Cara membeli barang di 1688 China

Mau impor barang china yang murah ? Kamu bisa belanja di 1688 China untuk dijual lagi ke Indonesia. Marketplace asal Tiongkok yang satu ini menjadi yang terbaik karena harganya cukup bersahabat untuk para pedagang.

Dengan modal usaha yang sedikit, kini sudah bisa mendapatkan barang terbaik yang berpotensi mendapatkan keuntungan besar.

Seperti kita ketahui bahwa Tiongkok saat ini menjadi pusat pasar yang menyediakan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari masker, pakaian, hingga barang elektronik semua ada dan super lengkap.

Sebagai pengusaha yang ingin mendapatkan keuntungan besar maka tentunya bisa memanfaatkan momentum bagus ini agar bisa cuan besar.

Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal alibaba, sebuah situs yang menggunakan konsep B2B asal negeri tirai bambu yang menjadi pusat suplier dunia.

Namun tahukah kamu kalau marketplace raksasa di China tidak hanya alibaba saja ? Melalui 1688 situs China ini juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk impor barang semurah mungkin agar untung besar.

Apa itu 1688.com China ?

1688.com adalah sebuah domain situs asal China yang kini mulai menjadi perhatian banyak orang, khususnya para importir dari seluruh dunia.

Dari namanya saja memang terdengar tidak umum, sebab kebanyakan website atau marketplace menggunakan huruf dengan nama yang jelas.

Namun berbeda dengan web 1688.com yang memang sejak awal hanya pakai angka saja yaitu 1688 dot com.

Sejatinya, situs 1688.com adalah sebuah marketplace raksasa yang masih satu grup dengan Alibaba. Hanya saja untuk situs yang satu ini tidak menggunakan bahasa Inggris, atau Indonesia.

Jika situs Alibaba menggunakan multi bahasa, maka pada situs 1688.com hanya support satu bahasa saja yaitu mandarin.

Orang yang mengunjungi situs ini biasanya ingin mencari barang bagus yang nantinya akan dijual lagi dengan harga lebih tinggi untuk mencari keuntungan.

Jadi marketplace 1688 lebih ke model B2B atau business to business. Atau bahasa mudahnya sebagai marketplace antar pedagang grosir ke pedagang eceran, atau bisa juga disebut pedagang grosir partai besar ke pedagang grosir partai kecil hingga menengah.

Cara belanja langsung ke Tiongkok secara online

Buat yang baru pertama kali impor, maka cara membelinya tentu tidak sama dengan marketplace dalam negeri.

Pada awalnya melakukan ekspor impor antar negara terutama ke China memang agak sulit dan lama. Namun kini sudah terbilang sangat mudah, karena sekarang sudah ada banyak jasa forwarder.

Gunakan jasa forwarder atau jasa perantara terpercaya yang sudah satu paket mulai dari pesan, bayar, hingga barangnya sampai ke Indonesia.

Menggunakan jasa forwarder justru lebih menguntungkan karena biaya bisa lebih murah dan lebih cepat pula. Dan untuk jasa forwarder kamu bisa cari dengan mudah melalui internet, sebab sudah ada banyak sekali.

Cara Impor barang dari 1688 China

Situs 1688.com hanya menggunakan bahasa mandarin saja. Jadi agar bisa mudah mengerti saat mengakses situs marketplace raksasa China ini maka cara terbaik yaitu bisa berbahasa mandarin.

Namun tenang saja untuk kamu yang sama sekali tidak bisa berbahasa mandarin maka bisa gunakan aplikasi penerjemah.

Ada beberapa cara untuk bisa menerjemahkan tiap kata yang ada di situs 1688.com secara mudah. Cara pertama yaitu menggunakan google translate.

Sedangkan cara kedua yaitu menggunakan penerjamah dari fitur bawaan web browser seperti google chrome yang punya auto translate.

Menggunakan cara kedua tentu lebih disarankan karena lebih mudah dan praktis. Semua tulisan yang ada di web 1688 akan otomatis diterjemahkan menjadi bahasa inggris atau bahasa indonesia sesuai yang kamu inginkan.

