lainnya untuk membuat konsumen tertarik misalnya dengan menyertakan harga pada salinan iklan. Klik yang akan Anda dapatkan nantinya berasal dari konsumen yang akan membayar pada harga yang telah Anda tetapkan di iklan baris tersebut.

Sertakan nomor untuk komunikasi lebih lanjut

Jika dilakukan survei, maka Anda akan mendapatkan banyaknya pengiklan yang gagal memasukkan “call to action” pada bagian akhir iklan baris yang mereka buat. Padahal dengan menyertakan nomor panggilan, dapat membuka kesempatan Anda untuk memberi tahu konsumen apa yang seharusnya mereka lakukan setelah mereka masuk ke website Anda.

beritahu pelanggan langkah selanjutnya dan Anda akan melihat peningkatan jumlah konsumen yang akan Anda peroleh. 

Demikianlah beberapa tips dan contoh iklan baris yang biasanya banyak digunakan oleh pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Jika Anda ingin memasang iklan baris pada media online, kini sudah banyak situs dan website yang menawarkan hal tersebut.

Harga yang dipatok untuk satu jenis iklan berkisar 100000 sampai dengan 200000. Hal ini tergantung dari kesulitan dan jumlah kata yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 14 =