Cara Kerja Mesin Diesel yang Beda dengan Lainnya

Cara kerja mesin diesel memang berbeda jika dibandingkan dengan mesin-mesin mobil lainnya. Oleh karena itu, perawatan mesin diesel pun tak bisa disamakan dengan mesin lainnya. Untuk mengenal lebih jauh mengenai cara kerja mesin diesel dan seluk-beluknya, berikut rangkumannya.

Cara Kerja Mesin Diesel

Cara Kerja Mesin Diesel yang Beda dengan Lainnya

Sebelum membahas cara kerja mesin diesel, ternyata ada empat langkah yang harus dilalui saat mesin diesel bekerja. Keempat langkah tersebut saling berkesinambungan hingga dapat menghasilkan performa maksimal. Berikut empat langkah kerja mesin diesel.

1. Langkah Hisap

Langkah hisap bekerja dengan udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui bagian katup. Kondisi tersebut memungkinkan terjadi karena piston atau torak bergerak dari arah titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Tentu saja kondisi katup buang masih tertutup ketika langkah kerja ini dimulai. 

Oleh karenanya, Anda harus memahami kode oli terlebih dahulu sehingga Anda bisa menemukan oli yang tepat untuk mobil Anda.

2. Langkah Kompresi

Setelah langkah hisap dilalui, maka selanjutnya akan beralih ke langkah kompresi. Seperti namanya, proses kompresi di dalam mesin diesel karena proses membuat mampat udara oleh piston dari TMB ke bagian TMA. 

Bagian katup udara hisap serta buang juga dalam keadaan tertutup sehingga mengakibatkan tekanan serta suhu udara menjadi naik.

3. Langkah Kerja

Lantas kapan proses pembakaran akan terjadi? Hal tersebut ternyata terjadi di langkah kerja. Proses dalam langkah kerja membuat piston mulai bergerak mendorong dan bekerja untuk menggerakan mesin mobil. Proses akan terus berjalan ketika piston bergerak dari TMA ke TMB.

4. Langkah Buang

Langkah buang adalah langkah terakhir dalam cara kerja mesin diesel. Dalam langkah buang, hasil pembakaran yang sudah muncul bakal dibuang melalui katup pembuangan. Sama seperti langkah sebelumnya, kondisi piston tetap bergerak dari TMA ke TMB. Kondisi katup hisap juga dalam keadaan tertutup.

Kelebihan Mesin Diesel 

Cara Kerja Mesin Diesel yang Beda dengan Lainnya

Setelah memahami cara kerja mesin diesel, Anda bisa mulai berburu mobil-mobil incaran Anda yang menggunakan mesin diesel. Beberapa kelebihan mesin diesel di antaranya.

Pertama, harga bahan solar yang digunakan cenderung lebih murah, selain itu sistem kerja mesin solar yang tanpa spark juga membuatnya efisien.

Kedua, mesin juga menjadi lebih awet karena tidak perlu melakukan pergantian busi karena mesin diesel tidak menggunakan komponen tersebut. Biaya perawatan pun menjadi lebih murah.

Ketiga, mesin diesel mampu memberikan kekuatan menarik yang lebih besar atau torsi pada RPM. Bahan bakar menjadi lebih hemat dan mesin diesel cocok digunakan di jalanan yang tidak terlalu mulus.

Kekurangan Mesin Diesel 

Selain kelebihan ada pula kekurangan mesin diesel yang harus menjadi perhatian. Beberapa kekurangan mesin diesel yakni pertama harga mesin yang mahal dibanding dengan mesin-mesin lainnya.

Kedua, suara dari getaran yang dihasilkan oleh mesin diesel cenderung lebih kasar dan mengganggu. Bahkan getaran mesin diesel dapat didengarkan telinga tanpa memerlukan alat bantuan apapun. Suara bising yang mengganggu menjadi kekurangan dari mesin diesel.

Ketiga, mesin diesel dapat dikatakan lebih lambat jika dibandingkan dengan mesin lainnya yang dapat memacu kecepatan lebih. Salah satu yang membuat mesin diesel lambat yakni bobot yang lebih berat.

Tak kalah penting, Anda juga harus melakukan servis rutin untuk mobil Anda yang menggunakan mesin diesel. Servis berkala sebaiknya dilakukan di bengkel resmi dengan berbagai ketentuan yang ada di buku panduan.

Leave a Comment