25+ Gambar Keren Simple Doodle Art Lucu, Mudah Ditiru!

Doodle art bisa menjadi gambar keren simple jika mengerti bagaimana membuatnya. Aktivitas ini juga disebut-sebut sebagai kegiatan yang kreatif, bernilai, bahkan berpotensi menghasilkan uang. Tapi, bagaimana cara pemula membuat seni menggambar satu ini?

Yang pasti, pertama-tama seseorang harus memahami dulu seperti apa jenis doodle art yang akan dibuat. Kemudian selanjutnya, kreativitaslah yang akan bekerja. Namun sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya untuk mengenal seperti apa doodle art itu.

Apa Itu Doodle Art?

Apa Itu Doodle Art

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, doodle art adalah gambar keren simple yang pembuatannya bisa jadi secara abstrak atau acak. Bentuk dan hasil gambar doodle dapat bermacam-macam, bergantung pada keinginan atau tujuan pembuatnya.

Doodle art bisa berupa doodle huruf, doodle nama, doodle bunga, doodle monster, dan masih banyak lagi. Doodle paling simple yang biasa ditemui adalah coret-coretan atau gambar yang dibuat dalam buku-buku untuk pelajar atau mahasiswa.

Coretan ini memang sengaja dibuat untuk mengatasi rasa jenuh saat belajar. Di samping itu, doodle art juga bisa diciptakan dengan tidak sengaja. Namun, bila ingin menghasilkan, doodle art pun dapat dibuat menjadi sebuah karya seni yang serius.

Bukan cuma itu, saat ini bahkan sudah ada profesi atau orang yang mengasah kemampuannya supaya ahli dalam membuat doodle. Profesi ini dikenal dengan nama doodle art maker. Sampai sekarang, sudah banyak doodle art maker yang menciptakan gambar dengan penuh makna.

Alat untuk Menggambar Doodle

Alat untuk Menggambar Doodle

Bukan sekadar menggambar dengan bagus dan rapi, doodle art pun bisa dibuat dengan arti dan makna tersirat. Untuk mencapai tujuan itu, tentu pembuatan doodle harus dilakukan dengan serius serta diperlukan kreativitas yang tinggi.

Seperti seni gambar lain, gambar keren simple doodle art pun membutuhkan alat dalam proses pembuatannya. Biasanya, alat yang dipakai juga tidak jauh berbeda dengan pembuatan seni gambar lain, yakni kertas, pensil, pena, dan/atau spidol.

Baca Juga:  Daftar Ukuran X Banner Mini, Standar, Indoor & Outdoor

Biasanya, alat-alat ini bahkan bisa dibawa ke mana-mana, khususnya saat bersekolah atau berkuliah. Jadi, ketika merasa bosan di tengah jam pelajaran, menggambar doodle art di suatu kertas bisa dilakukan kapan saja, sesuai dengan imajinasi yang muncul.

Namun, jika memang benar-benar ingin menekuni pekerjaan ini dan berakhir menjadi seorang doodle art maker, maka alat-alat lebih lengkap harus dimiliki. Lebih rinci, alat menggambar tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • pensil
  • pulpen
  • tinta pena
  • buku sketsa
  • stabilo
  • spidol amker
  • cat air
  • kapur
  • pensil warna

 

Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Cara Membuat Doodle Art untuk Pemula

Sebagai pemula, memahami dasar dan teknik menggambar adalah hal yang utama. Termasuk menggambar doodle art, ada cara tertentu yang sebenarnya masih tidak berbeda dengan seni menggambar lain. Cara atau langkah tersebut dapat dipelajari melalui penjelasan berikut.

1. Mencari Inspirasi

Tahap pertama sebagai pemula dalam membuat gambar keren simple doodle art adalah mencari inspirasi. Inspirasi atau ide akan memudahkan atau mendorong proses menggambar nantinya. Inspirasi menciptakan doodle art sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Membuat doodle art tidak harus serumit menciptakan lukisan yang dibuat oleh seniman andal. Inspirasi bisa ditemukan dengan mudah, dengan memperhatikan keadaan di sekitar. Perhatikan sejumlah peristiwa, atau bahkan raut wajah seseorang yang menunjukkan ekspresi tertentu.

Tidak hanya itu, inspirasi pun bisa datang dari diri sendiri untuk dijadikan ide menggambar. Namun, kadang kala ide menarik dan unik sering datang tiba-tiba di luar dugaan. Bila masih merasa terlalu sulit mencari inspirasi secara alami, cara terakhir adalah dengan memperhatikan karya orang lain.

Karya-karya ini tentu saja bisa dilihat langsung melalui internet. Tentu saja karya itu hanya akan dijadikan sebagai referensi, bukan untuk menjadi sumber ditiru yang menghasilkan karya plagiat. Di internet banyak gambar doodle art lucu, unik, dan beragam untuk dimodifikasi.

2. Memilih Font

Setelah mendapatkan inspirasi, tahap berikutnya adalah memilih kata atau kalimat yang akan dibuat atau dibentuk menjadi gambar simpel keren doodle art. Cara pertama untuk tahap ini adalah dengan memahami suatu karakter di dalam doodle itu.

Karakter ini juga sebenarnya dapat diciptakan sendiri sesuai keinginan, sebab elemen dan jumlahnya saat digambar tidak memiliki batasan tertentu. Pada dasarnya, menggambar doodle hanya mengandalkan sisi inovatif dan kreativitas.

Baca Juga:  Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Strukturnya

Itu berarti, tidak ada ketentuan khusus yang bernilai kaku atau tetap. Seseorang dapat mengembangkan idenya dengan leluasa untuk menghasilkan doodle art yang keren. Karena itu, jangan lupa memilih font yang tepat sebelum mulai menggambar.

3. Membuat Sketsa

Sebagai pemula, membuat sketsa gambar simple aesthetic doodle art pun terkadang sedikit membingungkan. Namun, fokus utama yang sebaiknya menjadi perhatian adalah dengan membuat objek terlebih dahulu.

Sekali lagi, menggambar doodle tidak memiliki ketentuan tentang suatu bidang atau objek. Karena itu, sketsa utama bisa berupa gambar apa saja, misalnya balon, matahari, kue, dan sebagainya yang muncul saat mencari inspirasi sebelumnya.

Sketsa juga dibuat dengan tujuan agar proses penggambaran selanjutnya menjadi lebih mudah dan terarah.

4. Memperjelas Sketsa

Setelah sketsa selesai, maka langkah berikutnya adalah menebalkan garis-garis pada sketsa. Pada proses ini, tebalkan garis dengan masih memakai pensil. Setelah dirasa cukup rapi, maka penebalan garis sudah bisa digunakan dengan spidol.

Saat memberi warna yang tebal pada garis sketsa, pastikan dan tentukan terlebih dahulu area mana yang akan diarsir pertama kali. Kemudian, tandai atau ingat pula bagian mana yang nantinya akan diberi warna atau divariasikan dengan alat gambar lainnya.

5. Mengumpulkan Karakter Unik

Di samping penggunaan tulisan, doodle art juga berbicara tentang gambar yang dihias oleh berbagai karakter. Karakter unik dan lucu ini bisa diciptakan sendiri sesuai kreativitas sehingga hasil gambar lebih menarik.

Keberadaan karakter dan objek pendukung ini sangat penting, sebab kehadirannya dapat memperjelas pesan atau makna dari doodle art tersebut.

Karakter yang bisa ditambahkan ke dalam gambar simple keren di kertas di antaranya adalah monster, hewan, bunga, minion, dan sebagainya.

Pengumpulan karakter ini juga bertujuan agar seseorang tidak keburu kehabisan inspirasi atau ide di tengah proses menggambar. Tidak cuma itu, karakter yang lebih banyak dan bervariasi juga akan menambah nilai estetika pada doodle art.

Bagaimana dengan ukuran karakter-karakter pendukung ini? Tentu saja bebas, dan disesuaikan dengan tujuan awal menggambar. Misalnya fokus utama adalah gambar matahari, maka karakter pendukung seperti bunga dan awam dibuat dengan ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga:  Teknik Plakat dalam Seni Lukis, Unsur dan Cara Melakukannya

6. Mewarnai Sketsa

Sampailah pada tahap terakhir untuk membuat gambar keren simple doodle art, yaitu mewarnai. Meski demikian, doodle art juga bisa hanya diberi warna hitam dan putih. Dalam hal ini, menentukan area yang akan mendapatkan warna hitam harus dilakukan sekreatif mungkin.

Setelah itu, sisanya adalah mengikuti warna kertas atau warna putih. Namun, jika ingin memberikan warna-warni selain warna monokrom, tidak akan masalah juga, dan malah akan menambah nilai estetikanya. Warna yang diberikan juga dibebaskan, seleluasa keinginan yang menggambar.

Pada doodle art, warna-warna tidak harus sama seperti warna objek di dunia nyata. Misalnya, daun tidak harus diberi warna hijau, dan matahari tidak selalu diwarnai dengan kuning atau oranye. Hal ini bergantung pada bagaimana kreativitas bekerja sehingga doodle art tampak unik.

Kumpulan Gambar Keren Simple Doodle Art

Menjadi seorang pemula dalam menciptakan doodle art, tentu sedikit sulit apabila mencari inspirasi sendiri melalui keadaan sekitar. Maka dari itu, cara terbaik untuk mengundang datangnya inspirasi adalah dengan melihat kumpulan karya yang sudah ada.

1. Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga

Bunga sering menjadi objek utama dalam menciptakan doodle art. Bunga-bunga biasanya ditumpuk atau digambar dalam jenis yang berbeda dalam satu gambar keren simple hitam putih dan berwarna doodle art. Sebagai contohnya, bisa dilihat pada kumpulan gambar berikut.

Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga Kumpulan Gambar Doodle Art Bunga

2. Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan

Tulisan pun menjadi doodle art yang kerap dijumpai di sejumlah kanvas atau gambar coret-coretan abstrak. Tulisan ini umumnya dibentuk sedemikian rupa menjadi mirip tiga dimensi, serta dikelilingi beberapa objek atau karakter tambahan di sekelilingnya.

Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan Kumpulan Gambar Doodle Art Tulisan

3. Kumpulan Gambar Doodle Art Keren

Di bawah ini adalah gambar keren simple doodle art yang cukup abstrak tetapi lucu dan unik untuk dilihat. Dalam pembuatannya, tentu diserahkan kembali kepada penggambar, apakah ingin diberi warna-warni atau dengan model hitam-putih saja.

Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren Kumpulan Gambar Doodle Art Keren

Doodle art dikatakan sebagai model gambar keren simple yang unik dan membutuhkan kreativitas tinggi. Jadi, sebebas-bebasnya tahap menggambar yang harus dilakukan, tanpa aturan bukan berarti menggambar dengan asal-asalan. Jadi, buatlah doodle art semenarik mungkin!

Leave a Comment