3 Cara Cek Garansi iPhone Ibox, Lewat IMEI, Resmi atau Tidak

Pada saat melakukan pembelian iPhone, pastinya harus melakukan pengecekan garansi terlebih dahulu. Untuk memastikan bahwa barang yang dibeli tersebut memiliki jaminan perbaikan dalam jangka waktu tertentu, cara cek garansi iPhone wajib diketahui sebelum melakukan pembayaran.

Pihak dari Apple itu sendiri telah menyediakan fitur untuk melakukan pengecekan garansi iPhone supaya lebih mempermudah penggunanya. Tidak hanya massa garansi, melainkan pengguna juga bisa mengetahui beragam perbaikan maupun dukungan yang diberikan oleh Apple Care.

Dari sinilah, penggunaan akan terasa lebih mudah untuk mengetahui bukti pembayaran, agreement number, maupun masa kadaluarsa dari garansi tersebut.

Cara Cek Garansi iPhone

Berhubung pihak dari Apple telah menyediakan banyak layanan dan fitur untuk melakukan pengecekan maupun pemeriksaan masa garansi, maka dijamin tidak akan membuat kamu merasa bingung bagaimana cara yang dilakukan.

Untuk bisa memastikan apakah ponsel yang dibeli tersebut memiliki jaminan garansi atau tidak, langsung saja berikut ini cara mengecek garansi pada iPhone:

1. Melalui Situs Check Coverage

Melalui Situs Check Coverage

Melalui situs Check Coverage, maka membuat kamu sebagai pengguna iPhone akan merasa lebih tenang. Cukup dengan melakukan pengisian informasi yang diminta maka bisa mengetahui garansi yang ada di perangkat tersebut.

Berikut ini cara mengecek masa garansi yang pada ponsel iPhone melalui situs Check Coverage, yaitu:

  • Di langkah pertama, langsung saja kunjungi situs apple.com/id/in.
  • Nantinya pada halaman paling depan akan muncul kolom isi seri perangkat. Untuk nomor seri perangkat bisa dilihat di bagian permukaan produk. Untuk pengguna iPhone bisa melakukan pengecekan nomor seri pada bagian menu setting maupun pengaturan.
  • Setelah itu klik general.
  • Kemudian pilih¬†about.
  • Tidak hanya itu saja, nomor seri juga bisa dilihat di bagian kemasan asli produk.
  • Apabila tidak menemukan, bisa menggunakan nomor seri yang ada di faktur pembayaran asli dari produk.
  • Langkah selanjutnya pengguna harus memasukkan kode pada layar untuk pengamanan dan pastikan kode yang dimasukkan tersebut tidak salah.
  • Pengguna bisa melihat status perangkat seperti garansi, keaslian perangkat, maupun informasi penting yang berhubungan dengan perangkat iPhone.

2. Melalui Situs Apple Support

Melalui Situs Apple Support

Selain cara yang pertama untuk cara cek garansi iPhone resmi atau distributor dapat dilakukan dengan cara melalui situs Apple Support. Untuk langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Silahkan masuk ke situs Apple Support yang ada di mysupport.apple.com.
  • Setelah itu akan muncul kolom Apple ID Untuk Apple ID adalah identitas dari pengguna Apple yang sudah ditentukan pada awal penggunaan.
  • Setelah itu masukkan password Apple ID agar dapat mengakses fitur layanan yang ada di Apple Support.
  • Silakan tentukan perangkat sesuai jenis iPhone yang digunakan.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian pengguna bisa melihat informasi perangkat seperti garansi, keaslian perangkat, maupun yang lainnya.

3. Melalui Pengaturan di iPhone

Melalui Pengaturan di iPhone

Cara cek garansi iPhone dipengaturan bisa dilakukan sangat mudah. Langkah-langkah yang dilakukan pada cara ketiga ini dianggap jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara yang ada di atas. Namun kembali lagi pada diri kamu untuk menentukan cara mana yang efektif.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan melalui pengaturan iPhone:

  • Pada langkah pertama, silahkan pilih menu pengaturan yang ada di perangkat iPhone.
  • Setelah itu pilih general pada perangkat.
  • Jika sudah tinggal memilih menu about.
  • Silahkan klik menu garansi terbatas maupun limited warranty.
  • Jika sudah, secara otomatis iPhone akan menunjukkan masa garansi yang berlaku pada ponsel.

Jenis Garansi Iphone

Jenis Garansi Iphone

Untuk langkah klaim garansi bisa dilakukan pada saat terjadinya kesalahan atau error karena pabrik. Hal ini tidak hanya pemakaian pengguna saja. Apabila sudah mengetahui bagaimana cara cek garansi iPhone yang ada di atas, maka bisa membawa perangkat ke lokasi service Apple Indonesia.

Pihak dari Apple itu sendiri juga telah memberikan ketentuan garansi pada setiap produknya. Sementara garansi bersifat eksklusif, sehingga bisa menggantikan kerugian kepada penggunanya. Apple berani menjamin bahwa produknya bebas cacat materi atau produksi.

Asalkan penggunaan normal selama 1 tahun sejak dari tanggal pembelian. Berhubung Apple memiliki banyak sekali jenis garansi iPhone, maka sebaiknya para pengguna iPhone harus mengetahui garansi apa saja yang dimiliki oleh iPhone atau Apple, yaitu:

1. Garansi Internasional

Untuk jenis garansi yang pertama yaitu adalah garansi internasional. Ini merupakan garansi yang paling fleksibel karena pengguna bisa melakukan klaim garansi yang ada di semua seller resmi Apple di dunia.

Selain itu garansi internasional juga hanya berlaku apabila pengguna melakukan pembelian iPhone original di luar Indonesia.

2. Garansi Toko

Pada biasanya, garansi toko akan diberikan kepada produk iPhone Supercopy, BM dan KW selama 1 bulan. Sementara untuk klaim garansi jenis ini, pengguna tidak dapat klaim garansi melalui Service Center resmi dari Apple.

3. Garansi Distributor

Untuk garansi distributor dari produk Apple akan diberikan oleh pihak distributor yang telah memasukkan iPhone ke Indonesia. Pada biasanya garansi jenis ini hanya bisa ditanggung oleh pihak distributor tersebut.

Tidak sampai di situ saja, pengguna ternyata juga tidak bisa melakukan klaim garansi ke pihak Service Center Apple.

4. Garansi Resmi

Jenis garansi yang keempat ini akan secara resmi diberikan oleh pihak Apple kepada distributor resmi yang ada di setiap negara. Untuk bisa memperoleh garansi iPhone secara resmi, diwajibkan pengguna harus melakukan pembelian unit iPhone pada gerai resmi yang ada di Indonesia.

Syarat dan Ketentuan Garansi Iphone

Syarat dan Ketentuan Garansi Iphone

Berdasarkan dari cara cek garansi iPhone yang ada di atas, maka tidak lengkap rasanya apabila pengguna dari produk Apple ini belum mengetahui apa yang menjadi syarat beserta ketentuan untuk memasukkan iPhone ke garansi.

Pihak dari Apple sudah menentukan kapan garansi iPhone tersebut tidak berlaku. Garansi iPhone tidak bisa diklaim apabila mengalami kerusakan yang disebabkan karena penggunaan penggunanya. Seperti terjatuh, tertekan, tertumpah cairan, minuman atau yang lainnya.

Pihak dari iPhone bisa melihat bahwa iPhone tersebut rusak dikarenakan hal apa saja. Apple sudah mempunyai indikator kontak cairan yang bisa aktif ketika terkena air.

Warna kontak cairan putih atau perak dan bisa berubah menjadi merah apabila terkena air. Apabila diketahui adanya kontak cairan berwarna merah, secara otomatis garansi tersebut tidak akan berlaku. Indikator kontak cairan yang dimiliki iPhone ini sudah ada sejak tahun 2006 yang lalu.

Sementara lokasi indikator kontak cairan dimiliki oleh iPhone 5 ke atas dan terdapat di slot SIM pada bagian kiri dan kanan. Sedangkan di iPhone 4 ke bawah terdapat di charger dan headset. Untuk itu, permasalahan yang disebabkan karena penggunaan, garansi pada iPhone tidak bisa diklaim.

Untuk para pengguna iPhone wajib mengetahui bagaimana cara cek garansi iPhone supaya jika suatu saat ponsel mengalami kerusakan atau permasalahan bisa mengklaim garansi tersebut, apabila masih dalam masa garansi.

Selama masa garansi berlaku, maka proses perbaikan tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Baik itu untuk perbaikan software atau hardware.

Bagikan Postingan: