Panduan Cara Cek NIK KTP Valid, Arti Angka NIK, Dan Penyalahgunaannya

Dalam dokumen kependudukan, salah satu yang paling penting dimiliki oleh setiap warga negara adalah KTP. Seseorang yang tidak memilikinya, pasti akan menemui kesulitan dalam menulis berbagai hal.

Misalnya, mulai dari mengajukan pinjaman, ingin melakukan kredit, atau sebagai sebuah dokumen syarat mendaftar pada instansi untuk bekerja.

Di dalam KTP sendiri terdapat sejumlah informasi yang sangat penting seputar data diri si pemegang KTP. Berbagai informasi mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, agama, sampai dengan golongan darah termuat di sana.

Salah satu data yang cukup penting juga kerap disalahgunakan oleh pihak tertentu adalah nomor induk kependudukan (NIK). 

NIK adalah deretan nomor yang terdapat sebanyak 16 digit yang pasti ada di KTP. NIK ini tidak hanya sekumpulan deretan angka saja, namun juga memiliki fungsi yang sangat penting.

Kebutuhan administrasi salah satunya juga akan dilacak melalui nomor NIK ini. Misalnya, untuk mengecek status kepesertaan BPJS kesehatan, bisa dilakukan pengecekan melalui nomor tersebut. 

Cara Cek NIK KTP Valid Dengan Mudah

Panduan Cara Cek NIK KTP Valid, Arti Angka NIK, Dan Penyalahgunaannya

Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, cara mengecek NIK KTP Valid sekarang sangat mudah dilakukan, dan bahkan bisa secara online. Artinya, Anda tidak perlu lagi harus datang ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil.

Terlebih lagi, di masa pandemi seperti sekarang yang masyarakat lebih dianjurkan tidak beraktivitas banyak di luar. Berikut ini panduan cara mengeceknya:

  • Mengecek NIK Valid lewat SMS dan WhatsApp

Anda bisa menggunakan media smartphone sebagai cara mengecek NIK KTP Valid secara online. Cara pertama, dapat melalui SMS dan WhatsApp. Masyarakat bisa kirimkan pesan SMS dengan format Cek#KTP#NIK selanjutnya kirimkan data pribadi sesuai format tersebut ke nomor 0815 3636 9999. 

Selanjutnya, jika ingin mengecek melalui WhatsApp, Anda bisa kirimkan pesan dengan format Nama Lengkap, NIK,Kelurahan/Kecamatan/Kabupaten/Kota. Selanjutnya kirimkanlah ke nomor 0813 2691 2479.

  • Cara Cek NIK Dengan Akun Media Sosial

Kalau Anda juga aktif menggunakan sosial media seperti Facebook dan Twitter, bisa juga melakukan pengecekan NIK melalui media tersebut. Untuk melakukannya Anda bisa mengirim chat personal ke akun media sosial resmi Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil. 

Panduan Cara Cek NIK KTP Valid, Arti Angka NIK, Dan Penyalahgunaannya

Sebagai informasi, akun Facebook resmi dari disdukcapil bernama ‘Halo Dukcapil’ sedangkan akun resmi Twitter resminya bernama @ccdukcapil. Para pengguna aktif kedua akun sosial media ini bisa mengirimkan chat pribadi dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Mereka akan merespon dan memberikan informasi sesuai kebutuhan Anda.

  • Cara Mengecek NIK Lewat Call Center

Cara cek NIK KTP Valid juga bisa Anda lakukan melalui bantuan call center. Layanan hotline dirjen dukcapil yaitu 1500-537. Dengan menghubungi lewat call center, dinilai sebagai cara yang paling tepat jika Anda ingin memperoleh jawaban secara instan.

Akan tetapi, sebelum Anda menghubunginya, harus memastikan dahulu menyiapkan informasi yaitu nomor nik dan KK supaya petugasnya bisa mengkonfirmasi data lebih cepat. 

  • Mengecek NIK KTP Melalui Email

Untuk mengecek nik KTP valid secara online, bisa juga dengan menggunakan fasilitas email. Anda bisa kirimkan email yang tertuju ke callcenter.dukcapil@gmail.com.

Selanjutnya, tulis di dalam email dengan format sebagai berikut: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Cara mengecek lewat email ini memang sebenarnya tidak instan dan perlu waktu. Email yang Anda kirim kan biasanya akan di respon atau diproses 1 x 24 jam.

  • Mengecek NIK di Situs Kemendagri

Cara lainnya yang dinilai cepat dan mudah yaitu mengecek nik KTP valid secara online ke situs resmi kementerian Dalam negeri (Kemendagri).

Panduan Cara Cek NIK KTP Valid, Arti Angka NIK, Dan Penyalahgunaannya

Ini dinilai sebagai solusi yang murah dan cepat untuk mengecek data Anda. Untuk mengunjunginya, Anda bisa akses ke situs resmi yaitu https://www.dukcapil.kemendagri.go.id. Anda bisa membukanya baik melalui perangkat smartphone atau komputer.

Susunan 16 Digit Angka NIK Pada KTP

NIK memang memiliki 16 digit angka yang bukan dibuat asal acak saja. Di dalam deretan angka tersebut, juga terkandung informasi mengenai data. Dua angka pertama merupakan informasi kode provinsi. Dua angka kedua merupakan kode kota atau Kabupaten.

Dua angka yang ketiga merupakan informasi kode kecamatan. Dua angka urutan keempat merupakan kode tanggal lahir sedangkan dua angka kelima merupakan informasi bulan lahir. Dua angka yang ke enam merupakan tahun lahir, serta empat angka yang paling belakang merupakan nomor komputerisasi.

Informasi dalam kartu keluarga juga tidak punya perbedaan walaupun tidak diinformasikan seperti halnya NIK. Pada KK disana tercantum informasi yang cukup penting mulai dari NIK anggota keluarga, tempat tanggal lahir, Siapa nama ibu kandung, latar belakang pendidikan dan pekerjaan, serta status perkawinan.

Penyalahgunaan NIK Yang Terdapat Dalam KTP

Informasi yang ada di dalam Kartu Tanda Penduduk termasuk NIK, kerap kali disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan berbagai modusnya. Tujuannya beragam mulai dari untuk mendapatkan keuntungan sampai dengan tujuan menipu. Berikut ini beberapa bentuk penyalahgunaan NIK dalam KTP :

  • Data Ganda Saat Pemilu

Saat tahun politik, seringkali dijumpai kasus nomor pemilih ganda. Artinya, seseorang bisa terdaftar sebagai pemilih lebih dari satu data. Hal ini terjadi tentunya akan menguntungkan Salah satu pasangan calon yang suaranya sudah diprediksi dipilih oleh seseorang yang datanya ganda tersebut. Akibatnya, bisa terjadi suara yang menggelembung.

  • Data Diperjualbelikan

Penyalahgunaan berikutnya yang bisa terjadi yaitu data NIK yang diperjualbelikan. Biasanya, penjualan ini termasuk diantaranya juga nomor handphone maupun Informasi pribadi lain. Oleh karena itu, saat Anda mengisi formulir apapun di internet sebaiknya berhati-hati.

Pastikan bahwa situs atau aplikasi yang Anda isi data tersebut memang terpercaya dan menjaga privasi. Penjualan data ini biasanya terjadi di situs yang memang menjadi forum jual-beli yang melibatkan hacker.

Modus Mencuri Data NIK Pribadi

Cara Cara cek NIK KTP Valid memang mudah, seperti halnya mencuri data NIK. Sekarang ini, banyak modusnya dan Anda harus berhati-hati. Berikut ini adalah sejumlah modus yang umumnya dilakukan :

  • Melalui Pesan SMS

Modus pertama yang banyak dilakukan yaitu melalui SMS. Biasanya, dilakukan dengan cara menawarkan pinjaman online. Selanjutnya, akan diminta data-data pribadi salah satunya adalah foto KTP yang di dalamnya ada nomor NIK.

  • Melalui Aplikasi Cek KTP

Anda juga jangan sembarangan mengunduh aplikasi cek KTP yang tidak jelas sumbernya. Untuk cek KTP valid dapat dilakukan dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, dan kalau Anda menemui situs atau aplikasi di playstore untuk cek KTP, maka harus lebih waspada lagi.

Jadi, untuk cara cek NIK KTP Valid yang aman dilakukan, bisa dengan sejumlah langkah yang kami jelaskan di atas. Informasi yang ada dalam NIK ini memang cukup berharga bagi pihak tertentu dan kerap disalahgunakan.

Oleh karena itu, kemudahan mengecek NIK harus melalui jalur valid resmi yang disediakan oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil.

Leave a Comment