Mencari Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar
Edukasi

Mencari Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Saat anda ingin melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan tentu ada harus tau contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar. Jangan sepelekan aspek pembuatannya, karena jika semakin bagus kualitas CV semakin besar peluang diterima oleh perusahaan. Bisa dibilang, bagus tidaknya CV akan menentukan diterima atau tidak.

Walaupun pengalaman Anda banyak dan kompetisi anda bagus, saat tidak bisa menuliskannya maka orang lain tidak akan tahu. Sebaliknya, meskipun pengalaman kerja pas-pasan jika dituangkan ke dalam CV dalam bahasa yang menarik dan lengkap, maka perusahaan akan lebih cenderung melirik Anda.

Kesan pertama saat HRD perusahaan melihat sebuah CV akan membuatnya memprioritaskan anda sebagai kandidat utama.

Agar kualitas CV kelihatan menarik, tentu ada hal yang harus diperhatikan. Anda bisa membuatnya sesuai yang diinginkan perusahaan atau membuatnya secara umum untuk melamar ke berbagai tempat. Itu semua tergantung dari kebutuhan lowongan pekerjaan yang sedang anda lamar.

Memilih Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Mencari Contoh CV Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Sebelum anda membuat curriculum vitae yang akan dipakai untuk melamar pekerjaan, tentu harus mengetahui bagaimana kriterianya yang baik dan benar. Semakin bagus tulisan yang anda buat, tentunya HRD akan semakin melirik. Cara membuat CV yang baik dan benar antara lain sebagai berikut:

Mencari Informasi Pekerjaan

Sebelum anda membuat CV yang menarik, tentunya harus mencari terlebih dahulu informasi lowongan pekerjaan yang akan dilamar. Lihatlah lowongan pekerjaan secara mendetail dan terperinci, agar disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.

Daripada Anda melamar pekerjaan membabi-buta, itu cenderung tidak efektif dan menghabiskan modal kalau harus melamar secara offline.

Baca Juga:   Coba Jelaskan Secara Singkat Distribusi Pada Usaha Konveksi, Bisa?

Jika melamar secara online, banyak portal pekerjaan yang tersedia saat ini. misalnya dengan mengetikkan kata kunci lowongan pekerjaan di Jakarta, maka akan muncul banyak website yang menyediakan informasi pekerjaan di area Jakarta.

Jangan sampai, misalnya Anda posisi di Jakarta namun melamar lowongan di di Kalimantan. Kecuali, jika memang Anda bersedia ditempatkan di luar pulau.

Paham Isi Curriculum Vitae Secara Umum

Bagi lulusan baru atau fresh graduate, mungkin saja belum terlalu memahami bagaimana seharusnya isi curriculum vitae secara umum. Tentu mereka butuh panduan yang tepat agar tidak kebingungan dalam membuatnya.

Di lain pihak, bagi Anda yang sudah pernah membuatnya, mempelajari bagaimana seharusnya CV dibuat akan mengingatkan bagian-bagian mana saja yang harus diberi penekanan agar kelihatan lebih menarik.

Secara umum, contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar akan memuat sejumlah informasi penting seperti berikut ini:

  • Data Diri dan Pendidikan

Bagian umum yang akan pasti ada dalam sebuah curriculum vitae adalah data diri dan pendidikan. Anda wajib mencantumkan nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, kontak pribadi, serta riwayat pendidikan. Berikanlah informasi si dengan sesuai kenyataan karena jika anda merekayasa atau berbohong, perusahaan bisa melakukan blacklist.

  • Informasi Skill Yang Dimiliki

Bagian selanjutnya dalam sebuah curriculum vitae yaitu memuat informasi mengenai kemampuan yang dimiliki. Jika Anda memang pernah memiliki sertifikat pelatihan, Jangan lupa untuk cantumkan.

Sajikanlah dengan tampilan menarik seperti misalnya menggunakan template CV, menggunakan kombinasi warna yang tepat, serta menggunakan diagram atau grafik untuk menggambarkan seberapa bagus kualitas yang anda miliki.

  • Riwayat Pengalaman Kerja

Bagian ini merupakan yang paling berperan dalam menentukan pertimbangan apakah Anda diterima atau tidak. bagi Anda yang sudah punya banyak pengalaman kerja, jangan ragu-ragu untuk mencantumkan di mana dan lamanya bekerja di sana. Jika anda merupakan fresh graduate, cantumkanlah pelatihan, seminar, atau kursus yang pernah diikuti.

  • Melakukan Pengecekan Kembali
Baca Juga:   Apa yang Dimaksud dengan Promosi, Tujuan, Jenis, serta Etikanya

Setelah anda menyusun curriculum vitae dan selesai, jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan. Cantumkanlah tanda tangan di bagian kanan bawah, atau sesuai kebutuhan. Pastikan setiap kali anda melamar, menggunakan CV yang paling ter-update dan tulis tanggal pembuatannya. Jangan sampai melamar kerja untuk bulan ini, namun menggunakan informasi beberapa tahun lalu.

Meningkatkan Kualitas Curriculum Vitae

Selain tahu bagaimana kriteria contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar, kualitas curriculum vitae juga bisa menentukan nasib Anda lolos atau tidak. Kualitasnya sendiri bisa Anda tingkatkan dengan sejumlah cara, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Berlatihlah Menulis Rapi

jika anda membuat CV secara manual dengan tulisan tangan, berlatihlah untuk menulis dengan rapi terlebih dahulu. Mungkin anda termasuk orang yang tidak terlalu memperhatikan kerapian tulisan dan itu tidak masalah jika untuk kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, dalam membuat surat untuk curriculum vite sebaiknya Anda harus menyajikannya dengan tampilan tulisan tangan yang serapi mungkin.

  • Membuat Desain Yang Bagus

Jika curriculum vitae tulisan tangan mempertimbangkan aspek penulisan yang rapi dan bagus, jika anda menuliskan dengan ketikan komputer, sebaiknya buat dengan desain yang bagus. Kombinasi pemilihan layout, jenis huruf, dan aspek lainnya patut anda perhatikan.

Di internet sendiri, banyak tersedia tempelate gratisan maupun berbayar, untuk meningkatkan sisi estetik curriculum vitae anda.

  • Kualitas Detail CV

hal selanjutnya yang patut anda perhatikan juga dengan memperhatikan kualitas detail dari curriculum vitae. Maksudnya, Anda bisa menginformasikan dengan bahasa yang lengkap namun tetap lugas dan padat.

semakin lengkap informasi yang tersaji, semakin mudah bagi perusahaan untuk mengetahui siapa dan bagaimana kualitas anda sebagai pelamar pekerjaan.

Contoh Curicullum Vitae

Bagi Anda yang sedang mencari referensinya, berikut ini kami berikan contohnya ;

Baca Juga:   Pengertian Kewajiban Asasi Manusia Menurut Muladi

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI

Nama : Arief Rahman
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat Tanggal Lahir : Tangerang, 10 Februari 1989
Kesehatan : Sehat
Kewarganegaraan : Indonesia
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Kristen Protestan
Alamat Lengkap : Perum Mustika Mas Asri, Blok AB5, no 10 Tangerang
Nomor Telepon : 08534008759

PENDIDIKAN FORMAL

1999 – 2005 : SDN 1 Kresek
2005 – 2008 : SMPN 1 Kresek
2008 – 2011 : SMAN 1 Kabupaten Tangerang
2011 – 2015 : S1-Universitas Esa Unggul (Manajemen)

PENGALAMAN KERJA

Bekerja di PT. Link Net Indonesia Sebagai Staff Customer Service ( Januari 2015 – Desember 2016)
Bekerja di PT. Solusi Mazta Prima Sebagai Staff Marketing ( Februari 2017 – Maret 2018)
Bekerja di PT. Asuransi Cigna Sebagai Staff Marketing ( Maret 2018 – Sekarang)

PRESTASI DAN PELATIHAN

Juara Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten (2007)
Juara Lomba MTQ Kabupaten Tangerang ( 2008 – 2009 )
Pelatihan Kewirausahaan Muda Berkarya Nasional ( 2011 )
Kursus Pembuatan Software Android ( 2013 )
Pelatihan ESQ Training (2013)

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Tangerang 17 Desember 2018.

Hormat saya,

Arief Rahman

Kesimpulannya, kualitas curriculum vitae seseorang dapat menentukan lolos tidaknya saat melamar kerja. Oleh karena itu , anda harus cari contoh CV lamaran kerja yang baik dan benar. Semakin detail, lengkap, dan menarik penampilan dari CV, HRD sebuah perusahaan akan menempatkannya di prioritas paling atas.

Oleh karena itu, tingkatkanlah pengalaman anda baik dalam pelatihan maupun pekerjaan, agar kualitas CV lebih bagus.

One thought on “Mencari Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 5 =