Panduan Cara Transfer OVO ke ShopeePay Secara Lengkap

Hingga saat ini mungkin masih banyak orang yang belum paham tentang bagaimana prosedur cara transfer OVO ke Shopeepay. Padahal, teknik transfer dana dari dua dompet digital ini sangat mudah untuk dilakukan. Pengguna hanya perlu mengupgrade akun OVO ke Premier agar dapat menikmati layanan ini.

Untuk diketahui, fitur transfer bank yang tersedia pada platform OVO banyak memberikan kemudahan bagi pengguna terkait pengiriman saldo ke rekening bank. Atau bisa juga dikirim ke dompet digital lain, tidak terkecuali ShopeePay. Lebih lanjut, pengguna harus menyelesaikan proses verifikasi identitas agar dapat meningkatkan level akun OVO ke Premier, kemudian layanan transfer antar bank pun dapat dilakukan.

Menariknya lagi, para pengguna OVO bisa memverifikasi akunnya secara online tanpa repot mempersiapkan persyaratan yang rumit. Dalam hal ini, OVO mensyaratkan foto e-KTP sebagai syarat utama yang wajib dipenuhi. Lantas, bagaimanakah cara memindahkan dana dari OVO ke ShopeePay yang benar dan cepat?

Mengenal Fitur Transfer OVO ke ShopeePay

Seiring berkembangnya zaman, teknologi informasi dan komunikasi pun ikut berkembang. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan beberapa aplikasi dompet digital yang dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat. Di Indonesia sendiri, cukup banyak layanan e-wallet yang bisa digunakan, sebut saja OVO hingga ShopeePay.

Banyak orang mengira bahwasanya aplikasi OVO hanya dapat difungsikan sebagai alat pembayaran ataupun mempermudah transaksi digital, namun faktanya fungsi aplikasi ini melebihi anggapan tersebut. OVO juga dapat dimanfaatkan dalam hal pembayaran tagihan sampai transfer dana antar e-wallet ataupun rekening bank lainnya, pun diantaranya ShopeePay. Tapi perlu dicatat, agar dapat melakukan transfer dana dari OVO ke ShopeePay, pastikan Anda telah mengisi saldo terlebih dahulu.

Baca Juga:  Kode OVO CIMB Niaga dan Cara Transfernya, Praktis!

Cara Transfer OVO ke Shopeepay

Nah, sekarang saatnya bahas cara transfer OVO ke ShopeePay. Pada dasarnya, cara transfer OVO ke ShopeePay tidak jauh berbeda saat pengguna mengirim uang ke dompet digital lainnya. Syaratnya ialah nominal transfer minimal untuk setiap transaksinya yang bernilai Rp10.000.

Ditambah lagi, terdapat ketentuan khusus yang diterapkan pihak Shopee, dimana setiap transaksi dalam ShopeePay akan dikenai biaya admin sebesar Rp2.500. Adapun panduan transfer saldo OVO ke ShopeePay dapat disimak pada ulasan berikut.

  • Lakukan instalasi aplikasi Shopee di perangkat selular Anda, mengingat transaksi dari dan/ atau ke ShopeePay hanya dapat dilakukan melapui aplikasi ini.
  • Masuk ke akun Shopee yang sudah dimiliki menggunakan email atau nomor telepon aktif.
  • Setelah itu, pilih menu ShopeePay yang terdapat pada halaman utama aplikasi, atau bisa juga diakses melalui menu Saya di pojok kanan bawah layar.
  • Kemudian, pilih opsi Isi Saldo dan lanjutkan dengan mengklik pilihan Bank Transfer. Pada tahap ini, silakan pilih sesuai dengan bank yang dimiliki.

Cara Transfer OVO ke ShopeePay

  • Saat muncul halaman baru, silakan salin nomor Virtual Account (VA) yang merupakan kode transaksi pada aplikasi OVO.
  • Buka aplikasi OVO dan masuk dengan akun Anda, lalu pilih menu Transfer dan klik opsi Ke Rekening Bank.
  • Pengguna akan diminta untuk menuliskan data-data bank, sebagai contoh nama bank dan nomor rekening yang sudah didaftarkan pada aplikasi Shopee sebelumnya.
  • Tuliskan nominal dana atau uang yang hendak ditransfer. Pengguna juga dapat menuliskan pesan pada kolom yang disediakan, semisal uang makan, uang transport, atau yang lainnya. Namun poin ini tidaklah wajib untuk diisi, sehingga pengguna dapat membiarkannya kosong jika ingin.
  • Klik opsi Lanjutkan.
  • Pada laman konfirmasi, silakan periksa kembali data-data yang tadi diinputkan. Apakah jumlah uang dan nomor tujuan transaksi sudah sesuai atau belum. Apabila Anda sudah merasa yakin, klik tombol Konfirmasi.
  • Untuk menyelesaikan proses transfer dana dari OVO ke ShopeePay, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor PIN, dimana kombinasi nomor tersebut sudah diatur pada pengaturan OVO sebelumnya.
  • Apabila transaksi transfer berhasil dilakukan, pengguna bakal menerima notifikasi masuk pada menu Pemberitahuan.
Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Jangan Langsung Panik!

Cara Upgrade Akun OVO ke Premier

Perlu ditegaskan, ketika pengguna ingin melakukan transfer dana dari aplikasi OVO, pengguna harus mengupgrade akunnya menjadi Premier. Karena jika tidak, proses transfer akan langsung gagal.

Pertama-tama, pengguna harus mempersiapkan e-KTP untuk kebutuhan verifikasi online. Umumnya, proses verifikasi akan selesai dalam kurun waktu 1×24 jam. Pada tahap ini, pengguna perlu memperhatikan detail foto yang disertakan, pastikan agar kualitasnya baik dan cukup jelas. Adapun prosedur upgrade akun OVO ke Premier dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  • Unduh dan install aplikasi OVO melalui Google Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi OVO tersebut dan masuk menggunakan akun yang dimiliki.
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih OVO ID yang terletak di bagian sudut kanan bawah.
  • Silakan klik tombol Upgrade dan pilih menu Upgrade Online.

Cara Transfer OVO ke ShopeePay

  • Kemudian, silakan klik menu Mulai dan foto e-KTP. Pastikan agar posisi gambar tegak dan tidak keluar dari batas yang ditentukan.
  • Pastikan pula agar informasi dari e-KTP terlihat secara jelas dan dapat diverifikasi kebenarannya.
  • Klik ikon Camera, jika gambar yang tertangkap cukup bagus, silakan pilih opsi Gunakan gambar.
  • Pada langkah selanjutnya, pengguna akan diminta untuk mengisikan beragam informasi yang dibutuhkan, contohnya saja nomor KTP dan nama ibu kandung. Periksa dan koreksi kembali data yang diinput, jika sudah benar silakan klik tombol Konfirmasi.
  • Selanjutnya, pengguna perlu melakukan foto selvie sembari memegang e-KTP. Pada fase ini, pastikan untuk memposisikan wajah sesuai dengan garis oval yang terlihat di layar. Pun, e-KTP yang dipegang dapat menunjukkan identitas diri pemilik dengan jelas. Apabila Anda merasa gambar yang dihasilkan cukup bagus dan memenuhi syarat yang diminta, silakan klik OK untuk melanjutkan pada proses berikutnya.
  • Lalu, tunggu beberapa saat sampai permohanan upgrage disetujui. Biasanya proses ini akan memakan waktu sekitar 24 jam.
  • Terakhir, saat permohonan upgrade Premier yant diajukan sudah disetujui, Anda akan menerima notifikasi pada akun tersebut. Dan akun OVO ID secara otomatis akan menampilkan tulisan OVO Premier.
Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Baterai Tanam

Kendala yang Mungkin Muncul Saat Transfer OVO ke ShopeePay

Meskipun sangat mudah, terkadang proses pengajuan OVO menjadi premier maupun transfer dana mengalami sejumlah kendala. Contohnya saja karena data diri yant diisikan memiliki kesalahan atau gambar yang kurang jelas. Bisa juga karena jaringan internet yant tidak stabil sehingga menyebabkan transaksi tukar dana bermasalah dan gagal.

Mengupgrade akun OVO menjadi premier bukan lagi perkara yang rumit untuk dilakukan. Siapa saja yang ingin mengubah status akunnya dapat dengan mudah meregistrasi akun ke Premier. Berbekal data identitas berupa KTP dan foto selvie dan akun dapat berubah menjadi Premier.

Demikianlah sekilas informasi mengenai panduan cara transfer OVO ke ShopeePay yang perlu Anda ketahui. Asalkan akun sudah berstatus Premier, bisa dipastikan Anda dapat melakukan transaksi dana antar bank maupun dompet digital dengan mudah.

Leave a Comment