Contoh Essay LPDP Singkat & Pedoman Cara Membuatnya

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang disediakan pemerintah bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S2 sampai S3. Untuk melamar beasiswa LPDP, peserta diharuskan membuat essay. Contoh essay LPDP singkat dapat membantu peserta memperoleh gambaran yang harus ditulis.

Contoh essay juga berguna sebagai panduan kepenulisan terutama untuk mereka yang jarang menulis essay. LPDP sendiri memiliki beberapa bidang yang menjadi prioritas dalam pemberian beasiswa yakni bidang kesehatan, sains, teknik, hukum, sosial budaya, agama dan keuangan.

Kumpulan Contoh Essay LPDP Singkat

Di bawah ini adalah beberapa contoh essay LPDP yang bisa dijadikan pedoman dalam menulis. Sesuaikan isi essay dengan jurusan yang dipilih.

1. Contoh Essay LPDP Kontribusiku Bagi Indonesia

Contoh Essay LPDP Kontribusiku Bagi Indonesia

Salah satu essay wajib yang diminta untuk dibuat oleh para peserta saat pendaftaran LPDP adalah essay bertemakan Kontribusiku Bagi Indonesia. Di dalam contoh essay LPDP singkat ini, peserta harus menjelaskan kontribusi yang sudah, sedang dan akan dilakukan di masyarakat atau instansi Indonesia.

Kontribusi Teknologi Energi Listrik Terbarukan

Saya adalah seorang anak yang lahir dan dibesarkan di daerah terbelakang di Pulau Kalimantan. Kondisi yang serba terbatas tidak membatasi mimpi saya untuk bisa bersekolah hingga ke tempat terbaik.

Dukungan orangtua yang mendorong saya untuk terus belajar membuat saya berhasil memperoleh kesempatan beasiswa Bidik Misi untuk meneruskan pendidikan S1.

Selama berkuliah S1, saya terus aktif terlibat dalam berbagai kegiatan di kampus dan luar kampus. Beberapa kali saya diberikan tanggung jawab memegang jabatan sebagai ketua acara dan ketua organisasi kampus.

Baca Juga:  Kamu Harus Tau Kelebihan dan Kekurangan Vivo T1 5G

Sepanjang berkuliah, saya juga pernah menjadi asisten penelitian dosen. Proyek penelitian yang pernah saya kerjakan mengenai potensi pemanfaatan gelombang air laut sebagai sumber tenaga listrik terbarukan.

 Melihat kebutuhan listrik di tanah air yang terus meningkat, keberadaan sumber energi terbarukan yang murah tentu sangat bermanfaat. Gelombang air laut sebagai sumber listrik adalah opsi energi yang tepat bagi pemukiman masyarakat nelayan tepi pantai.

Meskipun memiliki potensi yang besar namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk bisa mengembangkan teknologi terbarukan ini. Untuk itu saya ingin melanjutkan pendidikan S2 di bidang material untuk teknologi gelombang air laut.

Material yang diteliti haruslah tahan terhadap air laut yang korosif dan juga kokoh sehingga tidak mudah rusak. Saya berencana untuk melanjutkan pendidikan di universitas A jurusan material terbarukan.

Saya berencana untuk menjadi pendidik dan peneliti di bidang material terbarukan di tanah air. Sehingga kontribusi tersebut diharapkan akan mendukung perkembangan teknologi di dalam negeri.

2. Contoh Essay LPDP 2023 Singkat

Contoh Essay LPDP 2023 Singkat

Nama saya adalah Anilda Monita. Saya merupakan anak dari 3 bersaudara dengan latar belakang keluarga sederhana di ujung timur Indonesia. Sejak kecil saya selalu tertarik dengan bidang kesehatan dan sangat ingin bisa berkontribusi mewujudkan kesehatan di tanah air, khususnya kampung halaman saya.

Saya berkuliah program Keperawatan di Universitas B. Kesempatan yang saya peroleh untuk melanjutkan pendidikan hingga ke bangku universitas tidak pernah saya sia-siakan. Saya selalu terlibat aktif dalam berbagai program kesehatan yang diadakan oleh kampus ataupun relawan luar kampus.

Saya selalu berharap bisa bermanfaat lebih untuk meningkatkan kualitas kesehatan di tanah air. Oleh karena itu saya berencana untuk melanjutkan pendidikan di bidang Kesehatan Masyarakat di Universitas C.

Baca Juga:  Pengertian Teks Tanggapan, Jenis, Ciri, Fungsi & Strukturnya

Alasan saya memilih universitas C karena negara tempat universitas tersebut dikenal sangat baik dalam pelayanan kesehatannya. Universitas C juga dikenal memiliki fasilitas penelitian yang memadai sehingga sangat mendukung topik penelitian yang saya pilih.

Sekembalinya saya dari studi, saya ingin ikut ke dalam program pengabdian nusantara di bidang kesehatan. Program pengabdian nusantara akan berfokus kepada pelayanan kesehatan di daerah terpencil selama satu tahun.

Setelah ikut ke dalam program pengabdian, saya berencana untuk membangun klinik kesehatan sendiri. Klinik ini akan menyediakan pelayanan kesehatan dengan harga terjangkau bahkan gratis.

Pedoman Cara Membuat Essay LPDP

Pedoman Cara Membuat Essay LPDP

Essay dibuat pada saat tahap pengumpulan berkas ketika pendaftaran beasiswa LPDP. Essay ini nantinya harus dipertanggung jawabankan jika peserta lolos hingga tahap wawancara. Oleh karena itu pembuatan essay haruslah mengikuti pedoman di bawah ii:

1. Ikuti Ketentuan Penulisan Essay

Hal pertama yang harus Anda pahami ketika menulis essay adalah memahami ketentuan mutlak essay yang sudah dipersyaratkan.

Pihak LPDP mengharuskan essay yang ditulis memenuhi minimal jumlah kata sebanyak 1500 kata dan maksimal sebanyak 2000 kata. Total halaman essay adalah sebanyak 5 sampai 6 halaman. Spasi yang digunakan adalah 1,5.

Bahasa yang digunakan juga harus bahasa formal. Untuk essay dalam negeri bisa menggunakan bahasa Indonesia. Sementara essay luar negeri peserta dibebaskan menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

2. Bagian Pendahuluan

Bagian pertama essay adalah pendahuluan. Pendahuluan essay berupa pembuka dimana penulis essay memperkenalkan dirinya kepada pembaca. Di bagian pendahuluan, penulis essay menjelaskan siapa dirinya dari mulai nama lengkap, asal tempat, universitas dan jurusan kuliah saat S1 atau S2.

Disarankan untuk memanfaatkan bagian pendahuluan untuk menekankan prestasi atau kelebihan apa saja yang Anda miliki. Jika semasa kuliah sebelumnya pernah mendapat prestasi, ikut kejuaraan, ikut kegiatan relawan, atau aktif di organisasi maka Anda bisa mencantumkan hal tersebut saat memperkenalkan diri.

Baca Juga:  Pengiriman Barang Dari Desa Menggunakan Kendaraan Adalah Teknologi Di Bidang Ekonomi

Bagian ini sangat penting untuk mengenalkan siapa diri Anda kepada para juri. Jika Anda mampu memanfaatkan bagian pendahuluan untuk menjelaskan siapa diri Anda dengan baik, maka tim penilai akan memberi nilai lebih dan percaya terhadap kemampuan Anda untuk melanjutkan pendidikan.

3. Bagian Isi Essay

Bagian contoh essay LPDP singkat selanjutnya adalah isi essay yang menjadi inti essay yang ditulis. Pada bagian isi essay Anda harus menjelaskan rencana studi yang akan dilakukan nantinya. Sebaiknya jelaskan secara runut rencana apa saja yang akan Anda lakukan ketika kuliah hingga kelulusan.

Program studi apa yang dipilih, universitas yang ingin dituju dan alasan pemilihan universitas. Jelaskan juga topik penelitian yang ingin dikerjakan dan mengapa topik tersebut penting untuk dibahas.

Setelahnya jelaskan rencana kontribusi yang ingin Anda lakukan di Indonesia jika sudah berhasil menyelesaikan pendidikan menggunakan beasiswa LPDP. Anda bisa menjelaskan kontribusi yang ingin dilakukan dari yang terkecil atau paling sederhana hingga rencana besar.

4. Bagian Penutup

Bagian penutup adalah bagian terakhir dari essay yang ditulis. Pada bagian ini, Anda bisa memberikan alasan mengapa Anda memilih beasiswa LPDP sebagai sumber pembiayaan studi lanjut.

Tuliskan kelebihan beasiswa LPDP dan kaitkan juga dengan rencana kontribusi yang ingin diberikan setelah lulus. Jelaskan juga alasan mengapa Anda layak menerima beasiswa.

Essay yang dibuat untuk beasiswa LPDP adalah salah satu dokumen penting yang mempengaruhi penilaian tim juri terhadap skor Anda. Dengan mempelajari berbagai contoh essay LPDP singkat maka Anda akan lebih mudah dalam menyusun isi tulisan essay yang ingin dibuat. sehingga lebih terstruktur.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment