Greeting Card: Pengertian, Struktur, Jenis & Contohnya

Meskipun sekarang semuanya serba digital, namun memberikan kartu ucapan kepada seseorang pada momen-momen tertentu masih sering dilakukan. Kartu ucapan tersebut dikenal dalam bahasa Inggris sebagai greeting card.

Kartu ucapan adalah surat kecil yang ditulis untuk menyampaikan ucapan, harapan, atau doa kepada orang lain. Saat ini, penulisan kartu tidak harus dilakukan secara manual, tapi juga bisa diketik kemudian dicetak sehingga menjadi lebih mudah.

Secara umum, kartu ucapan terbagi menjadi beberapa jenis, sesuai dengan tujuan pembuatannya. Misalnya, wedding card, birthday card, getting well card, congratulation card, graduation card, baby born card, dan public/national holiday card.

Pengertian Greeting Card

Pengertian Greeting Card

Greeting card (kartu ucapan) adalah sebuah kartu yang berukuran kecil yang dibuat untuk menyampaikan ucapan, harapan, atau doa kepada orang lain. Umumnya, pemberian kartu ini disertai dengan kado spesial. Misalnya, parcel lebaran yang dilengkapi dengan kartu.

Dulu, kartu ucapan harus dikirimkan melalui pos jika tujuan pengiriman cukup jauh. Namun, sekarang menjadi lebih mudah karena dapat menggunakan jasa pengiriman yang lebih cepat. Bahkan, dapat melalui media online seperti e-mail, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Struktur Greeting Card

Struktur Greeting Card

Dalam pembuatan kartu ucapan, terdapat 3 bagian penting yang harus ada atau disebut juga dengan struktur. Bagian ini dapat menjelaskan pengirim, penerima, dan tujuan penulisan kartu. Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan membaca uraian berikut ini.

1. Penerima (Receiver)

Struktur pertama dari sebuah kartu ucapan adalah adanya penerima (receiver). Umumnya, penulisan receiver terdapat pada bagian atas, baik sebelah kiri maupun kanan. Tujuannya adalah agar pembaca mengetahui untuk siapa kartu tersebut ditujukan.

Baca Juga:  10 Film India Terbaik Sepanjang Masa, Wajib Nonton!

Pengirim biasanya menulis kata “to” atau “dear” sebelum menyebutkan nama penerima. Misalnya, to… (nama penerima), dear…, atau to my beloved….

2. Isi (Body)

Bagian body berisi ucapan yang ingin disampaikan oleh pengirim terhadap penerima. Selain itu, bagian ini juga biasanya diisi dengan kata-kata indah (quote) serta harapan yang baik untuk penerima. Bahkan, beberapa orang juga menambahkan gambar agar lebih menarik.

3. Pengirim (Sender)

Bagian terakhir yang harus ada dalam sebuah kartu ucapan adalah pengirim (sender). Bagian ini terdapat pada bagian bawah kartu yang berisi informasi tentang identitas pengirim. Dengan begitu, penerima menjadi tahu dari siapa kartu tersebut.

Jenis-Jenis dan Contoh Greeting Card

1. Birthday Card

Birthday Card

Birthday card adalah kartu ucapan yang diberikan kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Kartu ini biasanya berisi ucapan selamat dan harapan atas pertambahan usia. Sebagian besar pengirim kartu disertai dengan kado khusus ulang tahun.

Contoh:

To Sania Annika,

Happy 25th birthday. May you always be healthy, beautiful, and happy. See you soon.

From, Elsa

Artinya:

Untuk Sania Annika,

Selamat ulang tahun yang ke-25. Semoga kamu selalu sehat, cantik, dan bahagia. Sampai jumpa kembali.

Dari, Elsa

2. Congratulation Card

Congratulation Card

Kartu ucapan yang dikirim untuk memberikan ucapan selamat atas keberhasilan seseorang disebut dengan congratulation card. Kartu ini bersifat general dan tidak berfokus pada satu topik saja. Misalnya, berhasil naik jabatan, juara kelas, diterima di sekolah idaman, dan lain-lain.

Contoh:

Dear, Clara

Congratulations on your victory! I heard that you participated in a regional music competition and won first place. I’m so happy and proud. You deserve that prize.

With love, Sania

Artinya:

Untuk, Clara

Selamat atas kemenangan kamu! Aku mendengar bahwa kamu mengikuti kompetisi musik daerah dan memenangkan juara pertama. Aku turut senang dan bangga. Kamu pantas mendapatkan hadiah itu.

Baca Juga:  10 Daftar Pemandangan Gunung Indonesia, Indah & Eksotis!

Dari temanmu yang tercinta, Sania

3. Graduation Card

Graduation Card

Graduation card adalah kartu ucapan yang dibuat khusus untuk merayakan kelulusan seseorang. Kartu ini sebagai bentuk simpati dan turut berbahagia atas kelulusan tersebut. Misalnya, A mengirim kartu ke B setelah mengetahui bahwa B sukses menyelesaikan studinya.

Contoh:

To my beloved princess, Kiara

Happy Graduation Day! Today must be a very proud moment for you. Congratulations!

From, your Daddy

Artinya:

Untuk putriku tercinta, Kiara

Selamat hari kelulusan! Hari ini pasti menjadi momen yang sangat membanggakan bagi kamu. Selamat!

Dari, ayahmu

4. Thanking Card

Thanking Card

Berbeda dengan kartu lain, thanking card dibuat sebagai ucapan terima kasih kepada seseorang yang telah memberikan bantuan. Jadi, kartu ini berupa balasan atas kebaikan yang telah dilakukan oleh orang tersebut.

Contoh:

Dear my best friend, Rista

Thank you for helping me complete my one-week design assignment. Your help means a lot to me.

From, Kahfi

Artinya:

Sahabatku, Rista

Terima kasih telah membantu aku menyelesaikan tugas desain selama satu minggu. Bantuan kamu sangat berarti untuk aku.

Dari, Kahfi

5. Wedding Card

Wedding Card

Menghadiri undangan pernikahan seseorang termasuk hal yang harus dilakukan jika memiliki kesempatan. Salah satu ungkapan bahagia yang bisa diberikan adalah wedding card. Kartu ini berisi ucapan selamat dan harapan baik untuk pernikahan penerima agar selalu berbahagia.

Contoh:

To Sasha,

Congratulations on your wedding day with Jack! May the years ahead be filled with happiness and lasting love.

From, Kamila

Artinya:

Untuk Kiara,

Selamat atas pernikahan kamu dengan Jack! Semoga di tahun-tahun yang akan datang kalian selalu dipenuhi kebahagiaan dan cinta yang abadi.

Dari, Kamila

6. Getting Well Card

Getting Well Card

Saat mendengar kerabat atau orang yang dianggap penting sedang sakit, Anda tentu merasa khawatir dan ingin menjenguk. Akan tetapi, terkadang waktu dan jarak tidak memungkinkan. Oleh karena itu, getting well card bisa menjadi solusi untuk menyampaikan harapan agar dia cepat sembuh.

Baca Juga:  Ternyata Begini Cara Mengecek Garansi Xiaomi

Contoh:

To Shinta,

I miss your laughter in our class. May the prayers and these flowers make you healthy soon. Get well soon, baby.

From your sweet friend, Stevi

Artinya:

Untuk Shinta,

Aku rindu dengan tawamu di kelas kita. Semoga doa dan bunga ini bisa membuat kamu segera sembuh. Cepat sembuh, sayang.

Dari temanmu yang manis, Stevi.

7. Baby Born Card

Baby Born Card

Kelahiran anak adalah salah satu kabar yang paling membahagiakan. Oleh karena itu, baby born card dapat digunakan untuk menyampaikan kebahagiaan atas kelahiran tersebut. Kartu ini biasanya dikirim bersama dengan hadiah perlengkapan bayi.

Contoh:

To Kiara dan Reihan,

Congratulations, guys! You have been blessed with a handsome baby boy!

From, Doni

Artinya:

Untuk Kiara dan Reihan,

Selamat! Kalian telah dikaruniai bayi laki-laki yang tampan!

Dari, Doni

8. National/Public Holiday Card

National_Public Holiday Card

National/public holiday card adalah kartu ucapan yang dibuat untuk perayaan hari besar tertentu. Setiap tahun, beberapa hari sudah ditetapkan sebagai hari besar. Misalnya, hari raya suatu agama, tahun baru, hari guru, dan masih banyak lagi.

Contoh:

Dear my beautiful mom,

Thank you for your love and patience. Happy Mother’s Day! I love you

From, Chika

Artinya:

Untuk ibuku yang cantik,

Terima kasih atas cinta dan kesabaranmu. Selamat hari ibu! Aku mencintaimu.

Dari, Chika

Greeting card adalah kartu yang dibuat untuk menyampaikan ucapan, harapan, atau doa kepada orang lain. Misalnya, wedding card, birthday card, getting well card, congratulation card, graduation card, baby born card, dan public/national holiday card.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment