Contoh Pidato Singkat Pendidikan, Hutan, Lingkungan, dll

Dalam setiap momen acara tertentu, umumnya ada beberapa orang yang bertugas untuk memberikan pidato mengenai pesan kesan, intruksi, dan sebagainya. Hal tersebut biasanya akan dilakukan saat awal acara sehingga membutuhkan persiapan matang. Cari contoh pidato singkat sebagai referensi?

Berbicara di depan khalayak ramai memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, terutama bagi Anda yang pertama kali melakukannya. Oleh sebab itu, wajar mencari referensi contoh pidato bahasa Indonesia singkat sebagai bentuk persiapan agar penyampaiannya lancar sesuai dengan harapan.

Sebelum mulai berpidato, maka coba rencanakan segala poin yang ingin disampaikan dengan baik dan terstruktur untuk mencegah terjadinya kesalahan. Tidak hanya naskah pidato, namun Anda juga perlu memiliki kesiapan mental untuk berdiri di atas podium dan berbicara di depan banyak orang.

Kenali Berbagai Jenis Pidato Sesuai Tujuannya

Kenali Berbagai Jenis Pidato Sesuai Tujuannya

Perlu Anda ketahui, pidato dibagi menjadi beberapa jenis seperti argumentatif, persuasif, informatif, dan juga rekreatif. Jenis-jenis pidato tersebut dibedakan berdasarkan tujuannya, sehingga poin-poin yang nantinya disampaikan juga berbeda satu sama lain untuk bisa dipahami target audiens.

1. Pidato Persuasif

Sesuai dengan namanya, pidato persuasif dilakukan untuk mempengaruhi para pendengar untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Mereka yang berpidato bertugas untuk menyampaikan poin penting akan suatu hal, sehingga nantinya bisa mempengaruhi pemikiran audiens kedepannya.

Mengapa jenis pidato seperti ini bisa mempengaruhi pemikiran orang lain? Sebuah pidato bisa mendorong pendengar melakukan sesuatu karena adanya unsur manipulasi psikologi. Mungkin tanpa disadari banyak orang yang terbius dan percaya pada tiap perkataan yang disampaikan.

Baca Juga:  Variabel Independen: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Misalnya ada contoh pidato persuasif singkat tentang covid 19 yang mengajak masyarakat untuk memakai masker dimanapun berada. Dengan alasan untuk mencegah penularan lebih tinggi, maka akan banyak orang yang menaati aturan memakai masker saat keluar rumah.

2. Pidato Argumentatif

Berbeda konsepnya dengan pidato persuasif, pidato argumentatif biasanya dilengkapi dengan dalil, fakta, dan argumentasi untuk bisa mempertahankan sebuah pendapat. Intinya mereka yang menyampaikan pidato fokus pada pernyataan, namun terkadang juga menentang pernyataan.

Untuk memperkuat argumen ketika berpidato dihadapan banyak orang, maka sebaiknya Anda menyiapkan data pendukung, pendapat ahli, atau penelitian. Dengan data yang sifatnya faktual, maka akan membuat orang lain bisa menerima dengan baik pernyataan tersebut.

Pidato argumentatif yang baik tidak akan menyinggung perasaan orang lain selama bukti yang disampaikan memang nyata terjadi. Namun ketika poin yang ingin disampaikan kebenarannya masih simpang siur, maka hindari untuk melanjutkannya agar tidak terjadi masalah.

3. Pidato Rekreatif

Namanya juga “Rekreatif”, maka tujuan orang berpidato untuk menghadirkan kegembiraan atau hiburan sehingga tidak terkesan membosankan. Pidato rekreatif akan membuat suasana makin asik, seru, hangat, dan santai walaupun durasinya cukup lama sekalipun.

Orang yang berpidato rekreatif biasanya tergolong kalangan profesional karena bisa mencoba memasukkan humor dan lelucon yang kocak. Jika anda belum pernah melakukannya, tentu butuh persiapan yang matang dan perlu belajar dengan orang-orang yang berpengalaman pastinya.

Pidato rekreatif konsepnya hampir sama dengan stand up komedi, hanya saja ada beberapa model pidato menggunakan bahasa baku dan santun. Mereka yang berpidato tidak hanya bisa menyampaikan berita penting, tetapi juga mengeluarkan lelucon untuk mencairkan suasana lagi.

Baca Juga:  30+ Kata-kata Anniversary Romantis untuk Pasangan

4. Pidato Informatif

Banyak sekali contoh pidato singkat informatif yang tersebar di internet. Jenis pidato ini memang sering kali ditemui di sekolah, instansi pemerintahan, lembaga keagamaan, dan berbagai tempat yang sifatnya formal atau non formal sekalipun. Apa tujuan pidato informatif?

Pidato informatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada semua pendengar. Misalnya bisa menyampaikan informasi mengenai jobdesk yang perlu dikerjakan, hasil laporan kegiatan, goals kedepannya, dan informasi penting yang berhubungan dengan instansi tersebut.

Jenis pidato yang bersifat informatif meliputi oral reports, oral instruction, dan informatif lecturer. Pidato informatif yang sering disampaikan oleh guru dinamakan dengan oral instruction, sedangkan oral reports berkaitan dengan laporan proyek, hasil kegiatan, dan penelitian.

Berbagai Contoh Pidato Singkat Berbagai Tema

Pembahasan kali ini akan menyampaikan beberapa contoh teks pidato singkat yang bisa dijadikan referensi. Beberapa referensi pidato singkat tentunya memiliki variasi tema berbeda misalnya berkaitan dengan pendidikan, lingkungan, pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya.

1. Pidato Singkat Pendidikan

Pidato Singkat Pendidikan

Saat masih duduk di bangku sekolah tentunya Anda sering kali merasakan momen berbaris lalu mendengarkan pidato dari pembina upacara. Contoh pidato singkat yang disampaikan biasanya berkaitan dengan pentingnya menuntut ilmu, program sekolah, atau prestasi yang berhasil diraih.

Dalam momen peringatan besar, maka setiap pidato yang disampaikan bisa menjadi panutan bagi semua siswa atau siswi. Pidato yang lugas dan tutur katanya yang luwes pastinya dibutuhkan agar menarik minat para murid untuk mendengarkannya dengan seksama sampai selesai.

2. Pidato Tentang Pendidikan Moral

Pidato Tentang Pendidikan Moral

Teks pidato singkat formal mengenai pendidikan moral juga terkadang sangat dibutuhkan untuk menyadarkan anak-anak akan pentingnya sopan santun. Mereka yang menyampaikan pidato bisa menjelaskan tentang perilaku yang benar terhadap teman, guru, dan juga orang tua.

3. Pidato Singkat Tentang Hari Pahlawan

Pidato Singkat Tentang Hari Pahlawan

Pidato tentang hari pahlawan bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat akan pentingnya mengenang pengorbanan para pahlawan di masa lalu. Pidato seperti ini sering kali ditemui saat merayakan HUT RI 17 Agustus atau perayaan hari pahlawan 10 November.

Baca Juga:  4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat & Struktur

4. Pidato Singkat Mengenai Kepedulian Terhadap Lingkungan

Pidato Singkat Mengenai Kepedulian Terhadap Lingkungan

Menjaga kelestarian lingkungan merupakan tugas bersama, sehingga pidato seperti ini memberi kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan, dan lain-lain. Pidato bisa bertujuan untuk meningkatkan kepedulian akan kebersihan, reboisasi, atau membuat program lingkungan tertentu.

5. Pidato Singkat Dunia Kerja

Pidato Singkat Dunia Kerja

Butuh referensi contoh pidato singkat tentang dunia kerja? Pidato yang membahas tentang dunia kerja bertujuan untuk meningkatkan etos dan semangat para karyawan. Pimpinan perusahaan akan menjelaskan mengenai goals kedepan dan kerja sama yang perlu ditingkatkan.

6. Pidato Singkat Mengenai Pendidikan Karakter

Pidato Singkat Mengenai Pendidikan Karakter

Menanamkan pendidikan karakter sejak dini kepada anak-anak merupakan suatu hal yang sangat penting. Pidato diharapkan bisa membentuk anak-anak memiliki karakter yang loyal, berintegritas, dan bertanggung jawab atas segala hal yang perlu diselesaikan sendiri.

7. Pidato Singkat Mengenai Bahaya Sampah Plastik

Pidato Singkat Mengenai Bahaya Sampah Plastik

Baru-baru ini masyarakat sering merasa resah dengan bencana banjir yang terjadi dimana-mana akibat sampah plastik menumpuk. Pemerintah perlu meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya sampah plastik dengan menyampaikan pidato singkat yang mudah dipahami.

8. Pidato Menjaga Kelestarian Hutan

Pidato Menjaga Kelestarian Hutan

Penebangan hutan secara liar makin sering dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk bagi keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar, Pidato tentang bahaya penebangan hutan seperti perlu dilakukan untuk tindakan pencegahan.

Masih banyak contoh pidato singkat lainnya yang bisa Anda dapatkan lewat internet sebagai referensi. Selain menyiapkan naskah pidato secara matang, persiapan mental juga perlu ditanamkan. Tujuannya agar penyampaian pidato bisa berjalan dengan lancar dan diterima dengan baik oleh audiens.

Leave a Comment