10+ Gambaran Pemandangan Pantai untuk Anak SD, Mudah Ditiru!

Dalam melatih daya kreatifitas dan imajinasi anak, tidak jarang guru sekolah memberikan tugas untuk menggambar berbagai keindahan alam di negeri ini. Seiring dengan hal itu, beberapa referensi gambaran pemandangan pantai pun kemudian banyak dicari dan digunakan sebagai sumber inspirasi.

Karena tidak memiliki struktur yang begitu rumit, tema satu ini bakal mudah untuk digambar dengan hasil yang cukup memuaskan. Mulai dari pantai di kala senja, pantai dengan unsur bukit dan pohon kelapa, hingga pantai dengan teknik gambar arsir, inilah beberapa contoh yang dapat Anda jadikan referensi.

11 Gambaran Pemandangan Pantai yang Cantik

Dalam menggambar pemandangan dengan bertema alam, maka imajinasi seseorang akan terlatih sedemikian rupa menyatu padukan beberapa unsur agar terlihat sempurna. Selain itu, karena dalam mewarnai dibutuhkan beberapa gradasi warna, maka kekreativitasan juga akan semakin meningkat.

Namun, karena tidak semua orang bisa begitu saja membayangkan apa yang akan dituangkan dalam buku gambar, referensi berikut mungkin bisa menjadi jalan keluar yang dapat dicoba.

1. Pantai Di Balik Dua Bukit

Pantai Di Balik Dua Bukit

Jenis gambaran pemandangan pantai satu ini adalah salah satu model gambar yang mudah untuk ditiru dan di modifikasi. Dilengkapi dengan unsur yang tidak berat, seperti separuh lingkaran untuk matahari terbenam, dan garis sederhana untuk bukit sudah membuat gambar terlihat lebih bernuansa.

Untuk menambahkan kesan nyata, Anda juga bisa meniru gaya gradasi dalam pewarnaan bayangan matahari di air pantai. Beberapa warna yang lebih gelap pada bukit dan juga tanah juga bisa diterapkan agar terlihat lebih nyata.

Baca Juga:  CSR Adalah: Definisi, Tujuan, Manfaat, Jenis & Metode

2. Pantai Dengan Suasana Cerah

Pantai Dengan Suasana Cerah

Jika Anda menginginkan gambar pemandangan pantai yang bagus namun tetap mudah untuk digambar, maka ini bisa dijadikan referensi. Perlu gerakan tangan yang mudah saja untuk menciptakan gelombang tepi pantai, beserta gunung hingga awan di atasnya.

Untuk lebih menarik, detail pohon kelapa dengan arsiran daun, kapal yang sedang berlayar, hingga tempat bersantai dengan payung kecil dapat ditambahkan.

3. Berlayar Tenang Di Pantai

Berlayar Tenang Di Pantai

Menginginkan gambaran pemandangan pantai yang terlihat begitu tenang dan mendamaikan hati? Maka gambar mungkin bisa jadi salah satu inspirasi yang dapat digunakan. Perasaan itu bisa didapatkan dengan menggambarkan gelombang laut yang tenang, matahari terbenam, hingga kapal di tengahnya.

Untuk lebih memperindah, Anda juga bisa menambahkan beberapa unsur lain seperti bukit, semak-semak hijau, burung camar, atau hal lain yang serupa.

4. Pantai Bernuansa Orange

Pantai Bernuansa Orange

Bagi para pecinta sunset, maka referensi gambar ini cocok dijadikan sebagai salah satu sumber inspirasi yang mudah untuk ditiru. Sebagaimana sunset yang ada di dunia nyata, gambarlah suasana air, udara, langit, hingga elemen lain dengan nuansa orange untuk mendapatkan feel senja yang lebih mendalam.

Untuk efek lebih nyata, Anda juga bisa membuat air pantai memantulkan langit senja lengkap dengan mataharinya yang akan tenggelam. Kapal yang akan menepi ditambah dengan pohon kelapa akan semakin membuat gambar terlihat lebih estetis.

5. Debur Ombak Pantai

Debur Ombak Pantai

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mahir menggambar pemandangan menggunakan crayon? Jangan sia-siakan bakat tersebut dan manfaatkan untuk menggradasikan beberapa elemen warna untuk menciptakan efek yang terlihat nyata dan memanjakan mata.

Dalam tema menggambar pantai, Anda bisa memadukan warna biru untuk air dan menggurat lengkungan kasar berwarna putih untuk menciptakan efek deburan ombak. Warna gradasi antara kuning, orange, dan merah yang diciptakan dari perpaduan crayon juga bisa menciptakan senja yang fantastis.

Baca Juga:  Motif Dayak: Pengertian, Sejarah, Jenis, Penggunaannya

6. Suasana Cerah di Pantai

Suasana Cerah di Pantai

Tema gambaran pemandangan pantai umumnya memiliki nuansa yang cerah, berangin, dan menyegarkan. Dalam menuangkan beberapa hal tersebut ke dalam media, Anda bisa mencontoh beberapa elemen seperti gambar diatas.

