Panduan Cara Install Windows Terminal di Windows 10, Bisa Dicoba Sendiri

Penasaran ingin menjajal Windows Terminal, yang versi stabilnya sudah dirilis tahun 2020 kemarin? Kalau iya, artikel yang satu ini jelas jangan sampai kamu lewatkan.

Karena di sini, kamu bisa temukan bahasan mengenai Windows Terminal secara lengkap dan ringkas, termasuk panduan cara install Windows Terminal di Windows 10. Selamat membaca!

Apa Itu Windows Terminal?

Pada dasarnya, Windows Terminal adalah terminal application dari Microsoft dan hanya bisa dijalankan mulai dari Windows 10. Jadi kalau kebetulan kamu masih menggunakan Windows 8 apalagi 7, tentu saja kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini, ya.

Sebelumnya, Windows sudah punya yang namanya Command Prompt dan PowerShell. Hanya saja, Windows Terminal beda dengan keduanya, dan salah satu faktor pembedanya yang utama adalah karena developer bisa mengakses berbagai tools secara langsung dengan lebih cepat melalui program yang satu ini.

Windows Terminal sendiri pertama kali diluncurkan pada bulan Mei 2019 dengan tujuan sebagai konsol multi-tab yang bisa menjalankan line-line dari Command Prompt dan PowerShell secara bersamaan di masing-masing sisi. Dan untuk versi terbarunya, Windows Terminal saat ini sudah bisa mendukung Azure Cloud Shell, Windows Subsystem for Linux (WLS), dan SSH.

Dan meskipun sekilas Windows Terminal terlihat basic, sebenarnya ada berbagai fitur yang membedakannya dengan tools command line Windows lainnya, termasuk Command Prompt dan PowerShell. Fitur-fitur tersebut termasuk:

  1. Mode full screen.
  2. Bisa membuka beberapa tab sekaligus.
  3. Tombol-tombol pintasan (shortkey) untuk membuka tab baru dengan cepat).
  4. Fitur zoom menggunakan mouse.
  5. Dukungan karakter unicode dan UTF-8 sehingga kamu bisa menggunakan karakter non-bahasa Inggris maupun emoji.
  6. Mesin render teks yang diakselerasi dengan GPU.
  7. Bisa custom tema dan style.
  8. Dukungan Azure Cloud Shell, Command Prompt, PowerShell, SSH, dan Windows Subsystem for Linux (WSL).
Baca Juga:  4 Cara Mengetahui Informasi Speed RAM di Windows 10 dan Windows 11

Spesifikasi dan Syarat Sistem untuk Windows Terminal

Sebelum kita masuk ke cara install Windows Terminal di perangkatmu, pastikan dulu bahwa PC atau laptopmu sudah memenuhi system requirement dan spesifikasi minimum berikut ini:

  1. Perangkat harus menjalankan minimal Windows 1903 (build minimal 10.0.18362.0) atau lebih tinggi.
  2. Harus sudah meng-install 1903 SDK (build 10.0.18362.0) di perangkat.
  3. Harus sudah ada Visual Studio 2017 atau yang lebih baru.
  4. Beberapa Workload perlu di-install dari installer-nya Visual Studio, seperti: Desktop Development with CC++, C++ (v141) Universal Windows Platform Tools (komponen individual), Universal Windows Platform Development.
  5. Aktifkan dulu Developer Mode melalui menu Settings.

3 Cara Install Windows Terminal di Windows 10

Pada dasarnya, terdapat 3 cara install Windows Terminal di Windows 10 yang bisa kamu coba yaitu:

  1. Install Windows Terminal dari Microsoft Store. Cara ini yang paling disukai, terutama karena kamu dijamin bisa mendapatkan versi terbaru dengan opsi upgrade secara otomatis.
  2. Install Windows Terminal menggunakan PowerShell. Untuk metode yang satu ini, kamu harus meng-install Chocolatey dulu baru kemudian kamu bisa install Windows Terminal.
  3. Dapatkan Windows Terminal dari GitHub. Dengan cara ini, kamu perlu men-download Windows Terminal dulu dari GitHub dan meng-install secara manual. Untuk versi dari GitHub, Windows Terminal nantinya tidak akan bisa di-update ke versi terbaru secara otomatis.

Untuk tutorial lengkap bagi masing-masing metode install Windows Terminal, kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:  Cara Install Microsoft Teams di Windows 10, Pengertian dan Fungsinya

1. Install Windows Terminal dari Microsoft Store.

Berikut ini adalah langkah-langkah install Windows Terminal melalui Microsoft Store:

  1. Buka aplikasi Microsoft Store yang bisa kamu akses dari tombol menu Start.
  2. Begitu Microsoft Store terbuka, ketik Windows Terminal pada kolom pencarian yang telah disediakan di pojok kanan atas. Klik Enter atau ikon kaca pembesar untuk memulai pencarian.
  3. Jendela akan menampilkan hasil pencarian yang cocok. Pilih Windows Terminal untuk membuka halaman aplikasinya.
  4. Pada halaman aplikasi Windows Terminal, klik tombol “Install”
  5. Tunggu selama beberapa saat sampai proses download hingga install selesai dijalankan, dan Windows Terminal terpasang di perangkatmu.
  6. Begitu aplikasi Windows Terminal selesai di-install, kamu juga bisa langsung menjalankan program ini dengan mengklik tombol “Launch”.

Sebagai tambahan informasi, kamu tidak diwajibkan untuk login ke dalam akun Microsoft Store agar bisa men-download dan install Windows Terminal dari sini. Apabila layar menampilkan prompt untuk sign-in, kamu bisa klik “No” dan proses download akan tetap dijalankan.

2. Install Windows Terminal via PowerShell dengan Chocolatey.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode install Windows Terminal yang satu ini juga mengharuskanmu untuk sudah meng-install Chocolatey juga. Kalau sudah, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka dan jalankan PowerShell sebagai administrator, lalu install Chocolatey.
  2. Setelah Chocolatey ter-install, masukkan perintah “choco install microsoft-windows-terminal” (tanpa menggunakan tanda petik).

Lewat perintah tersebut, PowerShell akan langsung men-download dan install Windows Terminal versi terbaru ke PC atau laptopmu.

3. Download Windows Terminal dari GitHub.

Apabila kamu tidak bisa meng-install Windows Terminal dari Microsoft Store, masih ada alternatif yang bisa kamu coba, yaitu download dulu file-nya dari halaman Releases di repositori GitHub. Langkah-langkah lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Pada halaman GitHub Windows Terminal, kamu bisa temukan versi preview maupun versi stabil Windows Terminal. Klik yang versi stabil, kemudian scroll. Pada bagian Assets, download file dengan ekstensi .msixbundle.
  2. Untuk meng-install Windows Terminal ke perangkat, klik kanan pada file Microsoft.Windows.Terminal.msixbundle. Lalu klik opsi “Open”.
  3. Pada jendela Install Windos Terminal, klik tombol Install berwarna biru. Sebelumnya, kamu bisa juga klik tanda centang pada opsi “Launch when ready” jika kamu ingin agar Windows Terminal langsung terbuka setelah proses install selesai.
Baca Juga:  2 Cara Mematikan Firewall Windows 10 yang Jarang Diketahui Pengguna

Hanya saja seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, metode download Windows Terminal lewat GitHub ini tidak disertai dengan fasilitas update atau upgrade ke versi terbaru secara otomatis. Oleh karena itu, kamu perlu rutin cek forum untuk mengecek apakah sudah ada versi terbaru yang bisa kamu install kemudian.

Tips Menggunakan Windows Terminal

Karena shell default-nya adalah PowerShell, tool tersebut akan jadi yang pertama kamu lihat begitu membuka Windows Terminal. Tapi, kamu juga bisa mengubah pengaturannya di Settings, kok.

Di samping itu, ada beberapa tombol pintasan yang dapat kamu gunakan untuk mengakses atau membuka item dari menu. Beberapa tombol pintasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ctrl + Shift + 1 untuk membuka Windows PowerShell.
  • Ctrl + Shift + 2 untuk membuka Command Prompt.
  • Ctrl + Shift + 3 untuk membuka Azure Cloud Shell.
  • Ctrl + Shift + F untuk membuka kotak “find”.

Untuk melihat opsi pintasan lainnya, kamu bisa gunakan Command Palette yang dapat kamu akses dengan pintasan Ctrl + Shift + P.

Nah, itu tadi rangkuman penjelasan mengenai Windows Terminal, fungsinya, hingga cara install Windows Terminal di Windows 10 dengan 3 metode yang berbeda-beda. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Leave a Comment