Cara Transfer OVO ke Dana, Syarat, dan Biaya Adminnya

Buat kamu pengguna OVO, tentu kamu sudah tahu kalau aplikasi dompet digital alias e-wallet ini bisa digunakan untuk transfer saldo ke sesama OVO ataupun rekening bank. Akan tetapi, apakah saldo OVO juga bisa kamu transfer ke akun dompet digital lainnya seperti Dana? Untuk mengetahui jawaban apakah ada cara transfer OVO ke Dana secara langsung, yuk baca dulu artikel ini sampai tuntas!

Karena saldo OVO bisa ditransfer ke rekening bank, mungkin kamu langsung beranggapan bahwa kamu perlu transfer ke bank dulu. Baru kemudian dari rekening bank, saldonya kamu transfer ke Dana. Apalagi, di aplikasi OVO sendiri memang tidak ada opsi untuk transfer saldo ke aplikasi dompet digital lain secara langsung.

Meski begitu, kamu sebenarnya tak perlu khawatir, kok. Soalnya, masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa transfer OVO ke Dana secara langsung.

Apa itu OVO dan Apa Saja Layanannya?

OVO sendiri merupakan aplikasi pembayaran yang instan, aman, simpel, dan serba bisa. Kamu bisa menggunakannya untuk transaksi pembayaran online alias digital, maupun pembayaran offline di seluruh merchant yang telah bekerja sama dengan OVO di Indonesia. Selain itu, OVO juga bisa kamu gunakan untuk transaksi pembayaran tagihan seperti listrik dan air.

Di dalam OVO, ada yang namanya OVO Cash, yaitu saldo OVO yang kamu punya. Kamu bisa top up saldo OVO Cash-mu melalui berbagai metode, seperti via ATM, aplikasi m-banking, internet banking, ataupun kartu debit. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan top up secara offline melalui mitra driver Grab atau merchant partner OVO.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Cepat Panas Anti Ribet

Fitur dan Kelebihan OVO

Sebelum membabas cara transfer OVO ke Dana, kita perlu lihat dulu fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi OVO, terdapat banyak pilihan fitur menarik yang jadi keunggulannya. Fitur-fitur dan kelebihan OVO adalah sebagai berikut.

  • Jangkauan luas di seluruh Indonesia.

Sampai saat ini, OVO sudah bekerja sama dengan lebih dari 60.000 merchant offline atau outlet yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Jadi, kamu bisa lakukan transaksi cashless di seluruh Indonesia.

  • Transaksi yang aman, instan, dan simpel.

Seperti yang sudah kamu rasakan sebagai pengguna OVO, kamu bisa lakukan transaksi cashless kapan saja dan di mana saja yang simpel dan mudah. Tak hanya itu saja, kamu juga tak perlu lagi harus repot-repot bawa uang tunai banyak-banyak saat keluar rumah hingga minimnya risiko menerima uang palsu.

  • Fitur loyalty points yang bisa dipakai transaksi.

Lewat OVO, kamu bisa kumpulkan Points sebanyak-banyaknya. OVO Points ini sendiri adalah loyalty points yang dapat kamu gunakan untuk transaksi juga.

  • Tawaran deals dan promo eksklusif.

Dengan menjadi pengguna OVO, kamu bisa mendapatkan berbagai tawaran deals dan promo eksklusif hanya bagi para pengguna OVO. Tawaran ini bisa langsung kamu cek di aplikasi OVO.

  • Bisa upgrade akun langsung dari aplikasi.

Ketika pertama kali bergabung jadi pengguna OVO, kamu akan menjadi bagian dari OVO Club. Dan kamu juga bisa upgrade membership-mu menjadi OVO Premier yang punya lebih banyak benefit. Misalnya transfer ke rekening bank dan sesama pengguna OVO, hingga limit saldo OVO Cash yang lebih tinggi (s.d Rp 20 juta).

Syarat dan Biaya Admin Transfer OVO ke Dana

Sebelum kamu langsung mencoba cara transfer OVO ke Dana, kamu perlu ketahui dulu apa saja syaratnya. Karena jika ternyata kamu tidak memenuhi syaratnya, tentu saja kamu jadi tidak bisa transfer saldo OVO Cash-mu ke Dana, kan?

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Disadap Melalui IMEI Anti Ribet

Sebenarnya, syarat transfer OVO ke Dana sangatlah mudah dan simpel: kamu hanya perlu upgrade membership OVO-mu dari OVO Club menjadi OVO Premier. Karena jika status membership-mu masih OVO Club, kamu tidak akan bisa transfer saldo OVO Cash-mu, termasuk ke Dana sekalipun.

Kemudian, hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah besar biaya admin untuk transfer dari OVO ke Dana. Nah, besar biaya admin transfernya sendiri sama seperti biaya transfer OVO ke rekening bank lain, yaitu hanya Rp2.500. Oleh karena itu, kamu juga perlu memastikan bahwa jumlah saldomu cukup untuk transfer plus biaya transfernya, ya!

Cara Transfer OVO ke Dana

Tak sabar ingin segera mencoba transfer OVO ke Dana? Ini dia cara transfer OVO ke Dana yang bisa kamu coba ikuti.

  • Buka OVO, kemudian klik menu “Transfer” yang ada di halaman Home.

Cara Transfer OVO ke Dana

  • Pada tab Penerima Baru, pilih opsi “Ke Rekening Bank”.

  • Masukkan nama bank tujuan pada bagian Bank Tujuan. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan Permata Bank.
  • Masukkan nomor rekening tujuan pada field yang sudah disediakan. Nomor yang dimaksud adalah kode Permata Bank untuk Dana, yaitu 8528, dan diikuti dengan nomor HP akun Dana yang dituju.

Cara Transfer OVO ke Dana

  • Ketik nominal transfer (minimal Rp 10 ribu).
  • Jika dibutuhkan, kamu juga bisa tambahkan pesan tapi opsi ini tidak wajib.
  • Klik tombol “Lanjutkan”.
  • Layar akan menampilkan detail transfer dalam Konfirmasi Transfer. Cek kembali nomor akun Dana yang dituju dan nominal transfernya dengan cermat. Kalau sudah benar dan sesuai, klik “Transfer”.
  • Masukkan PIN OVO untuk validasi transaksi.
Baca Juga:  5 Cara Top Up Dana dari BSI yang Terbukti Hemat Waktu

Setelah itu, tunggu selama beberapa saat sampai layar menampilkan status transfermu. Jika transfer sukses diproses, saldo akun Dana yang dituju bertambah sesuai nominal yang ditransfer (di luar biaya admin transfer).

Cara Upgrade Jadi OVO Premier

Kalau kamu masih jadi OVO Club, bagaimana ya cara upgrade akun dari OVO Club jadi OVO Premier? Prosesnya sendiri bisa kamu lakukan sendiri langsung dari aplikasi OVO dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka OVO di HP-mu, lalu klik banner “Upgrade” yang ada di halaman Home. Alternatifnya, kamu bisa buka menu “Profile” dulu, lalu klik tombol “Upgrade” yang ada di sana.

Trik-Upgrade-Ovo-Premier-di-Aplikasi-HP-Android-100-Berhasil-2

  • Klik opsi “Upgrade Sekarang” pada halaman yang menjelaskan tentang benefit OVO Premier.
  • Berikan izin bagi aplikasi untuk mengakses HP-mu.
  • Siapkan foto KTP untuk difoto. Pastikan KTP-mu pas di dalam kotak panduan yang muncul di layar.
  • Input nama ibu kandung sebagai syarat verifikasi.
  • Kalau sudah, klik “Konfirmasi” untuk mengirim pengajuan OVO Premier-mu.

Kalau sudah, kamu hanya perlu menunggu sampai pengajuan upgrade-mu dikonfirmasi dan diterima. Lama waktu yang dibutuhkan sampai muncul informasi status pengajuan upgrade biasanya sekitar 1 x 24 jam. Tapi, biasanya prosesnya bisa selesai dalam hitungan jam saja, kok.

Kesimpulan

Bagaimana, ternyata transfer OVO ke Dana secara langsung memang bisa dilakukan, kan? Dengan begitu, kamu bisa langsung memindahkan saldo OVO Cash-mu jadi saldo Dana tanpa harus repot-repot transfer ke rekening bank dulu. Karena dalam tutorial ini, bank tujuan hanya jadi perantara saja.

Semoga penjelasan mengenai cara transfer OVO ke Dana di atas bisa bermanfaat buat kamu, apalagi kalau kamu butuh transfer saldo OVO ke Dana secara langsung. Selamat mencoba!

Leave a Comment