Dengan air berwarna biru, langit bersih, pohon kelapa yang melambai, kapal yang anggun berlayar, hingga gerombolan burung bisa melengkapi suasana yang menyegarkan. Beberapa hal seperti bebatuan, kepiting, dan beberapa elemen lain juga bisa ditambahkan sesuai keinginan.

7. Pantai Mendung Berangin

Pantai Mendung Berangin

Kali ini, beberapa guratan sederhana hingga lengkungan-lengkungan dan juga detail kecil bisa menghadirkan pemandangan pantai dengan suasana berangin seperti pada contoh. Hal ini bisa diperkuat dengan pohon kelapa yang melambai serta air yang bergelombang kecil.

Untuk menambahkan kedalaman suasana, Anda bisa mewarnai langit dengan nuansa cerah sedikit abu-abu.

8. Pantai Menjelang Malam

Pantai Menjelang Malam

Bosan dengan gambaran pemandangan pantai bertemakan senja yang itu-itu saja? Anda bisa mencoba siluet sebagai inovasi menakjubkan untuk gambaran Anda. Menunjukkan suasana sore yang hampir menginjak malam, langit akan berwarna keunguan dengan matahari yang hampir terbenam seluruhnya.

Warnai pohon kelapa, bukit, rumah, serta beberapa elemen lain dengan warna hitam untuk menunjukkan efek siluet seperti akan beranjak malam. Anda juga bisa berinovasi seperti memberikan warna yang lebih gelap pada air pantai sesuai dengan konsep yang diinginkan.

9. Pantai Konsep Sore dan Malam

Pantai Konsep Sore dan Malam

Bagi yang menyukai konsep sore dan malam kemudian bingung memilih antara keduanya, maka bisa melihat gambaran pemandangan pantai seperti contoh di atas. Walau memiliki elemen yang sama, teknik pewarnaan bisa mengubah suasana gambaran.

Untuk sore hari maka nuansa langit haruslah berwarna kuning ke orange an, dengan ditambah beberapa burung yang masih terlihat beterbangan. Sementara untuk nuansa pantai di malam hari, maka warna langit dan pantulannya di air pantai haruslah gelap dengan ditambah bintang-bintang sebagai pelengkap.

Baca Juga:  Peta Pulau Jawa: Letak Astronomis, Kondisi Geografis, Bentang Alam

10. Senja yang Santai

Senja yang Santai

Walau terlihat sederhana, referensi kali ini membutuhkan keterampilan mewarnai yang cukup baik. Hanya cukup dengan menampilkan air pantai, matahari terbenam, pohon kelapa, serta ayunan gantung, gambar sudah terlihat begitu memukau dengan keindahannya tersendiri.

Namun begitu, teknik mewarnai yang bagus akan lebih memunculkan nilai keestetisan tersebut. Seperti gradasi langit, pantulan-pantulan yang terdapat di air, permainan warna akan membuat elemen-elemen tersebut lebih terlihat natural dan realistik.

11. Pantai Kesan Misterius

Pantai Kesan Misterius

Jika selama ini pantai cenderung memiliki kesan yang ceria, estetik dan menyegarkan, Anda juga bisa membuat versi pantai dengan mengusung tema misterius. Untuk lebih mendukungnya, alih-alih menggunakan beberapa warna yang gelap, akan lebih baik jika Anda mencoba teknik arsir.

Akan menghasilkan gambar pemandangan pantai hitam putih, maka efek yang menyimpan makna misterius tersendiri secara otomatis hadir dalam gambaran tersebut.

Cara dan Tips Menggambar Pemandangan Pantai yang Mudah

Cara dan Tips Menggambar Pemandangan Pantai yang Mudah

Dalam menggambar, sebenarnya masing-masing orang akan memiliki gayanya tersendiri dalam menentukan objek, kedalaman, tekstur, hingga finishing. Namun jika dirasa masih pemula, maka beberapa cara dibawah dicoba untuk menghasilkan gambaran pantai yang diinginkan.

  • Gambar garis cakrawala terlebih dahulu sebagai pembatas antara air pantai dengan langit
  • Untuk pantai, gambar garis tepi terlebih dulu baru dilanjut dengan detail gelombang air dan juga deburan ombak
  • Selesai, Anda bisa menambahkan beberapa elemen lain seperti matahari tenggelam, awan, hingga pohon kelapa untuk mempercantik gambar.

Beberapa referensi gambaran pemandangan pantai diatas diharapkan bisa menjadi solusi yang membantu apabila Anda sedang mencari beberapa inspirasi untuk mulai menggambar. Tentu beberapa elemen gambar serta warna di dalamnya bisa diubah dan dimodifikasi sesuai selera, ya!

Leave a Comment