4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat & Struktur

Dalam membuat laporan hasil observasi, tentu contoh teks laporan hasil observasi dapat dijadikan pedoman. Teks laporan hasil observasi biasanya berisi teks tentang informasi umum, dan dituliskan sesuai dengan fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan.

Sederhananya, teks hasil laporan observasi adalah hasil penelitian untuk mendapatkan informasi yang ada. Informasi ini bisa berupa objek-objek di sekitar, misalnya hewan, kegiatan sosial, keadaan alam, lingkungan, tumbuhan, dan sebagainya.

Tujuan Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi

Tujuan Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks ini juga bisa disebut sebagai teks klasifikasi. Teks ini berisi laporan dari suatu penelitian dan ditulis dengan rinci menggunakan berbagai kriteria. Namun, sebenarnya apa tujuan dari penulisan teks laporan hasil observasi itu sendiri?

Tujuan penulisannya adalah untuk mendapatkan metode baru, mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang ada, membantu dalam pengambilan keputusan, serta mengetahui sekaligus mengawasi apakah terdapat perkembangan pada masalah yang sedang diamati.

Sementara itu, teks laporan hasil observasi berfungsi sebagai sumber informasi dengan tingkat akurasi yang tinggi, sebagai dokumentasi kegiatan penelitian, serta menjadi dasar dalam mengambil keputusan terkait masalah yang dihadapi.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Dalam berbagai contoh teks laporan hasil observasi, pasti seluruhnya dibuat berdasarkan struktur yang sudah ditentukan. Ada tiga struktur yang terdapat pada jenis teks ini. Struktur itu di antaranya adalah pernyataan umum, yakni penjelasan umum terkait objek penelitian.

Kemudian ada struktu bernama deskripsi bagian. Struktut ini berisi mengenai penjelasan umum yang dipaparkan dengan lebih rinci dan detail. Lalu ada struktur terakhir bernama kesimpulan. Di bagian ini, dituliskan rangkuman dari seluruh hasil penelitian yang diperoleh.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Lalu, seperti apa kaidah kebahasaan yang digunakan pada berbagai contoh teks laporan hasil observasi yang sering menjadi tugas dalam mata pelajaran bahasa Indonesia? Kaidah kebahasaan yang digunakan tentu saja adalah pemakaian bahasa baku.

Baca Juga:  Gambar Peta Malaysia (Barat & Timur) dan Info Geografisnya

Selain itu, kaidah atau tata bahasa yang digunakan adalah kata relasional, atau mengandung kata penghubung yang diikuti oleh kalimat penjelasan. Kaidah selanjutnya adalah menggunakan kata-kata keilmuwanan dan kata teknis, serta memakai verba aktif alam.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Setelah memahami bagaimana bentuk teks laporan hasil observasi, tujuan penulisannya, dan kaidah bahasa seperti apa yang digunakan, pembahasan kali ini adalah seperti apa ciri-ciri teks tersebut. Pada contoh teks laporan hasil observasi, ciri-ciri di bawah ini akan ditemukan.

1. Bersifat Objektif

Pada hal ini, teks laporan hasil observasi bersifat objektif, di mana penulis tidak akan memihak pada salah satu sisi saja. Sebaliknya, tulisan harus menjelaskan hasil yang berdasarkan fakta dari hasil penelitian yang sudah dilakukan.

2. Faktual Sesai Hasil Penelitian

Laporan penelitian tentu harus dituliskan dengan baik dan benar. Pada contoh teks laporan singkat, penulis tidak diperbolehkan memasukkan hipotesis, asumsi, atau perkiraan, apalagi karangan yang tidak berdasarkan fakta di lapangan, seperti imajinasi atau khayalan.

3. Bersifat Khusus

Susunan pada contoh teks laporan hasil observasi juga sudah pasti menjelaskan hal umum yang sifatnya khusus. Penjelasan harus dituliskan dengan lebih rinci, serta harus menghindari hal-hal yang tidak berkaitan dengan objek penelitian.

4. Penyajiannya Lengkap

Teks laporan juga harus disajikan dengan lengkap, serta berurutan sesuai dengan strukturnya. Penulis harus mampu menyajikan laporan berdasarkan langkah-langkah penelitian.

Di setiap bagian, hasil penelitian harus dilaporkan dengan gamblang sebagai bukti bahwa penelitian telah dilakukan dengan baik dan benar.

5. Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Ciri terakhir dari teks laporan hasil observasi adalah bahasanya yang baik dan benar, baku, tetapi juga sederhana dan dapat dipahami dengan mudah oleh para pembaca. Hal ini dapat menunjukkan bahwa penelitian telah dilakukan sesuai dengan langkah-langkah yang sudah ditetapkan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Berbicara soal teori saja tidak cukup untuk melatih seseorang dalam menuliskan teks laporan hasil observasi. Di internet, sudah banyak sekali contoh teks yang dapat dipelajari, bahkan dilengkapi dengan strukturnya. Berikut ini adalah sebagian dari contoh teks yang tersedia di internet.

Baca Juga:  10+ Contoh Poster Pendidikan Tema Belajar, Buku, dll

1. Jeruk

[Pernyataan umum] Jeruk adalah buah yang masuk ke dalam daftar spesies Citrus. Jeruk berasal dari daerah Cina Selatan, Myanmar, dan India. Saat ini, jeruk menjadi salah satu tumbuhan yang banyak dibudidayakan.

Produsen buah jeruk terbesar di dunia adalah Brazil, kemudian diikuti oleh Cina dan India. Berbagai belahan dunia tercatat sebagai konsumen jeruk tertinggi. Hal ini mendorong produksi jeruk selalu meningkat dari tahun ke tahun.

[Deskripsi bagian] Buah jeruk terbagi menjadi beberapa jenis dengan karakteristiknya masing-masing. Ada jeruk dengan segmen yang dapat dipisahkan, ada pula yang segmen-nya tidak dapat dipisahkan.

Meskipun jeruk berasal dari negara Asia, seiring perkembangannya, jeruk telah dibudidayakan oleh banyak negara di berbagai penjuru. Hal ini disebabkan karena permintaannya yang terus melonjak.

[Deskripsi Manfaat] Sebagian besar dari berbagai spesies jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini baik dalam menjaga daya tahan serta mendorong kesehatan gusi. Di samping itu, jeruk juga kerap menjadi bahan untuk membuat aneka makanan dan minuman enak.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hutan

[Pernyataan umum] Hutan dikenal sebagai paru-paru dunia. Dalam hal ini, hutan memiliki peran penting untuk keberlangsungan beberapa ekosistem. Keberadaan hutan sangat berpengaruh pada kehidupan flora, fauna, serta manusia.

Rusia ditetapkan sebagai negara dengan wilayah hutan terluas di Indonesia. Negara lain dengan kawasan hutan besar adalah Kanada, Brazil, Tiongkok, dan Amerika Serikat.

[Deskripsi bagian] Meskipun peranan hutan sangat besar untuk Bumi, luas kawasan hutan setiap malah semakin menurun. Fenomena ini terjadi karena berbagai aktivitas manusia, seperti pembukaan lahan baru, penebangan hutan, serta peralihan fungsi lahan.

[Deskripsi manfaat] Dalam ekosistem hutan, hutan juga memiliki peran yang sangat banyak. Salah satunya adalah sebagai habitat alami bagi beberapa fauna dan flora.

Hutan pun berperan sebagai sumber oksigen agar makhluk hidup dapat terus hidup. Manfaat ini diharapkan dapat kembali menyadarkan manusia untuk bisa terus melestarikan ekosistem hutan.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan Kelinci

[Pernyataan umum] Kelinci adalah salah satu mamalia dengan famili Leporidae. Kelinci bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah kawasan di permukaan bumi. Dulu, kelinci adalah hewan liar yang hidup di daerah Afrika sampai Eropa.

[Deskripsi bagian] Hingga kini, kelinci terbagi menjadi dua, yakni kelinci bebas atau kelinci liar dan kelinci peliharaan. Dilihat dari penampilan fisiknya, khususnya dari bulu, kelinci terbagi dua juga, yakni kelinci dengan bulu pendek dan kelinci dengan bulu panjang.

Sementara itu, berdasarkan ordo, klasifikasi kelinci terbagi menjadi beberapa, yakni anggora, lyon, english, himalayan, american, dan dutch. Kelinci adalah hewan herbivora, di mana sering ditemukan memakan sayur-sayuran, terutama wortel.

[Deskripsi manfaat] Setelah observasi dilakukan, kelinci ternyata juga bisa diberikan pakan berupa biji-bijian, sayuran hijau, ampas tahu, dan umbi-umbian. Selain itu, daging kelinci dapat dipakai sebagai obat yang dapat mengatasi asma.

4. Sampah

[Pernyataan umum] Sampah adalah benda sisa yang sudah tidak bernilai secara ekonomi. Sampah terbagi menjadi dua, yaitu sampah anorganik dan sampah organik. Belakangan ini, sampah sering kali dijumpai pada aliran sungai.

Ini menyebabkan sungai yang dulunya masih dialiri oleh air menjadi penuh karena ditimbun sampah.

[Deskripsi bagian] Sampah anorganik ialah sampah yang susah terurai, tidak bisa hancur secara

alami, dan umumnya berbentuk limbah bahan kimia. Sementara itu, sampah anorganik yang didaur ulang bisa menjadi benda yang mempunyai nilai guna.

Contoh sampah anorganik adalah wadah detergen, plastik, dan kemasan pembungkus makanan. Sampah organik adalah sampah yang mudah terurai dan mudah membusuk.

Sampah ini dapat berbentuk limah rumah tangga, limbah ternak yang belum dikelola, dan batang atau daun pohon yang sudah mati. Contoh sampah organik adalah sayur, daun, limbah kayu, kotoran sapi, dan masih banyak lagi.

[Deskripsi manfaat] Sampah anorganik dan sampah organik sebenarnya dapat memiliki nilai guna kembali secara ekonomis. Caranya adalah dengan mengolah kembali sampah itu sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Dalam menulis contoh teks laporan hasil observasi, fokus utamanya adalah menuliskan berdasarkan fakta yang ditemukan di lapangan. Setelah itu, barulah ikuti kaidah, struktur, dan ciri-ciri yang menjelaskan bahwa teks itu adalah teks laporan hasil observasi.

Leave a Comment