Variabel Independen: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Dalam dunia penelitian, tentunya Anda akan sering menemukan istilah variabel dependen dan variabel independen. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai variabel independen yang paling banyak digunakan peneliti. Apa itu variabel independen? Variabel independen adalah variabel bebas.

Independen variabel bisa dikatakan sebagai suatu hal yang terjadi ketika suatu penelitian dilakukan. Nah, variabel inilah yang akan memberikan pengaruh dalam variabel dependen. Menurut para peneliti, bab independen merupakan suatu variabel yang bisa memahami hubungan sebab akibat.

Independen tergolong variabel yang dianggap penting dalam dunia penelitian, sehingga prosesnya perlu diawasi secara langsung oleh para penelitinya. Jika misal terjadi kesalahan dalam menelaah independen variabel, maka dikhawatirkan akan menyebabkan hasil data yang didapatkan menjadi rancu.

Pengertian Tentang Variabel Independen

Pengertian Tentang Variabel Independen

Independen variabel biasa dikenal dengan variabel bebas. Variabel tersebut nantinya akan menunjukkan suatu keadaan penelitian yang menimbulkan pengaruh pada variabel terikat. Hal inilah yang membuat variabel independen biasa dikenal dengan hubungan sebab akibat antara satu, dua, atau lebih kondisi.

Dalam suatu penelitian, apabila variabel independen mengalami perubahan, maka akan menyebabkan perubahan terhadap variabel dependen. Variabel tersebut nantinya bisa diukur, dimanipulasi, lalu dipilih oleh peneliti untuk bisa menentukan suatu hubungan gejala yang sedang diamati.

Sebelum memulai sebuah penelitian, maka Anda diharapkan bisa memahami tentang konsep variabel independen. Pahami setiap aspek variabel yang diberikan, kemudian hubungkan segala aspeknya dengan penelitian yang sedang dilakukan untuk bisa menarik benang merah atau kesimpulan.

Baca Juga:  Motif Dayak: Pengertian, Sejarah, Jenis, Penggunaannya

Umumnya variabel dependen dan independen selalu ditunjukkan dalam grafik yang ditempatkan dalam posisi yang sama. Tujuannya agar peneliti lebih mudah untuk mengidentifikasi, manakah yang termasuk variabel dependen atau variabel independen dalam sebuah penelitian nantinya.

Variabel independent cost merupakan kondisi yang bertindak dalam variabel dependen. Anda sebagai peneliti akan lebih mudah memahami sejauh mana variabel akan mendatangkan pengaruh. Ketika dalam kegiatan prakteknya, maka peneliti juga perlu memahami tentang waktu tepat penggunaan independen.

Manfaat Variabel Independen Dalam Sebuah Penelitian

Manfaat Variabel Independen Dalam Sebuah Penelitian

Independen variabel sangat penting untuk memungkinkan tiap ilmuwan dalam mengidentifikasi hubungan sebab akibat suatu penelitian. Dalam prakteknya, peneliti akan berusaha untuk meminimalkan pengaruh eksternal lain dan menjadikan satu variabel untuk menentukan kesimpulan penelitian.

Kira-kira seberapa besar variabel independen akan mempengaruhi variabel dependen? Jika memang pengaruhnya sangat besar, maka peneliti bisa mengambil kesimpulan keberhasilan. Namun ketika hasil penelitian malah sebaliknya, maka artinya variabel independen tidak terlalu berpengaruh.

Jika terlalu banyak variabel eksternal yang mempengaruhi, maka Anda akan bingung untuk identifikasi kesimpulan penelitiannya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin peneliti harus menghilangkan segala pengaruh eksternal untuk lebih mudah menyimpulkan penyelesaian masalah yang diangkat.

Variabel Independen Adalah Variabel Bebas, Apa Saja Karakteristiknya?

Variabel Independen Adalah Variabel Bebas, Apa Saja Karakteristiknya

Untuk membedakan antara variabel dependen dan variabel independen, maka Anda perlu memahami ciri khas atau karakteristiknya. Karakteristik variabel independen meliputi argument, prediktif, dan potensi kompleksitas sesuai dengan penjelasan lengkap yang ada di bawah ini.

1. Variabel Prediktif

Jenis variabel prediktif biasanya akan ditemukan dalam data statistik suatu penelitian. Variabel dalam penelitian biasanya memang sengaja dimanipulasi untuk memudahkan peneliti dalam mengamati hubungannya. Apalagi tujuan variabel prediktif independen?

Dengan melakukan penelitian variabel prediktif, maka Anda akan lebih mudah menentukan kondisi yang berbeda dalam suatu eksperimen. Kondisi yang berbeda bisa dijadikan pembahasan dalam penelitian karena bisa saja mempengaruhi hasil eksperimen yang sudah dilakukan.

Baca Juga:  10+ Wallpaper Bunga Terbaik untuk Dinding Interior Rumah

2. Variabel Argumen

Variabel independen adalah variabel yang bisa mempengaruhi variabel terikat atau dependen. Selain prediktif, karakteristik lain yang dimiliki oleh independen variabel berupa argument. Untuk bisa mengidentifikasinya, maka Anda perlu memahami persamaan atau instruksi matematika.

Hasil dari persamaan matematika nantinya akan mempengaruhi variabel dependen, dimana w y = f (x). X yang ada dalam rumus artinya variabel independen yang perlu dilakukan identifikasi. Sudah tahu bagaimana cara melakukan identifikasi argumen independen?

3. Variabel Kompleksitas

Diantara karakteristik lainnya, variabel kompleksitas sering kali dianggap sulit dan menjadi sumber masalah bagi para peneliti. Dalam prakteknya, variabel kompleksitas tidak bisa ditemukan dalam manipulasi apapun sehingga akan membuat peneliti menjadi bingung.

Hal ini bisa disebabkan karena sifat penelitiannya yang terlalu kompleks dan terdiri atas banyak jenis. Jika Anda tidak ingin membuat penelitian terhambat, maka bisa gunakan cara lain untuk memudahkan dalam proses identifikasi variabel tersebut.

Beragam Contoh Penerapan Variabel Independen

Beragam Contoh Penerapan Variabel Independen

Masih bingung dengan penerapan variabel independen? Nah, pada pembahasan kali ini ada penelitian dalam bidang ilmu sosial, medis, dan pasar yang menggunakan riset independen. Penerapannya tentu saja berbeda tiap bidang bahkan akan mempengaruhi hasil yang penelitian akhir.

1. Independen Penelitian Medis

Dalam suatu program studi farmasi, peneliti ingin mencoba melakukan penelitian mengenai studi klinis untuk mengevaluasi efektivitas dan keamanan produk obat terbaru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah obat, sedangkan kesehatan akan menjadi variabel terikat.

Variabel independen definition bertujuan untuk mengetahui pengaruh obat terhadap kesehatan beberapa sampek obyek. Dengan begitu, peneliti akan lebih mudah mengetahui apakah seseorang bisa bergantung dengan menggunakan obat tersebut.

2. Independen Penelitian Tempat Kerja

Perlu Anda ketahui, variabel independen adalah metode yang bisa membantu bisnis bisa lebih optimal dalam meningkatkan proses kerja. Bagian yang mengurus penelitian seperti ini biasanya dari Departemen sumber daya manusia atau biasa dikenal dengan HRD.

Baca Juga:  Daftar Kode Bank BJB & Syariah dan Cara Transfernya

Tujuan melakukan penelitian untuk menilai efektivitas kebijakan saat ini, kemudian mencoba untuk merevisi rencana dalam peningkatan alur kerja. Ketika suatu produktivitas karyawan mengalami penurunan, maka departemen bisa coba untuk melakukan eksperimen periode waktu istirahat.

Model penelitian seperti ini mengangkat variabel bebas sebagai waktu istirahat, sedangkan untuk variabel terikatnya menggunakan produktivitas karyawan. Jika memang waktu istirahat bisa berdampak signifikan terhadap produktivitas, maka perlu dilakukan suatu perombakan.

3. Penelitian Dalam Bidang Ilmu Sosial

Penelitian sosial biasanya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manusia dengan suatu masyarakat. Contoh penerapan variabel independen bisa berupa eksperimen untuk mengetahui hubungan anak usia dini dengan kecemasan yang sering dialami oleh orang-orang dewasa.

Apakah benar gaya keterikatan anak usia dini mempengaruhi kecemasan orang dewasa? Melalui penelitian ini, maka Anda bisa mengetahui jawabannya. Caranya dengan mengumpulkan informasi mengenai gaya keterikatan para peserta yang digunakan sebagai sampel.

Para peneliti kemudian perlu menghubungkan gaya keterikatan dengan tingkat kecemasan orang dewasa. Variabel independen adalah variabel yang bisa mempengaruhi faktor lainnya, sehingga perlu adanya benang merah untuk mengetahu hubungan sebab akibat antar keduanya.

Para peneliti umumnya akan memilih menggunakan variabel bebas untuk melakukan eksperimen terlebih dahulu. Tidak selalu eksperimen yang bersifat formal, tetapi Anda juga bisa melakukan penelitian informal untuk menggunakan tipe variabel bebas atau independen.

 

Variabel independen adalah variabel sebab akibat yang umumnya saling mempengaruhi. Peneliti perlu menghilangkan variabel eksternal lainnya untuk lebih mudah dalam menarik kesimpulan. Umumnya jenis variabel independen bisa diterapkan dalam berbagai bidang sesuai kebutuhan para peneliti.

Leave a Comment