Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Startup media di Indonesia saat ini berkembang sangat pesat. Mereka memberikan warna dalam setiap pembahasan berita terkini dari berbagai tema seperti, politik, bola, selebritas, Fashion baik dalam negeri atau luar negeri. Kehadiran mereka memang sangat membantu setiap orang yang hendak mencari informasi.

Hampir semua media cetak mulai mengikuti perkembangan zaman, sehingga produksi dalam bentuk fisik lebih dikurangi. Lebih fokus dalam platform digital yang lebih menguntungkan. Karena, biaya produksi bisa ditekan. Dari segi kabar berita sendiri lebih terkini dan setiap momen terasa segar karena, bisa diberitakan saat itu juga.

Startup Media di Indonesia

Jumlah media di Indonesia memang sangat banyak. Hampir semuanya memberikan kabar terbaik dengan berbagai gaya dan judul menarik. Bahkan, setiap momen penting mereka lebih sering mengeluarkannya dengan berbagai macam pandangan dan persepsi. Berikut berbagai startup media yang bisa Anda pilih mengisi waktu luang Anda.

Detik

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Detik merupakan platform digital yang selalu update berbagai macam berita. Seperti, bola, politik, kejahatan, dan masih banyak lagi. Keunggulan detik adalah menghadirkan berita terbaru dan hampir setiap menit selalu update. Mereka tidak hanya mengajak Anda untuk membaca saja, tetapi juga ikut berkontribusi.

Anda bisa menulis tentang berbagai berita soal traveling dan kuliner. Bahkan, kontribusi bisa juga tentang video update atau foto di lokasi kejadian mengenai sesuatu. Seperti, event tradisional, atau kejadian apa pun yang bisa dijadikan bahan sebagai berita. Keuntungan ikut berkontribusi sangat banyak.

Pertama, Anda akan mempunyai pengalaman menulis ke media. Tidak semua apa yang Anda tulis akan ditayangkan. Kedua, jika tayang akan mendapatkan apresiasi berupa poin yang bisa ditukar dengan berbagai barang yang disediakan. Ada tas, pin, handphone dan masih banyak lagi. Sesuai dengan ketentuan poin yang berlaku.

Proses redeem juga mudah, asalkan biodata saat mendaftar lengkap, maka hadiah akan dikirim langsung sesuai dengan alamat. Dalam versi android, tampilannya cukup menarik dengan dark mode. Sehingga, terasa lebih kekinian dan modern. Bahkan, beberapa event besar seperti MotoGP, mereka menyediakan link untuk mengaktifkan streaming.

Kompas

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Startup media di Indonesia selanjutnya adalah Kompas. Media terbesar yang selalu memberikan berbagai tulisan segar, membangun dan menarik untuk dibaca. Platform berita ini juga selalu update dalam menyampaikan berita. Hampir setiap detik selalu hadir kabar yang baru.

Kompas juga menyediakan bagian khusus untuk para pembaca yang suka menulis. Tersedia komunitas yang biasanya menghadirkan lomba tentang kepenulisan dengan hadiah jutaan rupiah. Bahkan, event tersebut hampir hadir setiap bulan dengan berbagai tema. Anda juga bisa menulis dan melihat langsung bagaimana pergerakannya.

Akan mendapatkan poin sesuai dengan jumlah penonton. Poin tersebut bisa redeem dengan uang atau barang hadiah. Program hadiah ini disesuaikan dengan program yang diadakan oleh platform tersebut. Untuk tema tulisan sendiri beragam, ada cerpen, artikel politik dan masih banyak lagi. 

Untuk kemudahan dalam mendapatkan berita, Anda akan diperkenalkan dengan program berlangganan. Sehingga, setiap hari ada kabar update bisa Anda baca layaknya seperti koran pagi. Berita yang disampaikan juga terhindar dari hoax. Jadi, setiap yang mereka.tulis berdasarkan dengan fakta di lapangan.

Okezone

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Startup media di Indonesia berikutnya adalah okezone. Di mana ada berbagai tema dibahas dan di ulas secara mendalam. Tidak hanya politik, olahraga, dan kriminal saja. Ada lagi soal film dan musik baik Indonesia maupun luar negeri. Platform ini juga terhubung dengan berbagai kebutuhan sekunder Anda seperti gawai, tas, dan masih ada banyak lagi.

Platform ini juga menyediakan berbagai kemudahan bagi Anda yang ingin masuk dan menjadi bagian dari okezone. Sudah terintegrasi dengan berbagai media sosial seperti, twitter, gmail dan facebook. Keunggulan dari media ini adalah menyajikan berita uptodate, dan memberikan ruang untuk Anda yang suka menulis.

Semua hasil tulisan, foto atau video Anda akan ditayangkan hanya saja membutuhkan proses verifikasi terlebih dulu. Menariknya proses rekrutan dari media ini biasanya diambil dari Anda yang sering menulis sesuai dengan ketentuan. Walaupun, untuk bisa mendapatkan posisi tersebut memang tidak mudah. Tertarik menulis disini?

Tirto.id

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Berikutnya ada tirto.id yang memberikan berbagai macam berita dari berbagai macam tema menarik. Seperti, politik, teknologi, wisata, kuliner, hingga olahraga. Menariknya, startup ini menyediakan kolom untuk menulis. Siapa saja bisa melakukannya dengan ketentuan panjang kata 1000 hingga 2000 kata.

Tersedia juga kesempatan bagi kontributor lepas untuk berkarya. Tetapi, ada ketentuan khusus yang harus Anda tahu. Proses dan kriteria penilaian cukup panjang. Sehingga, akan ada pembicaraan khusus untuk masalah ini. Proses penelitian hasil tulisan layak atau tidak biasanya butuh waktu 7 hari hingga 10 hari kerja.

Bila dalam kurun waktu tersebut tidak ada konfirmasi dari pihak editor. Bisa dipastikan hasil tulisan Anda kurang layak untuk ditayangkan. Mungkin, masih banyak typo atau kata yang mengandung unsur sara. Jadi, usahakan kualitas tulisan Anda bagus baru dikirimkan melalui email.

Tribunnews

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Media cetak tribun menjadi startup selanjutnya. Menyediakan berbagai macam berita baik nasional maupun daerah. Menariknya setiap daerah punya websitenya sendiri. Sehingga, segala informasi lebih lengkap dan jelas. Terutama keadaan satu kota atau kabupaten. Tulisannya sendiri tidak terlalu panjang maksimal hanya 500 hingga 1000 kata.

Sayangnya, sering menggunakan judul yang kontradiktif, sehingga kurang nyaman untuk dibaca. Tetapi, menyediakan hampir seluruh tema dan setiap detik selalu update. Anda juga bisa menulis tentang berbagai berita dan peristiwa, maksimal 500 kata saja. Sebelum bisa menulis Anda harus masuk atau login terlebih dulu.

Cara mendaftarnya tidak terlalu sulit, karena sudah terkoneksi dengan Facebook. Untuk proses editing dan publish sudah ada editor yang siap melihat bagaimana naskah Anda. Apakah layak atau tidak. Akan ada pemberitahuannya dalam kolom pesan. Prosesnya tidak butuh waktu lama. Maksimal 1 hari kerja.

Republika

Startup Media di Indonesia yang Bisa Anda Contoh

Startup media di Indonesia terakhir yang bisa Anda pilih adalah Republika. Hampir semua beritanya lugas dan tegas dengan berbagai macam tema. Baik politik, olahraga, kriminal, teknologi, film, selebritas, dan masih banyak lagi. Platform ini selalu menghadirkan berbagai informasi yang menarik untuk disimak dan dibaca.

Sayangnya, media ini tidak menyediakan kolom bagi penulis. Hanya saja Anda bisa menulis dan memberikan berbagai macam artikel serta cerpen ke media cetak. Untuk mengirimnya sangat sulit, karena ada banyak pesaing yang juga menginginkan tulisan mereka dimuat. Akan ada penghargaan berupa sejumlah uang.

Bisnis startup media Indonesia masih ada banyak lagi. Hampir semuanya menyajikan berita hangat dan terpercaya. Platform ini memang semakin diminati, oleh semua orang. Berita yang mereka sajikan juga selalu baru. Bagi Anda yang ingin mencoba ranah bisnis startup media. Anda bisa mencobanya dan melakukan sedikit riset.

Leave a Comment

two × one =