Apa Kode Transfer BRI ke BRIVA? Seperti Ini Cara Cek dan Cara Transfernya!

Buat kamu yang ingin transfer dari BRI ke BRIVA, tentu kamu perlu tahu apa kode transfer BRI ke BRIVA yang harus digunakan. Lalu, di mana kamu bisa mengecek kode transfernya, ya?

Dalam artikel ini, kamu akan bisa temukan panduan dan penjelasan yang padat mengenai BRIVA, manfaatnya, cara cek kode transfer dari BRI ke BRIVA, cara transfernya, hingga biaya admin transfer. Jadi, tunggu apa lagi? Simak ulasan Teknolimit berikut ini dan selamat membaca!

Apa Itu BRIVA?

Kode Transfer BRI ke BRIVA

Sebelum kita membahas lebih lanjut soal BRIVA, kamu tentu perlu tahu apa itu BRIVA. BRIVA sendiri merupakan singkatan dari BRI Virtual Account, yaitu metode pembayaran dari BRI yang terdiri atas sederet angka yang bisa kamu gunakan untuk 1 (satu) kali transaksi saja. Begitu pembayaran dilakukan, transaksi akan terkonfirmasi secara otomatis.

Dalam pembayarannya, BRIVA menggunakan mekanisme real time dan online. Dengan begitu, semua transaksi yang dilakukan lewat BRIVA akan tercatat secara otomatis dan real time. Dan BRIVA sendiri juga bisa kamu gunakan untuk berbagai tujuan transaksi, termasuk membayar premi asuransi.

Secara garis besar, seperti ini cara kerja BRIVA:

  1. Kamu mendapatkan nomor BRIVA dari pemilik bisnis untuk melakukan pembayaran. Beda customer, beda juga nomor BRIVA-nya.
  2. Begitu kamu selesai melakukan pembayaran dengan menggunakan BRIVA, sistem akan mengirimkan informasi pembayaran kepada pemilik bisnis secara otomatis.
  3. Dari laporan tersebut, pemilik bisnis bisa secara langsung mengidentifikasi siapa yang sudah melakukan pembayaran.
Baca Juga:  Cara Wawancara Yang Baik dan Benar

Manfaat BRIVA

Tak diragukan lagi bahwa adanya BRIVA ini memberikan banyak manfaat, baik bagi pemilik bisnis maupun kamu sebagai customer. Buat kamu sebagai customer, manfaat yang dapat kamu rasakan adalah sebagai berikut:

  • Kamu tidak perlu lagi harus mengonfirmasi pembayaran secara manual begitu kamu selesai melakukan pembayaran. Soalnya, nomor BRIVA yang kamu terima pasti beda dengan nomor BRIVA customer lainnya.
  • Sistem yang akan mengonfirmasi pembayaran yang dilakukan melalui BRIVA. Dengan begitu, pemilik bisnis juga tidak perlu menunggu atau meminta konfirmasi secara manual.
  • Transaksi akan terkonfirmasi secara real time begitu pembayaran dilakukan sehingga pemilik bisnis langsung mendapatkan update.

Contoh Nomor BRIVA

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, BRIVA dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Contohnya untuk mengisi saldo dompet digital alias e-money, seperti Dana, Gopay, LinkAja, OVO, dan Shopeepay. Tak hanya itu saja, BRIVA juga bisa digunakan untuk pembayaran uang sekolah atau kampus, hingga asuransi maupun BPJS Kesehatan.

Kalau kamu ternyata belum pernah menggunakan BRIVA untuk melakukan pembayaran, wajar jika kamu belum tahu seperti apa contoh nomor atau kode BRIVA. Dan beberapa contohnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Kode BRIVA Dana: 88810 + nomor HP, misal 88810 080808080808
  • Kode BRIVA Gopay Customer: 301341 + nomor HP, misal 301341 080808080808.
  • Kode BRIVA BPJS Kesehatan: 88888 + 11 digit terakhir nomor BPJS.

Cara Cek Kode Transfer BRI ke BRIVA

Kemudian, bagaimana caranya kamu bisa mengetahui kode transfer BRI ke BRIVA? Dari penjelasan yang sudah diulas di atas, kamu mungkin sudah bisa mengingat bahwa kode BRIVA diberikan oleh pemilik bisnis ataupun instansi kepada customer yang perlu mentransfer pembayaran.

Dengan begitu, kamu perlu konfirmasi ke pemilik bisnis, seller, atau instansi terlebih dahulu soal apa nomor kode BRIVA yang harus kamu gunakan untuk melakukan pembayaran. Jadi, kode BRIVA untuk pembayaran biaya pendidikan bisa kamu konfirmasi ke pihak sekolah atau kampus, dan kode BRIVA untuk belanjaanmu bisa dikonfirmasi dulu ke seller.

Baca Juga:  7 Cara Membuka Control Panel yang Tidak Bisa Terbuka di Windows 10/11

Apabila kamu mendapatkan instruksi untuk mentransfer dana ke nomor BRIVA dari oknum yang tidak kamu kenal, pastikan dulu asalnya dari mana. Dengan begitu, kamu bisa menghindari risiko jadi korban penipuan oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemudahan BRIVA ini.

Cara Transfer BRI ke BRIVA

Jika kamu sudah tahu apa kode BRIVA, lalu bagaimana ya cara transfernya dari BRI? Ada beberapa alternatif yang bisa kamu coba, mulai dari transfer via BRI Mobile, ATM BRI, EDC BRI, maupun teller di kantor cabang BRI terdekat.

Cara transfer BRIVA dari BRI Mobile:

  • Login ke dalam aplikasi BRI Mobile, kemudian pilih menu “Pembayaran”.
  • Pilih opsi menu “BRIVA”.

Cara transfer BRIVA dari BRI Mobile:

  • Input nomor BRIVA pada kolom yang telah disediakan, dan tambahkan juga nominal pembayaran (sesuai dengan nominal dalam tagihan yang diterima).

Cara transfer BRIVA dari BRI Mobile:

  • Masukkan PIN, lalu klik “Kirim”.
  • Transaksi akan langsung diproses. Bukti pembayaran bisa kamu terima lewat SMS.

Cara transfer BRIVA dari ATM BRI:

  • Kunjungi ATM BRI terdekat, lalu masukkan kartu ATM dengan benar.
  • Setelah memasukkan PIN dan bahasa, pilih “Transaksi Lain” > “Pembayaran” > “Lainnya” > “BRIVA”.
  • Masukkan kode BRIVA, kemudian tekan “Benar”.

Cara transfer BRIVA dari ATM BRI

  • Layar ATM akan menampilkan informasi pembayaran berisi nama perusahaan pembayaran dan nominal tagihan yang harus ditransfer. Cek kembali.
  • Kalau sudah benar dan sesuai, pilih opsi “Ya”.
  • Proses transaksi pembayaran dan pastikan kamu mencetak serta menyimpan struk pembayarannya.

Cara transfer BRIVA dari EDC BRI:

Untuk cara transfer yang satu ini, kamu bisa melakukannya lewat Agen BRILink sambil membawa kartu ATM BRI-mu dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Di Agen BRILink terdekat, gunakan mesin EDC BRI dan pilih opsi menu “Mini ATM” > “Pembayaran” > “BRIVA”.
  • Gesekkan kartu ATM BRI-mu ke mesin EDC tersebut.
  • Input nomor BRIVA yang telah kamu pegang.
  • Masukkan kode PIN ATM.
  • Saat layar menampilkan konfirmasi pembayaran, cek kembali isinya dan pastikan semua data sudah benar. Kalau sudah sesuai, klik “Lanjut”.
  • Transaksi akan segera diproses. Kalau sudah sukses, kamu bisa ambil bukti pembayarannya juga.
Baca Juga:  Cara Buat Rekening Mandiri Online Mudah dan Hemat Waktu

Cara transfer BRIVA lewat teller:

  • Kunjungi kantor cabang BRI terdekat.
  • Isi slip “Setoran Tunai” dengan lengkap, termasuk 15 digit kode BRIVA yang sudah kamu pegang.
  • Di bagian jumlah pembayaran, tuliskan angka sesuai dengan nominal tagihannya.
  • Antre sampai giliranmu dan lakukan transaksi secara tunai melalui teller.
  • Setelah transaksi dilakukan, teller akan memberikan salinan atau fotocopy slip setoran tunai untuk kamu bawa sebagai bukti pembayaran.

Biaya Admin Transfer BRIVA

Perlu kamu perhatikan juga bahwa ada biaya admin transfer yang dikenakan saat kamu melakukan transaksi pembayaran menggunakan kode BRIVA. Sedangkan besar biaya transfernya sendiri bervariasi, tergantung merchant-nya. Ada yang Rp1.000, Rp2.000, Rp3.500, sampai Rp6.500.

Biasanya, besar biaya admin transfer ini baru bisa diketahui ketika kamu melakukan pembayaran. Sedangkan untuk biaya admin melalui mesin EDC yang ada di agen BRILink, kamu bisa bertanya kepada agen BRILink untuk info yang akurat.

Kesimpulan

Nah, itu tadi panduan penjelasan mengenai kode transfer BRI ke BRIVA, termasuk cara cek hingga cara bayar menggunakan BRIVA. Semoga informasi tadi bermanfaat, terutama buat kamu yang baru kali ini akan mencoba melakukan pembayaran tagihan dengan menggunakan kode BRIVA.

Leave a Comment