8 Contoh Mading Kreatif Tema Lingkungan, Nasionalisme, dll

Istilah mading seringkali dijumpai pada lingkungan sekolah atau berbagai lembaga. Mading menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan ragam informasi. Untuk lebih bisa memahami lebih dalam mungkin Anda akan membutuhkan contoh mading.

Pada ulasan berikut akan dibahas mengenai pengertian, contoh, dan struktur yang dimiliki mading. Pada umumnya di lingkungan sekolah mading sering dimanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hal tersebut dikarenakan dalam pembuatan mading memang membutuhkan ide atau gagasan yang unik.

Pengertian Mading

Pengertian Mading

Sebelum membahas mengenai contoh mading, alangkah lebih baik jika Anda paham terlebih dahulu apa itu mading. Pengertian mading adalah sebuah media yang digunakan untuk menerapkan dasar dari berita kabar atau majalah di dalam isinya.

Cara penyajian mading sangat mirip dengan prinsip dasar yang dimiliki surat kabar, yakni terdiri dari kombinasi tulisan dan gambar. Mading juga sering disebut dengan media tulis yang dipakai untuk komunikasi dan mempunyai bentuk yang cukup sederhana.

Kata mading merupakan singkatan dari majalah dinding, sehingga tidak heran jika seluruh konsep mirip dengan majalah. Informasi yang dimuat dalam mading cukup beragam dan tetap disajikan dalam satu kesatuan edisi.

Fungsi Mading

Fungsi Mading

Setelah memahami pengertian mading, Anda juga harus mengetahui fungsi dari sebuah mading. Fungsi utama sebuah mading memang untuk menyebarkan suatu informasi. Akan tetapi, terdapat fungsi lain yang diperoleh dalam pembuatan mading, yakni:

  1. Media hiburan karena dibuat dengan kreativitas yang tinggi.
  2. Sarana untuk menyebarkan dan mendapatkan informasi.
  3. Meningkatkan kreativitas, baik yang menjadi penonton mading atau pembuatnya.
  4. Membangun sikap kritis dalam menghadapi suatu masalah tertentu.
  5. Meningkatkan kebiasaan literasi seseorang.
  6. Meningkatkan wawasan mengenai keadaan suatu lembaga yang membangun mading.

Struktur Mading

Struktur Mading

Dalam membuat contoh mading, Anda akan membutuhkan berbagai macam struktur yang dimiliki mading. Dengan adanya struktur ini akan membuat mading menjadi lebih sistematis dan terlihat menarik. Oleh karena itu, dalam pembuatan mading selalu diawali dengan pembuatan sketsa.

Sedangkan untuk membuat sketsa Anda harus paham terlebih dahulu mengenai bagaimana struktur mading. Berikut penjelasan mengenai struktur mading:

Logo menjadi salah satu identitas yang membangun sebuah mading. Tujuan adanya logo pada mading adalah supaya pembaca dapat mengetahui pembuat mading tersebut. Biasanya logo yang digunakan berupa logo suatu organisasi.

2. Judul mading

Struktur yang kedua adalah judul atau nama dari mading yang dibuat. Seringkali yang digunakan sebagai judul adalah nama suatu lembaga atau organisasi.

3. Edisi

Edisi sama halnya dengan tema dan menjadikan informasi pada mading menjadi satu kesatuan. Misalnya mading yang dibuat mempunyai tema lingkungan dalam rangka memperingati hari bumi. Dengan demikian pada saat itu mading yang dibuat merupakan edisi lingkungan.

Edisi yang digunakan juga dapat berupa kapan mading diterbitkan, atau bulan terbit. Misalnya suatu mading dibuat pada bulan April dan memuat seluruh informasi pada bulan tersebut, maka dapat dikatakan mading tersebut merupakan edisi April.

4. Salam Redaksi

Salam redaksi berisi mengenai sapaan dari pembuat mading kepada pembaca. Dalam pembuatan salam redaksi Anda dapat menggunakan berbagai macam gaya bahasa, baik formal maupun non formal.

5. Susunan Redaksi

Ketika melihat contoh mading Anda akan menjumpai daftar nama-nama yang ikut serta dalam pembuatan mading. Hal tersebut sebagai susunan redaksi yang artinya bagian untuk memuat penyusun mading.

6. Artikel

Artikel menjadi bagian dari isi utama sebuah mading dan harus disesuaikan dengan tema. Dalam hal ini Anda dapat mencantumkan artikel atau essay dari berbagai sumber atau buatan sendiri.

7. Opini

Struktur opini dalam mading biasanya diperoleh dari lingkungan yang akan dibuat madingnya. Anggota pada suatu lembaga akan diwawancarai terkait tema yang telah ditentukan. Hasil wawancara tersebut yang akan dijadikan sebagai opini pada mading.

8. Berita

Selain artikel, berita menjadi hal yang utama pada sebuah mading. Dimana berita ini diperoleh dari berbagai sumber dan termasuk berita terkait lingkungan sekitar mading dibuat.

9. Lain-lain

Struktur ini digunakan untuk mengisi kekosongan pada mading setelah semua informasi masing dimasukkan. Biasanya tambahan mading dapat berupa karikatur, puisi, komik, cerpen, pantun, dan lain sebagainya. Hal ini yang membuat banyak pembaca terhibur saat membaca suatu mading.

10. Pojok mading

Pojok mading merupakan bagian yang digunakan untuk memuat komentar, baik dari penyusun mading maupun pembaca.

Berbagai Macam Contoh Mading

Berikut beberapa macam contoh mading yang dapat Anda pelajari dan dijadikan sebagai acuan:

1. Contoh mading 2D

Contoh mading 2D

Mading 2D atau dua dimensi menjadi salah satu jenis mading yang banyak dijumpai di berbagai lembaga. Hal ini dikarenakan pembuatan mading 2 dimensi cukup sederhana dan dapat beragam.

2. Contoh mading 3D

Contoh mading 3D

Mading 3D cenderung lebih sulit untuk ditemukan karena memakan ruang yang cukup besar. Berbeda dengan mading 2D yang dapat ditempel pada dinding. Akan tetapi, mading 3D mempunyai bentuk yang unik dan sering dilombakan.

3. Mading tema lingkungan

Mading tema lingkungan

Contoh mading yang selanjutnya adalah mading dengan tema lingkungan yang banyak dijumpai di berbagai tempat. Mading tema lingkungan biasanya dispesifikkan menjadi berbagai macam sub tema, seperti global warming, go green, dan lain sebagainya.

4. Mading tema nasionalisme

Mading tema nasionalisme

Tema nasionalisme seringkali digunakan sebagai tema dalam pembuatan mading. Biasanya mading dengan tema nasionalisme ini banyak dijumpai pada lembaga sekolah, misalnya tema hari pahlawan, hari guru, hari kemerdekaan, sumpah pemuda dan lain sebagainya.

 

5. Contoh mading sekolah

Contoh mading sekolah

Sekolah menjadi lembaga yang paling sering ditemukannya mading. Pembuatan mading di sekolah dapat terdiri dari berbagai macam tema. Biasanya berita yang dimuat dalam mading sekolah berupa berita lingkungan sekolah atau terkait pengumuman dari sekolah.

6. Mading kreatif

Mading kreatif

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa mading mempunyai fungsi untuk menghibur pembacanya. Oleh sebab itu, dalam pembuatan mading membutuhkan kreativitas yang tinggi. Mading kreatif biasanya terdiri dari berbagai gambar atau ilustrasi yang masih berkaitan dengan tema.

7. Mading tema kesehatan

Mading tema kesehatan

Kesehatan menjadi salah ide menarik untuk dibuat mading. Dengan tema kesehatan biasanya mading ini cocok digunakan pada rumah sakit atau klinik. Selain itu, dengan menggunakan tema kesehatan akan lebih meningkatkan kesadaran seseorang terkait menjaga kesehatan.

8. Mading tema film

Mading tema film

Seringkali sebuah film tertentu sedang viral dan banyak diperbincangkan. Jika film tersebut dijadikan sebagai tema mading maka akan menarik perhatian lebih banyak masyarakat. Didalam mading tema film tersebut dapat memuat isi berupa artikel atau berita terkait film yang dijadikan tema.

Pesan moral yang disampaikan pada film juga dapat dicantumkan pada mading untuk menegaskan kembali kepada pembaca.

Beberapa contoh mading tersebut merupakan mading yang banyak dijumpai di tempat umum atau lembaga tertentu. Mading menjadi media untuk menyampaikan informasi yang paling sederhana dan siapa saja dapat membuatnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment