3 Cara Mematikan Windows Cloud Search di Windows 10, Mudah dan Praktis

Tahukah kamu bahwa Windows Search dapat menampilkan hasil pencarian dari akun penyimpanan cloud kamu. Bagi kamu pengguna Windows 10 yang tidak ingin orang lain menemukan penyimpanan cloud, kamu hanya perlu mematikannya saja. Untuk cara mematikan Windows Cloud Search di Windows 10 tentu saja  mudah dan praktis.

Sementara itu, banyak cara yang dapat kamu lakukan jika ingin mematikan Windows Cloud Search di Windows 10. kamu dapat mematikan menggunakan Pengaturan Windows, kamu juga dapat mematikan dengan Editor Registry, hingga dapat juga mematikan fitur dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Simak ulasan detailnya berikut ini

Windows Cloud Search

Apa itu Windows Cloud Search? Windows Cloud Search merupakan salah satu fitur dari Windows yang menampilkan konten hasil pencarian dari akun penyimpanan cloud kamu. Saat kamu mencari konten menggunakan Windows Cloud Search, kemungkinan fitur tersebut akan menampilkan dan menyertakan hasil dari konten OneDrive, Outlook, Bing. SharePoint, atau layanan Microsoft Cloud lain milik kamu sebagai pengguna.

Selain itu, fitur Windows Cloud Search akan mengindeks file, dokumen, atau folder sesuai dengan kebutuhan kamu dalam pencarian Taskbar secara default. Jadi, Windows Cloud Search adalah sarana yang berfungsi memungkinkan pengguna menemukan file kapanpun diperlukan kamu. Mungkin saja ada waktu ketika kamu membutuhkan file dan folder dari OneDrive, Outlook, Bing. SharePoint, atau layanan Microsoft Cloud lainnya. Maka fitur dari Windows ini cocok untuk kamu.

Sementara itu, apabila kamu tidak berminat atau tidak membutuhkan. kamu dapat menghapus dari search box di Taskbar tanpa menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga. Kemungkinan kamu memiliki file, dokumen, atau folder yang sensitif atau bersifat pribadi dan tidak ingin orang lain menemukan konten pribadi tersebut, maka kamu perlu mematikan fitur yang satu ini.

Baca Juga:  Cara Menambah Watermark di Word, Dokumen Jadi Lebih Aman

Cara 1:  Mematikan Windows Cloud Search Melalui Settings

Cara mematikan Windows Cloud Search di Windows 10 yang direkomendasikan bagi kamu adalah dengan melalui menu Setting atau Pengaturan. Melalui menu Setting atau Pengaturan, kamu dapat mengakses, mengubah, ataupun mengontrol fitur-fitur, perangkat keras, atau pengaturan pada perangkat laptop atau PC kamu. Mulai dari Wi-Fi, Bluetooth, hingga menu Windows Search.

Sementara itu, cara pertama melalui Pengaturan merupakan cara yang paling cepat, umum, dan mudah diikuti kamu. Bagi kamu yang menolak fitur Windows Search dan ingin segera mematikan fitur tersebut, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, kamu dapat mencari menu Pengaturan di Start Menu atau dapat juga klik kanan di Taskbar, kemudian pilih Pengaturan. Selain itu, langkah paling cepat adalah kamu dapat menekan tombol Windows + I secara berbarengan.

Mematikan Windows Cloud Search

  • Selanjutnya, pada halaman Pengaturan, kamu dapat membuka menu Search atau Penelusuran dengan klik dua kali opsi tersebut.
  • Berikutnya, kamu perlu cari dan masuk ke opsi Permission & History atau Izin & Riwayat.

Mematikan Windows Cloud Search

  • Terakhir, kamu perlu mencari dan mengubah tombol off menjadi on pada fitur Windows Cloud  Search atau mengatur tombol sesuai dengan keinginan kamu. Pastikan kamu sudah mematikannya, maka fitur Windows Cloud  Search berhasil secara otomatis dinonaktifkan.

Mematikan Windows Cloud Search

Cara 2:  Mematikan Windows Cloud Search Melalui Group Policy

Cara kedua yang direkomendasikan saat kamu ingin mematikan Windows Cloud Search di Windows 10 dengan cara yang mudah, tetapi terdapat kesalahan pada menu Pengaturan. kamu dapat mencoba mengakses melalui menu Group Policy atau Kebijakan Grup.

Baca Juga:  Cara Backup Registry di Windows 10 dan Memulihkannya

Apa itu menu Group Policy? Fitur yang satu ini merupakan fitur yang menjadi bagian dari Windows yang berfungsi untuk mengatur kebijakan pada perangkat. Selain itu, Group Policy menjadi aplikasi terpusat yang dapat berfungsi untuk mengubah berbagai pengaturan lanjutan terkait sistem operasi atau aplikasi di laptop atau PC. Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara mematikan Windows Cloud Search di Windows 10, simak langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, untuk membuka menu Group Policy, kamu perlu menekan berbarengan Windows + R di keyboard laptop atau PC kamu.
  2. Setelah itu, saat halaman Windows Run muncul, kamu perlu menulis atau mengetik gpedit.msc di kolom yang disediakan. Kemudian kamu klik OK atau klik tombol Enter pada keyboard.
  3. Kemudian, kamu dapat masuk dan pergi ke folder Computer Configuration atau Konfigurasi Komputer.
  4. Lalu di folder Search, kamu perlu mencari dan klik dua kali saat menemukan pengaturan Allow Cloud Windows.
  5. Di pengaturan Allow Cloud Windows ini,  ada tiga setelan yang perlu kamu pilih, yaitu Disable Cloud Search, Enable Cloud Search, dan User Selected. Pilih opsi Disable untuk mematikan Windows Search. Kemudian klik OK atau Enter untuk menerapkan pengaturan. Sedangkan Jika kamu ingin menghidupkan kembali fitur tersebut. kamu dapat mengklik opsi Enable untuk menyimpan perubahan.
  6. Setelah menekan opsi Disable. Maka Windows Cloud Search berhasil dimatikan

Cara 3:  Mematikan Windows Cloud Search Melalui Registry Editor

Cara ketiga yang direkomendasikan saat kamu ingin mematikan Windows Cloud Search di Windows 10 dan dapat digunakan saat kamu tidak berhasil menggunakan kedua cara di atas adalah dengan Registry Editor.

Windows Registry Editor atau Regedit adalah fitur dari sistem operasi Windows yang berfungsi untuk mengakses registry pada sistem dan membuat perubahan pada pengaturan tertentu. Simak, langkah untuk mematikan Windows Cloud Search di Windows 10 dengan Registry Editor berikut ini.

  1. Langkah pertama, kamu perlu menekan tombol pada keyboard Windows +  R secara berbarengan. Setelah muncul kolom Run Windows di layar laptop atau PC kamu, tulis atau ketik Regedit. Lalu klik OK atau tekan Enter di keyboard.
  2. Setelah itu, pada halaman Registry Editor, kamu perlu membuka Registry Key. Kemudian kamu perlu mengetik dan menyalin HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFWARE\Policies\Microsoft\Windows. Dan klik kanan untuk memilih opsi New.
  3. Selanjutnya, pada opsi Key kamu perlu mengatur nama menjadi Windows Search.
  4. Kemudian dilanjutkan dengan kamu mengklik kanan nama folder Windows Search yang diatur tersebut. Lalu kamu dapat memilih opsi New di pilihan teratas.
  5. Selanjutnya, kamu akan ditawarkan beberapa pilihan. kamu dapat memilih pilihan ketiga DWORD (32-bit) Value. Kemudian kamu perlu mengubah dan mengatur nama menjadi AllowCloudSearch di folder baru.
  6. Terakhir, jika kamu ingin mematikan fitur Windows Search. kamu dapat mengisi kolom data yang disediakan dengan angka 0. Lalu klik OK untuk menerapkan fitur. Sedangkan untuk mengaktifkan kamu dapat mengisi kolom dengan angka 1.
Baca Juga:  Cara Setting IP Address yang Mudah dan Cepat

Bagaimana menurut kamu cara mematikan Windows Cloud Search di Windows 10? kamu dapat menggunakan cara yang paling mudah dengan menu Pengaturan. Apabila cara pertama tidak berhasil, kamu dapat menggunakan cara kedua dan ketiga.

Setelah Windows Cloud Search berhasil dimatikan, maka kamu tidak akan melihat hasil dari layanan Microsoft Cloud saat mencarinya dan kamu tidak perlu khawatir saat orang lain meminjam perangkat laptop atau PC kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Comment