Cara Mengatasi Kamera HP Error dan Penyebabnya Lengkap

Untuk bisa mengetahui cara mengatasi kamera HP error, Anda perlu memahami terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu maka Anda akan lebih mudah dalam menangani dengan tepat.

Kamera pada HP memang kerap mengalami error yang beragam seperti tidak bisa dibuka, hasil blur, hasil rekaman tidak tersimpan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas secara lengkap terkait dengan penyebab beserta cara mengatasinya.

Dengan mengetahui cara berikut ini, Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami masalah tersebut tanpa harus membawanya ke tempat servis. Jadi, pastikan untuk memperhatikan dengan saksama.

Penyebab Kamera HP Error

Cara Mengatasi Kamera HP Error dan Penyebabnya dengan Lengkap

Pada dasarnya ada cukup banyak hal yang memungkinkan untuk menyebabkan terjadinya masalah atau error pada kamera HP. Jadi, silakan perhatikan bagian ini sebelum melakukan cara mengatasi kamera HP error.

1. Hardware Mengalami Masalah

Salah satu penyebab utama yang sering terjadi adalah hardware kamera yang mengalami masalah. Masalah ini bisa muncul karena usia handphone yang terlalu lama.

Selain itu kerusakan pada hardware juga bisa disebabkan karena sebelumnya kamera terkena benturan keras seperti terjatuh dan sebagainya. Benturan tersebut dapat membuat sistem pada ponsel mengalami gangguan sehingga kamera menjadi error.

2. Cache Penuh

Tidak hanya aplikasi yang diunduh di Play Store saja yang membutuhkan memori, kamera pun juga membutuhkan ruang penyimpanan layaknya aplikasi tersebut. Jadi ada kemungkinan kamera error karena memori penyimpanan aplikasi tersebut sudah penuh.

Biasanya hal ini terjadi karena kamera sering digunakan namun jarang sekali dibersihkan di bagian cache. Memori yang penuh akan membuat performa fitur ini menjadi lebih lambat, keluar sendiri, atau masalah lainnya.

3. Terkena Virus

Dari beberapa penyebab lainnya, mungkin ini adalah salah satu yang cukup parah dan cara mengatasi kamera HP error karena virus juga lebih kompleks. Saat ini virus memang dapat tersebar dengan sangat mudah dan menginfeksi perangkat.

Biasanya virus ini menyerang ketika Anda tidak sengaja membuka website atau menginstal aplikasi tidak dikenal. Setelah membukanya, maka virus akan langsung menyerang dan menyebabkan berbagai masalah seperti peretasan data dan juga beberapa aplikasi error termasuk kamera.

Cara Mengatasi Kamera HP Error dengan Mudah

Setelah mempelajari beberapa penyebab paling umum di atas, kini Anda bisa melakukan beberapa cara yang akan dijelaskan di bagian ini. Silakan pilih cara sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

1. Melakukan Reboot

Cara pertama dan mungkin yang paling simpel untuk dilakukan adalah melakukan reboot perangkat. Reboot artinya Anda mematikan ponsel dan menghidupkannya kembali.

Dari beberapa masalah ringan pada handphone, cara ini dinilai cukup efektif dan sering digunakan seperti pada kasus ponsel lag, aplikasi error, dan lain-lain. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda melakukan langkah tersebut.

Sebagai catatan, Anda bisa melakukan soft reboot ataupun hard reboot. Untuk soft reboot, Anda hanya perlu mematikan dan menghidupkan kembali, sementara itu hard reboot adalah melepas beberapa komponen seperti baterai, SIM card, dan SD card selama beberapa saat terlebih dahulu.

2. Menghapus Data dan Cache Kamera

Cara mengatasi kamera HP error yang berikutnya adalah dengan menghapus data dan cache aplikasi kamera. Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, salah satu penyebab HP error adalah cache atau data aplikasi kamera terlalu penuh.

Biasanya cara ini juga digunakan apabila terdapat masalah di aplikasi lain seperti pengirim pesan atau game. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Klik menu Setelan Tambahan
  • Klik Manajemen Aplikasi
  • Pilih Semua
  • Cari dan pilih aplikasi Kamera
  • Klik Paksa Berhenti
  • Klik Hapus Data
  • Klik Hapus Cache
  • Selesai

Perlu diketahui bahwa setiap merek ponsel mungkin memiliki menu yang berbeda-beda. Akan tetapi, Anda sudah mendapatkan gambaran besarnya sehingga bisa menyesuaikan nantinya.

3. Melakukan Scan dengan Antivirus

Selanjutnya, apabila masalah yang mengakibatkan kamera error adalah virus, Anda bisa mencoba download dan pasang aplikasi antivirus. Ada beberapa antivirus yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store.

Akan tetapi, cara mengatasi kamera HP error dengan antivirus tidak menjamin masalah akan selalu terselesaikan. Hal tersebut dikarenakan setiap jenis virus memiliki karakter dan kekuatan yang berbeda-beda.

Untuk virus yang relatif ringan, mungkin dengan melakukan scan saja masalah sudah bisa diatasi. Akan tetapi, jika virus sudah termasuk berbahaya, maka kemungkinan hal tersebut tidak akan dapat ditangani dengan maksimal.

Jika hal tersebut terjadi, maka satu-satunya langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset. Langkah ini bertujuan agar virus tersebut benar-benar hilang dari perangkat dan mungkin kamera HP bisa kembali normal.

4. Gunakan Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera HP error yang berikutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bisa dibilang cara ini adalah solusi apabila masalah memang terjadi pada software aplikasi kamera bawaan.

Ada cukup banyak aplikasi kamera yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store seperti Camera 360 dan sebagainya. Silakan download dan pasang aplikasi tersebut kemudian buka.

Apabila dengan aplikasi tersebut kamera bisa digunakan, artinya kerusakan terdapat pada aplikasi kamera bawaan. Jadi, untuk selanjutnya Anda bisa menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga ini untuk aktivitas merekam gambar.

5. Melakukan Factory Reset

Salah satu cara mengatasi kamera HP error yang paling ampuh adalah dengan melakukan factory reset, dengan catatan masalah tidak berada pada hardware. Bahkan, factory reset kerap menjadi solusi atas berbagai masalah apapun terkait dengan software pada ponsel.

Akan tetapi, sebelum melakukan factory reset, Anda perlu mencadangkan data-data penting pada ponsel karena semua itu akan terhapus saat proses dilakukan. Jadi, jangan sampai Anda melupakan hal tersebut dan kehilangan semua data penting.

6. Membongkar Ponsel

Mungkin cara ini tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena membutuhkan ketelitian dan pengetahuan, yakni dengan membongkar ponsel. Anda dapat memilih cara ini ketika masalah terdapat pada hardware seperti HP pernah jatuh, terendam air, dan lain-lain.

Silakan bongkar ponsel dan perhatikan bagian kamera dan periksa apakah terdapat masalah pada bagian penghubung kamera dengan perangkat lain. Jika tidak bisa melakukan cara mengatasi kamera HP error ini, Anda bisa menggunakan jasa servis ponsel di sekitar.

7. Membawa ke Tempat Servis

Terkait dengan poin sebelumnya, ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan apabila sudah melakukan semua cara di atas namun kamera masih bermasalah. Jasa servis HP biasanya sudah memiliki pengalaman dan bisa melakukan diagnosis pada masalah yang ada.

Terkait dengan biaya, biasanya semua tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi. Untuk kasus ringan mungkin hanya akan memakan biaya kisaran Rp30.000 hingga Rp50.000, namun jika kerusakan terlalu berat seperti ganti hardware dapat mencapai ratusan ribu.

Jadi, itulah tadi beberapa penyebab serta cara mengatasi kamera HP error dengan mudah. Dengan mempelajari penjelasan tersebut, kini Anda tidak perlu khawatir dan bisa mencoba mengatasinya secara mandiri.

Bagikan Postingan: