Tahukah Anda Apa Itu Windows 10 Media Creation Tool? Keunggulan Serta Cara Menggunakannya

Jika Anda para pengguna setia Windows, pasti familiar Windows 10 yang merupakan OS desktop yang terbilang kuat meski memiliki sejumlah kekurangan yang tak bisa dilepaskan. Meski demikian, Windows 10 tetap mampu menunjang keberlangsungan desktop yang digunakan. Lalu bagaimana dengan windows 10 media creation tool?

Apakah Anda juga termasuk familiar dengan hal tersebut? Banyak orang yang memilih menggunakannya untuk dapat mengupgrade versi windowsnya ke windows 10. Atau juga merubahnya menjadi versi Windows 10 yang lebih baru. Untuk lebih detail simak penjelasan terkait hal tersebut berikut ini.

Baca juga: update windows 11 

Penjelasan Singkat Windows 10 Media Creation Tool

Windows 10

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Windows 10 media creation tool merupakan sebuah utilitas yang tentunya resmi berasal dari Microsoft,dan memiliki fungsi unyuk bisa mengupdate sistem operasai dari Windows yang lama menjadi versi Windows 10 yang lebih baru.

Tool ini terbilang sederhana dan tentunya bisa memudahkan siapa saja yang hendak melakukan update pada Windows yang dimilikinya. Hadirna tool ini juga bisa lebih memutakhirkan sistem operasi Windows terbaru. Satu hal yang menjadikannya cukup menarik adalah tool ini tidak hanya bisa digunakan pada Windows 10 saja.

Melainkan juga bisa digunakan oleh Anda para pengguna OS Windows 7 atau bahkan 8 untuk bisa memanfaatkannya guna melakukan pembaruan ke Windows 10. Keunikan dari Windows 10 media creation tool ini tentu saja mengundang penasaran banyak orang, juga bisa dijadikan tool yang cukup membantu tentunya.

Baca Juga:  Topologi Tree: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan

Meski hadir dengan tawaran yang menarik dan kelebihannya yang segudang, perlu Anda ingat bagi pengguna Windows 7 atau 8, memiliki lisensi resmi dari sistem operasi Windows akan menjadi syarat utama bagi Anda untuk bisa memanfaatkan tool yang satu ini. 

Tidak hanya itu, para pengguna yang menggunakan Windows 10 media creation tool juga bisa membuat media instalasi. Dengan demikian, pengguna bisa mencoba untuk membuat USB driver, jika begitu Anda bisa melakukan booting Windows 10 yang dilakukan langsung dari aplikasi. Maka Anda tidak perlu melakukan pengunduhan file ISO yang tentu saja terpisah.

Sedikit penjelasan diatas bisa Anda jadikan acuan untuk memahami tool ini. Untuk lebih lanjut, Anda juga bisa menyimak sejumlah kelebihan yang melekat pada instalasi resmi yang dimiliki oleh Windows yang satu ini. Sejumlah kelebihan di bawah ini bisa dirasakan bagi para pengguna PC, simaklah.

Apa Saja Kelebihan Windows 10 Media Creation Tool?

Windows 10

Akses Bisa Dilakukan dengan Sangat Mudah

Windows 10 media creation tool tentu saja bisa diakses dengan sangat mudah. Namun, tentu saja Anda perlu melakukan pengundauhan software nya terlebih dahulu, apabila sudah maka simpanlah file tersebut di USB Driver.

Jika sudah, pengguna bisa langsung melakukan penginstalan para software yang telah berhasil diunduh tersebut. Barulah setelah proses tersebut selesai Anda bisa merasakan sejumlah keunikan dan kelebihan lain yang melekat pada tool tersebut.

Melakukan Perbaruan Sistem dengan Aman

Tidak hanya itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh Windows 10 media creation tool adalah yang satu ini. Karena tool ini merupakan instalasi resmi dari Windows itu sendiri, maka sudah bisa dipastikan dalam proses penginstalan sistem operasi bisa dilakukan dengan aman.

Baca Juga:  Perbedaan Softcase, Anticrack, Blackmatte dan Hardcase

Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir pada saat melakukan upgrade karena sudah bisa dipastikan aman. Dengan jaminan keamanan tersebut, proses instalasi yang dilakukan juga bisa membuat Anda terbebas dari rasa khawatir akan serangan malware yang tentunya bisa menganggu dan sangat berbahaya.

Tidak hanya aman untuk melakukan upgrade, Windows 10 media creation tool pada proses instalasinya juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya memerlukan modal koneksi internet yang harus dipastikan lancar agar proses instalasinya juga bisa berjalan lancar seperti yang diinginkan.

Cukup Kompatibel

Ada hal lain yang menjadi kelebihan dan menjadikannya semakin menarik lagi, yakni kompatibel. Perangkat atau tool ini terbilang cukup kompatibel dengan demikian banyak yang memilih menggunakan tool resmi yang satu ini.

Karena Windows 10 media creation tool terbilang kompatibel jadi Anda sudah tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya. Bahkan tool ini juga bisa support untuk digunakan pada perangkat yang memiliki processor sekitar 64 atau bahkan 32 bits.

Cara Melakukan Upgrade Pc dengan Windows 10 Media Creation Tool

Setelah mengetahui sejumlah kelebihannya, Anda tentu saja perlu tahu bagaimana cara melakukan upgrade sistem operasi pada PC dengan menggunakan tool yang satu ini.

Windows 10

Unduh dan Instal Toolnya Terlebih Dahulu

Satu dari sekian banyak langkah yang harus diambil atau dilakukan untuk mengupgrade pc menggunakan Windows 10 media creation tool adalah mengunduh dan menginstal software tersebut terlebih dahulu. 

Jalankan Programnya

Apabila langkah di atas sudah selesai, maka Anda bisa lanjut melakukan langkah yang satu ini. Jalankan program yang telah berhasil Anda instal sebelumnya, kemudian klik “upgrade this pc now”, karena tujuan Anda adalah untuk melakukan upgrade pada sistem operasi yang digunakan.

Pengunduhan Dimulai

Jika sejumlah langkah di awal telah berhasil dilakukan, maka proses pengunduhannya akan secara otomatis dilakukan. Dalam proses ini Anda harus bisa memastikan koneksi internet yang Anda miliki lancar dan stabil, dengan begitu proses pengunduhannya bisa berjalan lancar. Dalam proses pengunduhan Windows 10 media creation tool Anda bisa meminimize nya terlebih dahulu karena pasti memakan waktu cukup lama.

Baca Juga:  Mouse gaming terbaik yang punya sensitivitas tinggi

Tunggu Hingga Pengunduhan Selesai

Setelah proses pengunduhan dimulai, maka Anda bisa menunggu proses pengunduhan tersebut hingga selesai. Maka setelah proses pengunduhan tersebut selesai, secara otomatis tool akan melakukan verifikasi pada semua pengaturan dan juga konfigurasi. Jika proses verifikasi tersebut telah selesai, didalamnya Anda akan mendapatkan penawaran terkait menyimpan file atau bahkan memilih clean instal Windows 10.

Pilihan tersebut tentu saja bsia bergantung pada Anda sendiri. Cukup disarankan untuk tetap menyimpan file dengan baik agar tetap terjaga. Namun, jika lebih memilih untuk melakukan clean Windows 10 media creation tool maka Anda bisa langsung memilih “change what to keep” yang berguna untuk dapat memilih file yang ingin Anda hapus.

Pc Akan Direstart

Jika sejumlah langkah atau proses di atas sudah dilakukan secara baik, dan semua stepnya sudah selesai. Maka kini PC Anda akan direstart sebagai bentuk tahapan lanjutan dalam penginstalan ini. Jika sudah maka penginstalan Windows 10 build terbaru telah selesai dilakukan. Dengan proses yang mudah tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan dari tool yang satu ini.

Tidak hanya bisa digunakan untuk upgrade sistem operasi saja, Windows 10 media creation tool juga memungkinkan para penggunanya untuk dapat membuat Windows 10 USB Installer dengan mudah. 

Maka itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya berkaitan dengan Windows 10 media creation tool semoga bisa membantu dan menjadi pengetahuan tambahan bagi Anda. 

Leave a Comment