Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Dengan Mudah

Hijab bukan hanya jadi bagian wajib bagi wanita muslim. Tetapi, sudah jadi tren terbaru yang hampir setiap tahun selalu disukai oleh semua orang. Bahkan, beberapa desainer selalu aktif dalam membuat berbagai model kreasi. Hal ini bisa jadi peluang bagus untuk Anda. Berikut cara memulai bisnis jilbab produksi sendiri.

Sebenarnya, Anda bisa jadi dropshipper atau reseller. Tetapi, keduanya kurang baik bagi yang punya daya kreativitas tinggi. Tidak bisa dipungkiri bahwa mempunyai nama untuk bisnis sendiri adalah keinginan semua orang. Oleh karena itu, Anda harus percaya diri memulainya sejak sekarang.

Lakukan Riset

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah model hijab Anda akan seperti apa. Caranya cukup lakukan saja riset. Caranya tidak ada sulit, Anda perlu melihat berbagai macam model jilbab dari berbagai situs yang ada di internet. Kedua, bisa dengan mengunjungi berbagai macam toko.

Atau Anda coba lihat satu per satu toko online. Kemudian, pilih berbagai toko dan lihat modelnya. Lihat pula dari komentar yang diberikan oleh pelanggan. Setelah tahu bagaimana kreasi hijab mereka, baru Anda menentukan modelnya seperti apa. Boleh meniru, tetapi harus punya ciri khas.

Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Dengan Mudah

Seperti, adanya pernak-pernik atau goresan warna yang berbeda dengan lainnya. Semua tergantung dari cara Anda berkreasi. Ciri khas ini sangat penting, agar setiap orang tetap ingat mana produk dari brand Anda dan brand lain. Saat pelanggan tersebut membeli di tempat lain mereka tidak akan memilih produk lainnya.

Perlu diingat, ciri khas utama tidak perlu terlalu banyak cukup sederhana saja, tetapi selalu diingat oleh semua orang. Oleh karena itu, dalam proses melakukan riset jangan terburu-buru. Beberapa pengusaha ada yang mencarinya hingga berbulan-bulan. Karena, proses identifikasi ini perlu ketelitian dan kejelian.

Menentukan Modal

Setelah Anda sudah tahu model serta ciri khas seperti apa yang diinginkan. Saatnya menentukan modal. Hal ini sangat penting untuk kelancaran bisnis ke depan. Dalam penentuannya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Seperti, menggunakan modal sendiri atau orang lain.

Uang dari sendiri bisa diambil dari tabungan pribadi. Atau, uang hasil gaji dan dimulai dari kecil. Seperti, membangun startup untuk hijab. Tidak harus berkembang dan langsung punya tempat. Bisa menggunakan handphone sebagai salah satu cara paling tepat dan murah. Selanjutnya, modal dari orang lain.

Penentuan modal dari orang lain ada banyak jalan. Bisa dengan cara hutang, melalui bank yang akan memberikan bunga ringan. Atau dengan menawarkan hijab buatan Anda kepada para investor. Hal ini memang sulit, tetapi patut untuk dicoba. Hanya saja, butuh kreativitas tinggi Agar investor menyetujui menanamkan modalnya ke tempat Anda.

Menentukan Pangsa Pasar

Cara memulai bisnis jilbab produksi sendiri selanjutnya adalah menentukan pangsa pasarnya. Hal ini sangat penting agar Anda bisa membuat hijab sesuai dengan kebutuhan. Sebelum menentukan, lakukan saja sedikit riset. Mana yang bisa dipilih apakah anak-anak, orang dewasa, atau bahkan untuk lansia pula.

Menurut saran kami lebih baik membuatnya untuk tiga kelas sekaligus. Anak-anak hingga dewasa, hanya saja Anda harus siap dengan segala risiko. Terutama soal pemesanan yang kemungkinan, cukup banyak dan membuat kewalahan. Selain itu, siapkan daya kreativitas. Karena, tuntutan pasar membuat Anda wajib membuat model baru.

Media Promosi

Media promosi jadi hal penting yang harus Anda pikirkan sejak sekarang. Karena, memperkenalkan produk pada orang lain sangat penting. Manfaatkan media sosial untuk menurunkan biaya produksi. Perlu diingat, sebuah iklan berhasil bukan karena, siapa pemeran iklan tersebut.

Tetapi, bagaimana cara Anda mengemasnya jadi sesuatu hal yang menarik. Sebagai contoh, pangsa pasar Anda adalah perempuan dengan usia 20 – 25 tahun, mereka adalah pekerja keras. Usahakan membuat hijab yang dingin di kepala dengan materi iklan yang menunjukkan kenyamanan memakai hijab tersebut.

Lakukan sedikit riset mengenai risiko yang dialami bila menggunakan hijab. Gunakan akibat tersebut sebagai materi. Kemudian, kemas dengan berbagai hal yang sederhana dan membuat penonton sadar, bahwa produk Anda merupakan yang paling tepat, serta punya kualitas nomor satu.

Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Dengan Mudah

Jangan abaikan testimoni, hal ini sangat penting karena, dalam testimoni ini berisi tentang berbagai penilaian positif tentang produk Anda. Banyak orang menilai ingin membeli atau tidak karena alasan dan komentar orang lain. Oleh karena itu, simpan semua pernyataan dari pelanggan kemudian tampilkan.

Hampir semua perusahaan meraih banyak simpati dengan cara seperti ini. Media promosi lainnya juga bisa menggunakan berbagai macam konten. Baik dari google atau youtube, berikan tutorial hingga manfaat hijab. Kemudian, arahkan mereka untuk membeli berbagai macam produk pilihan.

Bahan Baku dan Harga

Cara memulai bisnis jilbab produksi sendiri berikutnya adalah menentukan bahan dan harga. Ada banyak bahan baku untuk membuat kain, semakin baik maka harga yang akan ditawarkan pada Anda pasti semakin mahal. Hal ini pasti akan mempengaruhi harga jual Anda ke depan. Oleh karena itu, tentukan Anda ingin bermain di segmen mana.

Seperti hal penentuan pangsa pasar, apakah menjualnya untuk kalangan menengah ke bawah, atau atas. Perlu Anda tahu, setiap orang punya caranya sendiri dalam menentukan pilihan. Hal ini tergantung dari kelas mereka, murah dan bagus biasanya banyak yang memilih. Tetapi, perhatikan lagi kata bagus ini seperti apa.

Setiap orang punya definisi sendiri. Bagus berdasarkan bahan, corak, warna, bentuk atau yang lainnya. Saran dari kami, berikan kualitas nomor satu, soal harga bisa disesuaikan. Jangan terlalu mengambil banyak keuntungan. Tetapi, jangan terlalu murah, perlu diingat Anda harus membayar tenaga yang sudah dikeluarkan. Walau, Anda sendiri yang mengerjakan semuanya.

Sistem Pelayanan

Cara memulai bisnis jilbab produksi sendiri terakhir adalah dengan pelayanan. Setelah semua sudah ditentukan, saatnya Anda beraksi langsung. Dari sini, pelanggan sudah ditemukan, keinginan pasar sudah ditangkap. Tetapi, hal tersebut belum cukup membuat mereka selalu membeli produk Anda.

Perlu diingat, pergerakan bisnis akan berjalan baik bila selalu ada pelanggan tetap yang datang. Pelanggan baru memang butuh, tetapi mereka yang membeli akan lebih dibutuhkan. Jadi, berikan pelayanan terbaik. Salah satu alasan mengapa bisnis sering membedakan kasta orang dengan memberikan pelayanan baik untuk yang punya uang.

Alasan utamanya adalah mereka mampu memberikan nafas untuk kelancaran bisnis. Tetapi, usahakan cara tersebut jangan ditiru. Bila Anda sudah punya karyawan, hal ini harus jadi catatan penting dan wajib diperhatikan. Jangan sampai mereka pergi hanya karena pelayanan yang diberikan sangat buruk.

Cara memulai bisnis jilbab produksi sendiri sebenarnya tidak sulit, hanya saja butuh ketelitian, kecermatan dan perhitungan tepat. Mulai dari modal, pangsa pasar, bahan dan harga, serta pelayanan. Semua adalah rangkaian yang harus dijalani sejak sekarang. Jangan remehkan sedikit pun agar usaha Anda sukses.

Leave a Comment

1 × two =