Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli dan Penjelasannya

Manajemen digunakan dalam segala aspek baik dibidang politik, ekonomi hingga sosial. Fungsi manajemen menurut para ahli tak lepas dari maknanya sendiri. Jika diartikan berdasarkan buku Manajemen Sebuah Pengantar milik Lilis Sulastri maka maknanya sendiri adalah sebuah seni pengatur.

Maksudnya adalah sebuah seni mengatur yang didalamnya termasuk proses, tindakan dan cara tertentu seperti pengorganisasian, rencana, pengawasan yang dilakukan untuk mampu mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sementara fungsi manajemen menurut para ahli lainnya adalah sebagai berikut :

Fungsi Manajemen Menurut Ernest Dale

Ernest Dale membagi fungsi manajemen menjadi tujuh fungsi yakni directing ( pengarahan),  Organising ( pengorganisasian ), Planning ( perencanaan),  inovasion ( inovasi ), staffing ( penyusunan kerja ), reporting atau melaporkan, dan controlling atau pengawasan.

Untuk menjelaskan fungsi tersebut bisa mengambil contoh saat penyusunan kerja dibutuhkan tenaga kerja yang terbagi berdasarkan porsinya. Tenaga kerja ini tidak hanya bekerja sesuai tugasnya namun juga membutuhkan pengarahan dan pengorganisasian. Saat pengarahannya dibutuhkan pimpinan agar mampu melahirkan inovasi. Saat tujuan yang ingin diraih tercapai dibutuhkan penyajian laporan untuk pengambilan keputusan.

Fungsi Manajemen Menurut The Liang Gie

Bagi The Liang Gie, manajemen merupakan unsur dalam rangkaian kegiatan yang mampu menggerakan karyawan serta mengarahkan fasilitas kerja dalam mencapai tujuan organisasi. Menurutnya fungsi manajemen terletak pada balancing yang artinya adanya keseimbangan antara pergerakan bawahan penggunaan dengan pengolahan fasilitas kerja yang  tersedia.

Hendry fayol

Fungsi manajemen menurut para ahli seperti Hendry fayol bahwa ada 4 fungsi yang menyertainya yakni merancang, mengorganisasi, pengarahan,  dan mengendalikan. Maksudnya bisa disimak dibawah ini :

a. Perencanaan

Merupakan suatu proses yang berguna untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan langkah langkah yang dinilai strategis. Dari fungsi ini seorang manajer mampu mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan cara untuk mencapai tujuan.

Sebagai contoh ia bisa menentukan berapa penjualan pada periode selanjutnya, jumlah kebutuhan tenaga kerja, hingga modal yang dibutuhkan. Fungsi perencanaan sendiri adalah sebagai berikut :

  • Menentukan indikator keberhasilan
  • Merencanakan strategis untuk mencapai target bisnis
  • Mencapai tujuan dengan sumber daya yang ada

b. Pengorganisasian

Digunakan untuk proses koordinasi dalam sumber daya dan mengatur kegiatan baik untuk individu maupun kelompok sehingga dapat menjalankan rencana yang telah ditentukan sebelumnya., Pengorganisasian meliputi tiga kegiatan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Membagi komponen- komponen yang dibutuhkan demi mencapai sasaran dalam kelompok
  • Membagi tugas antara manajer dan bawahannya guna pengelompokan atau  unit organisasi

c. Pengarahan

Fungsi ini memberikan arahan dan semangat pada karyawan sehingga mampu bekerja keras demi tujuan yang ingin dicapai. Adapun kegiatan pengarahan diantaranya adalah sebagai berikut :

Mampu mengimplementasikan proses kepemimpinan atau motivasi kepada pegawai sehingga dapat bekerja efektif dan efisien

  • Pemberian tugas dan penjelasan terkait pekerjaan
  • Mampu menjelaskan kebijakan yang berlaku

Fungsi Manajemen Menurut Ahli T Hani Handoko

T Hani Handoko menyatakan bahwa fungsi dari manajemen adalah menetapkan serta menginterpretasikan, demi mencapai sebuah tujuan organisasi. Dalam pelaksanaanya terdapat fungsi-fungsi perencanaan,penyusunan personalia, pengarahan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan.T Hani Handoko menyatakan bahwa manajemen harus memiliki kepemimpinan dan penyusunan personalia.

Ricky W. Griffin

Fungsi manajemen menurut para ahli yakni Ricky W. Griffin menyatakan bahwa adanya proses perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian, hingga pengontrolan sumber daya demi mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Efektif disini memiliki makna dapat dicapai sesuai dengan rencana sementara efisien maknanya tujuan tersebut tercapai secara benar, terorganisir, dan terjadwalkan.

Fungsi Manajemen Menurut Wiliam Newman & S. P Siagian

Bagi S. P Siagian fungsi dari manajemen dapat dibagi menjadi 5 fungsi seperti planning, organizing, motivating, controlling dan evaluating. Hal ini ia kemukakan dalam bukunya yakni filsafat administrasi. Sementara menurut William Newman fungsi manajemen terbagi atas 5 fungsi yaitu :

  • Planning atau dalam bahasa Indonesia bermakna perencanaan
  • Organizing yakni pengorganisasian
  • Pengendalian atau Survesing
  • Assembling Resource atau dikenal pula dengan pengumpulan sumber
  • Diakhiri dengan Controlling atau pengendalian

POAC

Dari fungsi manajemen menurut para ahli diatas yang paling sering digunakan dalam menggambarkan manfaat manajemen adalah POAC. POAC adalah singkatan untuk planning, organizing, actuating dan controlling.

Planning merupakan pemilihan tujuan organisasi melalui penentuan strategi, proyeksi, program, metode, kebijakan, sistem, anggaran, ataupun standar demi mencapai tujuan

Organizing digunakan untuk membentuk struktur organisasi yang dibutuhkan,mendelegasikan wewenang lalu menetapkan suatu hubungan. Organizing memiliki fungsi membagi kegiatan besar ke kegiatan kecil sehingga pekerjaan menjadi cepat selesai

Actuating merupakan pelaksanaan yang digantikan dengan leading atau memimpin. Adanya pemimpin mampu menggerakan tenaga kerja agar mau mencapai tujuan yang ditetapkan.

Controlling berguna untuk mengawasi dan mengendalikan kinerja sumber daya perusahaan agar fungsi manajemen dapat bekerja secara efektif. Dalam tugas pengawasan harus memenuhi 4 hal yakni penetapan jalur, penetapan waktu, memberikan perintah pelaksanaan dan memberikan tindak lanjut.

Leave a Comment