Teks Ceramah: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri & Contoh

Dalam pembukaan sebuah acara, biasanya ada sesi sambutan atau ceramah yang diberikan oleh tokoh yang telah dipercaya. Namun, acara seperti itu tentu kurang pas jika penceramah berbicara terlalu lama, oleh karena itu muncullah teks ceramah singkat.

Pada dasarnya, ceramah adalah sebuah kegiatan menyampaikan informasi, pesan, atau pengetahuan di depan umum. Umumnya, isi ceramah disesuaikan dengan tema acara termasuk durasi waktu yang efektif.

Setiap penceramah, memiliki gaya penyampaiannya sendiri-sendiri. Ada yang membawa teks dan ada pula yang tidak. Akan tetapi, tujuan utama dari kegiatan ini yaitu menyampaikan informasi agar orang-orang yang mendengarnya bisa tahu, mengerti, bahkan mengikuti saran tersebut jika diperlukan.

Pengertian Teks Ceramah Singkat

Pengertian Teks Ceramah Singkat

Perbedaan ceramah dan ceramah singkat hanya pada durasi waktu. Oleh karena itu, materi yang disampaikan harus lebih sedikit dan jelas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ceramah ini merupakan kegiatan menyampaikan informasi, pesan, atau pengetahuan singkat di depan umum.

Teks yang dibawa oleh penceramah disebut teks ceramah. Saat ini, ceramah tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi juga dapat melalui media elektronik atau digital. Orang yang melakukan ceramah adalah orang yang memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang tersebut.

Tujuan Teks Ceramah

Tujuan Teks Ceramah

Setiap kegiatan yang dilakukan tentu memiliki tujuan tersendiri. Sama halnya dengan teks ceramah, teks ini memiliki 3 tujuan umum yaitu informatif, persuasif, dan rekreatif. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memberikan Informasi (Informatif)

Tujuan pertama dari sebuah teks ceramah adalah memberikan informasi kepada orang-orang untuk menambah pengetahuan mereka. Misalnya, ceramah tentang pentingnya kebersihan dalam rangka menjaga lingkungan.

Baca Juga:  50+ Kata-kata Rindu Mendalam, untuk Kekasih, Ibu, dll

2. Mempengaruhi (Persuasif)

Teks ceramah juga dapat berfungsi untuk membuat orang-orang menjadi percaya, setuju, bahkan mengikuti ajakan dari pembicara. Misalnya, ceramah tentang pentingnya sedekah dan menjaga pola makan yang sehat.

3. Menghibur (Rekreatif)

Untuk membuat orang-orang tetap menikmati ceramah, pembicara biasanya menyampaikan humor, guyonan, atau anekdot yang mengundang tawa. Bahkan, teknik seperti ini lebih disenangi oleh para pendengar.

Struktur Teks Ceramah

Struktur Teks Ceramah

1. Pembuka

Struktur teks ceramah yang pertama adalah pembuka. Bagian ini berisi salam, ucapan syukur, serta penghormatan kepada orang-orang tertentu. Setelah itu, pembicara akan menyampaikan informasi pengantar menuju ke topik utama.

2. Isi

Bagian ini adalah inti dari ceramah. Pembicara akan menjelaskan gagasan, pandangan, maupun ilustrasi tentang topik utama. Pembicara biasanya akan menjabarkan beberapa subtopik agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan utuh oleh para pendengar.

3. Penutup

Penutup merupakan bagian akhir dari teks ceramah. Bagian ini berisi kesimpulan dari seluruh materi yang disampaikan. Selain itu, pembicara juga mengucapkan permintaan maaf jika terdapat kekurangan dalam ceramahnya dan kemudian ditutup oleh sebuah salam.

Ciri-Ciri Teks Ceramah

Ciri-Ciri Teks Ceramah

  1. Memiliki informasi positif yang harus disampaikan kepada pendengar
  2. Informasi yang disampaikan bertujuan untuk menambah wawasan, memberi nasihat, menghibur, serta mengajak untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
  3. Orang yang memberikan ceramah (pembicara) adalah orang yang menguasai disiplin ilmu terkait topik akan disampaikan
  4. Memiliki struktur yang terdiri dari pembuka, isi, dan penutup
  5. Isi ceramah disesuaikan dengan tema acara yang akan diselenggarakan
  6. Bahasa yang digunakan adalah sopan, jelas, dan mudah dipahami
  7. Materi berisi fakta, data, serta argumen yang berhubungan dengan topik pembicaraan

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Setelah tujuan, struktur, dan ciri-ciri, selanjutnya Anda harus memahami kaidah kebahasaan dalam teks ceramah. Dengan begitu, Anda bisa membuat dan menyampaikan ceramah singkat dengan baik dan efektif. Adapun kaidah kebahasaannya adalah sebagai berikut.

1. Sapaan menggunakan kata ganti orang pertama (tunggal) dan orang kedua (jamak)

Kata ganti orang pertama (tunggal) adalah sapaan yang menunjukkan diri sendiri. Misalnya, aku, saya, atau kami (jika pembicara mengatasnamakan kelompok). Sementara itu, contoh sapaan untuk orang kedua (jamak) adalah saudara-saudara, hadirin, bapak-bapak, kalian, maupun ibu-ibu.

Baca Juga:  Contoh Pidato B Jawa Singkat Krama Inggil, Perpisahan, dll

2. Menggunakan istilah (kata teknis)

Dalam sebuah teks ceramah, biasanya terdapat banyak kata-kata teknis (istilah) yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Misalnya, ceramah tentang kesehatan, maka kata-kata teknis yang muncul adalah rumah sakit, dokter, vaksin, atau pasien.

3. Menggunakan kata yang menunjukkan kausalitas

Kausalitas dalam teks ceramah adalah penggunaan kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab-akibat. Misalnya, jika…maka, karena, oleh karena itu, dengan demikian, sebab, akibatnya, dan sehingga.

4. Menggunakan kata yang menunjukkan hubungan temporal

Selain kausalitas, ceramah juga dapat menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan temporal (berkaitan dengan waktu). Misalnya, namun, sebaliknya, sebelum itu, kemudian, sesudah, pada akhirnya, hingga, semenjak, selama, dan masih banyak lagi.

5. Menggunakan kata persuasif

Seperti yang diketahui, kata persuasif adalah kata yang digunakan untuk mempengaruhi atau mengajak seseorang untuk mengikuti ajakan pembicara. Misalnya, perlu, hendaklah, harus, sebaiknya, marilah, hindarilah, dan lain-lain.

6. Menggunakan kata kerja mental

Kata kerja mental merupakan jenis kata kerja yang mengekspresikan respon seseorang terhadap suatu pengalaman maupun tindakan. Contoh dari kata kerja jenis ini adalah memprihatinkan, berpendapat, menduga, menyimpulkan, berasumsi, dan diharapkan.

Contoh Teks Ceramah Singkat

Contoh Teks Ceramah Singkat

Topik untuk membuat teks ceramah sangat luas. Oleh karena itu, Anda bisa mulai pada bidang yang materi yang dikuasai. Nah, berikut ini terdapat 2 contoh teks ceramah yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Teks Ceramah Tentang Kesabaran

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saudara-saudara sekalian, mari mengucapkan puji syukur terlebih dahulu atas kesehatan dan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita semua.

Selama satu tahun terakhir, kita semua telah berjuang menghadapi pandemi Covid-19. Saudara-saudara tentu menghadapi berbagai macam kendala dalam menghadapinya. Meskipun begitu, kita bisa memetik satu hikmah dalam situasi ini, yaitu tentang kesabaran.

Seperti yang tertera dalam surah Al-Baqarah ayat 153 yang artinya, “Hai orang-orang beriman, jadikanlah sholat dan sabar sebagai pelindungmu. Sesungguhnya Allah SWT senantiasa bersama dengan orang-orang yang sabar.”

Baca Juga:  5+ Naskah Drama Singkat Tentang Sahabat, Kantor, Komedi, dll

Jadi, kesabaran akan membuat kita terhindar dari segala emosi buruk yang berpotensi membuat keadaan menjadi lebih sulit. Kita harus tetap sabar menunggu hingga pandemi ini akan berakhir dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan. Jika terdapat salah kata atau ucapan yang kurang berkenan di hati saudara-saudara sekalian, saya memohon maaf.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Teks Ceramah Tentang Hari Pendidikan

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat sore, salam sejahtera untuk kita semua. Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena masih memberikan kesempatan bagi kita semua untuk hadir disini.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, saya akan menyampaikan topik terkait minat membaca buku pada siswa SMA. Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki tingkat baca yang sangat minim, yaitu 0,001% berdasarkan data UNESCO.

Hal itu tentu sejalan dengan kondisi siswa-siswi saat ini yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain sosial media. Penurunan minat siswa untuk membaca buku secara tidak langsung akan mempengaruhi kualitas pendidikan.

Jika minat membaca sedikit, maka kemampuan siswa untuk bersaing di masa depan juga kecil. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran yang tinggi kepada setiap siswa untuk menyisihkan waktu membaca buku setiap harinya. Kalian bisa memulai dengan buku dengan topik pilihan masing-masing.

Salah satu alternatif untuk membaca buku adalah melalui aplikasi baca atau langganan buku secara online. Kalian bahkan bisa mengakses bacaan secara gratis dan bisa membaca tanpa terbatas waktu maupun tempat.

Itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan tentang minat baca buku. Jika terdapat kesalahan selama dalam penyampaian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatian semuanya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teks ceramah singkat adalah teks yang berisi informasi, pengetahuan, atau pesan yang akan disampaikan kepada orang-orang. Teks ini dapat disampaikan secara langsung (misalnya dalam sebuah acara) atau melalui media elektronik.

Leave a Comment