CARA EDIT VIDEO DI LAPTOP ATAU PC

Bingung bagaimana cara edit video di laptop atau PC? Atau bingung aplikasi apa yang bisa digunakan sebagai cara edit video di laptop atau PC?

Berikut ada berbagai pilihan software edit video untuk laptop atau PC yang dapat digunakan. Beragam software editing video ini bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba, dan tentunya cara penggunaannya pun cukup mudah.

Baca juga: cara edit foto 

Sebab meskipun sekarang ini sudah ada banyak aplikasi edit video yang tersedia di smartphone, namun belum ada yang mampu menyaingi deretan software editing video di laptop atau PC berikut ini.

Meskipun nampaknya tools yang tersedia lebih rumit dibanding menggunakan smartphone, Namun apabila sudah terbiasa maka akan lebih mudah cara edit videonya, dan hasilnya pun dijamin akan akan lebih baik.

Cara Edit Video Di Laptop

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar edit video di laptop atau PC, berikut kami berikan 10 rekomendasi software untuk edit video di laptop atau PC!

cara edit video di laptop

Sony Vegas

Sony Vegas ini merupakan software video editing yang sering kali dibandingkan dengan Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro. Software yang dikembangkan oleh Vegas Creative Software ini banyak digunakan oleh editor video profesional sebab memiliki pilihan fitur yang cukup lengkap sebagai cara edit video di laptop.

Namun, apabila Anda baru belajar cara edit video, tidak usah khawatir, Sony Vegas juga mudah untuk dipelajari sebab meskipun memiliki tools yang cukup lengkap, namun tampilan software ini begitu sederhana.

Salah satu keunggulan Sony Vegas adalah kecanggihan dari fitur edit audionya, Terdapat berbagai pilihan yang dapat membuat video memiliki kualitas audio yang sangat baik. Nahh apabila Anda tertarik untuk jadi content creator, vlogger, atau bahkan YouTube-ers, Sony Vegas adalah software edit video untuk laptop atau PC yang menarik untuk dipilih.

Baca Juga:  Tips dan Cara Edit Foto Aesthetic

Cara Edit Video Di Laptop Final Cut Pro

Untuk Anda yang sudah cukup familier dengan Mac, Final Cut Pro merupakan software editing video yang cocok untuk Anda gunakan. Software ini diluncurkan sejak 2011, dan memiliki tampilan yang serupa dengan software Mac pada umumnya sebagai cara edit video di laptop.

Anda juga dapat menyambungkan Final Cut Pro dengan Photos dan koleksi iTunes-mu, Dengan begitu, Anda akan lebih mudah meng-import video yang ingin Anda edit. Selain itu juga, Final Cut Pro bisa menghapus objek kamera dan tripod yang muncul di video.

Fitur ini sangat berguna apabila Anda memiliki video yang diambil secara 360 derajat, Sebab biasanya kamera atau tripod tersebut ikut masuk dalam video yang Anda ambil. Secara umum, Final Cut Pro dapat digunakan baik oleh editor video amatir maupun profesional sebab fiturnya yang cukup lengkap dan mudah untuk dipahami sebagai cara edit video di laptop.

Adobe Premiere Pro

Salah satu software unggulan dari Adobe ini memang menjadi salah satu software edit video untuk laptop atau PC yang paling popular dikalangan editor video. Serupa dengan software yang dijelaskan sebelumnya, Adobe Premiere Pro dapat digunakan oleh para editor video pemula hingga profesional.

cara edit video di laptop

Software yang diluncurkan pada akhir 2003 ini memiliki fitur yang lengkap dan rapi, Sebab dengan begitu, Anda dapat menemukannya dengan mudah sebab berada dalam satu bagian yang sama dengan tools serupa lainnya. Meskipun tidak gratis dan harganya mahal, banyak orang menganggap Adobe Premiere Pro adalah software edit video yang terbaik.

Lightworks

Apabila Anda sering menonton film-film Hollywood. Banyak dari film ternama Hollywood yang diedit menggunakan software ini, seperti antara lain The Wolf of Wall Street, Mission Impossible, Shutter Island, dan Pulp Fiction.

Baca Juga:  Cara Menstabilkan Video di Adobe Photoshop dan Metode Lain

Maka, dapat disimpulkan bahwa software yang satu ini memang sangat cocok bagi Anda yang sudah profesional dalam mengedit video, termasuk apabila Anda bekerja dalam bidang broadcasting. Menariknya lagi, Lightworks memiliki versi gratis yang membuatnya bisa digunakan oleh siapa saja untuk mengedit video.

Namun meskipun begitu, dalam versi gratis ini, Anda hanya bisa meng-export video yang Anda edit dengan resolusi paling tinggi 720p. Sementara itu apabila Anda menggunakan versi yang berbayar, Anda bisa meng-export video dengan resolusi HD, PAL, hingga NTSC.

Filmora

Filmorai ini merupakan software cara edit video di laptop atau PC yang cocok digunakan oleh orang yang baru banget belajar edit video. Sebab Software ini memiliki tampilan yang begitu simpel dan berbagai fitur yang sangat mudah digunakan.

Sebut saja ada pilihan Title yang bisa membuatmu memasukkan transisi untuk membuat judul menarik dengan layout yang sudah tersedia. Selain itu juga, ada pula sekitar 100 transisi yang bisa digunakan untuk mempercantik videomu. Namu sayangnya, berbagai transisi tersebut tidak bisa Anda temukan dengan mudah sebab tidak ada folder yang membagi sesuai jenisnya.

CyberLink PowerDirector 365

Software editing video lainnya yang bisa Anda guanakan adalah Cyberlink PowerDirector 365. Ada banyak fitur canggih pada software ini seperti 360-degree video editing, AI Audio Denoise, AI Video Denoise, dan AI DeReverb.

Tidak hanya itu saja, software ini juga memiliki fitur lain yang memungkinkan untuk menambahkan teks atau grafis yang nantinya otomatis akan mengikuti pergerakan objek. Dilengkapi dengan interface yang mudah digunakan, software edit video satu ini perlu untuk di install di laptop atau PC Anda untuk digunakan sebagai cara edit video di laptop.

Baca Juga:  Inilah Cara Edit Foto di IG Tanpa Aplikasi Tambahan Anti Ribet

Corel VideoStudio Ultimate

Apabila Anda bingung untuk memilih software edit video pada laptop atau PC, mungkin Corel VideoStudio Ultimate adalah pilihan yang cocok untukmu. Terdapat beragam fitur canggih seperti di software ini seperti motion tracking, 4K support, 360-degree VR video supportmulti-cam support, 3D text editing, dan masih banyak lagi yang lain.

Sehingga, software editing video ini cocok digunakan oleh untuk Anda yang baru belajar edit video. Selain itu juga, harga software ini pun terbilang lebih murah dibandingkan kompetitornya yaitu, Adobe Premiere Pro.

HitFilm Express

Mengutip dari artikel Toms Guide, bahwa software video editing ini bisa digunakan baik untuk Windows maupun Mac. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa men-download software ini secara gratis lhoo.

cara edit video di laptop

Namun meskipun begitu, apabila Anda ingin menambah fitur untuk aplikasi ini, Anda juga perlu membayarnya. Adapun fitur-fitur yang menonjol pada software ini adalah auto-stabilization yang membuat footage menjadi stabil dan tidak bergoyang-goyang, color adjustment effect, dan juga GoPro FX reference effect sehingga sangat mudah dalam cara edit video di laptop.

Pinnacle Studio

Pinnacle studio adalah salah satu software edit video terbaik untuk laptop atau PC yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan. Sebab Software ini cocok Anda pakai untuk membuat dan mengedit video dengan beragam angle, stop motion, motion tracking, 360-degree VR, hingga menyimpan video dengan resolusi 4K.

Tidak hanya itu saja, software video editing ini juga dilengkapi fitur seperti video maskingclip nesting, LUT preset, dan batch processing. Dilengkapi interface yang cukup rapi, software ini begitu mudah digunakan meski oleh pemula.

Demikianlah informasi mengenai software yang dapat Anda gunakan sebagai cara edit video di laptop  untuk pemula maupun professional.

Leave a Comment