Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Tipe Terbaru

Bagaimana cara menonaktifkan developer option di Xiaomi semua tipe? Sebagai pengguna layanan ponsel satu ini, pastinya Anda juga bertanya-tanya bukan bagaimana cara melakukannya. Sebenarnya kehadiran dari fitur tersebut tidak berbahaya.

Tetapi sebagian besar dari pengguna yang telah terlanjur mengaktifkannya ingin menonaktifkan fitur tersebut di perangkat Xiaomi mereka karena beberapa alasan. Padahal jika dilihat lebih lanjut, sebenarnya kehadirannya justru memberikan manfaat untuk HP terutama bagi yang suka modifikasi.

Apabila Anda masih belum paham mengenai developer opsi pada Xiaomi, maka sebaiknya dapat menyimak ulasan yang terdapat dibawah ini. Terlebih lagi bagi Anda dimana sudah terlanjut untuk mengaktifkannya tetapi tidak tahu bagaimana cara untuk mengembalikannya kembali.

Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Tipe Terbaru

Pengertian Developer Option

Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut mengenai cara menonaktifkannya, jadi apa itu developer option? Dikenal juga dengan sebutan opsi pengembang adalah sebuah fitur tersembunyi yang nantinya akan berisi banyak pengaturan lanjutan untuk smartphone Anda.

Tentunya setiap fitur atau pengaturan yang terdapat pada opsi pengembang itulah mempunyai fungsi berbeda-beda didalamnya. Salah satu fitur tersembunyi didalam Xiaomi adalah untuk menambah, mengurangi bahkan menghilangkan suatu animasi.

Melalui setelan itulah, Anda dapat meningkatkan kinerja dari HP Xiaomi supaya bisa lebih cepat sekaligus terhindar dari namanya lag nantinya. Tetapi kalau Anda ingin menggunakannya, maka sebaiknya mengaktifkan fitur tersebut dahulu.

Fungsi Opsi Pengembang pada Xiaomi

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa terdapat beberapa fungsi opsi pengembang yang perlu untuk diketahui oleh para pengguna. Tenang saja fitur yang terdapat didalamnya itulah ternyata juga hampir sama pada perangkat selain Xiaomi tersebut.

Baca Juga:  3 Cara Hapus Akun Google di HP Samsung, Gampang Banget!

Jadi secara singkat sendiri mode pengembang dapat dikatakan sebagai mode ponsel yang terbuka secara fitur untuk developernya. Terlebih lagi bagi para pengembang aplikasi dimana pastinya akan membutuhkan berbagai kegiatan berkaitan pada trial error.

Sehingga dengan adanya opsi itulah maka Anda dapat mengaktifkan fitur seperti usb debugging, mock location dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut fitur yang terdapat didalamnya ini.

Debugging atau Take Bug Report

Didalam menu pengembang Xiaomi, Anda dapat menemukan kehadiran dari pilihan menu ini yang bekerja dengan cara merekam perizinan dari sebuah aplikasi. Sistem inilah secara otomatis bekerja me-debug dan mengumpulkan data menjadi laporan.

Fitur inilah jelas sangat berguna bagi seorang pengembang ketika melakukan pengujian aplikasi supaya dapat memperoleh laporan bug-nya dengan baik.

Pengaturan Kecepatan Animasi

Masih terdapat fitur menarik lainnya yang terdapat didalamnya yakni seputar pengaturan animasi yang terdapat didalamnya. Disinilah Anda dapat menciptakan ponsel Xiaomi terasal lebih cepat terutama kalau melakukan kegiatan multitasking.

Akan tetapi kehadiran dari fitur itulah hanya berlaku untuk pemindahan animasi sekaligus menu layar di ponsel Xiaomi saja. Sehingga mungkin untuk perangkat lainnya, tidak dapat menikmatinya begitu saja.

Mengubah Tampilan Layar Jadi Monokrom

Fungsi di opsi pengembang berikutnya adalah Anda dapat mengubah tampilan layar menjadi monokrom lho alias hitam putih. Kehadiran dari fungsi inilah ternyata sangat bermanfaat bagi pengguna dimana hendak membaca melalui perangkat.

Di sisi lain, sebenarnya pengguna juga dapat menemukan pilihan rangsang ruang warna lainnya. Dengan begitu akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna nantinya.

Menampilkan Penggunaan CPU Usage

Di dalam opsi pengembang Xiaomi, terdapat juga pengaturan yang memberikan kemudahan bagi Anda dalam menampilkan CPU usage. Dengan hadirnya pengaturan itulah, pengguna dapat lebih mudah dalam memantau secara langsung kinerja pada smartphone yang dimiliki.

Baca Juga:  Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root dengan Mudah

Fungsi Lainnya Developer Option di Xiaomi

Kehadiran dari fitur developer option pada Xiaomi inilah ternyata akan memberikan banyak keuntungan tersendiri bagi para penggunanya. Selain memberikan beberapa fungsi diatas, ternyata masih ada lagi fungsi lainnya yang juga tidak kalah pentingnya diantaranya adalah:

Mengaktifkan Lokasi Sentuhan atau Pointer

Dengan mengaktifkan fitur inilah didalam opsi pengembang di Xiaomi, maka tampilan titik koordinat layar di Xiaomi bisa muncul. Apabila Anda mengaktifkannya, tentu dapat digunakan sebagai analisa apakah sentuhan dapat merespon dengan baik ataupun ada masalah.

Apabila ternyata nantinya terdapat sentuhan dimana tidak berjalan dengan baik maka Anda bisa segera memperbaiki perangkat Xiaomi sekarang juga.

Mengaktifkan Lokasi GPS Fake

Pengaturan lainnya yang terdapat pada opsi pengembang adalah adanya pengaturan untuk mengaktifkan GPS palsu pada perangkat. Sebab nantinya, Anda dapat menemukan adanya perizinan mock location sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi di Playstore.

Mengaktifkan Rendering GPU

Masih belum puas dengan fitur liannya? Ternyata masih ada fitur dimana memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengaktifkan rendering GPU. Bukan hanya mengatur kecepatan, tetapi disini pengguna juga dapat meningkatkan kecepatan kinerjanya.

Cara yang dilakukan itulah Anda dapat segera mengaktifkan fitur satu ini menjadi GPU 2d didalam opsi pengembang nantinya.

Cara Menonaktifkan Developer Option di Xiaomi Semua Tipe

Fungsi Opsi Pengembang pada Xiaomi

Bagi Anda yang sudah terlanjut dalam mengaktifkan menu ini dan ingin menonaktifkannya maka jangan khawatir karena ternyata Anda dapat melakukannya dengan cukup mudah. Kendati demikian sebagian besar dari pengguna masih bingung dalam melakukannya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan dan Penyebabnya

Karena itulah kami sudah menyiapkan ulasan lebih lanjutnya hanya dibawah ini sehingga dapat dijadikan sebagai panduan.

  • Silahkan masuk ke menu settings atau setelan pada ponsel
  • Silahkan scroll kebawah dan temukan menu setelan tambahan
  • Geser ke bawah lagi hingga menemukan developer option alias opsi pengembang
  • Nantinya terdapat beberapa pilihan menu seperti mematikan atau menghidupkan opsi pengembang, mengatur log Bluetooth HCI desktop, mengatur sandi cadangan, membuka kunci OEM dan masih banyak lagi
  • Saran dari kami adalah dengan focus pada toggle opsi pengembang atau setting hidup dan matikan opsi pengembang
  • Klik pada pilihan menu tersebut
  • Saat toogle dalam keadaan mati, maka tandanya developer tersebut sudah mati.

Cara Mengaktifkan Developer Option

Apabila cara diatas berguna untuk mematikan fitur opsi pengembang, maka Anda juga dapat mengaktifkannya juga. Ini juga sangat berguna terutama kalau Anda akan melakukan kegiatan penting didalam ponsel.

Untuk menghidupkannya sendiri ternyata sangat mudah dan hanya beberapa langkah saja. Berikut ini kami berikan tutorial dalam mengaktifkannya.

  • Silahkan hidupkan perangkat Xiaomi dahulu dan masuk ke dalam menu setelan atau setting
  • Pilihlah ikon menu gerigi atau dengan akses cepat melalui notifikasi bar dan tab ikon tersebut
  • Berikutnya Anda dapat memilih tentang ponsel atau about phone
  • Nantinya Anda dapat mengklik dengan cepat versi MIUI hingga berubah menjadi kondisi developer mode
  • Sesudah menjadi opsi pengembang, pengguna dapat tab back atau keluar dari settings
  • Disalah dapat memilih opsi setelan tambahan dan juga menemukan pilihan menu developer opstion
  • Silahkan pilih menu dimana sesuai dengan kebutuhan.

Kehadiran dari menu pengembang inilah sebenarnya memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna terutama kalau Anda ingin melakukan modifikasi ataupun analisis. Tetapi ketahui juga cara menonaktifkan developer option di Xiaomi semua tipe.

Leave a Comment