10 Cara Mengunci Folder Di Windows 10, Lebih Aman dari Oknum Nakal

Menggunakan sebuah laptop secara bersamaan terkadang akan membuat privasi terganggu. Umumnya, mungkin kamu ingin menyimpan data pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Terdapat banyak sekali cara mengunci folder di Windows 10 yang bisa dicoba untuk mengatasi persoalan tersebut.

Lantas bagaimana cara mengunci folder di laptop dengan atau tanpa aplikasi? Apakah cara ini lebih efektif untuk mencegah orang lain membuka folder yang berisi data pribadi? Yuk, simak cari tahu cara selengkapnya dan jawabannya di sini!

Cara Mengunci Folder Di Windows 10

Folder Lock Free

Folder Lock Free

Aplikasi satu ini dapat mengunci folder, driver, dan file agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Selain itu, password yang dibuat dengan Folder Lock Free juga dapat melindungi USB, CD, DVD, dan hard disk.

Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk memproteksi akun Facebook atau Gmail pribadimu. Folder Lock Free telah lama memproteksi data dengan bantuan AES Encryption, yang termasuk salah satu enkripsi paling cepat dan aman.

Folder Lock Free ini nantinya akan memberikanmu trial selama 30 hari. Kemudian, kamu harus membeli aplikasi ini dengan harga $39,95. Aplikasi ini telah kompatibel terhadap sistem operasi Windows 8, 7, Vista, 2000, dan XP.

Protected Folder

Protected Folder melindungi file pribadi dengan cara yang sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop folder atau file ke dalam kotak pengaman yang telah diberikan oleh aplikasi ini.

Kotak ini nantinya bisa langsung menyembunyikan dan melindungi file kamu. Hal ini agar orang lain tidak dapat melihat atau mengubah file tersebut.

Baca Juga:  Cara Melihat Password Wifi di Windows 11, Penting bagi kamu yang Pelupa!

Protected Folder sendiri hanya mendukung laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan 8 saja. Jadi kamu harus membayar $39 per tahun untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

SecretFolder

SecretFolder

Software untuk cara mengunci folder di Windows 10 yang satu ini telah mempunyai antarmuka yang tergolong simpel dan mudah dimengerti. Jadi, untuk para pengguna Secret Folder tidak perlu khawatir kesulitan menggunakan softwarenya.

Meskipun tidak mempunyai fitur yang banyak, namun SecretFolder bisa menjadi salah satu software terbaik untuk laptop. Namun, cara menggunakan software Secret Folder cukup mudah.

Kamu hanya perlu melakukan list untuk folder yang ingin dikunci. Sisanya, biarkan saja SecretFolder bekerja. Istimewanya lagi, SecretFolder ini sudah mempunyai fitur “Protected Uninstall.” Fitur ini tentunya akan menampilkan password jika sewaktu-waktu kamu ingin melakukan uninstall pada aplikasi yang tak terpakai.

Secret Disk

Secret Disk

Secret Disk merupakan salah satu software yang mempunyai fungsi untuk memberikan keamanan di setiap folder. Berdasarkan softwarenya, Secret Disk bisa saja mengunci folder-folder yang hanya dapat diakses dengan password tertentu.

Jadi tidak perlu khawatir akan kebobolan oleh stalker, umumnya Secret Disk termasuk sebuah software yang cukup mumpuni. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan software Secret Disk, maka bisa memilih dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar.

Untuk versi gratisnya, pengguna bisa dibatasi dalam menikmati segala fitur Secret Disk. Sedangkan untuk versi berbayar, kamu dapat menggunakan semua fasilitas yang ada.

Lock-A-Folder

Sebenarnya, masih ada referensi aplikasi lainya untuk mengunci folder di laptop. Lock-A-Folder juga bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin mengamankan folder dan juga file di laptop. Kamu dapat langsung mengunci setiap folder dan file dengan menggunakan password rahasia.

Baca Juga:  3 Cara Cek Versi Driver Intel HD Di Windows 10

Password ini hanya dapat digunakan oleh pemilik laptop. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan stalker yang ingin mengintip setiap folder di laptop. Uniknya lagi, Lock-A-Folder telah menyiapkan fitur dimana kamu harus memasukan password jika ingin melakukan uninstall. Jadi cukup lengkap bukan? Cara mengunci folder di windows 10 bisa langsung kamu lakukan.

Safehouse Explorer

Safehouse Explorer ini termasuk salah satu software yang berfungsi untuk mengamankan setiap folder rahasia yang dimiliki di laptop. Safehouse Explorer dapat langsung dijalankan pada OS Windows Vista, XP, Windows 7 dan juga Windows 8.

Berdasarkan fiturnya, Safehouse Explore ini selalu siap mengunci setiap data dengan menggunakan password. Tidak hanya itu saja, Safehouse Explorer juga akan menggunakan enkripsi maximum 256-bit untuk bisa memastikan folder dan juga data lebih aman.

Selain dapat mengunci folder yang di dalam laptop, Safehouse Explorer juga bisa langsung untuk mengunci folder di Flash Disk, CD, bahkan iPod. Lengkap dan sebenarnya sangat canggih.

Private Folder

Hanya dengan software Private Folder, penggunanya dapat langsung mengunci dan bahkan menyembunyikan folder juga file rahasia di laptop. Jadi kamu juga bisa melakukan keduanya pada folder yang ingin dikunci. Sehingga, Private Folder nantinya akan memberikan pilihan ingin mengunci atau menyembunyikan.

Namun, kamu juga bisa mengunci sekaligus menyembunyikan folder rahasia. Di dalam software-nya, Private Folder bisa langsung memintamu untuk menentukan password untuk mengunci folder.

Akan tetapi, jika kamu sudah lama tidak membuka folder yang sudah dikunci, maka secara otomatis Private Folder akan melakukan reset password pada folder tersebut.

Tidak hanya beberapa software yang ada di atas bisa menjadi solusi untuk cara mengunci folder di windows 10. Umumnya, masih ada banyak sekali rekomendasi software pengunci folder lainnya yang tidak kalah bagusnya dengan kesepuluh software di atas.

Baca Juga:  4 Cara Menghapus Opsi Sign Out di CTRL + ALT + DEL Windows 10 dengan Mudah

Instant Lock

Apabila kamu ingin sekali mengunci folder di laptop dengan praktis dan simpel, maka pilih saja aplikasi Instant Lock. Hanya dengan aplikasi ini, kamu bisa dibilang bisa mengunci folder dalam hitungan detik karena sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan klik kanan pada mouse dan klik lock.

Hidden Dir

Sebenarnya, masih ada lagi software untuk cara mengunci folder di windows 10 dengan mudah tanpa biaya. Misalnya saja seperti Hidden Dir yang bisa mengunci folder di laptop dengan aman dan hanya perlu beberapa kali klik saja.

Akan tetapi sayangnya, software ini hanya dapat dioperasikan pada Windows 2000, XP, 7, dan Vista saja. Jadi bila kamu tertarik dengan aplikasi ini langsung saja download di play store.

File and Folder Protector

Satu lagi cara mengunci folder di windows 10 bisa dengan menggunakan aplikasi gratis. Jadi aplikasinya dikenal dengan nama File and Folder Protector.

Ini termasuk salah satu software yang siap mengamankan folder penting Anda dari tangan jahil. Apabila kamu ingin sekali menggunakan aplikasi ini, pastikan laptop/PC Anda beroperasi dengan OS Windows 7, XP, Vista, 98.

Itu saja beberapa aplikasi yang akan membantu kamu untuk cara mengunci folder di windows 10. Kamu bisa langsung memilih salah satu di antara semua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Bagi kamu yang membutuhkan referensi aplikasi untuk cara mengunci folder di windows 10 maupun Android bisa cari informasi lainnya.

Leave a Comment