3 Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo Terbaru

Fitur hotspot di HP Vivo memang sangat membantu untuk berbagi koneksi internet. Namun Anda juga perlu tahu cara membatasi hotspot di HP Vivo agar tidak mengalami beberapa dampak buruknya.

Seperti Anda ketahui, hotspot berfungsi untuk membuat ponsel menjadi hotspot untuk perangkat lainnya. Fitur tersebut sangat bermanfaat terutama ketika perangkat tidak bisa terhubung ke internet karena paket data habis atau tidak mendukung adanya sim card seperti pada laptop.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda coba. Selain itu, ada pula beberapa informasi tambahan yang perlu diketahui agar tidak menimbulkan dampak negatif ketika menggunakan fitur tersebut.

Apa itu Hotspot di HP Vivo?

Apa itu Hotspot di HP Vivo

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membatasi hotspot di HP Vivo, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu sebenarnya apa itu fitur hotspot. Seperti telah dijelaskan di bagian awal, hotspot merupakan fitur berbagi koneksi internet kepada perangkat lain.

Biasanya fitur ini digunakan ketika ingin menyambungkan laptop ke internet ketika tidak terdapat jaringan Wi-Fi. Selain itu hotspot juga berguna ketika ponsel lain tidak bisa terhubung ke internet karena tidak ada sinyal atau paket data sedang habis.

Cara ini cenderung lebih praktis dibandingkan harus menyewa layanan Wi-Fi yang tidak murah. Dengan bermodalkan smartphone Vivo saja, Anda sudah bisa memiliki hotspot atau Wi-Fi untuk perangkat di sekitar.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati ketika menyalakan hotspot pada ponsel. Hal tersebut dikarenakan mungkin pengguna lain dapat menghubungkan ke hotspot Anda dan menyedot kuota yang cukup besar jika dipakai oleh banyak pengguna.

Oleh karena itulah Anda harus membatasi hotspot tersebut, yakni untuk perangkat tertentu saja. Mengenai caranya, simak di bagian berikutnya.

Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo Menggunakan Kata Sandi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan password atau kata sandi. Metode ini merupakan cara paling mudah dan paling banyak digunakan.

Dengan menggunakan kata sandi, maka tidak sembarangan orang bisa terhubung dengan hotspot Anda. Haya orang-orang yang tahu password tersebut yang dapat terhubung.

Mengenai caranya sangat mudah. Silakan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka menu Pengaturan pada ponsel
  • Pilih menu Jaringan dan Koneksi Lainnya
  • Pilih Hotspot & Tethering
  • Pilih Hotspot Wi-Fi
  • Pilih Keamanan
  • Pilih WPA2 Personal
  • Buat kata sandi minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf dan angka
  • Selesai

Setelah melakukan langkah di atas, maka perangkat harus memasukkan kata sandi agar terhubung dengan hotspot Anda. Jika kata sandi salah, maka perangkat tidak akan terhubung sehingga lebih aman.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya gunakan kata sandi yang kuat namun tetap mudah untuk diingat. Selain itu, akan lebih baik jika Anda mengganti kata sandi setiap bulan sekali.

Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo dengan Pembatasan Jumlah Data

Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo dengan Pembatasan Jumlah Data

Metode sebelumnya adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membatasi pengguna yang dapat terhubung dengan hotspot. Sementara itu, cara ini lebih ke arah membatasi jumlah data yang digunakan.

Dengan membatasi jumlah data, Anda tidak perlu khawatir kuota akan habis secara tiba-tiba karena penggunaan berlebih. Cara ini sangat cocok apabila Anda sering menggunakan hotspot HP Vivo untuk perangkat lain seperti laptop dan sebagainya.

Untuk melakukan pembatasan jumlah data, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka menu Pengaturan di HP Vivo Anda
  • Pilih Jaringan dan Koneksi Lainnya
  • Pilih Hotspot & Tethering
  • Pilih Hotspot Wi-Fi
  • Pilih Batas Data Seluler Satu Kali
  • Atur batas penggunaan data, mulai dari 50 MB hingga 500 MB
  • Apabila hendak membatasi lebih dari angka tersebut, pilih opsi Khusus
  • Atur data sesuai dengan kebutuhan
  • Selesai

Setelah melakukan langkah tersebut, maka ketika penggunaan data sudah melebihi batas hotspot akan langsung mati secara otomatis. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan banyak kuota.

Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo dengan Menonaktifkan Otomatis

Metode berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Anda juga bisa mematikan hotspot secara otomatis ketika tidak ada perangkat yang terhubung. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mematikan hotspot secara manual setelah dipakai.

Terkadang mungkin Anda lupa untuk mematikan hotspot setelah digunakan karena terburu-buru atau alasan lain. Jika terus dibiarkan, bisa saja tiba-tiba ada perangkat lain yang terhubung dan menyedot kuota Anda.

Oleh karena itu, menonaktifkan otomatis ketika tidak ada perangkat yang terhubung bisa menjadi jawaban yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Pengaturan di HP Vivo Anda
  • Pilih menu Jaringan dan Koneksi Lainnya
  • Pilih Hotspot & Tethering
  • Pilih Hotspot Wi-Fi
  • Aktifkan opsi Otomatis Nonaktifkan Hotspot dengan menggeser tombol menjadi biru
  • Selesai

Selain mampu mengantisipasi pengguna liar, cara ini juga efektif untuk memaksimalkan kecepatan internet di ponsel. Hal tersebut dikarenakan kecepatan internet di ponsel akan melambat jika hotspot digunakan oleh banyak perangkat.

Pentingnya Membatasi Hotspot di HP Vivo

Setelah memahami beberapa cara membatasi hotspot di HP Vivo, Anda perlu juga mengetahui alasan kenapa hal tersebut sangat penting. Berikut ini adalah beberapa alasannya.

1. Menghemat konsumsi paket data

Pertama, dengan membatasi hotspot, maka Anda bisa menghemat konsumsi paket data di ponsel. Hal ini dikarenakan paket data akan terkuras lebih cepat ketika digunakan oleh banyak perangkat sekaligus.

Jika perangkat lain terus tersambung, maka bisa jadi kuota tiba-tiba berkurang drastis tanpa sepengetahuan Anda. Tentu saja kasus ini akan sangat merugikan.

2. Terhindar dari kerusakan mesin

Alasan lain kenapa Anda perlu melakukan cara membatasi hotspot di HP Vivo adalah untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada perangkat. Apabila hotspot terus menyala dalam waktu yang lama, maka ponsel akan menjadi panas.

Kondisi ponsel yang panas bisa menyebabkan beberapa komponen mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan hingga parah. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus bersiap untuk mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan.

Pertanyaan Seputar Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo

Pertanyaan Seputar Cara Membatasi Hotspot di HP Vivo

Berikut ini adalah beberapa persoalan atau pertanyaan terkait dengan pembatasan hotspot di HP Vivo. Silakan perhatikan poin-poin berikut.

1. Apakah pembatasan hotspot harus dilakukan?

Untuk alasan keamanan dan menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan, Anda perlu melakukan pembatasan hotspot. Dengan melakukan pembatasan, maka Anda akan terhindar dari risiko hotspot dipakai orang asing, penggunaan paket data berlebih, dan lain-lain.

2. Apakah cara di atas bisa dilakukan untuk semua HP Vivo?

Mengenai cara membatasi hotspot di HP Vivo yang telah dijelaskan di atas, metode tersebut bisa diterapkan untuk semua HP Vivo. Akan tetapi, ada kemungkinan terdapat sedikit perbedaan di beberapa tipe meskipun secara garis besar sebenarnya tetap sama.

Jadi itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara membatasi hotspot di HP Vivo. Bisa disimpulkan, cara ini perlu dilakukan jika tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment