9 Cara Mengatasi Touchscreen Hp Tidak Berfungsi

Ada banyak sekali permasalahan pada Hp yang sering terjadi. Namun, permasalahan seperti touchscreen yang tidak berfungsi jarang dibahas lebih jauh lagi. Padahal touchscreen ini sama pentingnya seperti fitur-fitur Hp lainnya. Oleh sebab itu, penting mengetahui cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi. 

Jika touchscreen Hp tidak berfungsi, maka Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali. Biasanya, jika sudah seperti ini, maka akan langsung mendatangi tempat service. Namun ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum dibawa ke tempat service. 

Baca juga: cara atasi touch ID MacBook 

Beberapa cara di bawah ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, perlu diketahui dari awal bahwa memang tidak semua cara bisa efektif untuk dilakukan. Anda bisa melakukan salah satu cara terlebih dahulu. 

Deretan Cara Mengatasi Touchscreen Hp Tidak Berfungsi 

cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi

Melakukan Muat Ulang Hp 

Cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi pertama ialah dengan melakukan muat ulang. Dalam hal ini biasanya touchscreen tidak berfungsi karena baterai Hp terlalu panas atau bisa juga karena ada banyak sekali aplikasi yang dijalankan. Sehingga, touchscreen tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk memuat ulang Hp. Pertama, Anda bisa menekan tombol daya beberapa detik. Kemudian, akan muncul beberapa pilihan dan Anda bisa memilih muat ulang. Namun, jika cara ini tidak berhasil, maka Anda bisa menekan tombol daya Hp sampai dengan perangkatnya. 

Baca Juga:  CARA EDIT VIDEO DI LAPTOP ATAU PC

Mengaktifkan Safe Mode 

 

Ternyata salah satu dari penyebab touchscreen tidak berfungsi ialah karena ada program atau aplikasi pihak ketiga yang baru Anda unduh. Untuk mengatasi hal ini, Anda busa mengaktifkan safe mode atau bisa dikatakan mode aman. Dengan menggunakan mode ini, Anda bisa menjalankan Hp tanpa aplikasi yang berbahaya. 

Cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi ini sebenarnya bisa efektif jika memang penyebab utamanya ialah hal di atas. Namun, jika ternyata sudah mengaktifkan safe mode, tetapi tidak berpengaruh apa pun, berarti memang ada masalah lain di dalamnya. 

Untuk bisa mengaktifkan mode aman sendiri sangatlah mudah. Anda bisa melakukan penekanan pada tombol power selama beberapa detik. Setelah itu, Anda bisa memilih mode darurat atau bisa diartikan dengan mode aman. Nantinya, untuk keluar dari mode ini pun tetap menggunakan cara yang sama. 

Nantinya, ketika layar Hp bisa berfungsi kembali, maka segeralah menghapus program atau aplikasi yang baru saja diunduh. Jika ternyata cara ini tidak berpengaruh apa pun, barulah Anda bisa membawanya langsung ke tempat service. 

Melakukan Pembersihan Touchscreen dan Screen Protector 

Touchscreen hp error

Cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi selanjutnya ialah dengan melakukan pembersihan terhadap touchscreen dan juga screen protector. Hal ini bisa dilakukan jika memang penyebab dari layar Hp yang tidak berfungsi ialah karena terdapat debu atau beberapa partikel lain yang terselip antara layar Hp dengan pelindung layar. 

Ternyata hal ini bisa sangat terjadi jika Anda tidak mengganti pelindung layar selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu, akan sangat menghambat layar Hp. Di sini, Anda bisa membersihkannya menggunakan kain yang bebas serat dan lembap. 

Kalibrasi dari Layar Sentuh 

Tahukah Anda bahwa memang fungsi layar sentuh bisa mengalami penurunan meskipun sudah dirawat dengan baik. Oleh sebab itu, perlu untuk meningkatkan fungsinya menggunakan kalibrasi layar sentuh. Namun perlu diketahui juga bahwa hal ini hanya berlaku jika touchscreen tidak berfungsi sebagian. 

Baca Juga:  Cara mengatasi speaker hp kemasukan air yang ampuh

Untuk cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi pada cara ini, Anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang dimaksud ialah seperti aplikasi touchscreen calibration yang terdapat pada play store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasinya, Anda dapat mengikuti petunjuknya, seperti melakukan sentuhan dalam waktu lama, melakukan ketukan tunggal dan lain sebagainya. 

Tekan Lembut Pada Setiap Sudut Hp 

Sebenarnya, solusi untuk mengatasi touchscreen Hp yang tidak berfungsi dilandaskan pada penyebabnya. Nah, jika penyebabnya ialah terbentur atau terjatuh, maka solusi yang bisa dilakukan ialah dengan menekan lembut setiap sudut Hp. Hal ini dilakukan untuk bisa membuatnya rapat kembali. 

Nah, perlu diketahui bahwa memang Hp yang terjatuh atau terbentur bisa menyebabkan sejumlah materialnya menjadi longgar. Oleh sebab itu, cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi ialah dengan menekan lembut setiap sudut. Jika tidak berhasil, Anda bisa membongkar perangkatnya. 

Memeriksa Pengisi Daya 

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan mengecek pengisi daya. Hal ini bisa berlaku jika ternyata layar tidak berfungsi ketika mode pengisian daya. Hal ini biasanya disebabkan karena alat dari pengisi daya yang tidak sesuai. Sehingga bisa merusak sistem yang ada di dalamnya. 

Oleh sebab itu, pastikanlah untuk menggunakan pengisi daya yang memang asli dan jangan terlalu sering menggunakan pengisi daya milik orang lain. Sebab, meskipun voltase-nya sama, tetapi peringkat ampere-nya bisa saja berbeda dan lambat laun dapat menyebabkan gangguan pada layar sentuh. 

Mengurangi Skala yang Ada Pada Animasi Layar 

Cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi selanjutnya ialah dengan mengurangi skala animasi layar. Skala animasi layar sendiri merupakan salah satu pengaturan pada Hp yang digunakan untuk mengatur lamanya respon layar sentuh ketika diusap. 

Baca Juga:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Ada Layanan Jaringan dan Penyebabnya

Biasanya, jika pengaturan skala animasi terlalu tinggi, maka sensitivitas layarnya bisa berkurang. Untuk mengembalikan sensitivitas layar pada Hp bisa dilakukan dengan cara membuka pengaturan. Setelah itu, bisa langsung membuka tentang perangkat. 

Kemudian, Anda bisa mengetuk 7 kali pada opsi nomor bentukan sampai dengan muncul opsi pengembang telah aktif. Kemudian, kembalilah le menu pengaturan dan carilah opsi pengembang. Nah, pada menu inilah Anda bisa menemukan pilihan untuk mengembalikan sensitivitas layar. Nantinya, cukup turunkan nilainya ke 5x. 

Atasi touchscreen hp error

Mengganti atau Melepas Tempered Glass 

Cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi selanjutnya ialah dengan mengganti atau melepas tempered glass. Perlu diketahui bahwa tempered glass merupakan pelindung layar yang memang digunakan untuk melindungi layar. Namun, jika ternyata pelindung layarnya terlalu tebal, maka bisa mengakibatkan sensitivitas latar menjadi berkurang. 

Di sini, Anda bisa memilih untuk mengganti pelindung layar dengan yang lebih tipis agar lebih responsif. Namun jika ternyata tidak memberikan efek apa pun bisa melepas pelindung layar. Di zaman sekarang kebanyakan Hp memang sudah terpasang gorila glass, sehingga tidak perlu menggunakan tempered glass. 

Menghapus File Sampah

Terakhir, touchscreen yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh file sampah yang menumpuk. Di mana, jika sudah seperti ini maka akan membuat kinerja perangkat menjadi lebih lambat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menghapus file sampah secara berkala. Anda bisa menghapusnya secara manual atau menggunakan aplikasi sekalipun. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi touchscreen Hp tidak berfungsi. Cara di atas memang disesuaikan dengan penyebabnya sendiri. Sehingga, akan sangat mudah untuk menemukan solusinya. 

Leave a Comment