8 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris dan Error, Pasti Ampuh!

Cara memperbaiki layar laptop bergaris sebetulnya tidak sulit. Namun, jika kamu tidak mengetahui metode dan penyebab kerusakannya tentu hal ini akan menjadi rumit dan membingungkan. Pada dasarnya, garis pada layar laptop disebabkan oleh benturan atau layar yang panas akibat penggunaan yang berlebihan. 

Biasanya, garis yang muncul pada layar laptop ini berwarna hitam, putih, hijau, biru, bahkan pink. Kira-kira, bagaimana cara mengatasinya? Mari simak dalam artikel ini sampai habis!

8 Cara Memperbaiki Layar Laptop yang Bergaris

Langsung saja, ini dia cara mengatasi garis warna-warna pada layar laptop. Simak penjelasan lengkap berikut ini:

1. Restart Perangkat Laptop

Metode pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan restart perangkat. Karena, bisa saja penyebab dari munculnya garis pada layar laptop karena servis sistem pada perangkat laptop yang sedang bermasalah. Jadi, kamu perlu mencoba restart perangkat sebagai metode pencegahan awal.

Selain itu, ada beberapa aspek penting yang perlu kamu ketahui. Metode ini hanya berlaku saat masalah tersebut disebabkan karena servis sistem perangkat yang mengalami crash atau tidak berjalan. Dalam hal ini, garis pada layar muncul akibat load sistem yang tinggi akibat penggunaan driver yang kurang maksimal.

2. Cek Pengaturan Tampilan Resolusi Layar

Mungkin saja laptopmu masih dalam mode pengaturan pada proyektor. Bahkan mungkin, laptop mengalami penyesuaian tampilan layar yang salah. Sehingga, berakibat pada tampilan layar yang tidak stabil. Karena itu, berikut adalah cara setting tampilan layar:

  • Pertama, klik kanan lalu pilih Start.
  • Kemudian, pilih Control Panel.
  • Setelah itu, silahkan kamu cari dan klik pada menu Appearance and Personalization.
  • Selanjutnya, klik Adjust screen resolution.
  • Kemudian, pilih opsi Resolution lalu klik pada drop-down.
  • Terakhir, silakan kamu pilih dan klik opsi Recommended Resolution agar tampilan layar yang sesuai dengan settingan rekomendasi sistem.
Baca Juga:  5 Cara Agar WA Terlihat Offline Padahal Online di Android dan iOS

3. Update Driver Adapter Display

Salah satu cara memperbaiki layar laptop bergaris, yakni dengan melakukan update pada Driver Adapter Display. Sebab, ada kemungkinan kalau garis yang muncul pada layar ini disebabkan oleh Driver Display Adapter yang telah usang atau tidak terinstal dengan benar. Karena itu, berikut adalah cara untuk memperbaruinya:

  • Pertama, silakan klik Start menu Windows dan pilih Device Manager.
  • Kemudian, klik Display Adapter, dan klik kanan pada driver display yang akan kamu update.
  • Jika sudah, pilih Search automatically for drivers.
  • Selanjutnya laptop akan melakukan pencarian otomatis dan instalasi driver
  • Setelah driver terupdate dan berhasil diinstal, silakan klik Close.
  • Kemudian, coba restart perangkat laptop dan lihat perubahannya.

Selain menggunakan metode di atas, kamu juga dapat update driver dengan cara download sesuai dengan jenis driver pada layar laptopmu. Misalnya, melalui situs resmi driver Asus, Toshiba, dan situs driver resmi lain sesuai dengan merek laptop yang kamu gunakan.

4. Downgrade Kartu Grafis ke Versi Lama

Penyebab lain yang mungkin membuat munculnya garis warna-warni pada layar laptop adalah karena versi driver grafis yang tidak support dengan perangkat laptop itu sendiri. 

Sehingga, hal ini justru membuat tampilan grafik pada layar menjadi tidak stabil dan berakibat pada munculnya garis layar. Karena itu, kamu perlu melakukan downgrade driver VGA laptop untuk memulihkannya. Ikuti langkah berikut ini:

  • Klik Start.
  • Pilih Device Manager.
  • Klik kanan Display adapters.
  • Pilih Properties.
  • Cek versi yang ada.
  • Temukan versi sebelumnya dan instal versi lama tersebut.
Baca Juga:  Cara Membuat dan Salin Link WA Sendiri yang Bisa Kamu Coba

5. Coba Pasang Kabel Fleksibel baru

Cara selanjutnya yakni dengan melakukan pemasangan kabel fleksibel layar yang baru. Kabel fleksibel ini merupakan kabel elastis yang menghubungkan antara layar laptop dengan beberapa perangkat komponen yang terdapat di motherboard. 

Karena, bisa saja kemungkinan layar laptop yang bergaris ini disebabkan oleh kabel fleksibel pada perangkat yang bermasalah. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kamu sering membuka tutup perangkat laptop secara terus menerus. 

Selain itu, faktor usia pakai yang sudah cukup lama bisa saja menjadi penyebab munculnya garis pada layar laptop. Namun, untuk mengganti kabel fleksibel pada layar laptop ini tentu bukan hal yang mudah. Karena itu, kamu bisa menggunakan jasa servis laptop terpercaya guna mengganti kabel fleksibel layar laptop kamu.

6. Periksa VGA dan RAM Laptop

Jika dengan cara sebelumnya masih belum menghasilkan apapun. Maka kamu bisa coba cara memperbaiki layar laptop bergaris dengan memeriksa VGA dan RAM pada perangkat laptop.

Mengingat, kedua komponen ini memiliki kaitan sangat erat dengan layar laptop. Bahkan, kadang VGA atau RAM yang sudah usang bisa saja menyebabkan banyak kendala yang muncul. 

Salah satunya adalah munculnya garis warna-warni pada layar laptop atau bahkan layar tidak dapat tampil sama sekali. Nah, untuk mengecek dan memperbaikinya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, silakan memeriksa VGA laptop terlebih dahulu. Apabila VGA laptop bisa kamu lepas, maka cobalah untuk membersihkan pin-pin yang ada pada VGA tersebut dengan menggunakan penghapus karet.
  • Jika sudah, lakukan pemeriksaan pada RAM laptop. Lepas RAM laptop tersebut, kemudian bersihkan menggunakan penghapus dan pasang kembali RAM dengan benar.
  • Setelah kedua komponen ini telah kamu periksa dan kamu bersihkan, maka  kamu bisa mencoba menyalakan laptop kembali dan cek kondisi layarnya.
Baca Juga:  5+ Cara Download Film di Handphone via App & Web

7. Lakukan Clean Boot

Melakukan clean boot pada perangkat laptop dapat mengurangi crash. Apalagi, setiap file sistem pada perangkat lunak dapat menyebabkan permasalahan pada Startup Repair dan dapat mengganggu sistem operasi laptop. 

Bahkan, hal ini juga bisa mengakibatkan munculnya garis warna-warni pada layar laptop. Lantas, bagaimana cara melakukan clean boot? Ikuti langkah berikut ini:

  • Pergi ke kolom pencarian.
  • Kemudian, silahkan ketik msconfig.
  • Lalu, pilih System Configuration.
  • Setelah itu, temukan opsi menu tab Service.
  • Pilih Hide all Microsoft services.
  • Klik Disable all.
  • Pergi ke Startup tab.
  • Klik Open Task Manager.
  • Tutup task manager, lalu klik Ok.
  • Terakhir, restart laptop kamu.

8. Ganti Layar Laptop

Jika cara memperbaiki layar laptop bergaris yang telah dijelaskan di atas masih tidak berhasil. Mungkin, kamu mendapati kondisi layar laptop telah timbul garis berwarna yang terlalu banyak. Bahkan, hampir menutupi seluruh layar laptop. Jika sudah begini, kemungkinan besar ini terjadi karena layar laptop kamu telah rusak. 

Tentunya banyak faktor yang menyebabkan masalah ini terjadi. Mulai dari layar yang tertekan, benturan dengan benda keras, tidak sengaja terjatuh, atau layar yang panas akibat penggunaan berlebihan.

Ketika kamu bertanya, apa solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan layar tersebut? Satu-satunya solusi terbaik adalah mengganti layar laptop dengan layar yang baru. Namun, untuk pemasangan lebih baik kamu melakukannya di tempat jasa service laptop terpercaya. 

Sudah Paham Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris?

Itu dia pembahasan lengkap tentang cara memperbaiki layar laptop bergaris. Kesimpulannya, ada banyak faktor yang membuat garis pada layar laptop muncul. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati saat sedang menggunakan laptop, agar layarnya tetap awet dan tidak mudah rusak.

Bagikan Postingan: