Cara Membatasi Penggunaan Data HP Xiaomi Tanpa dan Dengan Aplikasi

Apakah kuota sering boros? Maka Anda wajib tahu cara membatasi penggunaan data HP Xiaomi terlebih dahulu dengan baik. Terlebih lagi secara default, sejumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan kuota internet Anda tersebut.

Kehadiran dari aplikasi yang berjalan di latar belakang itulah ternyata tanpa disadari menjadi salah satu penyebab kuota menjadi boros. Terlebih lagi kalau Anda melakukan pengisian ulang data internet dengan jumlah terbatas, tentu akan dirugikan bukan?

Terlebih lagi untuk proses update dari apk ternyata juga selalu membutuhkan kehadiran dari koneksi internet baik pakai data seluler ataupun menggunakan wifi. Anda tentunya tidak ingin bukan apabila ponsel tiba-tiba tidak bisa digunakan karena kehabisan data.

Cara Membatasi Penggunaan Data HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Cara Membatasi Penggunaan Data HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Kehadiran dari HP Xiaomi sebenarnya mempunyai banyak fitur yang terdapat didalamnya bahkan sudah tersedia fitur untuk menghemat kuota. Tidak hanya itu saja, kehadirannya juga berfungsi untuk mengontrol aplikasi yang terbuka tetapi tidak sedang dijalankan.

Kendati demikian tidak sedikit dari pengguna yang masih belum tahu bagaimanakah cara batasi penggunaan internet pada Xiaomi tersebut. Sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk memberikan batasan, langsung saja simak ulasannya berikut:

Melalui Menu Pengaturan di Xiaomi

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa kehadiran dari ponsel Xiaomi sebenarnya telah disematkan adanya menu penghemat data. Nah, kehadirannya itulah dapat diatur secara langsung melalui menu settings.

Baca Juga:  Cara Menghapus App Vault di Handphone Xiaomi

Apabila Anda masih bingung dalam melakukannya, maka kami sarankan agar menyimak penjelasannya dibawah ini:

  • Silahkan buka menu settings atau setelan pada ponsel
  • Sesudah itu geser kebawah hingga menemukan opsi koneksi dan berbagi
  • Tab pada penggunaan kuota
  • Pilihlah salah satu aplikasi dimana ingin dibatasi penggunaan datanya
  • Sesudah itu, akan muncul menu data seluler, Wi-Fi dan data latar belakang
  • Pilihlah opsi data yang akan dinonaktifkan tersebut
  • Lakukan cara yang sama untuk membatasi penggunaan data internet pada aplikasi lainnya.

Melalui Aplikasi Keamanan

Apabila tutorial membatasi pemakaian internet diatas dapat dilakukan pada menu settings di HP Xiaomi, maka tutorial selanjutnya adalah melalui menu keamanan. Sebenarnya caranya juga tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.

Tetapi kami juga menyediakan panduannya berikut ini sehingga para pemula dapat mengetahuinya dengan baik.

  • Bukalah aplikasi keamanan dan tab pada setelan atau settings
  • Sesudah itu, pilihlah opsi penggunaan data
  • Pilihlah data sim dimana akan dibatasi dan aktifkan penggunaan kuota dan ketuk paket data
  • Di halaman selanjutnya, pada batas kuota bulanan, pengguna dapat menginput batas limit MB atau GB bulanan. Sesudah itu, silahkan aturlah pada pilihan tampilkan peringatan, beritahu dan matikan, serta opsi lainnya
  • Kembali ke menu sebelumnya pada Peringatan Penggunaan data dan atur beberapa menu seperti batas penggunaan, ukuran, saat terlampaui, tampilkan peringatan hingga peringatan penggunaan kuota.

Menggunakan Aplikasi Tambahan Untuk Menghemat Data

Jika cara membatasi penggunaan data HP Xiaomi diatas dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan, maka cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan apk tambahan. Terlebih lagi di jaman sekarang, kehadiran dari apk tersebut semakin mudah ditemukan.

Adapun penggunaan dari jenis aplikasi ini sangat mudah dilakukan dan bahkan dapat diunduh secara gratis. Apabila Anda bingung, maka kami akan memberikan beberapa opsi aplikasi yang wajib diunduh.

Baca Juga:  Cara Melacak HP Xiaomi yang Hilang Terbaru dengan Mudah

My Data Manager

Kalau Anda sering menggunakan aplikasi penghemat data internet, maka nama My Data Manager pastinya sudah tidak asing bukan? ini menjadi rekomendasi apk pertama yang wajib untuk dicoba.

Hal yang menarik dari My Data Manager adalah dapat digunakan baik perangkat Android ataupun iOs termasuk juga Xiaomi. Terdapat beberapa fitur menarik seperti monitor daya usage, get alerts before reach the data limit dan lain sebagainya.

DataEye

Selain terdapat opsi diatas, nama aplikasi DataEye pastinya juga sudah tidak asing lagi bukan? DataEye inilah juga akan berikan kemudahan bagi Anda agar menghemat data internet dengan optimal.

Disinilah pengguna juga dapat mengatur penggunaan paket internet di Xiaomi sehingga bisa lebih hemat. Didalamnya juga menyediakan beberapa fitur menarik seperti know where your data goes, access amazing offers hingga go global.

Glasswire

Masih belum puas dengan aplikasi penghemat kuota terbaik diatas? Glasswire juga dapat menjadi opsi lainnya lho. Khusus bagi Anda pengguna android seperti Xiaomi, maka dapat mendapatkan Glasswire secara gratis di Playstore.

Glasswire juga dibekali oleh beberapa fitur yang akan berikan pengguna kemudahan, termasuk juga untuk membatasi adanya penggunaan data nantinya.

Data Usage Monitor

Penghemat kuota lainnya agar Anda tidak boros adalah Data Usage Monitor satu ini. Untuk penggunaannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya dan dapat diunduh secara gratis melalui playstore.

Dengan hadirnya Data Usage Monitor inilah akan membantu Anda dalam menghemat penggunaan internet di setiap aplikasi. Disinilah, Anda diberikan kebebasan dalam mengatur penggunaan kuota berlebihan pada sebuah aplikasi.

Di samping itu, juga masih dibekali oleh beberapa fitur menarik. Dan kalau Anda penasaran maka dapat mengunduhnya secara gratis melalui Playstore.

Internet Speed Meter Lite

Masih mencari opsi aplikasi terbaik untuk menghemat data? Internet Speed Meter Lite inilah juga menjadi rekomendasi lainnya. Sama seperti dengan sebelumnya, kehadiran dari apk itulah akan berikan kemudahan dalam mengatur penggunaan kuota sehingga semakin hemat nantinya.

Baca Juga:  5 Cara Mengaktifkan Fast Charging Xiaomi Terbaru 2023

Tips Agar Lebih Hemat Menggunakan Kuota

Tips Agar Lebih Hemat Menggunakan Kuota

Memberikan batasan terhadap penggunaan kuota baik tanpa dan dengan aplikasi menjadi salah satu cara terbaik agar Anda bisa lebih hemat. Selain itu, Anda juga perlu untuk memahami tips hemat penggunaan kuota juga sehingga jauh lebih awet.

Sebenarnya untuk melakukannya memang tidaklah sulit dilakukan, hanya saja sebagian besar dari Anda mungkin masih bingung melakukannya. Selain memasang batas penggunaan kuota, berikut beberapa cara penting lainnya.

Membatasi Update Aplikasi Secara Otomatis

Perlu diketahui bahwa di setiap hp termasuk Xiaomi mempunyai fitur dimana bisa update aplikasi secara otomatis. Namun perlu diketahui bahwa kehadiran dari fitur tersebut terkadang hanya akan membuat Anda jauh lebih boros lho, karena itulah mulai batasi update otomatis.

Hindari Streaming Online Berlebihan

Menonton tayangan streaming memang sangat seru dan asyik, tetapi Anda mungkin tidak sadar apabila kehadirannya akan menyedot banyak kuota bukan? itulah sebabnya kami sarankan agar menghindari streaming online berlebihan.

Hemat Kuota Saat Browsing Pakai Chrome

Kalau Anda sering melakukan browsing, ternyata juga akan menyedot banyak kuota. Tetapi jangan khawatir karena pengguna dapat memanfaatkan chrome untuk menghematnya dengan cara mengaktifkan lite mode.

Matikan Data Jika Tidak Digunakan

Apabila Anda tidak sedang menggunakan ponsel, maka dapat mematikan perangkat terlebih dahulu. Jangan lupa juga agar memanfaatkan sejumlah aplikasi yang dapat dijalankan offline.

Penggunaan yang tidak terkontrol dengan baik, memang akan membuat kuota cepat habis. Oleh sebab itulah pahami cara membatasi penggunaan data HP Xiaomi terlebih dahulu dengan baik.

Leave a Comment