4 Contoh Bisnis Startup Populer dan Berpredikat Unicorn

Meskipun dari segi ekonomi Indonesia tergolong sebagai negara berkembang, namun siapa sangka ternyata pertumbuhan perusahaan startup di negeri begitu pesat.

Bahkan, beberapa perusahaan startup Indonesia mampu merambah pasar luar negeri hingga menjadikan beberapa perusahaan startup tersebut menjadi unicorn dengan penghasilan miliaran rupiah.

Kondisi itulah yang membuat para ahli ekonomi dunia memprediksi bahwa dalam rentang waktu beberapa tahun ke depan, Indonesia bisa berubah menjadi negara maju.

Lantas, apa saja contoh bisnis startup yang populer di Indonesia dan banyak dilirik oleh para investor asing? Untuk mendapatkan penjelasan yang lengkap seputar bisnis startup, mari simak ulasannya berikut ini.

Apa pengertian bisnis startup itu?

Bisnis startup adalah suatu macam usaha rintisan yang belum lama berdiri. Cara kerja bisnis startup dibantu dengan penggunaan suatu platform digital sehingga masuk dalam ranah digital marketing atau pemasaran secara online. Peluang usaha startup sebenarnya sangat besar karena jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak.

4 Contoh Bisnis Startup Populer dan Berpredikat Unicorn

Bahkan, banyak pakar ekonomi yang menerangkan bahwa pangsa pasar bisnis startup cukup bagus karena banyak penduduk Indonesia yang mulai memanfaatkan teknologi internet untuk berbagai urusan kehidupan sehari-hari, seperti perdagangan, kesehatan, pelayanan publik, dan lain sebagainya.

Beberapa Contoh Bisnis Startup yang Kekinian

Dari tahun ke tahun, bisnis startup di negeri ini semakin banyak dengan beragam produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Adapun beberapa contoh bisnis startup yang cukup sukses di tanah air, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu perusahaan startup dalam bidang e-commerce atau perdagangan online dan mendapat julukan sebagai unicorn.

Julukan ini diberikan kepada Tokopedia karena mampu meraup keuntungan lebih dari US$ 1 miliar. Pendirinya adalah Wiliam Tanuwijata dan Leontinus Alpha Edison. Mereka bekerja sama untuk mengembangkan Tokopedia sejak tahun 2009. 

Go-jek

Go-jek juga merupakan salah satu startup unicorn buah karya anak negeri yang didirikan oleh Nadiem Makarim sejak tahun 2010. Go-jek adalah sektor usaha yang banyak melakukan kerja sama dengan para tukang ojek atau siapa pun yang memiliki kendaraan motor.

Meskipun karyawan perusahaan ini berprofesi sebagai tukang ojek, namun phak perusahaan menetapkan sejumlah aturan, di antaranya memakai seragam Go-Jek, ada peraturan jam kerja, pemberian gaji karyawan, dan lain sebagainya. Konsumen yang ingin menggunakan jasa Go-Jek bisa menggunakan aplikasi Go-Jek yang bisa diakses melalui perangkat handphone ataupun tablet.

Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu perusahaan startup dalam negeri yang mulai beroperasi mulai tahun 2011. Bukalapak banyak mengajak para pelaku usaha kecil untuk membuka toko online di perusahaan ini. Ada berbagai jenis barang yang dijual secara online di Bukalapak, seperti produk fashion, peralatan rumah tangga, barang elektronik, dan lain sebagainya.

4 Contoh Bisnis Startup Populer dan Berpredikat Unicorn

Para konsumen yang ingin membeli barang juga bisa melalui aplikasi Bukalapak yang dapat diakses dari gadget, seperti handphone maupun tablet. Untuk pengiriman barang bisa melalui jasa pos ataupun jasa pengiriman barang lainnya.

Traveloka

Perusahaan startup ini fokus pada pelayanan penjualan tiket pesawat, travel, maupun booking hotel. Semakin lama, banyak agen travel wisata yang bekerja sama dengan Traveloka.

Masyarakat yang ingin mengetahui tentang informasi obyek wisata menarik, biaya perjalanan wisata di dalam maupun luar negeri, dan informasi lainnya bisa mengakses aplikasi Traveloka melalui tablet ataupun handphone.

Berbagai layanan traveling yang cukup lengkap dari Traveloka inilah yang membuatnya begitu diminati oleh konsumen sehingga pendapatan yang dihasilkan pun bisa sekelas unicorn.

Menarik bukan pembahasan seputar contoh bisnis startup yang sedang populer di tanah air ini? Bagaimana? Apakah Anda juga tertarik untuk membangun bisnis startup? Apabila Anda berminat untuk membangun bisnis startup, sebaiknya rencanakan bisnis Anda terlebih dahulu, kemudian ajaklah beberapa sahabat untuk menjadi mitra bisnis Anda sampai mencari investor yang dapat mendukung karier Anda.

Dengan begitu, perlahan tapi pasti, impian Anda untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses bisa terwujud.

Leave a Comment

four − four =