Berikut ini langkah-langkah cara Impor barang dari 1688 China :

  • Buka situs https://www.1688.com/ menggunakan web browser yang sudah support auto translate
  • Melalui fitur auto translate bawaan web browser, ubah bahasanya menjadi Indonesia
  • Buat akun terlebih dahulu dan kemudian login
  • Setelah itu cari produk yang ingin dibeli
  • Masukkan berbagai produk yang ingin kamu beli ke keranjang
  • Jika sudah bisa langsung Check Out
  • Gunakan agen perantara untuk membayar pesanan dan memprosesnya

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa menguasai bahasa mandarin akan mempermudah penggunaan situs 1688.com.

Dimulai dari membuat akun 1688 terlebih dahulu. Jika kamu merasa kesulitan maka bisa gunakan penerjemah manual dari orang terdekat. Sebab halaman login pada situs ini juga sering berpindah-pindah tempatnya.

Dan jika sudah berhasil mempunyai akun maka kamu bisa akses semua fitur yang ada di situs 1688.com termasuk fitur chat dengan suplier.

Tips aman berbelanja di 1688.com China

Belanja membeli barang di 1688 hampir sama saat kamu berbelanja di marketplace local. Namun karena ini B2B / business to business maka cara memesannya agak sedikit berbeda.

Contoh jika kamu ingin beli masker maka harus menentukan berapa qty yang ingin dipesan dengan satuan minimum yang sudah ditentukan.

Kemudian atur juga model atau desain box, apakah ingin menggunakan merk sendiri yang bisa dikostum atau merk standard.

Biasanya di situs 1688.com ada banyak suplier yang menjual dengan produk serupa dengan suplier lainnya.

Pilihlah suplier yang sudah mempunyai reputasi bagus. Cara melihat apakah suplier tersebut memiliki reputasi bagus atau tidak bisa diketahui dari jumlah review positif serta tanggal join.

Apabila suplier sudah punya banyak review positif serta sudah aktif hingga bertahun-tahun maka bisa kamu jadikan partner untuk jangka panjang.

Namun jika masih belum ada review atau sudah ada tapi masih sedikit serta baru saja join belum ada satu tahun maka sebaiknya cari yang lain.

Keuntungan Belanja di 1688 China

Ada banyak keuntungan jika kamu belanja langsung di situs 1688 China. Keuntungan pertama yaitu bisa impor barang china langsung dari tangan pertama.

Kebanyakan lapak suplier yang ada di 1688 biasanya punya pabrik sendiri yang lengkap dengan semua pendukung kebutuhannya.

Keuntungan kedua yaitu bisa mendapatkan harga terbaik atau harga paling murah. Makin banyak jumlah produk yang kamu order dalam sekali pesan maka bisa dapat harga lebih murah.

Biasanya kebanyakan suplier di 1688 China juga melayani kostum produk atau produk dengan kemasan yang dimodifikasi sesuai keinginan pembeli.

Contohnya seperti, masker, baju, peralatan dapur dan masih banyak lagi. Semuanya itu bisa kamu mintakan kostum produk atau kemasan dengan pakai merk sendiri.

Sehingga saat dijual lagi ke Indonesia kamu bisa menggunakan merk sendiri yang punya kredibilitas tersendiri yang dikenal banyak orang.

Untuk yang punya modal besar mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah sangat cocok untuk berbelanja di 1688 china.

Tidak perlu khawatir karena marketplace yang bernama 1688 ini sudah punya nama besar dan terpercaya. Adapun situs 1688 ini juga berperan sebagai penengah apabila suplier dan buyer memiliki masalah.

Uang yang yang kamu bayarkan akan di tahan dahulu oleh 1688 sampai barang diterima barulah uang diteruskan ke pihak suplier.

Demikian pembahasan mengenai cara belanja di 1688 China untuk dijual lagi ke Indonesia, semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment