Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik Bisa Anda Modifikasi!

Perkembangan teknologi digital mau tidak mau juga mempengaruhi dunia bisnis. Jika dahulu komunikasi bisnis terjalin melalui tatap muka dan berkas berkas besar, kini internet dapat memudahkan anda berkomunikasi bisnis tanpa bertatap muka, salah satunya adalah dengan mengirim email.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti pentingnya email bisnis ini mulai dari penggunaan nama email hingga cara mengirim email bisnis yang profesional. Simak artikel berikut untuk mengetahui beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik.

Membuat Email Khusus Bisnis

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik Bisa Anda Modifikasi!

Sebelum menuju ke artikel mengenai contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, anda tentunya harus membuat atau memiliki email terlebih dahulu. Apakah anda sudah memiliki email pribadi? Sebaiknya anda tidak menggunakan email pribadi anda untuk kepentingan bisnis.

Mengapa harus membuat akun bisnis tersendiri? Memiliki akun bisnis khusus akan membuat anda tampak profesional di mata klien anda.

Jika anda berpikir untuk membuat akun bisnis menggunakan domain gratis seperti gmail.com atau yahoo.com, sebaiknya anda berpikir dua kali karena akun bisnis akan tampak lebih profesional jika anda menggunakan domain anda sendiri. Bagaimana caranya? Simak beberapa pilihan tutorialnya berikut.

Membuat Email Bisnis Melalui Zoho

Layanan email domain bisnis yang pertama adalah Zoho. Zoho merupakan salah satu platform pembuat email yang menyediakan banyak pilihan plan gratis untuk anda yang akan membuat email bisnis agar terlihat lebih profesional. Caranya adalah:

  • Buka website Zoho di www.zoho.com
  • Pilih ‘Free Plan’ untuk percobaan gratis
  • Tekan ‘Get Started’
  • Halaman akan menunjukkan form dimana anda harus menuliskan nama domain website bisnis yang anda miliki. Jangan lupa untuk mencentang ‘Sign up with a domain I already own’. Jika sudah, klik ‘Add’ atau kotak merah disamping
  • Lengkapi beberapa informasi mengenai bisnis anda pada kolom yang disediakan
  • Centang pada kotak persetujuan kemudian pilih ‘Proceed’ (kotak hijau di bagian paling bawah)

Platform Zoho hanya bisa membuat 5 akun email untuk anda jika anda menggunakan layanan gratis. Setiap email memiliki batas 5GB dan maksimal untuk attachmentnya adalah 25 MB. Semua layanan tersebut dapat anda tingkatkan dengan membayar layanan lain.

Membuat Email Bisnis Melalui cPanel

Jika anda sudah memiliki hosting dan domain sendiri, cara berikut mungkin akan anda pilih. dengan menggunakan Cpanel, anda bisa membuat akun bisnis tanpa dipungut biaya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka website Cpanel pada cpanel.net
  • Pilih pada menu ‘Email Accounts’
  • Pilih ‘Create’
  • Isi data-data bisnis anda seperti yang diminta seperti pilihan domain, username email yang anda inginkan, kata sandi email, pilihan penyimpanan email, sampai folder email yang akan anda gunakan nantinya
  • Pilih pada menu ‘Create’ dan email anda sudah berhasil dibuat.

Membuat Email Bisnis Melalui Google Workspace (G suite)

Selanjutnya ada platform Google workspace yang disediakan Google untuk anda yang ingin membuat email akun bisnis lebih professional.

Melalui workspace, anda bisa membuat email menggunakan domain bisnis anda sendiri meskipun pengoperasiannya masih menggunakan platform Gmail. Platform ini sebenarnya platform yang paling mudah dibuat dan digunakan. Hanya saja, platform ini merupakan platform berbayar. Untuk langkah-langkahnya, perhatikan tutorial berikut:

  • Buka website Google workspace di workspace.google.co.id
  • Pilih ‘Mulai’
  • Selanjutnya, isilah beberapa informasi tentang bisnis anda seperti nama bisnis, jumlah karyawan dan negara tempat bisnis didirikan
  • Tekan pada pilihan bahwa anda sudah memiliki domain bisnis anda kemudian isi nama domainnya pada kolom yang disediakan
  • Kemudian mulai untuk membuat email dengan mengisi beberapa formulir. Jika sudah selesai pilih ‘Setuju dan Buat Akun’ dan akun email bisnis anda sudah bisa digunakan.

Membuat email bisnis menggunakan Zoho, Cpanel maupun Workspace sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dan memilih cara yang paling efektif dan menguntungkan bagi anda.

Mengapa Membuat Email Khusus Bisnis?

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik Bisa Anda Modifikasi!

Ada beberapa alasan yang bisa anda pertimbangkan untuk membuat akun email khusus bisnis. Diantaranya adalah:

Pemisahan Urusan Pribadi dan Perusahaan

Jika anda menggunakan email yang sama untuk kepentingan pribadi dan kepentingan bisnis anda, bisa saja urusan tersebut tercampur dan membuat anda bingung. Email bisa saja tidak terbaca karena tertimbun email pribadi anda yang lain. Email bisnis akan membantu anda lebih terorganisir.

Berkomunikasi Mewakili Perusahaan

Akun email yang akan anda gunakan untuk bisnis adalah akun yang akan mewakili perusahaan, bukan mewakili diri anda secara pribadi. Jadi, apapun yang akan anda bicarakan melalui email merupakan keputusan perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan Klien Bisnis

Alasan selanjutnya untuk menggunakan akun email bisnis khusus adalah untuk mendapatkan kepercayaan dari klien anda. suatu survey yang dilakukan oleh lembaga Verisign, sebanyak 65% pelanggan lebih mempercayai perusahaan yang menggunakan email bisnis dengan domain perusahaan dibandingkan dengan email dari domain gratis seperti Google dan Yahoo.

Email bisnis terbukti akan meningkatkan profesionalitas yang anda bangun. Selain itu, akun email bisnis juga bisa mencegah penipuan atas nama anda karena pelanggan atau klien anda akan lebih mudah membedakan email asli dan resmi dari bisnis anda dan email palsu tiruan.

Itulah tadi beberapa manfaat membuat email bisnis khusus menggunakan domain anda. Selanjutnya, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menulis email bisnis yang baik dan profesional serta contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik. Langsung saja, check this out!

Beberapa Etika Penulisan Email Bisnis

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik Bisa Anda Modifikasi!

Menulis email mungkin terdengar seperti kegiatan biasa yang sepele. Padahal hal yang anda anggap sepele ini bisa saja menjadi jembatan penghubung atau pemutus hubungan kerja anda dengan klien. Oleh karena itu, anda sebaiknya memperhatikan beberapa etika penulisan email bisnis yang dirangkum sebagai berikut:

Tuliskan Subject dengan Jelas dan Tidak Bertele-Tele

Kebanyakan orang akan memutuskan untuk membaca email atau melewatinya begitu saja dengan membaca subject email. Jadi, subject email merupakan hal penting yang harus anda perhatikan agar email anda tetap dibaca. Gunakan kalimat yang jelas, singkat dan tidak bertele-tele yang menjelaskan isi email anda.

Misalnya anda hendak memperbarui kontrak kerja maka tuliskan ‘Pembaruan Kontrak Kerja’ atau jika anda hendak mengubah jadwal rapat maka tuliskan ‘Perubahan Jadwal Rapat’. Para ahli banyak merekomencasikan utnuk menuliskan subjek hanya dalam 3-6 kata saja.

Perhatikan Salam

Salam juga sesuatu yang harus anda perhatikan karena akan mempengaruhi mood pembaca email. Perhatikan juga kalimat sapaan yang akan anda pilih. tegaskan dengan menuliskan nama perusahaan atau nama klien anda secara langsung.

Perkenalkan Diri

Meskipun bisnis anda telah terkenal, jangan pernah berasumsi bahwa setiap orang telah mengenal anda atau bisnis anda. untuk itu, cantumkan sebuah perkenalan diri yang singkat serta tujuan anda mengirim email tersebut. Selain itu, memperkenalkan diri akan membuat anda tampak lebih sopan karena tidak seenaknya menuliskan email pada klien atau rekan bisnis anda.

Cek Email Nama Penerima

Dalam beberapa studi disebutkan, ketika anda menulis email penting untuk seseorang, maka tuliskan alamat penerima saat semua badan email sudah selesai ditulis saja. mengapa? Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan kesalahan mengirim email ketika anda belum selesai menuliskannya.

Jadi, setelah anda menuliskan email anda dan mengeceknya, baru anda menuliskan alamat email penerima yang akan anda tuju. Pastikan juga alamat yang anda tuliskan sudah benar dan tidak salah tulis.

Berhati-hati dengan Informasi Penting

Meskipun internet telah canggih dengan memasang berbagai proteksi untuk kenyamanan penggunanya, tetap saja selalu ada celah untuk kebocoran informasi pribadi. Sebaiknya, anda tidak membicarakan hal-hal yang bersifat rahasia dan penting.

Karena anda tidak pernah tahu jika saja akun anda akan diambil orang lain dan informasi rahasia perusahaan tersebut jatuh ke orang yang salah. Hal-hal seperti informasi pajak, perjanjian bisnis yang bernilai besar, kontrak dan sebagainya. Sebaiknya atur saja pertemuan dan bertatap muka secara langsung.

Baca Ulang Email yang Akan Anda Kirim

Setiap anda selesai menulis email, sebelum menuliskan alamat email yang anda tuju, sebaiknya anda selalu melakukan proofreading atau membaca ulang email yang sudah anda tulis. Siapa tahu anda melakukan kesalahan tulis atau menuliskan sesuatu yang ambigu. Proofreading akan membuat anda yakin atas apa yang anda tulis dan aa yang anda ingin sampaikan pada klien.

Dengan memperhatikan beberapa etika menulis email diatas, anda bisa melihat contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik. Contoh – contoh dibawah ini hanyalah format yang bisa anda edit dan modifikasi sesuai dengan maksud dan tujuan anda mengirim email tersebut.

Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

Contoh Email Untuk Kepentingan Bisnis Yang Terbaik Bisa Anda Modifikasi!

Berikut ini beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang bisa anda tiru dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda mengirim email.

Contoh email bisnis untuk kepentingan Penerimaan Project Baru

Subject : Catatan Penting Project ABC

Isi Email:

Kepada Saudara Tono Subarjo,

Anggota Terpilih Project ABC

Setelah menimbang berbagai hal dan persyaratan yang telah anda serahkan, kami memutuskan untuk menambahkan saudara untuk menjadi bagian dari proyek kami yang akan datang yaitu, Project ABC.

Beberapa catatan yang harus anda perhatikan dalam proyek bersama ini adalah:

  •   Hanya lakukan komunikasi dengan sesama anggota proyek (daftar anggota proyek telah terlampir)
  •   Fokus hanya pada email-email yang kami berikan
  •   Baca dan pahami Syarat dan Ketentuan proyek (S&K Terlampir)
  •   Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan mengirimkan email secara terpisah ke email hrd@abccompany.com

Selamat datang di proyek ABC, kami tunggu kontribusi anda untuk proyek besar kami. Selamat bekerja.

Best Regard,

 

Annisa

HRD ABC Company

Contoh email bisnis untuk kepentingan Kelanjutan Perjanjian Kerjasama

Subject : Pembaruan Perjanjian Kerjasama

Isi Email:

Kepada PT KOPI SUSU,

Seperti yang telah diketahui bahwa kerjasama antara PT KOPI SUSU dan PT ANEKA RASA secara kontrak akan berakhir pada 30 November 2020 dan PT KOPI SUSU sebagai pihak supplier telah mengirimkan email pembaruan kerjasama beserta syarat-syarat yang diajukan. Setelah menimbang beberapa hal dan mengingat kerjasama yang sudah lama terjalin, kami PT ANEKA RASA telah memutuskan untuk MENERIMA Pembaruan perjanjian kerjasama. Untuk kelanjutan penandatanganan kontrak baru, PT ANEKA RASA akan mengirimkan email resmi untuk undangan rapat.

Kami menunggu kerjasama yang hebat antara PT ANEKA RASA dan PT KOPI SUSU

Best Regard,

 

Prabowo Triatmojo

CEO PT ANEKA RASA

Contoh email bisnis untuk kepentingan Undangan Makan Siang Bisnis

Subject : Undangan Makan Siang

Isi Email:

Kepada PT MAJU MAKMUR

Seperti yang telah disebutkan pada email sebelumnya mengenai pembaruan kontrak, kami PT MAJU MUNDUR mengundang anda perwakilan dari PT MAJU MAKMUR untuk menghadiri makan siang sekaligus penandatanganan kontrak terbaru dari kerjasama bersama kami. Adapun jadwal makan siang yang diajukan sebagai berikut:

Tempat: Restoran La De Italia

Waktu : 11.00 – 12.30 WIB

Dress Code : Rapi

Demikian undangan yang kami berikan. Untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan meneruskan email ini.

Best Regard,

 

Prabowo Triatmojo

CEO PT MAJU MUNDUR

Contoh email bisnis untuk kepentingan Penawaran Kerjasama

Subject : Penawaran Perjanjian Kerjasama

Isi Email:

Kepada PT CETAK CEPAT,

Kami PT WARNA WARNI merupakan perusahaan yang berdedikasi dan memberikan pelayanan jasa desain grafis, desain iklan dan masih banyak lagi. Melalui email ini, kami menawarkan proposal kerjasama kepada perusahaan percetakan PT CETAK CEPAT untuk menghandle semua pekerjaan terkait desain grafis, desain iklan dan sebagainya. Adapun proposal perancangan dan portofolio kami telah kami lampirkan dalam email ini. Anda juga bisa mempertimbangkan portofolio kami pada website remi kami warnawarni.com.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih. Kami menunggu kelanjutan kerjasama yang terjalin baik antara PT CETAK CEPAT dan PT WARNA WARNI di masa mendatang.

Best Regard,

Siswanto Junaryo

Pimpinan PT Warna Warni

Contoh email bisnis untuk kepentingan Pembatalan Kontrak

Subject : Pembatalan Kontrak

Isi Email:

Kepada PT JAYA KARSA

Bandung, Indonesia

Bersama dengan email ini, kami memberitahukan bahwa kontrak pengerjaan service yang akan dilakukan oleh PT Jaya Karsa kepada komputer kami di kantor PT Sukma Bakti telah kami batalkan karena alasan tertentu. Anda bisa memotong denda yang harus kami bayar dari uang muka yang telah kami serahkan. Untuk kelanjutan uang muka yang lain, akuntan kami akan menghubungi anda lebih lanjut. Kontrak tersebut berisi:

Nama Perusahaan : PT Jaya Karsa

Jenis Kontrak : Kontrak service 10 buah komputer

Nama Klien : PT Sukma Bakti

Nilai Kontrak : Rp 15.000.000

Jumlah Uang Muka : Rp 10.000.000

Jumlah Denda yang harus kami bayar : Rp 5.000.000

Demikian dapat kami sampaikan informasi pembatalan kontrak antara PT Jaya Karsa dan PT Sukma Bakti. Terkait hal lain lain, anda bisa menghubungi kami melalui email marketing@sukmajaya.com atau melalui question box pada website kami sukmabakti.com.

Terimakasih atas perhatiannya, kami berharap akan terjalin kerjasama lain di masa depan dengan keadaan yang lebih baik.

Best Regard,

Husain Al Farisi

Manager Operasional PT Sukma Bakti

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai email bisnis mulai dari cara membuatnya, cara menulisnya hingga contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang bisa anda tiru dan ubah sesuai kebutuhan anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. selamat mencoba dan semoga bisnis anda lancar selalu!

Leave a Comment

twelve − eleven =